Link dan Cara Daftar Mudik Gratis PLN 2023

Pada artikel ini kami akan membahas tentang infomasi Mudik Gratis PLN 2023 secara lengkap, mulai dari Persyaratan dan cara daftarnya.

Dikutip dari akun instagram @pln_id, program Mudik gratis PLN 2023 saat ini tersedia 5.000 kuota mudik gratis untuk pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dengan rute Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur-Lampung-Palembang.

Syaratnya mudah, cukup daftarkan diri Anda hanya melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Appstore ataupun Google Play.

Tujuannya adalah agar masyarakat yang mumbutuhkan transportasi untuk mudik bisa memanfaatkan program dari pemerintah ini yang tentunya gratis tanpa biaya tiket perjalanannya. Adapun artikel ini kami rangkum dari laman news.detik.com.

Info Jadwal Pendaftaran

pln-id-Info-Jadwal-Pendaftaran-mudik-gratis

Seperti dilansir akun Instagramnya (@pln_id), PLN telah mengumumkan pendaftaran program mudik gratis Lebaran 2023. Program mudik gratis PLN 2023 moda bus ini menyediakan 5.000 kuota mudik gratis untuk pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek.

“Tersedia 5.000 kuota mudik gratis untuk pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dengan rute Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur-Lampung-Palembang,” tulis PLN dalam keterangan tertulis.

Pendaftaran program mudik gratis PLN 2023 ini dilakukan secara online melalui aplikasi PLN Mobile sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk keberangkatan tanggal 18 April 2023. Berikut informasi jadwal pendaftarannya:

Jadwal Pendaftaran Tahap 1:

  • Tanggal: 29-31 Maret 2023
  • Pukul: 09.00-15.00 WIB

Jadwal Pendaftaran Tahap 2:

  • Tanggal: 5-7 April 2023
  • Pukul: 09.00- 15.00 WIB

Baca Juga : Mudik Gratis Kimia Farma 2023

Baca Juga : Mudik Gratis Dari Kemenhub

Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis Dari PLN

Mengutip dari unggahan di akun Instagram PLN, berikut informasi lengkap syarat dan ketentuan pendaftaran peserta mudik gratis bersama PLN 2023:

  1. Peserta belum pernah mendaftar pada program mudik gratis di Kementerian BUMN atau Instansi manapun.
  2. Wajib mengisi data diri dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk peserta individu) dan Kartu Keluarga / KK (untuk peserta Keluarga) satu KK maksimal 4 orang.
  3. Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak bisa diwakilkan.
  4. Peserta dapat mendaftarkan anggota keluarganya maksimal 3 orang atau total jumlah orang maksimal dalam satu formulir adalah 4 orang melalui link / aplikasi/ barcode pendaftaran.
  5. Setiap pendaftar harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000 per orang. Uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.
  6. Pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran.
  7. Jika quota terpenuhi maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang telah ditetapkan.

Cara Daftar Program Mudik Gratis PLN 2023

Untuk mendaftar program mudik gratis PLN 2023 secara online bisa via aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi dan lakukan daftar atau masuk akun PLN Mobile
  • Pada menu “Event” klik banner program mudik gratis PLN 2023
  • Pastikan telah menyiapkan data diri seperti
    • – KTP
    • – Kartu Keluarga
    • – Akta kelahiran/ Kartu Pelajar/ Kartu Identitas Anak
  • Klik opsi “Lihat Jalur” untuk melihat jalur yang tersedia
  • Klik opsi “Ikuti Mudik” untuk lakukan pendaftaran mudik gratis
  • Isi form dengan melengkapi data diri peserta mudik gratis
  • Ikuti seluruh prosesnya sampai selesai.

Sebagai catatan, setiap peserta akan diminta untuk mentransfer uang jaminan sebesar RP 100 ribu per orang. Uang ini nantinya akan dikembalikan menjelang keberangkatan sesuai jadwal. Uang tidak kembali jika peserta membatalkan keberangkatan.