Inilah Cara Cek Bansos BPNT Online dan Besar Bantuannya
cara cek bpnt online

Inilah Cara Cek Bansos BPNT Online dan Besar Bantuannya

Cara cek bansos BPNT online saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudah. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena bantuan sosial ini dapat dicek sendiri bahkan hanya dengan ponsel saja.

Bantuan Pangan Non Tunai adalah salah satu bantuan sosial yang akan diberikan pemerintah terhadap masyarakat yang ditetapkan menjadi KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Mengenal Cara Cek Bansos BPNT Online

bansos bpnt

Program bantuan pangan ini sebetulnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu dengan nama programnya Raskin. Sejak tahun 2016 bantuan pangan ini menggunakan metode kartu elektronik.

Sebelum membahas cara cek bansos BPNT online, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu terkait apa itu BPNT. Perlu kamu ketahui bahwa BPNT termasuk singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang merupakan program bantuan pangan berasal dari pemerintah.

Apabila sebelumnya kamu sudah mengenal Program Raskin, maka tidak jauh beda dengan BPNT. Raskin menyalurkan bantuan beras terhadap rakyat dengan kategori miskin dan BPNT ini adalah kelanjutan dari Program Raskin tersebut.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyaluran Program Raskin dilengkapi kartu elektronik tahun 2016. Penggunaan dari kartu elektronik ini digunakan untuk menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk non tunai menggunakan sistem perbankan.

Sementara itu, untuk sistem penyaluran ini sudah diatur dalam Perpres No. 63 Tahun 2017 terkait Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai. Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara cek bansos BPNT online.

Pemberian bansos BPNT ini dalam rangka untuk dapat menanggulangi kemiskinan. Misalnya saja meliputi jaminan sosial, perlindungan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, sampai pelayanan dasar.

Metode dari penyaluran bantuan non tunai ini, diharapkan dapat lebih efisien dan tepat sasaran. Oleh karena itu, kartu elektronik untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai dapat langsung dibelanjakan melalui E-Warong. Penerima manfaat akan memperoleh bantuan pangan berupa beras, telur dan bahan pokok lainnya.

Besar Bantuan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

cara ambil bansos di kantor pos

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui berapa besaran cara cek bansos BPNT online dari pemerintah. Umumnya, Bantuan Pangan Non Tunai berupa sembako dari pemerintah diberikan setiap bulan kepada KPM berjumlah Rp. 200.000 atau Rp 2,4 juta per tahun.

Bahkan, sampai saat ini pemerintah sudah menyalurkan bantuan sosial BPNT kepada 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan anggaran bisa mencapai Rp 7,08 triliun.

Bantuan Pangan Non Tunai ini rencananya masih terus berlanjut dan diberikan terhadap keluarga miskin yang terdampak pandemi. Berbeda halnya dari bantuan sosial PKH dan BST, bantuan pangan sekitar Rp. 200.000 tidak dapat ditarik tunai.

Bantuan Pangan Non Tunai ini hanya dapat dicairkan dalam bentuk sembako terdiri dari beras, telur, daging ayam, buah dan lainnya. Sementara itu, tahun ini pemerintah akan memberikan tambahan bansos BPNT dengan menggunakan program top up Kartu Sembako.

Sementara itu, untuk jumlah tambahan yang akan diberikan sebesar Rp. 300.000. Tambahan ini termasuk salah satu relokasi dana perlindungan sosial dan akan disalurkan sebanyak tiga kali. Kamu bisa mengetahui terlebih dahulu cara cek bansos BPNT online.

Pemberian adanya tambahan bantuan ini menyasar terhadap 1,4 juta KPM dan pencairannya bisa langsung dilaksanakan pada awal atau akhir Desember 2022. Dengan begitu, tidak semua KPM BPNT akan menerima tambahan tersebut.

Prosedur Calon Keluarga Penerima Manfaat untuk Mendapat BPNT

kartu keluarga sejahtera penerima manfaat

Biasanya, tidak semua masyarakat dapat menjadi penerima bansos BPNT online dari bantuan non tunai pemerintah. Hal ini karena ada syarat dan ketentuan cara cek bansos BPNT online yang harus dipenuhi.

Untuk pendaftaran calon peserta KPM ini, umumnya akan dilakukan oleh Kementerian Sosial. Sebelum mengetahui cara cek bansos BPNT secara online, berikut prosedur yang perlu ditempuh calon KPM.

  1. Calon Penerima Memperoleh Surat Pemberitahuan

Berikutnya, calon penerima manfaat akan memperoleh surat pemberitahuan yang berisi terkait teknis pendaftaran dan lokasi sudah ditentukan. Seluruh data yang diisi oleh calon penerima manfaat, akan langsung diproses secara paralel oleh beberapa pihak.

Misalnya saja, bank yang sudah tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara), Kantor Kelurahan/Desa, bahkan Kantor Walikota atau Kabupaten.

Kemudian, sesudah proses verifikasi data selesai maka penerima manfaat akan langsung dibuatkan buku rekening dan KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial).

  1. Fungsi KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial)

Fungsi dari KKS ini sebagai salah satu alat untuk mengambil cara cek bansos BPNT online yang sudah disalurkan. Hanya dengan menggunakan KKS maka penerima manfaat dapat datang ke E-Warong dan melakukan transaksi untuk pengambilan bantuan pangan.

  1. Metode Pencairan

Sementara itu, untuk tempat pencairan bantuan pangan lainnya yang dapat diakses, yaitu pasar tradisional, toko kelontong, warung desa, RPK (Rumah Pangan Kita). Bahkan, sampai agen bank pun menyediakan bahan pangan dan usaha eceran lainnya.

Dalam hal tersebut, KPM dapat mengunjungi E-Warong yang sudah mempunyai tanda sebagai lokasi penyaluran bantuan pangan. Sementara itu, untuk transaksinya sendiri dapat dilakukan secara non tunai sesuai jumlah saldo bantuan yang tersimpan pada chip kartu sembako.

Hanya dengan melalui metode pencairan kartu elektronik tersebut, akan lebih mudah memantau jumlah dana yang sudah disalurkan. Mulai dari jumlah saldo ditarik oleh KPM, jumlah saldo tersisa, dan data penerima manfaat yang tidak mengambil bantuan.

Prinsip dan Tujuan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pada umumnya, penyaluran cara cek bansos BPNT online dari pemerintah berhubungan kepada empat prinsip umum seperti di bawah ini:

  • Dapat memberikan kemudahan dalam akses dan penggunaan KKS untuk penerima manfaat.
  • Dapat memberikan lebih banyak alternatif pilihan bagi KPM, demi menggunakan bantuan, termasuk berapa banyak yang diperlukan dan kapan akan dicairkan.
  • Dapat mendorong peningkatan pendapatan pada usaha rakyat yang melayani KPM.
  • Dapat memberikan akses jasa keuangan pada KPM dan usaha eceran rakyat.
πŸ‘‰ TRENDING:  Inilah Cara Cek BLT Dana desa online dan Manfaatnya

Sebagai salah satu program dari cara cek bansos BPNT online yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini Bantuan Pangan Non Tunai sudah mempunyai memiliki sejumlah tujuan, di antaranya seperti berikut:

  1. Meminimalisir Beban Masyarakat

Tujuan utama dari adanya pemberian bantuan pangan untuk masyarakat miskin dan rentan miskin, yakni meringankan beban masyarakat. Dengan begitu, pengeluaran untuk kebutuhan pangan dapat langsung ditekan dan dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Dapat Membantu Pemenuhan Gizi Keluarga

Pemenuhan dari asupan gizi bagi masyarakat miskin dan rentan miskin biasanya tidak akan mudah dipenuhi akibat minimnya pendapatan. Melalui adanya program cara cek bansos BPNT online, maka diharapkan dapat membantu pemenuhan gizi keluarga.

  1. Meningkatkan Ketepatan Sasaran KPM

Tujuan lainnya dari adanya program bantuan pangan ini, yakni meningkatkan ketepatan sasaran KPM. Hal ini karena data masyarakat miskin maupun rentan miskin telah terintegrasi di Kementerian Sosial.

  1. Dapat Memberikan Kendali kepada KPM

Melalui adanya metode penyaluran bantuan bisa menggunakan KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial). Hal ini berarti akan memberikan kendali terhadap KPM terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi keluarga.

  1. Mendorong Tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Penyaluran dari adanya cara cek bansos BPNT online ini berguna untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk tujuan dari pembangunan ini meliputi beberapa hal, yakni tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan yang sehat dan lainnya.

Manfaat dan Kriteria Penerima Bansos BPNT

Selain berguna untuk membantu pemenuhan gizi keluarga serta mengurangi beban pengeluaran. Maka penyaluran BPNT juga diharapkan bisa memberikan manfaat berikut ini:

  1. Dapat Meningkatkan Ketahanan Pangan

Manfaat paling utama dari adanya program cara cek bansos BPNT online, yakni meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu mekanisme dalam membantu menanggulangi kemiskinan.

  1. Dapat Meningkatkan Efisiensi Penyaluran Bansos

Untuk penyaluran bantuan pangan bisa menggunakan mekanisme kartu elektronik yang tidak hanya mudah diakses, namun juga dipantau. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat tersendiri dalam hal efisiensi penyaluran cara cek bansos BPNT secara online, agar lebih terintegrasi dan terkontrol.

  1. Dapat Meningkatkan Transaksi Non Tunai

Kini pemerintah memang sudah mencanangkan gerakan non tunai dikenal dengan istilah GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). Di mana sudah bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi yakni dengan cara cek bansos BPNT online.

Melalui adanya KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial) dalam penyaluran bantuan pangan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan transaksi non tunai.

  1. Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat lain dari adanya program cara cek bansos BPNT online ini tidak hanya terbatas bagi penerima saja. Namun, juga bagi usaha mikro dan kecil yang mempunyai usaha penjualan sembako seperti beras dan telur.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak semua masyarakat bisa memperoleh bantuan pangan dari pemerintah. Hal ini pada dasarnya bantuan sosial ditujukan kepada masyarakat dengan kategori miskin atau rentan miskin. Berikut ini sudah ada beberapa kriteria untuk penerima manfaat BPNT adalah:

  • KPM BPNT merupakan warga miskin yang memegang KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial).
  • KPM BPNT tidak hanya penerima jenis bantuan sosial lainnya dari pemerintah, misalnya saja PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), dan bantuan lainnya dari pemerintah.
  • Tidak merupakan anggota TNI/POLRI, karyawan BUMD/BUMN, Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat daerah atau pejabat negara.

Apabila kamu memenuhi seluruh kriteria yang sudah disebutkan di atas, maka sudah pasti berhak untuk menerima bantuan pangan non tunai dari pemerintah.

Cara Mengecek dan Mendaftar BNPT

cekbansos kemensos

Bagi kamu yang telah memenuhi kriteria maupun belum, namun ingin mengetahui apakah mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai dari pemerintah bisa melakukan pengecekan sendiri secara online. Berikut ini, sudah ada beberapa cara cara cek bansos BPNT online seperti ini.

  1. Pertama-tama, silahkan mengunjungi laman cek bansos.kemensos.go.id. Nanti akan muncul jendela dengan keterangan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan.
  2. Kemudian, bisa memasukkan data sesuai dengan domisili. Apabila sudah silahkan mengetik nama lengkap sesuai KTP.
  3. Selanjutnya, ketikkan kode 8 huruf yang sudah tertera di dalam kotak. Apabila huruf yang tertera kurang jelas, maka bisa langsung mengklik ikon Refresh untuk memperoleh kode baru.
  4. Kemudian, silahkan klik opsi Cari Data pada kotak yang telah tersedia.
  5. Apabila nama kamu termasuk dalam daftar penerima manfaat BPNT maka pada kolom cara cek bansos BPNT online akan terdapat informasi terkait nama lengkap, usia, status, keterangan, serta periode.
  6. Sebaliknya, apabila nama kamu tidak termasuk dalam daftar penerima manfaat BPNT, maka langsung ada keterangan bahwa namamu tidak termasuk penerima manfaat BPNT.

Bagi kamu yang sudah mencoba cek bansos BNPT online di atas, namun ternyata belum terdaftar sebagai penerima manfaat maka tidak perlu cemas karena masih bisa mendaftarkan diri.

Apabila kamu sudah memenuhi kriteria calon penerima manfaat BPNT namun belum terdaftar. Maka bisa mendaftar dengan cara cek bansos BPNT online berikut ini:

  1. Pertama, hal yang perlu dilakukan menginstall aplikasi Cek Bansos Kemensos melalui Google PlayStore di perangkat smartphone.
  2. Pada aplikasi tersebut terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bantuan sosial BPNT maupun PKH.
  3. Apabila telah berhasil menginstal aplikasi maka bisa langsung membuat akun atau User ID. Kamu hanya perlu melakukan registrasi dengan menggunakan NIK, KTP dan KK.
  4. Kemudian, cara cek bansos BPNT online langsung login menggunakan akun tersebut yang telah diaktivasi dan verifikasi oleh Kemensos.
  5. Selanjutnya, tinggal masuk ke menu Tambah Usulan dan pilihlah jenis bantuan sosial yang diinginkan yakni BPNT atau Kartu Sembako.
  6. Lengkapilah seluruh data yang diperlukan dan sistem akan mencocokkan nama, NIK KK dan status kependudukan dengan data Dukcapil serta kesesuaian dengan DTKS akan diperiksa untuk memperoleh bantuan BPNT dari pemerintah.

Jika usulan kamu sesuai dan berhasil diterima sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT, maka namamu akan muncul sesuai data yang diajukan. Misalnya saja NIK dan kesesuaian dengan data Dukcapil.

Berikutnya, kamu akan menerima bantuan top up sembako sekitar Rp. 300.000 selama 3 bulan. Sama halnya dengan cara cek bansos BPNT online pada umumnya, bantuan ini tidak akan diambil dalam bentuk tunai. Jadi hanya dapat dicairkan dalam bentuk sembako, seperti beras, telur, daging ayam, dan lainnya.

πŸ‘‰ TRENDING:  Inilah Cara Cek BLT Dana desa online dan Manfaatnya

Cara Mengecek Saldo BPNT Menggunakan HP

Bagi kamu yang telah terdaftar sebagai penerima manfaat BPNT, ada cara mudah untuk mengecek saldo BPNT melalui perangkat Handphone. Jadi selain kamu melakukan cara cek bansos BPNT secara online, juga bisa mengecek jumlah saldo di kartu KKS.

  1. Mekanisme Mengecek Saldo BPNT

Cek bansos BPNT online pertama yang harus dilakukan untuk dapat mengecek saldo BPNT, mengunjungi salah satu bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara). Misalnya saja, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

Kamu dapat datang ke bank sesuai rekening bank BPNT. Untuk dokumen yang harus disiapkan saat mendaftar SMS Banking dan m-Banking di bank yakni KTP asli, KKS, dam buku tabungan yang berhubungan dengan rekening BPNT. Proses dari aktivasi SMS Banking maupun m-Banking akan dilakukan oleh pihak bank.

  1. Cara Mengecek Saldo BPNT Melalui SMS

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan SMS Banking di BNI, maka cara cek bansos BPNT online dapat dilakukan seperti berikut ini:

  • Pertama-tama, silahkan buka menu SMS di Handphone Mu.
  • Kemudian, ketiklah SAL dan kirim ke nomor 3346
  1. Cara Mengecek Saldo melalui m-Banking BNI

Apabila ingin mengetahui saldo BPNT di rekening, maka cara yang harus dilakukan seperti berikut ini.

  • Pertama, wajib menginstal aplikasi m-Banking BNI melalui Google PlayStore.
  • Selanjutnya, masukkanlah informasi akun dan login dengan memasukkan User ID serta MPIN.
  • Apabila kamu berhasil login maka akan memperoleh informasi terkait saldo BPNT yang tertera di halaman awal.
  • Selain bisa menggunakan dua cara cek bansos BPNT online di atas, kamu juga dapat melakukan pengecekan dengan mendatangi agen e-Warong untuk mengecek saldo BPNT.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat miskin atau rentan miskin kini memang membantu. Terlebih lagi, dengan keadaan ekonomi yang belum pulih akibat pandemi yang berkepanjangan.

Kebutuhan pokok bisa menjadi salah satu hal yang sulit dipenuhi, akibat tidak adanya pemasukan sesudah kehilangan pekerjaan atau usaha bangkrut. Melalui adanya cara cek bansos BPNT online maka diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin.

Sementara itu, melalui penyaluran bantuan pangan juga akan membantu masyarakat yang terdampak pandemi untuk memenuhi asupan gizi bagi keluarga. Bahkan, dengan asupan gizi yang terpenuhi dengan baik, masyarakat akan lebih sehat dan bersemangat untuk mencari penghidupan yang layak.

Melalui cara cek bansos BPNT online yang ada di atas, maka hal ini akan memudahkan siapa saja untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima manfaat atau tidak. Jika pun tidak, maka kamu masih dapat mengajukan diri melalui cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jenis-jenis dan Syarat Bantuan Sosial

jenis jenis bansos

Pemberlakuan aktivitas masyarakat atau PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlaku pada tahun lalu, membuat pemerintah memutuskan mengeluarkan bantuan sosial.

Dalam periode tersebut pemerintah telah berencana mengeluarkan bantuan sosial yang akan cair pada pekan kedua. Jumlah untuk nominalnya sekitar Rp. 300 ribu per bulan bagi setiap peserta penerima bansos.

Cara cek bansos BPNT online bisa kamu ketahui di bawah ini. Diketahui bahwa bantuan sosial menjadi prioritas pemerintah untuk membantu masyarakat yang sudah terdampak sejak pandemi Covid-19 terjadi pada 2020.

Bahkan, selama ini sudah ada beberapa program bantuan sosial yang telah terealisasi. Program dari keluarga harapan atau PKH per 30 Oktober 2020 telah mencapai 98,2% atau Rp. 36,71 triliun. Sementara itu, program bantuan sosial lainnya menyusul dengan persentase realisasi yang berbeda-beda.

Untuk jenis cara cek bansos BPNT online yang pernah dikeluarkan oleh pemerintah mulai pusat atau daerah, sebetulnya sudah cukup banyak. Setidaknya sudah diketahui terdapat 10 jenis bantuan yang dikeluarkan pemerintah, yaitu:

  1. Bantuan PKH atau program keluarga harapan.
  2. Bantuan BPNT atau pangan non-tunai.
  3. Bantuan BSP atau sembako pangan.
  4. Bantuan BST atau sosial tunai yang disalurkan melalui Kantor Pos.
  5. Bantuan BST atau sosial tunai yang disalurkan melalui himpunan bank milik negara alias Himbara.
  6. BLT DD atau Bantuan langsung tunai dari dana desa.
  7. Bantuan untuk usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM.
  8. Bantuan subsidi terhadap gaji karyawan dan kartu prakerja.
  9. Bansos tunai ataupun sembako dari pemerintah provinsi atau kabupaten dan kota.
  10. Subsidi dadi biaya listrik.

Bagi kamu yang merasa dari keluarga kurang mampu dan terdampak ekonomi karena pandemi Covid-19. Maka bisa mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial. Untuk syaratnya cara cek bansos BPNT online sebagai berikut:

  • Calon penerima bantuan sosial merupakan masyarakat yang masuk ke dalam daftar data. Di mana harus dilakukan oleh rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) tempat tinggalnya.
  • Calon penerima bantuan sosial termasuk dalam kelompok yang terdampak Covid-19, yaitu orang yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi.
  • Calon penerima bantuan sosial ini tidak masuk dalam daftar penerima bansos lain seperti kartu sembako, PKH, bantuan paket sembako, Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT, dan kartu prakerja.
  • Jika termasuk dalam syarat daftar bantuan sosial tersebut, kamu dapat mengajukan diri untuk didaftarkan sebagai calon penerima oleh pemerintah setempat.

Ini Cara Memperoleh Bantuan Sosial

Agar kamu bisa mendapatkan bantuan sosial, berikut ini cara cek bansos BPNT online, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cara daftar bantuan sosial yang paling mudah adalah dengan melakukan konfirmasi langsung ke pengurus desa. Hal ini dilakukan jika data kamu belum masuk dalam daftar penerima bantuan sosial yang diusulkan oleh RT atau RW.
  2. Jika sudah memenuhi syarat penerima bantuan sosial, maka kamu akan memperoleh surat pemberitahuan yang isinya teknis pendaftaran pada tempat yang telah ditentukan.
  3. Kemudian, cara cek bansos BPNT online akan diminta untuk membawa berkas seperti kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), serta kode untuk keluarga yang dimiliki dalam data terpadu.
  4. Data-data ini akan langsung diproses oleh bank negara, kantor kelurahan, serta kantor walikota atau kabupaten.
  5. Agar kamu bisa menerima bantuan BPNT, maka akan dibuatkan rekening bank dan memperoleh kartu keluarga sejahtera atau KKS.
  6. Apabila sudah terdaftar, maka bisa melakukan pengecekan apakah termasuk dalam daftar penerima bantuan sosial atau tidak.

Cara Mengecek Bansos di Masa Covid

Apabila proses pendaftaran tidak dapat menggunakan sistem online, namun untuk melakukan pengecekannya bisa melalui situs resmi dari bantuan sosial Kementerian Sosial. Berikut ini adalah cara selengkapnya:

  • Pertama, buka langsung situs cek bansos.kemensos.go.id. Jika sudah masuk ke laman tersebut, isilah data yang diperlukan seperti nama provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa.
  • Kemudian, isi juga alamat lengkap sesuai dengan KTP. Selanjutnya, masukkan empat kode huruf dan angka yang sudah tertera pada kotak tersedia.
  • Jika data sudah lengkap, klik saja ikon β€œCari”. Kemudian, akan muncul data seperti alamat penerima, periode penerimaan bansos, serta identitas dari penerima tersebut.
  • Selanjutnya, kamu akan melihat keterangan jenis bantuan sosial yang diterima.
πŸ‘‰ TRENDING:  Inilah Cara Cek BLT Dana desa online dan Manfaatnya

Sasaran dari Program Keluarga Harapan

Selain BNPT, ada PKH yang termasuk bantuan sosial yang realisasinya tertinggi ketimbang dengan program bantuan sosial lainnya. Pada tahun 2021, program ini masih berlanjut. Berikut ini sudah ada beberapa cara cek bansos BPNT online sasaran PKH, yakni:

  • Kelompok ibu hamil dan anak usia nol hingga enam akan memperoleh sebesar Rp. 3 juta.
  • Kelompok anak umur sekolah dasar atau SD akan memperoleh sebesar Rp. 900 ribu.
  • Kelompok anak umur sekolah menengah pertama atau SMP akan memperoleh sebesar Rp. 1.5 juta.
  • Kelompok anak usia sekolah menengah atas atau SMA akan mendapatkan sebesar Rp. 2 juta.
  • Untuk anak yang telah memasuki umur kuliah atau akan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, pemerintah akan memberikan bantuan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau yang sering dikenal KIP-Kuliah.

Syarat dan Cara Pendaftaran Akun KIP Kuliah

Bantuan dari KIP kuliah ini akan diberikan dengan nominal yang berbeda sesuai jenjang pendidikan yang dipilih. Berikut ini beberapa rincian bantuan dari KIP kuliah :

  1. S1 maksimal harus sudah delapan semester, memperoleh bantuan maksimal Rp. 33,6 juta.
  2. D3 maksimal harus sudah enam semester, memperoleh bantuan Rp. 25,2 juta.
  3. D2 maksimal harus sudah empat semester, memperoleh bantuan Rp. 16,8 juta.
  4. D1 maksimal harus sudah dua semester, memperoleh bantuan Rp. 8,4 juta.
  5. Apabila profesi dokter gigi dan dokter hewan maksimal harus empat semester, memperoleh bantuan Rp. 16,8 juta
  6. Profesi ners, apoteker, serta guru akan memperoleh bantuan Rp. 8,4 juta.

Semua bantuan tersebut tidak akan diberikan secara langsung, namun dicairkan setiap bulannya dengan nominal yang diterima per bulan sebesar Rp. 700 ribu.

Dalam masa covid seperti ini diperlukan cara-cara praktis dalam keperluan di tempat umum untuk menghindari penyebaran yang semakin luas. Cara cek bansos BPNT online diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengeceknya.