Cek Penerima Bansos PKH Begini Cara dan Ketentuannya
Begini Cara Cek Penerima Bansos PKH

Cek Penerima Bansos PKH Begini Cara dan Ketentuannya

Bansos PKH merupakan salah satu program pemerintah yang saat ini ramai dibicarakan. Masyarakat bisa dengan mudah melakukan cek penerima bansos PKH di laman resmi pemerintah. Tentunya penerima bantuan ini harus melewati syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Bantuan ini memang menyasar kalangan miskin, sesuai aturan dasarnya. Tentu sebelum kamu melakukan cara cek penerima bansos ini , harus tahu ketentuan hingga latar belakangnya. Semuanya tentang bantuan sosial, akan dibahas selengkapnya di ulasan berikut.

Daftar Isi tampilkan

Apa Latar Belakang Adanya Bansos PKH?

Latar Belakang Adanya Bansos PKH

Sebelum tahu bagaimana cara cek penerima bansos PKH, kamu harus paham dahulu apa latar belakang program ini. Pemerintah dalam membuat sebuah program pasti dilandasi latar belakang tertentu, agar bisa mencapai sebuah tujuan. Seperti halnya program bansos ini.

Bansos PKH atau bantuan sosial Program Keluarga Harapan, dilatarbelakangi oleh upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan. Upaya tersebut sudah diprogram sejak tahun 2007 silam, dan terus bergulir sampai pergantian presiden periode selanjutnya.

Bansos PKH merupakan sebuah bantuan sosial yang sifatnya bersyarat, untuk beberapa kalangan. Kalangan utama penerimanya adalah keluarga miskin yang dipermudah dalam menerima akses layanan kesehatan dan pendidikan.

Program Serupa Juga Dilakukan Negara Lain

Sebenarnya program perlindungan sosial ini juga dilakukan di negara lain. Dunia internasional menyebut program PKH dengan sebutan Conditional Cash Transfer. Pemerintah di hampir semua negara menggunakan program tersebut, terutama untuk menanggulangi kemiskinan kronis.

Selain itu, PKH diprogram untuk para penyandang disabilitas serta kalangan lanjut usia. Latar belakang utamanya agar kalangan-kalangan tersebut bisa mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya. Pemberian bantuan ini juga didasarkan pada amanat Nawacita Presiden Indonesia, serta konstitusi.

Keluarga miskin yang terdaftar saat cek penerima bansos PKH, didorong agar bisa semaksimal mungkin menerima akses pelayanan publik. Baik itu pelayanan sosial, kesehatan, pangan, pendidikan, pendampingan, gizi, dan berbagai fasilitas pemerintah yang lain.

Adanya program PKH ini juga diarahkan sebagai upaya mewujudkan episentrum penanggulangan kemiskinan yang terarah. Tidak hanya itu, pemerintah berusaha juga mensinergikan program sebagai wujud perlindungan hingga pemberdayaan sosial.

Apa Misi Utama Pemerintah Terhadap Bansos PKH?

Kemterian Sosial

Sebelum tahu cara cek penerima bansos PKH, misi yang diharapkan pemerintah juga harus diketahui. Misi terbesar pemerintah dalam menerapkan program ini untuk mempercepat penurunan kemiskinan, dengan beberapa tujuan lain seperti:

  1. Memenuhi Target yang Diharapkan dalam Pengentasan Kemiskinan

Target penurunan kemiskinan yang dikejar pemerintah pada tahun 2019 lalu sudah mencapai 7- 8 %. Angka tersebut diharapkan bisa berkontribusi maksimal untuk menurunkan jumlah masyarakat miskin.

Angka tersebut juga diharapkan bisa berperan menurunkan kesenjangan ekonomi. Indeks pembangunan manusia juga diharapkan bisa dinaikkan dengan program tersebut. Pastinya misi tersebut akan terus naik secara target sebagai upaya lanjutan bantuan sosial.

  1. Membantu Merubah Konsumsi Rumah Tangga

Masyarakat pasti penasaran bagaimana cara cek penerima bansos PKH. Hal ini tidak lain karena program satu ini memang kaya manfaat. Salah satu misi utama pemerintah adalah bisa membantu merubah konsumsi rumah tangga.

Sebuah penelitian menunjukkan jika PKH bisa berdampak dalam perubahan konsumsi rumah tangga. Beberapa negara pelaksana program serupa juga berhasil meningkatkan konsumsi rumah tangganya hingga 4,8%.

  1. Mengutamakan Kalangan yang Tepat Sebagai Penerima

Program bantuan pemerintah ini merupakan wujud kepedulian pengelola negara terhadap pengentasan kemiskinan. Oleh sebab itu, misi utama pemberiannya adalah menyasar kalangan yang tepat. Warga yang mendapat bantuan bisa langsung melakukan cek penerima bansos PKH di laman resmi pemerintah.

Keluarga miskin yang sudah terdaftar bisa mengakses berbagai layanan secara mudah, dan tentunya gratis. Baik itu di bidang pemeriksaan kandungan, asupan gizi, imunisasi, dan program lainnya.

Berapakah Indeks Keberhasilan Penerima Bansos PKH?

Sejak program tersebut bergulir, indeks keberhasilan penerimanya semakin meningkat. Pelaksanaan bantuan sosial ini menggunakan target tersendiri yang meningkat setiap tahunnya, dengan data capaian sebagai berikut.

  1. Pencapaian Tahun 2010 hingga 2014

Antara tahun 2010 sampai 2014, terjadi peningkatan signifikan tentang target penerima manfaat bantuan sosial. Selain itu, alokasi biaya PKH juga melampaui target yang sebelumnya sudah direncanakan.

  1. Pencapaian Tahun 2016

Anggaran PKH pada tahun 2016 mencapai Rp7,6 triliun yang didapat dari anggaran negara. Sedangkan penerima manfaat dari anggaran PKH 2016, hampir 6 juta keluarga miskin. Untuk metode cek penerima bansos PKH di tahun ini juga semakin meningkat.

  1. Pencapaian Tahun 2017

Ada peningkatan jumlah penerima PKH di tahun 2017. Sebelumnya jumlah keluarga miskin penerima kurang dari 6 juta keluarga. Sedangkan di tahun 2017, jumlahnya mencapai 6,3 juta jiwa. Anggaran yang dialokasikan juga meningkat menjadi Rp11,3 triliun. Peningkatan tersebut juga menjadi upaya nyata dalam memaksimalkan bantuan, ke masyarakat yang lebih luas lagi.

  1. Pencapaian Tahun 2018

Tahun 2018 merupakan masa dimana peningkatan jumlah penerima PKH semakin besar. Sebanyak 10 juta lebih keluarga miskin mendapatkan program bantuan ini. anggaran yang dialokasikan juga naik menjadi Rp17,5 triliun.

  1. Pencapaian Tahun 2019

Menariknya, pada tahun 2019 penurunan jumlah penerima PKH terjadi sebanyak 1 juta keluarga. Sebanyak 9 juta keluarga menerima program pemerintah ini, dengan anggaran yang justru naik menjadi Rp32 triliun.

  1. Pencapaian Tahun 2020

Anggaran PKH kemudian dinaikkan lagi menjadi Rp36 triliun di tahun 2020. Jumlah penerimanya sama seperti pada tahun 2018 lalu. Sebanyak 10 juta warga miskin mendapatkan manfaat ini.

πŸ‘‰ TRENDING:  Begini Cara Dapatkan BST Rp500 Ribu Per KK Non PKH dari Kemensos

Berapakah Besar Nominal yang Diterima Setiap Kategori?

bansos anak sekolah sd smp
bansos pelajar sd smp sma

Setiap tahunnya, ada perubahan indeks penerimaan bantuan yang sudah ditetapkan pemerintah. Kamu bisa langsung cek penerima bansos PKH setiap tahunnya untuk memastikan apakah sudah terdata, atau sebaliknya. Untuk tahun 2021, ada perubahan dalam jumlah yang diterima masyarakat, yaitu:

  1. Kategori Anak-anak

Bansos Anak, Untuk kategori anak-anak, ada beberapa bagian yang disesuaikan dengan umur. Penerima PKH untuk anak-anak ini bisa dibedakan dari usia balita sampai jenjang sekolah menengah atas, dengan ketentuan:

  • Anak usia dini usia 0 tahun sampai 6 tahun mendapatkan manfaat sebesar Rp3.000.000
  • Untuk kategori pendidikan dasar anak sebanyak Rp900.000
  • Untuk kategori pendidikan menengah pertama sebanyak Rp1.500.000
  • Untuk kategori pendidikan menengah atas sebanyak Rp2.000.000
  1. Kategori Ibu Hamil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bansos ibu hamil termasuk penerima PKH. Manfaat yang diterima kalangan ini cukup besar yaitu sebesar Rp3.000.000. Selain ibu hamil, golongan nifas juga termasuk.

  1. Kategori Disabilitas serta Lanjut Usia

Penerima PKH ini juga mencakup kalangan penyandang disabilitas hingga lanjut usia. Bagi kategori disabilitas, bisa mendapat manfaat sebesar Rp2.400.000. jumlah tersebut juga akan diperoleh kalangan lanjut usia dari keluarga miskin.

Bagaimana Cara dan Syarat untuk Mendaftar PKH yang Sesuai Peraturan?

Agar bisa terdaftar saat cek penerima bansos PKH, kamu harus mendaftarnya terlebih dahulu. Cara untuk mendaftarnya harus sesuai dengan petunjuk resmi dari pemerintah, dengan sejumlah langkah:

  • Warga negara Indonesia yang masuk kategori keluarga miskin harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, dengan KTP dan Kartu Keluarga
  • Pendaftaran kemudian dibahas di musyawarah tingkat desa guna menentukan kelayakan penerimaan
  • Setelah itu, warga akan masuk ke pre list usulan penerima PKH oleh pemerintah desa setempat
  • Sebelum bisa cek penerima bansos PKH, lanjut ke sesi berita acara. Berita acara kemudian akan diterbitkan, kemudian akan berubah menjadi pre list akhir
  • Dokumen tersebut nantinya akan digunakan untuk verifikasi dinas sosial, serta validasi data untuk kunjungan
  • Validasi kemudian akan dicatat di aplikasi SIKS oleh operator di kecamatan atau desa, kemudian dikirim ke SIKS online
  • Hasil verifikasi kemudian akan dilaporkan kepada bupati atau walikota domisili kamu berada
  • Setelah itu, hasil verifikasi akan disampaikan ke gubernur, kemudian disahkan oleh pejabat tersebut. Hasilnya nanti diteruskan ke kementrian
  • Penyampaian ke kementrian dilakukan dengan mengimpor data ke SIKS NG, kemudian data akan bisa dilihat di laman Kementrian Sosial resmi

Apa Saja Kategori yang Masuk Sebagai Komponen Bansos PKH?

Bansos tunai dtks kemensos
Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. (Suara.com/Ema Rohimah)

Cek penerima bansos PKH sangat mudah, karena datanya bisa dilihat langsung di website Kementrian Sosial. Akan tetapi, sebelum melakukan cara demikian, kamu harus tahu apa saja komponen yang masuk ke dalam program ini, diantaranya:

  1. Kategori Kesehatan Pemerintah

Melalui program kesehatan, bantuan sosial disasar pemerintah dengan kriteria tertentu. Ada dua jenis kategori penerima yang masuk ke bidang kesehatan pemerintah, diantaranya:

  • Ibu Hamil, Menyusui hingga Nifas

Bansos Ibu Hamil, Kategori satu ini berarti penerima bantuan harus dalam kondisi di atas, atau salah satunya. Untuk ibu hamil bisa menerima bantuan maksimal untuk kehamilan keduanya. Bisa juga yang memiliki anak usia dini maksimal dua orang.

  • Anak-anak yang Berusia Dini

Anak-anak usia dini berarti yang masuk ke kategori umur 0 sampai 6 tahun. Usia tersebut masuk ke pra sekolah, dengan perhitungan usia dari ulang tahun terakhirnya.

  1. Kategori Pendidikan Pemerintah

Pendidikan merupakan hal lain yang disasar pemerintah dalam program bansos. Kamu bisa cek penerima bansos PKH jika masuk ke salah satu kategori. Termasuk pendidikan, dengan ketentuan:

  • Pendidikan Dasar
  • Pendidikan Menengah Pertama
  • Pendidikan Menengah Atas
  1. Kategori Kesejahteraan Pemerintah

Untuk kesejahteraan juga tidak lepas dari sasaran yang terdaftar saat cek penerima bansos PKH. Kategori ini mencakup dua macam penerima. Pertama adalah orang tua yang usianya mulai dari 70 tahun ke atas, dan tentunya harus tercatat.

Sedangkan yang kedua adalah penyandang disabilitas, yang hidupnya tergantung pada orang lain. Kategori-kategori tersebut tentu memiliki target penerimanya tersendiri. Untuk syarat umum penerima Bansos PKH, ada beberapa yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Terdaftar sebagai kategori keluarga kurang mampu, melalui proses verifikasi tersendiri. Kategori tersebut juga sudah terdaftar di DTKS atau data kesejahteraan sosial
  • Keluarga atau individu yang sudah memiliki komponen yang ditetapkan sebagai peserta Keluarga Miskin
πŸ‘‰ TRENDING:  6 Syarat Untuk Daftar Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) 2022

Bagaimana Cara Cek Penerima Bansos PKH yang Tepat?

Terdaftar tidaknya kamu sebagai penerima bansos bisa dicek datanya secara resmi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek para penerima bansos PKH yang tentunya sesuai ketentuan.

  1. Cek Melalui Website Kementrian Sosial Resmi

Untuk melakukan cek penerima bansos PKH, kamu harus yakin sudah mendaftarnya terlebih dahulu. Pastikan sudah melakukan pendaftaran pada DTKS, menunggu konfirmasi, baru cek apakah terdaftar atau sebaliknya, dengan cara:

  • Kamu harus menyiapkan Kartu Keluarga serta KTP yang digunakan untuk mendaftar PKH Bansos
  • Setelah itu, gunakan peramban dan tuju website Kementrian Sosial di kolom pencarian, untuk cek penerima bansos PKH
  • Pilih domisili sesuai dengan pendaftaran baik itu kelurahan, kecamatan, sampai provinsi, dan masukkan nama lengkap
  • Verifikasi cek penerima bansos dengan kode captcha akan ditampilkan, wajib untuk mengisi kode tersebut
  • Klik tombol cari data, dan tunggu sampai sistem memproses data hingga menampilkan keterangan tentang bansos
  1. Cek Melalui Aplikasi Kementrian Sosial yang Valid

Selain menggunakan peramban, cara cek penerima bansos PKH juga bisa menggunakan aplikasi bansos dari Kementrian Sosial. Aplikasi ini bisa ditemukan di Playstore sehingga aman, dan tentunya resmi dan valid. Untuk mengeceknya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah:

  • Setelah mengunduh aplikasi Kementrian Sosial, coba lakukan registrasi dengan foto KTP serta selfie
  • Tunggu registrasi berhasil, kemudian tunggu hingga ada permintaan kode OTP di email untuk keperluan verifikasi data
  • Cek penerima bansos PKH selanjutnya masuk ke verfikasi data lanjutan. Verifikasi harus dilakukan agar kamu bisa mengakses menu di aplikasi tersebut, termasuk cek para penerima bansos PKH
  • Untuk melakukan cek penerimaan, kamu harus masuk ke fitur search. Setelah itu, akan ditampilkan berbagai data lengkap
  • Cukup ketikkan identitas yang sesuai saat mendaftar. Biasanya jika sudah terdaftar, akan otomatis muncul sampai ada status keaktifannya, serta periode pemberian bantuan sosial yang sudah diterima.

Apa Sajakah Layanan yang Didapatkan Penerima Bansos PKH?

Banyak orang yang ingin cek penerima bansos PKH dengan tujuan mendapatkan uang. Padahal selain uang, ada beberapa layanan yang bisa diperoleh. Layanan ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam memaksimalkan misi pemberian PKH.

  1. Layanan untuk Anak-anak Usia Dini

Anak-anak usia dini tidak luput dari target penerima bantuan PKH ini. tentunya layanan yang didapatkan ada beragam, selain uang tunai.

  • Pemeriksaan kesehatan 1 bulan pertama, setidaknya 3 kali per periodenya
  • ASI yang ternutrisi baik pasca kelahiran di 6 bulan pertama, beserta imunisasi lengkap
  • Pengukuran tinggi badan yang difasilitasi pemerintah
  • Suplemen vitamin A jika sudah mencapai usia 6-11 bulan yang rutin diberikan
  • Pemantauan perkembangan anak, minimalnya 2 kali per tahunnya
  1. Layanan untuk Ibu Hamil yang Didapatkan

Ibu hamil merupakan kategori prioritas untuk penerima bantuan ini. Kamu bisa masuk ke daftar cek penerima bansos PKH jika dalam kondisi ibu hamil, nifas, sampai menyusui. Layanannya sangat menarik untuk kategori ibu hamil:

  • Memperoleh pemeriksaan kehamilan gratis sebanyak 4 kali, yang dilakukan di fasilitas kesehatan tertentu
  • Melahirkan di tempat gratis yang sesuai fasilitas kesehatan pemerintah tertentu
  • Memperoleh pemeriksaan 4 kali secara gratis pasca melahirkan, setidaknya 42 hari setelahnya
  1. Layanan untuk Anak Sekolah yang Bisa Diperoleh

Bantuan anak-anak usia sekolah (bansos anak sekolah) juga bisa masuk ke dalam cek penerima bansos PKH. Tentu selain uang tunai untuk anak-anak sekolah, ada program layanan lain yang diperoleh sesuai usia.

  • Usia 1-5 Tahun Jenis Layanan
  • Layanan imunisasi gratis berupa vaksinasi tambahan
  • Layanan penimbangan berat badan yang dilakukan rutin tiap bulannya
  • Pengukuran tinggi badan setidaknya dua kali setiap periodenya
  • Vitamin A yang akan diberikan sebanyak 2 kali dalam setiap tahunnya
  • Usia 5-6 Tahun Jenis Layanan
  • Penimbangan berat badan untuk anak, dengan jangka waktu 2 kali setiap tahunnya
  • Pengukuran tinggi badan anak setidaknya 2 kali setiap tahunnya secara Cuma-Cuma
  • Perkembangan anak yang dipantau setidaknya 2 kali untuk setiap tahunnya secara rutin
  1. Layanan untuk Lansia yang Bisa Diperoleh

Bansos Lansia atau orang tua yang mendapatkan program PKH memiliki kriteria tertentu. Selain harus berusia 70 tahun paling muda, juga harus masuk dan terdaftar sebagai keluarga miskin. Layanan yang bisa didapatkan untuk kategori ini selain uang tunai adalah:

  • Pemeriksaan serta pelayanan kesehatan yang gratis
  • Pelayanan gratis dari Puskesmas khusus untuk program Santun Lanjut Usia
  • Home care service, bisa berupa memandikan hingga mengurus lansia yang sudah tidak bisa beraktifitas
  1. Layanan untuk Penyandang Disabilitas yang Membantu

Jika saat cek penerima bansos PKH kamu termasuk ke kategori penyandang disabilitas, ada beberapa layanan yang diperoleh. Selain uang bantuan Rp2.400.000, ada sejumlah halΒ  lain yang membantu, yaitu:

  • Memperoleh pelayanan home care dan home visit. Layanan tersebut bisa dari tenaga kesehatan untuk membantu penyandang disabilitas
  • Pengurus yang membantu melayani, merawat, hingga mendampingi penyandang disabilitas berat, dengan kunjungan paling minimal 1 tahun sekali

Masyarakat Miskin Penerima Bansos, Bagaimana Kriterianya?

Syarat utama agar saat cek penerima bansos PKH bisa terdaftar harus masuk ke kategori keluarga miskin. Kamu harus tahu bahwa kriteria seseorang dikatakan miskin setidaknya ada beberapa macam.

  • Jika dilihat dari kondisi rumah, tempat tinggalnya masih dari kayu, bambu, dengan kualitas yang masih rendah
  • Selain itu, dindingnya terbuat dari tembo tanpa plester, atap rumbia, atau kayu yang murah
  • Sanitasi di dalam rumah tidak tersedia, atau ada tetapi tidak dikategorikan layak. Kategori ini juga biasanya akan terdata saat cek penerima bansos PKH
  • Kemampuan membeli pakaian hanya 1 setel setiap tahunnya atau bahkan tidak sama sekali
  • Memiliki mata pencaharian, tetapi hanya Rp600.000 setiap bulannya, bahkan kurang dari itu
  • Tidak memiliki sumber air mandiri atau hanya bermodalkan sumur terbuka untuk kebutuhan sehari-hari
  • Belum memiliki penerangan dalam bentuk listrik, sehingga masih dikategorikan penerima bantuan
  • Untuk kepala keluarga, hanya SD pendidikan tertingginya, serta sanggup memenuhi kebutuhan makan seadanya. Saat cek penerima bansos PKH, juga akan masuk karena memenuhi kriteria
  • Tidak memiliki simpanan seperti emas, ternak, kendaraan bermotor, hingga jenis lainnya
  • Mengonsumsi protein mahal tidak bisa setiap hari, hanya dalam beberapa waktu tertentu
  • Biaya berobat sulit disanggupi, serta luas rumahnya tidak lebih dari 8 meter persegi
πŸ‘‰ TRENDING:  Berikut Ini Link Cek Bansos PKH 2021 Ibu Hamil dan Balita Yang Dapat BST Rp 3 Juta

Mengapa Bansos PKH Harus Diadakan?

Cek Penerima Bansos PKH Begini Cara dan Ketentuannya

Misi utama pemerintah dalam mengadakan program bansos adalah tentang mengentaskan kemiskinan. Tentu dari misi utama tersebut, ada beberapa tujuan lain sebagai bentuk pengembangan.

  1. Menjamin Kehidupan Bermasyarakat yang Baik

Sebuah keluarga dikatakan bisa sejahtera, jika kebutuhan dasarnya terpenuhi tanpa kendala. Sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena latar belakang ekonomi berbeda-beda.

Adanya program bansos PKH ini, berguna agar masyarakat bisa dibantu dari pemenuhan kebutuhan. Jika kebutuhan dasar terpenuhi, maka kehidupan bermasyarakat akan terjamin dan ditingkat.

  1. Sebagai Wujud Perlindungan Sosial

Melalui program cek penerima bansos PKH yang semakin mudah, pemerintah memberikannya sebagai wujud perlindungan sosial. Risiko kerentanan antar anggota masyarakat diharapkan bisa diminimalisir.

Kelangsungan hidup melalui bantuan ini diharapkan bisa terpenuhi. Tentunya harus berdasarkan standar kebutuhan dasar. Khususnya kebutuhan sandang, sampai kesehatan.

  1. Wujud Rehabilitasi Sosial

Maksud dari wujud rehabilitasi sosial adalah bansos PKH bertujuan sebagai pendidikan. Pendidikan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan masyarakat. Baik melalui pekerjaan sampai perannya di ranah sosial.

Bantuan sosial PKH ini juga berguna untuk mengembangkan kemampuan seseorang dengan kondisi tertentu. Misalnya yang mengalami disfungsi sosial. Tujuan utamanya, agar masyarakat memiliki fungsi sosial yang terlaksana baik.

  1. Merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat dari Pemerintah

Program dengan cara cek penerima bansos PKH yang mudah ini, juga menjadi pemberdayaan masyarakat. Tujuan utamanya menjadikan anggota masyarakatnya bisa bangkit. Terlebih saat ini kondisi ekonomi sedang terpuruk karena efek wabah.

Masyarakat diharapkan bisa menghadapi masalah sosial, dengan daya bangkit kuat. Tentunya hal ini didasarkan dari kebutuhan utamanya yang sudah dipenuhi dengan optimal.

  1. Berguna untuk Penanggulangan Bencana

Bencana baik itu karena faktor alam atau wabah, sangat berdampak pada ekonomi sebuah negara. Masyarakat akan mengalami kelumpuhan ekonomi karena hal demikian. Adanya program bansos PKH juga bertujuan sebagai pengentasan dampak bencana.

Pemerintah melalui sarana ini mengharapkan bantuan sosial bisa merehabilitasi masyarakat. Terutama untuk yang terdampak korban bencana. Ekonomi masyarakat yang pulih, tentu akan berdampak positif juga pada negara.

Selain Bansos PKH, Ada Program Apa Saja?

Setelah tahu apa saja cara cek penerima bansos PKH, ternyata ada program lain yang serupa. Pemerintah memberikan beberapa macam bantuan selain Program Keluarga Harapan, dengan istilah tersendiri.

  1. Program BNPT

Bantuan Pangan Non Tunai merupakan wujud pemerintah dalam menangani pandemi. Dua tahun belakangan ini, ekonomi Indonesia memang sedang dilanda masalah karena wabah. Program ini melalui fitur Kartu Sembako Murah untuk Penerima Manfaat.

Uang tunai Rp200.000 akan diterima keluarga penerima BNPT, dalam periode sebulan sekali. Dana tersebut disalurkan melalui mitra-mitra pemerintah berupa bank. Bisa lewat Bank Himbara, Bank BTN, sampai Mandiri.

Untuk tahun 2022, anggaran dari BNPT sebanyak Rp45 triliun dengan target 18 juta penerima. Wujud pemberian bantuan ini juga bisa berupa bahan pangan seperti beras, telur, hingga minyak goreng.

  1. Program BLT Pemerintah

Jika cek penerima bansos PKH tidak terdaftar, siapa tahu kamu masuk ke program BLT pemerintah. Jika program di atas jenisnya ke pangan, BLT sifatnya uang tunai. Anggaran yang digunakan untuk bantuan ini sebanyak 40% dari program dana desa.

Sasaran bantuan sosial ini berpusat pada pengentasan kemiskinan karena dampak pandemi. Masyarakat penerimanya terpusat di kawasan pedesaan, dengan uang yang didapatkan Rp300.000.

  1. Program Kartu Prakerja untuk Masyarakat Khusus

Saat kampanye presiden dulu, Jokowi yang saat ini menjabat menjanjikan kartu prakerja sebagai program unggulannya. Saat ini, memang ada program demikian sebagai realisasinya.

Program ini dibuka lagi pada awal tahun 2022, dengan tujuan membantu masyarakat yang masih menganggur. Bantuan sosial ini juga bermanfaat bagi pekerja yang terdampak pandemi. Untuk itu kamu perlu cek penerima bansos PKH.

Untuk pengusaha yang terkena efek wabah juga masuk ke kategori ini. Penerima bantuan sosial ini, memperoleh Rp3,5 juta setiap periodenya. Akan tetapi jumlah tersebut tidak seutuhnya berupa uang tunai.

Setiap Rp1 juta, merupakan anggaran untuk pembelian paket pelatihan daring. Sedangkan untuk peserta lulus pelatihan, memperoleh Rp600.000 terlebih dahulu.

Dana akan terus dialirkan selama 4 periode, dengan total Rp2,4 juta. Sisanya, sebesar Rp150.000 berupa uang dari jasa mengisi survey.

Ternyata untuk melakukan cek tergolong mudah caranya. Tidak perlu memanfaatkan jasa calo, atau oknum tidak bertanggung jawab. Cek penerima bansos PKH cukup secara mandiri. Pastikan kamu sudah mendaftarnya terlebih dahulu, baru bisa melakukan pengecekan.