apk cek bansos android

Aplikasi Cek Bansos, Resmi KEMENSOS Download DISINI

Aplikasi Cek Bansos 2022, Resmi KEMENSOS Go Id –  Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah merilis aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengecek informasi terbaru tentang program Bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah.

Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur barunya yaitu “Usul” dan “Sanggah”.


menu “usul” dan “sanggah” di aplikasi cek bansos 2022 ini merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan, tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak, tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).

Dengan adanya menu tambahan usul-sanggah di aplikasi cek bansos ini, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawalan bantuan sosial. Bagaimana cara menggunakan menu usul-sanggah ini? bisa disimak melalui video yang diunggah ke akun instagram @kemensosri atau channel youtube.


Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk melihat kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH). Pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak.

Selain itu Pengguna juga dapat mengusulkan dirinya sendiri atau tetangganya yang dianggap layak untuk masuk ke dalam DTKS dan/atau menerima bantuan sosial.

Masyarakat juga bisa langsung cari di google playstore. Tapi, jangan sampai salah menggunakan aplikasi yang tidak resmi karena disana banyak sekali aplikasi yang logo dan namanya mirip dengan aplikasi buatan Kemensos ini.
Aplikasi cek bansos kemensos Go Id sudah lama diluncurkan oleh Kementerian Sosial. Hal ini dilakukan untuk memudahkan seluruh masyarakat dalam mengetahui informasi terkait bantuan bansos PKH, BST, dan BPNT.

Selain bisa digunakan sebagai alat mendaftar dan mengecek nama penerima BST Kemensos. Aplikasi cek Bantuan Sosial juga bisa untuk mengajukan sanggahan kelayakan penerima bantuan.

Mengenal Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

Pengecekan pada daftar nama penerima BST Kemensos bisa langsung dilakukan melalui laman cek bansos.kemensos.go.id. Saat ini kamu sudah bisa mendapatkannya melalui fitur aplikasi Cek Bantuan Sosial di Handphone.

Namun, tidak semua masyarakat bisa menerima BST Kemensos ini, karena ada berbagai macam syarat yang harus dipenuhi seperti:

  1. Orang tersebut sudah masuk kriteria pendataan RT/RW.
  2. Tidak memiliki pekerjaan, karena pandemi Covid-19
  3. Tidak menerima bantuan sosial atau Bantuan Sosial lain seperti BPNT atau Kartu Sembako, PKH dan Kartu Prakerja

Fitur-fitur Aplikasi Bantuan Sosial

Fitur-fitur Aplikasi Bantuan Sosial

Aplikasi cek bansos kemensos Go Id saat ini sudah mempunyai empat fitur atau menu utama yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek daftar penerima, mendaftar, serta menyanggah kelayakan penerima BST Kemensos.

  1. Fitur atau Menu Profil

Pada menu ini biasanya berisi username serta profil status BST Kemensos yang dapat memperlihatkan daftar keluarga. Di mana daftar keluarga ini harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

  1. Fitur atau Menu Cek Bansos

Untuk menu ini, masyarakat bisa langsung mencari daftar penerima BST Kemensos seperti PKH, BST, BPNT dan lainnya dengan cara menginput nama dan wilayah sesuai dengan tempat tinggal.

  1. Fitur atau Menu Tanggapan Kelayakan

Aplikasi cek bansos kemensos go id ini, masyarakat bisa langsung memberikan respons atau tanggapan dengan cara menilai layak atau tidaknya BST Kemensos yang akan diberikan kepada penerima.

Data dari penerima BST Kemensos, biasanya akan muncul berdasarkan daftar satu wilayah yang sama dengan pemilik akun. Dengan begini, masyarakat bisa langsung memberikan penilaian apakah penerima BST Kemensos yang berada di satu wilayah dengannya layak atau tidak menerima Bantuan Sosial tersebut.

  1. Fitur atau Menu Daftar Usulan

Biasanya, pada menu ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri atau orang lain sebagai penerima BST Kemensos. Namun, harus melengkapi pengisian data yang dibutuhkan sesuai bukti kependudukan.

Kehadiran aplikasi cek bansos kemensos Go Id sudah dilengkapi dengan fitur usul sanggah. Bahkan, memiliki menu Tanggapan Kelayakan dan Daftar Usulan yang bisa membantu Kemensos, untuk menyalurkan Bantuan Sosial dengan tepat sasaran

Masyarakat juga akan berpartisipasi aktif untuk mengecek apakah penerima berhak atau tidak menerima BST Kemensos. Hal ini agar bisa mengetahui kondisi masyarakat dalam satu wilayahnya.

Selain itu, juga akan membantu masyarakat yang seharusnya layak atau berhak menerima BST Kemensos. Bahkan, bisa mengetahui mendapatkan Bantuan Sosial tersebut hanya dengan melalui menu Daftar Usulan.

Apalagi saat ini sudah terdapat 4 jenis bantuan sosial yang dicairkan oleh pemerintah, mulai dari Kartu Pra Kerja, Pangan Non Tunai, Bantuan Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Langsung Tunai.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lengkapnya dapat melihat langsung aplikasi cek bansos kemensos Go Id. Biasanya, penerima Bantuan Sosial merupakan seseorang yang sudah terdaftar dan terverifikasi pada situs DTKS.

Namun, agar bisa masuk ke situs tersebut, kamu harus bisa melakukan registrasi terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa langsung memperoleh Bantuan Sosial dari pemerintah.

Sejarah Terkait PKH. Bantuan Sosial

Sejarah Terkait PKH

Sebelum membahas lebih detail terkait aplikasi cek bansos kemensos Go Id, alangkah baiknya tahu sejarah terkait PKH. Bantuan Sosial PKH ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007 lalu.

Bahkan, pada dunia internasional, PKH terkenal sekali sebagai Conditional Cash Transfer. Program ini juga telah terbukti untuk menanggulangi dan mengatasi kemiskinan di berbagai negara.

Apalagi untuk negara maju, kemiskinan masih sangat sering terjadi, meski jumlahnya terlalu menurun signifikan. Namun, untuk negara berkembang, kemiskinan masih saja tersebar di mana-mana.

Salah satu tujuan dari adanya aplikasi cek bansos kemensos Go Id, khususnya di Indonesia agar bisa mengatasi masalah tersebut. Jadi melalui bantuan ini, masyarakat miskin bisa langsung mengakses berbagai kebutuhan hidupnya dengan layak.

Dengan menggunakan Bantuan Sosial PKH, masyarakat miskin akan memperoleh pangan, gizi, pendidikan, kesehatan, perawatan hingga pendampingan. Bahkan, dari program ini juga akan memberikan kamu akses terhadap program perlindungan sosial lainnya.

Jika Bansos PKH tepat sasaran, maka bisa membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkannya. Selain itu, data yang berasal dari penerima manfaat Kemensos sudah lebih baik ketimbang sebelumnya.

Cara Download Aplikasi Bansos

Aplikasi Bansos Kemensos Go Id

Aplikasi cek bansos kemensos Go Id ini termasuk salah satu platform yang sejak tanggal 16 Agustus 2021 dikembangkan oleh Kementerian Sosial (kemensos).

Aplikasi ini langsung diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan berbagai informasi penting, mulai dari pendaftaran hingga penerimaan manfaat bantuan sosial.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah digunakan untuk mengecek berbagai informasi calon penerima bantuan sosial. Sementara itu, informasi terkait penerima bantuan sosial selanjutnya akan diberikan oleh Kemensos.

Aplikasi cek bansos kemensos Go Id ini benar-benar sangat membantu untuk kegiatan para penggunanya dan pemerintah. Bahkan, untuk para pengguna juga dapat langsung mengecek masyarakat, apabila ingin mendapatkan bantuan sosial.

Selain itu, pengguna juga dapat langsung mengetahui apakah yang bersangkutan merupakan salah satu penerima bantuan atau tidak. Aplikasi untuk cek bansos kemensos Go Id ini dapat langsung kamu temukan melalui google playstore.

Bahkan, beberapa informasi dan pendaftaran dapat dilakukan pengguna melalui aplikasi cek bansos. Salah satunya ada program bantuan non tunai (PBNT) serta program keluarga harapan (PKH).

Download Disini aplikasi cek bansos kemensos Go Id sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan aplikasi ini telah dirilis secara resmi, termasuk pada layanan shop google play store dan app store.

Bahkan, kamu juga bisa secara langsung menginstalnya menggunakan Playstore. Namun, sebelumnya kamu harus bisa memeriksa koneksi internet apakah sudah stabil atau belum.

Hal ini memang harus dilakukan agar kamu bisa menginstalnya secara cepat. Apabila kamu ingin menginstall aplikasi cek bansos kemensos Go Id ini tidak akan memakan ruang penyimpanan, karena ukurannya ringan.

NamaAplikasi Cek Bansos
Ukuran File46.13MB
Versiv8.86
SupportAndroid 5.0 and up
HargaGratis
DeveloperKEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA
Link DownloadAplikasiBansos

Penggunaan dari Aplikasi Cek Bansos

Jika kamu sudah berhasil menginstallnya, hal selanjutnya yakni mendaftarkan diri pada aplikasi bansos kemensos go id. Cara mendaftarnya terbilang sangat mudah, kamu bisa langsung mengikuti panduan yang telah tersedia di bawah ini.

  1. Pertama, kamu harus memastikan terlebih dahulu sudah mengunduh aplikasi tersebut dengan benar. Apabila kamu belum menginstalnya maka silahkan install melalui Google Play Store sekarang juga.
  2. Kemudian, kamu dapat membuka atau login aplikasi cek bansos kemensos Go Id Selanjutnya, kamu tinggal mengklik untuk membuat akun baru.
  3. Selanjutnya, kamu dipersilahkan untuk melakukan registrasi dengan memasukan data diri sesuai yang dibutuhkan. Kemudian, kamu bisa memasukan data diri sesuai dengan petunjuk yang sudah ditentukan.
  4. Jika telah selesai, kamu bisa langsung upload foto KTP dan selfie bersama KTP yang dimiliki untuk melakukan verifikasi akun.
  5. Selanjutnya, pastikanlah data diri kamu telah benar atau belum. Jika sudah benar, maka kamu bisa langsung mengklik buat akun baru.
  6. Tunggulah sampai proses pembuatan akun selesai dan berhasil. Jika kamu sudah terdaftar, dan aplikasi cek bansos kemensos Go Id bisa langsung digunakan.
  7. Namun, bagi kamu yang ingin mendaftar penerimaan bantuan sosial bisa langsung klik daftar usulan. Kemudian, dilanjutkan dengan memilih jenis bantuan seperti Program Bantuan Non Tunai (PBNT) atau Program Keluarga Harapan (PKH).
  8. Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukan data diri. Selanjutnya, kamu bisa memasukan data diri yang sesuai untuk mengajukan penerimaan bantuan sosial.

Selain bisa mendaftarkan diri menggunakan aplikasi cek bansos kemensos Go Id, ternyata kamu juga dapat mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan sosial melalui pemerintah setempat.

Kamu dapat langsung mendatangi pemerintahan setempat seperti RT/RW atau kepala Desa/Kelurahan setempat. Caranya kamu bisa membawa data diri seperti KTP dan kartu keluarga (KK). Agar lebih mudah mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan sosial.

Mengetahui Cara Cek Penerima Bansos

cara cek penerima bansos ramadahan bpnt 2022 copy

Apabila kamu telah berhasil melakukan pendaftaran diri sebagai calon penerima bantuan sosial. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan, tinggal menunggu informasi selanjutnya saja.

Bahkan, kamu harus memastikan apakah termasuk sebagai penerima bantuan sosial atau tidak. Agar lebih mudah mengecek penerima bantuan sosial sendiri maka dapat melihatnya dengan cara online.

Sementara itu, Kami juga dapat secara langsung mengeceknya melalui website resmi Kementerian Sosial (kemensos) atau aplikasi cek bansos kemensos Go Id. Agar informasinya lebih jelas dalam mengecek calon penerima bantuan sosial, kamu bisa mengikuti langkah cek bansos kemensos go id di bawah ini.

  1. Pertama-tama, kamu harus bisa memastikan telah mempunyai browser seperti Mozilla Firefox atau google chrome. Jika kamu tidak mempunyainya maka silahkan install terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, kamu dapat langsung membuka browser yang dimiliki, carilah dan kunjungi aplikasi cek bansos kemensos Go Id.
  3. Lalu, kamu dapat memilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa sesuai dengan tempat tinggal masing-masing. Selanjutnya, pilihlah menu awal yang berada pada kolom data diri.
  4. Kamu dapat langsung memasukan data diri sesuai KTP. Jika telah selesai, maka dipersilahkan masuk kode captcha sesuai dengan kode yang sudah diterapkan pada kolom.
  5. Namun, jika kamu merasa kesulitan atau kode tersebut tidak jelas, maka dapat langsung mengklik kode tersebut untuk mendapatkan kode terbaru.
  6. Selanjutnya, bila sudah selesai, kamu tinggal klik cari. Dengan begitu, kamu akan mengetahui sistem mana yang cocok dengan nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Selanjutnya, wilayah yang telah diinput akan dibandingkan terlebih dahulu dengan nama yang tertera pada database kemensos.

Tujuan dari Program Bansos

Aplikasi cek bansos kemensos Go Id termasuk salah satu laman resmi yang digunakan untuk mengecek nama penerima bantuan sosial. Bantuan sosial merupakan sebuah upaya di mana ada beberapa misi dan tujuan yang berhubungan dengan sosial. Berikut ini sudah ada beberapa tujuan bansos kemensos go id, yaitu:

  1. Meminimalisir Kemiskinan

Tujuan dari pembuatan bantuan sosial sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kemiskinan berupa program dan kebijakan. Di mana pada aktivitas tersebut, akan dilakukan oleh anggota masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan kurang layak.

  1. Adanya Rehabilitasi Sosial

Tujuan dari adanya bantuan sosial berikutnya, agar bisa mengembangkan kemampuan seseorang yang sedang mengalami disfungsi sosial. Di mana fungsi sosial sendiri diharapkan dapat terlaksana dengan layak.

  1. Adanya Pemberdayaan Masyarakat

Bantuan sosial sendiri berguna sekali untuk membuat masyarakat yang sedang menghadapi masalah sosial, dapat memenuhi kebutuhan dasar. Jadi masyarakat akan terbantu dengan adanya program tersebut melalui aplikasi cek bansos kemensos Go Id.

  1. Penanggulangan Bencana

Bantuan sosial juga bisa dijadikan sebagai salah satu penanggulangan bencana. Bahkan, sebagai upaya rehabilitasi kepada korban bencana.

  1. Dapat Menjamin Kehidupan

Bantuan sosial sendiri dipercaya dapat menjadi jaminan sosial bagi para penerimanya. Hal ini dikarenakan agar kebutuhan dasar bisa langsung terpenuhi secara baik.

  1. Adanya Perlindungan Sosial

Bantuan sosial ini juga berfungsi sebagai perlindungan sosial yang bermanfaat untuk mencegah risiko kerentanan sosial anggota masyarakat. Selain itu, hal ini dilakukan agar kelangsungan hidup masyarakat dapat terpenuhi berdasarkan standar kebutuhan dasar.

Jenis-jenis dari Bantuan Sosial dari Kemensos

Jual dilihat dari aplikasi cek bansos kemensos Go Id, di bawah ini sudah ada jenis-jenis bantuan sosial yang akan disalurkan pemerintah, yaitu:

  1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Kemensos telah memastikan akan memperpanjang program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) hingga tahun ini tanpa faktor pandemi Covid-19. Program ini terkenal sekali sebagai Kartu Sembako yang hanya diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BNPT nantinya tetap berlanjut, bahkan setiap KPM akan menerima 200 ribu rupiah per bulannya. Biasanya, dana bantuan aplikasi cek bansos kemensos Go Id akan disalurkan melalui Bank Himbara, meliputi bank BRI, Mandiri, BTN dan agen lainnya.

Anggaran yang nantinya akan dikeluarkan untuk program BNPT sekitar Rp. 45,12 triliun dengan target 18,8 juta KPM. Dana yang didapatkan hanya digunakan untuk membeli bahan pangan menggunakan e-warung. Manfaat dari BNPT berupa bahan pangan, meliputi kacang hijau, beras, telur, bawang, kacang tanah, buah-buahan dan lainnya.

  1. Program Keluarga Harapan

PKH termasuk salah satu program bantuan sosial Kemensos yang akan diberikan kepada KPM dengan kriteria tertentu seperti keluarga yang anggotanya mempunyai balita atau ibu hamil.

Sama seperti dengan BNPT, program PKH akan selalu berlanjut pada tahun ini. Anggaran yang sudah tersedia untuk bansos PKH sekitar Rp. 28,7 triliun dengan target sekitar 10 juta KPM.

Aplikasi cek bansos kemensos go id PKH umumnya terus berlanjut sebagai penanggulangan kemiskinan dan mengembangkan kualitas SDM. Bahkan, KPM juga akan menerima bantuan sosial PKH setiap triwulan dengan empat tahap, mulai dari Januari, April, Juli, serta Oktober.

Bansos tersebut nantinya akan disalurkan melalui bank Himpunan Bank Negara (HIMBARA), seperti Bank BRI, Mandiri, BNI, dan BTN. Di bawah ini sudah ada informasi lengkap terkait BNPT tahun 2022, yakni:

  • Keluarga yang memiliki anak SD, umumnya akan memperoleh bansos PKH sebesar Rp. 900 ribu per tahun. Untuk anak SMA Rp. 2 juta per bulan, sedangkan anak SMP Rp. 1,5 juta.
  • Keluarga yang memiliki anggota lansia atau penyandang disabilitas, maka jumlah dari bansos PKH yang diterima sekitar Rp. 2,4 juta.
  • Keluarga yang memiliki 2 anak SD, maka jumlah bansos PKH akan dikali dua, totalnya mencapai Rp. 1,8 juta per tahun.
  1. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Anggaran BLT biasanya hanya sebesar 40 persen dan diambil dari dana desa. Bahkan, sasaran dana bansos ini berguna sekali untuk meminimalisir kemiskinan di desa.

Pada program ini diharapkan dapat mengurangi dampak buruk yang dialami oleh warga desa akibat adanya Covid-19. Oleh sebab itu, setiap KPM nantinya menerima sekitar Rp. 300 ribu setiap bulan.

  1. Kartu Prakerja

Program dari Kartu Prakerja telah dibuka sejak bulan Februari 2022. Program ini bermanfaat sekali untuk membantu masyarakat yang belum bekerja atau kehilangan sumber mata pencaharian.

Sebelumnya, para peserta harus diseleksi terlebih dahulu dengan aplikasi cek bansos kemensos Go Id. Apabila sudah lolos seleksi maka akan mendapatkan bantuan sekitar Rp. 3,55 juta.

Di mana Rp. 1 juta akan dialokasikan langsung untuk pembelian paket pelatihan online bagi peserta. Jika peserta sudah berhasil menyelesaikan dan lulus pada pelatihan pertama, maka akan diberikan Rp. 600 ribu per bulan.

Dana ini setiap bulannya akan terus diberikan selama 4 bulan, jadi peserta memperoleh total Rp. 2,4 juta. Peserta juga bisa memperoleh Rp. 150 ribu sebagai dana tambahan bila mengisi survey sebanyak tiga kali.

Cara Mengecek Bansos Menggunakan Website

cek bansos kemensos via website

Setelah kamu berhasil melakukan pendaftaran STKS, tunggulah informasi terkait bansos. Biasanya ada dua cara untuk mengecek nama penerima bansos.

Cara yang pertama kamu bisa langsung melalui aplikasi cek bansos kemensos Go Id. Di bawah ini sudah ada cara bansos yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Pertama, kamu harus mempersiapkan Kartu Keluarga (KK) atau KTP dan catat Nomor Induk Kependudukan. Selanjutnya, bukalah browser pada PC atau telepon seluler kamu.
  2. Kemudian, cek bansos pada kolom pencarian, dan pilih kabupaten, provinsi, kecamatan, dan kelurahan domisili. Lalu, kamu dapat masukkan nama lengkap.
  3. Kamu akan diminta untuk memverifikasi kode Captcha. Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan kode yang terlihat pada kotak tersebut.
  4. Apabila sudah tidak terlihat kamu dapat mengetuk kotak untuk mengulang verifikasi. Selanjutnya, Kliklah tombol Cari Data.
  5. Tunggu sampai beberapa saat, sistem nantinya akan memproses permintaan. Jika sudah ditemukan maka akan ada tampilan keterangan data terkait informasi aplikasi cek bansos kemensos Go Id.

Keuntungan dari Program PKH

Informasi yang ada di atas sudah menjelaskan kriteria penerima bantuan bansos. Berikut ini sudah ada beberapa keuntungan yang didapatkan penerima PKH meliputi:

  1. Ibu Hamil

  • Akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan, maksimal hanya 4 kali melalui fasilitas kesehatan.
  • Dijamin akan mendapatkan tempat melahirkan melalui faskes.
  • Akan mendapatkan minimal 4 kali pemeriksaan kesehatan ibu nifas, 42 hari setelah melahirkan.
  1. Anak usia 0-11 bulan

  • Akan mendapatkan 3 kali pemeriksaan kesehatan dalam jangka waktu 1 bulan pertama.
  • Akan mendapatkan ASI yang bernutrisi tinggi, sekitar 6 bulan pertama setelah kelahiran.
  • Perkembangan pada anak akan selalu dipantau sekitar 2 kali tiap tahun.
  • Penerimaan paket imunisasi secara lengkap.
  • Akan memperoleh fasilitas pengukuran tinggi badan dan berat badan per bulan.
  • Akan diberikan tambahan suplemen vitamin A saat anak berumur 6-11 bulan.
  1. Anak-anak usia 1-5 tahun

  • Adanya pemantauan perkembangan anak minimum 2 kali sekali per tahun.
  • Akan mendapatkan imunisasi tambahan.
  • Hadirnya penimbangan berat badan anak 2 kali per tahun.
  • Hadirnya pengukuran tinggi badan anak 2 kali per tahun.
  1. Anak-anak usia 5-6 tahun

  • Penimbangan berat badan per bulan.
  • Harus dilakukan dua kali pengukuran tinggi badan.
  • Dapat memperbaiki vitamin A sekitar 2 sekali setahun.
  1. Lansia yang berusia 70 tahun ke atas

  • Menggunakan pelayanan Puskesmas Santun Lanjut Usia.
  • Melayani layanan Home Care, meliputi jasa memandikan, merawat serta mengurus KPM seorang lansia.
  • Harus mengikuti aktivitas sosial di lingkungan sekitar. Contohnya seperti senam, lari pagi, dan lain-lain minimal sekali setahun.
  1. Penyandang Disabilitas Berat

  • Pengurus biasanya akan selalu merawat dan melayani penyandang disabilitas berat minimal setahun sekali.
  • Akan memperbaiki layanan Home Visit, berupa tambahan tenaga kesehatan yang akan menangani penyandang disabilitas di rumah.

Cara Mengecek Bansos Menggunakan Aplikasi

dowload aplikasi cek bansos 2021

Cara mengecek bansos kemensos go id berikutnya, dapat dilakukan menggunakan aplikasi resmi buatan Kemensos. Di bawah ini sudah cara cek bansos dengan aplikasi yang bisa diikuti.

  1. Download Aplikasi Bansos

  • Pertama-tama, kamu harus bisa membuka Google Play Store terlebih dahulu. Selanjutnya, carilah Aplikasi cek bansos kemensos go id.
  • Kemudian, dapatkan aplikasi resmi buatan Kementerian Sosial, karena ada beberapa aplikasi yang serupa buatan pihak lain. Install Aplikasi bansos kemensos go id yang benar-benar buatan Kemensos.
  1. Registrasi Terlebih Dahulu

  • Kemudian, jika aplikasi bansos kemensos go id sudah terpasang maka jalankan aplikasi. Kamu akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Umumnya, proses registrasi membutuhkan KTP, foto KTP dan swafoto. Selanjutnya, lakukan proses registrasi sampai selesai pada aplikasi cek bansos kemensos Go Id.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang bisa dicek melalui e-mail. Kemudian, data akan langsung diverifikasi oleh para admin aplikasi bansos kemensos go id.
  • Apabila telah diverifikasi, maka kamu baru bisa mengakses menu yang tersedia Aplikasinya. Kamu hanya bisa mengakses menu Cek Bansos menggunakan user ID yang sebelumnya sudah diaktivasi admin.
  1. Pencarian

  • Berikutnya, kamu akan dibawa ke laman resmi hasil pencarian penerima. Pada laman aplikasi cek bansos kemensos Go Id, nantinya akan ditampilkan data-data seperti nama, umur, status bansos, kelurahan, kecamatan, kabupaten, serta provinsi.
  • Jika kamu sudah terdaftar sebagai penerima manfaat, maka akan muncul laman terkait keaktifan status dan periode pemberian bantuan sosial.

Kriteria Penerima Bansos Program (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH)

Pada umumnya, laman resmi Kementerian Sosial telah tertera kriteria penerima bansos PKH. Berikut ini sudah ada beberapa kriteria penerima PKH berdasarkan aplikasi cek bansos kemensos Go Id, yaitu:

  1. Kriteria segi kesehatan

  • Ibu hamil akan mendapatkan program sebanyak dua kali masa kehamilan.
  • Anak yang berusia 0 sampai 6 tahun, hanya boleh dua anak.
  1. Kriteria segi pendidikan

  • Anak yang saat ini masih duduk di Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau sederajat.
  • Anak dari berusia 6 sampai 21 tahun atau tidak sempat menuntaskan pendidikan dasar 12 tahun.
  • Anak yang masih duduk di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) atau sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP).
  • Anak yang masih duduk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah atau sederajat.
  1. Kriteria segi kesejahteraan sosial

Berdasarkan segi kesejahteraan sosial menurut aplikasi cek bansos kemensos Go Id, yaitu:

  • Maksimal anggota satu dari keluarga tersebut lansia berumur 60 tahun ke atas.
  • Maksimal satu anggota keluarga telah menyandang disabilitas, lebih diutamakan penyandang yang berat.

Penerima bantuan yang sudah terdaftar resmi dan diverifikasi sebagai penerima PKH akan mendapatkan stiker yang ditempelkan di depan rumah. Hal ini harus dilakukan sebagai upaya bahwa keluarga tersebut berhak mendapatkan bantuan manfaat.

Apabila kamu sudah memenuhi persyaratan yang ada di atas dan berhasil terdaftar resmi sebagai penerima manfaat. Maka dapat langsung mengunjungi aplikasi cek bansos kemensos Go Id untuk bisa melihat manfaat masih tersalurkan atau tidak.

Video BLT BBM