bansos-ramadhan

6 Bansos Ini Cair di Bulan Ramadhan, Buruan Daftar!

Pencairan Bantuan Sosial atau Bansos di Bulan Ramadhan ini tentu ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang terdaftar sebagai penerima.

Banyak warga yang memang membutuhkan bantuan ini dan menurut informasi dari laman banjarmasin.tribunnews, ada beberapa Bansos yang akan dibagikan selama bulan puasa / Ramadhan 2023 ini sampai menjelang hari raya idul fitri.

Dikutip dari laman tersebut, ada 6 Bansos yang akan dicairkan, diantaranya adalah PKH, BPNT, Bantuan Miskin Ekstrim, Bansos Pangan, Bansos BKKBN dan Bansos BPJS. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak penjabarannya berikut ini :

6 Bansos Yang Cair di Bulan Puasa 2023

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh Bansos selama bulan puasa:

Baca Juga : Bansos Bulan Ramadhan Cair, Cek Nama Kamu Disini!

  • Membantu meringankan beban kebutuhan pokok:
  • Meningkatkan daya beli
  • Memperkuat solidaritas sosial
  • Mengurangi ketimpangan sosial

Dilansir dari Kanal YouTube Info Bansos-PKH Reportase, Adapun enam Bansos yang akan cair pada bulan puasa 2023 ini adalah sebagai berikut:

1. PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH tahap 1 akan alokasikan selama bulan Januari, Februari hingga Maret 2023.

Baca Juga : Ini Syarat dan Cara Daftar Bansos PKH

KPM yang menerima Bansos jenis ini selama bulan Ramadhan adalah mereka yang menggunakan KKS dari BTN.

Namun karena pada tahun ini BTN tidak bekerjasama dengan pemerintah terkait penyaluran Bansos maka pencairan akan dilakukan oleh Kantor Pos.

2. Bansos Sembako BPNT

Bansos BPNT atau program pangan senilai Rp 600 ribu juga akan cair pada saat bulan suci Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

Baca Juga : Cara Cek Bansos BPNT

Namun untuk jadwal pastinya hingga kini masih menunggu informasi lebih jelas dari Kantor Pos.

3. Bansos BPJS Kesehatan PBI

Bantuan sosial Penerima Bantuan Iuran BPJS KIS dari pemerintah juga akan segera cair pada bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri tahun ini khusus untuk alokasi periode bulan April.

Bansos jenis ini akan diterima oleh 100 juta KPM yang tersebar di seluruh Indonesia, Bansos ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang melainkan dalam bentuk layanan kesehatan gratis.

4. Bantuan Miskin Ekstrem

BLT Miskin Ekstrem ini dulunya merupakan bantuan dana desa yang tujuannya untuk menghapus kemiskinan ekstrem.

Bantuan ini di khususkan untuk KPM yang termasuk dalam P2KE yaitu Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Adapun besaran bantuan yang akan diterima oleh KPM dari program ini adalah sebesar Rp 300 ribu yang dibayarkan setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali.

5. Bansos Pangan Ramadhan Selama 3 bulan

Bansos ini disalurkan pemerintah untuk menekan laju inflasi yang terjadi akibat naiknya harga di pasar pada saat bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Nantinya KPM yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan pangan ini akan memperoleh beras 10 kilogram yang akan disalurkan oleh Kantor Pos dari pintu ke pintu atau kelompok.

Bansos ini akan diberikan selama tiga bulan yaitu Maret, April, hingga Mei namun hingga kini belum ada kepastian akan diberikan secara per bulan atau kolektif.

6. Bansos Pangan BKKBN

Bansos ini berupa telur dan daging ayam yang akan diberikan kepada 2,1 juta KPM yang memiliki balita atau balita dengan potensi stunting berdasarkan data dari BKKBN.

Dalam penyedia barang yang akan disalurkan pemerintah bekerja sama dengan pihak ID Food yang merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pangan.

Itulah informasi terkait enam Bansos yang akan cair saat bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri 2023. Semoga bermanfaat.