Mengenal BST Kemensos Beserta Cara Daftarnya
Mengenal BST Kemensos Beserta Cara Daftarnya

Mengenal BST Kemensos Beserta Cara Daftarnya

Pemerintah memiliki program khusus dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah program BST Kemensos. Kamu pasti familiar dengan program satu ini, karena memang ramai dibicarakan.

Selain nominal bantuannya yang menarik, mekanismenya juga menarik dibahas. Ada beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang program ini. Untuk lebih detail dalam pembahasan BST ini, mari simak artikel berikut.

Apa Itu Bansos, Bantuan Sosial yang Diselenggarakan Pemerintah?

apa itu bansos

Pemerintah menyelenggarakan bantuan untuk masyarakat dengan tajuk bansos. Bansos ini merupakan bantuan yang diberikan untuk masyarakat yang memiliki risiko sosial. Pemberiannya bisa berupa uang atau dalam bentuk barang.

Bansos seperti BST Kemensos misalnya, merupakan bantuan yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2019. UU tersebut merupakan peraturan tentang Pekerja Sosial, kemudian diubah menjadi UU Nomor 11, tahun 2009.

Berdasarkan peraturan tersebut, Bansos berarti bantuan yang bisa berwujud uang, jasa, hingga barang untuk perorangan, keluarga, kelompok, sampai individu. Ketentuannya adalah masyarakat tidak mampu, atau yang rentan risiko sosial.

Pengelolaan bantuan seperti BST Kemensos misalnya, sudah diatur dalam payung hukum yang tepat. Pemberi Bansos berarti Satuan Kerja di Lembaga atau Kementrian Pusat/daerah. Tugas utama dari pemberi adalah untuk melaksanakan fungsinya dalam menanggulangi kemiskinan.

Tugas tersebut juga berupa jaminan, perlindungan, pemberdayaan, sampai rehabilitasi sosial. Adanya pelayanan dasar juga mencakup tugas dari pemberi Bansos ini. Pemberian bantuan memiliki tujuan tersendiri, yang akan dibahas di poin selanjutnya.

Tujuan Bansos yang Dikeluarkan oleh Pemerintah

Bansos atau Bantuan Sosial merupakan program dengan tujuan tersendiri. Ada beberapa macam tujuan yang dirancang pemerintah dalam membuat jenis bantuan ini. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Perlindungan Sosial

Risiko dari guncangan serta kerentanan sosial bisa saja terjadi. Peran Bansos bertujuan sebagai wujud perlindungan sosial. Masyarakat diharapkan bisa memenuhi kelangsungan hidupnya, secara baik. Minimal bisa memenuhi kebutuhan dasarnya.

  1. Bentuk Rehabilitasi Sosial

Rehabilitasi berarti proses pemulihan. Jika bansos bertujuan sebagai bentuk rehabilitasi sosial, maka artinya juga serupa. Pemulihan yang dimaksud adalah perbaikan dari kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial. Diharapkan, masyarakat bisa lebih aktif dalam berkehidupan, dan bisa memenuhi kebutuhannya secara dasar.

  1. Pemberdayaan Sosial

Maksud dari tujuan ini berarti sebuah bansos berguna dalam hal pemberdayaan sosial. Masyarakat melalui tujuan ini diharapkan bisa bersaing dan memiliki daya untuk melakukannya.

Daya bersaing ini juga bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan dasarnya. Kebutuhan dasar yang terpenuhi merupakan syarat utama dalam memiliki hidup layak. Hal ini yang dilakukan pemerintah dalam membantu mengentaskan kemiskinan.

  1. Penanggulangan Kemiskinan

Kemiskinan masih menjadi hal yang tidak bisa dipungkiri di kehidupan saat ini. BST Kemensos merupakan salah satu jenis Bansos yang tujuannya membantu menanggulangi kemiskinan. Tujuan satu ini juga berarti bahwa program adalah kebijakan yang diberikan untuk masyarakat tanpa sumber mata pencaharian.

  1. Jaminan Sosial

Pemerintah berupaya agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasarnya secara lebih layak. Hal ini bisa didapatkan melalui program Bansos. Tujuan satu ini merupakan wujud dalam menyelenggarakan jaminan sosial.

  1. Penanggulangan Bencana

Bantuan sosial bertujuan sebagai rehabilitasi masyarakat terhadap hal-hal tertentu. Salah satu yang perlu kamu tahu adalah untuk penanggulangan bencana. Misalnya saat terjadi bencana alam, atau sejenisnya. Semua merupakan upaya pemerintah dalam berperan aktif menanggulangi bencana.

Apa Saja Bentuk Bantuan Sosial Kemensos yang Diberikan?

Apa Saja Bentuk Bantuan Sosial Kemensos

Banyak yang menyangka bantuan sosial dari Kemensos hanya berupa uang. Padahal bentuk yang diberikan pemerintah cukup bervariasi jenisnya. Bahkan ada yang berupa pelatihan pekerja, dengan ulasan lebih lanjut berikut:

  1. Bantuan Berupa Jasa

Siapa sangka, program bantuan pemerintah juga bisa berupa jasa. Kamu bisa memperoleh layanan tertentu yang memudahkan ekonomi atau pendidikan. Misalnya jasa pelatihan pekerjaan di program Prakerja. Selain itu, ada pelatihan keterampilan di BLK, dan masih banyak jenis lainnya.

  1. Bantuan Berupa Barang

Bantuan sosial ada banyak sekali jenisnya. BST Kemensos merupakan satu diantaranya banyak program yang dibuat pemerintah. Tahukah kamu jika program ini juga bisa berupa barang sebagai bentuk bantuan? Barang yang diberikan jenisnya tertentu.

Misalnya kendaraan operasional, beras, dan sejenisnya. Bantuan untuk mencari nafkah berupa barang juga bisa diberikan. Misalnya perahu untuk para nelayan, pakaian, makanan, sampai bibit dan ternak untuk para petani.

  1. Bantuan Uang Tunai

Salah satu bentuk pemberian bantuan BST Kemensos paling sering dari pemerintah adalah uang tunai. Bantuan satu ini biasanya diberikan secara langsung kepada orang-orang tertentu. Misalnya penerima beasiswa, anak yatim, nelayan, fakir miskin, dan sejenisnya.

Penerima juga bisa berupa kalangan lanjut usia dari golongan tidak mampu. Selain itu, ada juga bantuan berupa tunjangan untuk beberapa golongan. Seperti keturunan pahlawan yang tidak mampu, penyandang disabilitas berat, dan masih banyak lagi.

Mengenal Program BST Kemensos Lebih Lanjut

👉 TRENDING:  Begini Syarat Dan Cara Mencairkan Bansos BLT Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Pembahasan sebelumnya belum detail mengulas tentang program ini. Baru berupa jenis bantuan pemerintah secara umum. Jenis bantuan BST ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial.

Program ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama, akan tetapi terus berlanjut sampai saat ini dan semakin berkembang. Problem akut di negara berkembang salah satunya adalah kemiskinan.

Hal ini memang diketahui pasti oleh pemerintah, sehingga terciptalah berbagai program menarik. Salah satunya adalah BST Kemensos ini. Kurangnya akses pendidikan dan kesempatan kerja, membuat kondisi kemiskinan semakin parah.

Melalui program ini, pemerintah berupaya menangani kemiskinan. Selain itu, ada program lain yang bisa dilihat wujudnya sampai saat ini. salah satunya upaya dalam menciptakan lapangan kerja.

BST Kemensos, Bantuan Saat Menghadapi Pandemi Covid

Adanya pandemi Covid-19 semakin memperparah kondisi ekonomi. Padahal, untuk kondisi masyarakat sebelum wabah sudah cukup parah. Apalagi ketika badai wabah ini menerjang yang membuat ekonomi semakin anjlok.

Tidak hanya menyerang secara kesehatan. Nyatanya, pandemi juga membuat tatanan ekonomi cukup hancur. Bahkan orang yang sebelumnya memiliki ekonomi mapan sebelum corona, berubah sebaliknya pasca wabah.

Pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah memang membuat beberapa dampak. Salah satunya merubah siklus ekonomi, terutama untuk kalangan bawah. PHK, omset penjualan menurun, dan masih banyak lagi terjadi karena efek kebijakan ini.

Untuk mempertimbangkan fakta-fakta tersebut, pemerintah mengeluarkan anggaran khusus untuk membantu masyarakat. Masyarakat yang merana karena imbas pandemi, dibantu dengan program khusus, BST Kemensos salah satunya.

Bantuan ini disalurkan sebagai upaya membantu menanggulangi efek pandemi secara ekonomi. Diharapkan, masyarakat bisa bertahan sembari menanti suasana normal kembali. Bantuan sosial seperti program ini, sejauh ini memang dinanti masyarakat di tengah situasi yang tidak pasti.

Kenali Jenis Bantuan Kemensos yang Akan Cair di Tahun 2022

persyaratan kartu prakerja gelombang 12

BST Kemensos merupakan salah satu bantuan pemerintah yang sering cair. Selain itu, pada tahun 2022 akan ada beberapa jenis yang dicairkan pemerintah. Kenali beberapa macam bantuannya:

BPNT serta Program PKH

BPNT bisa juga disebut Bantuan Pangan non Tunai. Sedangkan PKH adalah Program Keluarga Harapan yang sudah dibuat pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Besarnya BPNT yang diberikan sebanyak Rp200.000 setiap bulannya.

Sedangkan PKH diberikan kepada keluarga yang memiliki kriteria tertentu. Misalnya untuk anak-anak sekolah mulai dari Rp900.000 sampai Rp1.500.000. ada juga program untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia, dengan besaran Rp2.400.000.

Kartu Prakerja

Gelombang penerimaan kartu Prakerja dimulai sejak Februari 2022 lalu, dan tergolong berhasil. Program ini merupakan wujud bantuan pemerintah untuk masyarakat yang masih belum bekerja, atau kehilangan pekerjaan. Untuk jenis BST Kemensos Kartu Prakerja ini, dana yang dicairkan cukup besar.

Baca panduan cara daftar kartu prakerja secara online bagi yang belum pernah mendaftar, Peserta yang lolos berhak memperoleh uang tunai Rp1 juta untuk paket latihan daring. Ada juga uang tunai Rp600.000 yang disalurkan selama 4 periode per bulannya. Ada juga dana tambahan dari mengisi survey, yang bisa diperoleh peserta sebesar Rp150.000

BLT dari Dana Desa

BLT atau Bantuan Langsung Tunai yang kali ini digelontorkan pemerintah diambil dari Dana Desa. Untuk jumlah yang akan dicairkan per keluarga sebesar Rp300.000. Pemerintah juga berencana ingin meluncurkan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Program satu ini dilandasi dari mandate PP 37/2021 mengenai program JKP. Bagi pekerja yang mengalami PHK dan memenuhi beberapa syarat bisa menggunakan program ini. bantuan JKP ini bisa berbentuk uang, pelatihan, sampai informasi lowongan pekerjaan.

Apa Saja Jenis Bantuan Sosial BST Kemensos?

penyaluran dana bansos dengan aplikasi pengenal wajah
Ilustrasi penyerahan dana BANSOS/BLT tahun 2021 akan menggunakan aplikasi pengenal wajah. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi.

Sebelum kamu memutuskan apakah layak menerima bantuan ini atau sebaliknya, ketahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Untuk jenis bantuan sosial yang diberikan pemerintah, ada beberapa macamnya.

Program Kartu Sembako

BST Kemensos memiliki jenis beragam, salah satu yang paling sering dibicarakan adalah kartu sembako. Kebutuhan pokok memang diperlukan semua orang. Tentunya, adanya program kartu ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Program ini berbeda dengan jenis lainnya. Nominalnya memang tidak terlalu besar. Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat agar bisa membeli bahan pangan, terutama di saat pandemi.

Untuk program ini, jenis bantuan yang diterima adalah uang tunai. Memang tidak sampai jutaan rupiah. Setiap bulannya, penerima manfaat akan memperoleh Rp200.000. angka tersebut bisa dipakai untuk belanja berbagai kebutuhan.

Program Keluarga Harapan

Jenis bantuan sosial ini memiliki nominal cukup besar bagi masyarakat miskin. Sebenarnya program sudah berjalan sejak tahun 2007 lalu. Setelah itu, ada banyak perkembangan dari PKH ini, yang tujuan utamanya meman mengentaskan kemiskinan.

Sejak wabah corona berlangsung, penerima bantuan ini jumlahnya semakin besar. Ada banyak penerima manfaat baru dari program ini. Untuk nominal BST Kemensos satu ini bervariasi, diantaranya:

  • Uang tunai Rp3.000.000 ditujukan untuk ibu hamil dan nifas selama satu tahunnya
  • Sedangkan anak-anak 0-6 tahun mendapat bantuan Rp3.000.000 per tahunnya
  • Untuk pendidikan SD dan sederajat, ada PKH dengan nominal Rp900.000
  • PKH untuk SMP sederajat juga ada, dengan jumlah Rp1.500.000
  • Jumlah BST Kemensos adalah 000.000 juga diberikan untuk anak sekolah SMA dan sederajatnya
  • Tidak hanya anak sekolah, penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan PKH dengan jumlah Rp2.400.000
  • Jumlah yang sama juga bisa didapatkan bagi para lanjut usia yang hidup terlanjar atau miskin
👉 TRENDING:  PPKM Level 4 , Tiap Pelaku Usaha Dapat Bantuan Rp1,2 Juta

Bantuan Beras

Beras merupakan salah satu bentuk bantuan yang bisa diberikan pemerintah. Seperti yang kita tahu, makanan pokok mayoritas orang Indonesia adalah nasi. Bantuan ini tentu akan membantu masyarakat mendapatkan pangan pokoknya.

Penerima beras dari program ini akan mendapatkan jatah sebanyak 10 Kg untuk satu keluarga. Berbeda dengan uang tunai, beras memiliki media penyalur yang lain. Untuk jenis bantuan ini langsung disalurkan oleh Perum Bulog sebanyak 10 juta penerima PKH dan BST Kemensos.

Bantuan Sosial Tunai

Bantuan sosial tunai merupakan salah satu jenis program ini dengan bentuk uang tunai. Pemberian uang tunai ini ditujukan kepada penerima manfaat, yang nominalnya sebesar Rp300.000 per bulannya. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban, terutama karena pandemi.

Untuk masyarakat yang ingin mencairkan BST Kemensos, ada beberapa bank yang bisa dijadikan tujuan. Bank ini merupakan anggota dari Himbara, dimana masyarakat bisa datang ke salah satu pilihan berikut:

  • Bank BNI
  • Bank Mandiri
  • Bank BTN
  • Bank BRI

Untuk Menerima BST Kemensos, Apa Saja Syaratnya?

Banyaknya jenis bantuan ini yang bisa diterima, tentu membuat penasaran bagaimana mendapatkannya. Untuk bisa masuk ke daftar penerima, tidak boleh sembarang orang bisa mendaftar. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk terdaftar sebagai penerima.

  • Untuk bisa masuk sebagai penerima BST Kemensos, seseorang harus berasal dari keluarga miskin
  • Warga miskin dan rentan miskin juga menjadi syarat mutlak penerima bantuan pemerintah ini
  • Calon penerima bukan termasuk golongan TNI, Kepolisian Indonesia, atau Pegawai Negeri Sipil yang memang sudah digaji negara
  • Selain itu, calon penerima bukan dalam kondisi miskin yang dibuat-buat, tetapi memang benar adanya
  • Calon penerima bantuan ini juga harus yang terdampak Covid-19 dari segi ekonomi. Misalnya terkena PHK karena pandemi.

Bagaimana Cara Daftar Jika Ingin Masuk ke BST Kemensos?

Jika kamu masuk ke dalam salah satu syarat tersebut, berarti bisa untuk langsung mendaftar menjadi penerima bantuan ini. Ada beberapa cara yang bisa dipakai jika ingin masuk sebagai daftar penerima.

  1. Mendaftar BST Secara Luring

Pendaftaran penerima BST Kemensos bisa dilakukan secara luring, atau pengajuan langsung. Pendaftaran dilakukan agar nantinya bisa masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan terlebih dahulu.

Penerima bantuan ini akan tercatat di big data pemerintah. Selain itu, ada juga data pemberdayaan sosial yang juga masuk ke bagian BST ini. untuk tata cara daftar penerima bantuan dengan metode luring, ini langkahnya:

  • Masyarakat yang memang masuk persyaratan penerima bantuan, harus datang terlebih dahulu ke kelurahan atau kantor Kepala Desa. Jangan lupa membawa dokumen identitas seperti KTP serta KK
  • Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan berupa validasi serta verifikasi data, yang nantinya akan diserahkan ke Kemensos
  • Hasil pendaftaran ini akan berlanjut ke musyawarah desa atau kelurahan. Musyawarah ini menentukan apakah memang layak atau tidak seseorang mendapat bantuan
  • Setelah itu, berita acara akan dihasilkan. Berita acara resmi ini nantinya akan berganti nama menjadi prelist akhir
  • Dokumen tersebut dipakai untuk musyawarah pengambilan keputusan Dinas Sosial, kemudian lanjut ke validasi hingga menjadi instrument lengkap data DTKS
  • Data tersebut akan dimasukkan ke aplikasi SIKS Offline, dimana operatornya dari Kecamatan
  • Kemudian data akan diimpor ke SIKS Online, dan menunggu verifikasi untuk dilaporkan ke Bupati
  • Hasil verifikasi akan lanjut dari Gubernur, sampai Menteri Sosial, hingga muncul surat pengesahan

Memang terdengar rumit karena harus melalui verifikasi dimana-mana. Akan tetapi sebagai pendaftar, kamu hanya perlu mendatangi kantor desa atau kelurahan. Proses selengkapnya akan langsung dikerjakan petugas.

  1. Mendaftar BST Secara Daring

Semua hal saat ini memang bisa dilakukan secara daring. Bahkan untuk mendaftar data BST Kemensos, kamu bisa melakukannya dengan bantuan online. Untuk melakukan pendaftaran online ini, kamu memerlukan aplikasi Cek Bansos.

Selain itu, kamu juga bisa memakai peramban, langsung masuk ke laman resmi Kementrian Sosial. Sebaiknya untuk mempermudah proses, kamu disarankan menggunakan aplikasi saja. Untuk mekanisme memakai aplikasi, coba beberapa tahapan ini.

  • Kamu harus memiliki aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu, baru bisa mendaftarnya secara lebih lanjut
  • Jika belum pernah memiliki akun di aplikasi tersebut, coba jalankan dengan membuat akun terlebih dahulu
  • Pastikan sudah mengisi data sesuai identitas resmi, agar proses pendaftaran lebih mudah, dan proses tidak menyulitkan
  • Jangan sampai salah data, agar tidak berakhir membingungkan petugas dan pendaftaran justru gagal
  • Apabila sudah benar-benar yakin akan data yang diisi, lakukan langkah final
  • Langkah final adalah dengan mengunggah foto KTP serta swafoto dengan identitas tersebut
  • Registrasi akan berjalan, tunggu sampai benar-benar berhasil dan masuk ke halaman utama
  • Klik tambahkan Usulan, kemudian masukkan data yang diperlukan, kemudian tunggu sampai pihak Kemensos melakukan pemrosesan

Menggunakan cara online memang tergolong lebih mudah, tanpa perlu repot ke kantor. Akan tetapi apakah proses tersebut langsung selesai? Ternyata belum sepenuhnya. Kamu harus rutin cek apakah usulan dikabulkan Kemensos, atau sebaliknya.

Untuk Cara Cek Penerima BST Kemensos, Bagaimana Caranya?

Sempat disinggung sebelumnya, ternyata mendaftar program ini saja belum cukup. Kamu harus rajin cek data terlebih dahulu agar mendapat kepastian approval. Untuk melakukan pengecekan ini, ada beberapa mekanisme yang bisa kamu pakai.

  1. Bisa Mengecek Melalui Aplikasi
👉 TRENDING:  Langkah-Langkah Daftar DTKS KEMENSOS GO ID Secara Online

Jika kamu mendaftar BST Kemensos melalui aplikasi, maka mengecek update juga bisa menggunakan perangkat yang sama. Aplikasi yang dimaksud adalah Cek Bansos, dan pastikan kamu mengunduh dan memakainya yang resmi, bukan dari sumber tidak terpercaya.

Jika hendak melakukan pengecekan daftar, kamu harus menggunakan KTP. KTP ini merupakan identitas penting dalam mendaftar dan menggunakan berbagai fasilitas pemerintah. Cara untuk cek melalui aplikasi, bisa kamu coba beberapa step berikut.

  • Pastikan HP sudah terhubung dengan jaringan internet, agar bisa mengakses layanan secara optimal di Cek Bansos
  • Selain itu, buka aplikasi dan masuk ke bagian utamanya
  • Masukkan alamat email, dan semua detail yang sama saat mendaftar, lakukan verifikasi dengan captcha
  • Apabila kode tidak jelas, kamu tinggal reload lagi, kemudian tunggu sampai hasilnya ditampilkan
  • Jika sudah muncul, kamu akan tahu apakah data sudah masuk sebagai penerima, atau justru tidak diterima oleh Kemensos
  1. Bisa Mengecek Melalui Peramban

Sama mudahnya melalui aplikasi, peramban juga bisa kamu pakai jika tidak ingin menginstal Cek Bansos. Kamu bisa memakai segala jenis browser, yang penting aman dari risiko malware. Misalnya saja Mozilla, Chrome, hingga Opera yang bisa dipakai untuk browsing aman.

Jika ingin mengecek apakah data sudah disetujui Kemensos atau sebaliknya, kamu harus memiliki akses internet. Tanpa internet, data terkini sudah tidak bisa diakses. Untuk tutorial mengecek BST Kemensos lewat peramban, coba beberapa step ini.

  • Gunakan peramban sesuai selera, kemudian masuk ke web resmi dari Kementrian Sosial. Pastikan website memang resmi, bukan yang tiruan karena untuk menjamin keakuratan data
  • Setelah mengunjungi web, masukkan informasi berupa alamat, dan berbagai data diri yang sama ketika mendaftar
  • Nama juga harus dimasukkan sesuai KTP agar terjadi sinkronisasi data yang tepat, tidak membingungkan server
  • Untuk verifikasi keamanan, kamu harus memasukkan captcha, dan pastikan mengetik kode tersebut secara baik, jangan sampai salah
  • Klik pilihan Cari Data untuk melengkapi tahap berikutnya, hasil akan muncul dalam beberapa saat

Jika kamu adalah penerima BST Kemensos, maka data akan muncul saat pencarian. Untuk mencairkan bantuan tersebut akan diberitahukan secara resmi. Pastikan jika status belum jelas, kamu harus rajin mengecek data secara baik.

Ternyata Nama Tidak Muncul Saat Cek BST, Bagaimana Solusinya?

Sebenarnya jika kamu benar-benar layak, maka nama akan muncul setelah pendaftaran. Proses verifikasi akan berjalan lancar apabila segala persyaratan sudah dipenuhi. Akan tetapi, jika memang tidak termasuk, berarti memang bukan rejeki.

Kamu bisa aktif mengajukan diri untuk menerima jenis bantuan pemerintah. Syarat utamanya memang layak. Banyak kasus warga yang seharusnya mendapatkan bantuan malah tidak lolos verifikasi.

Sebaiknya ulangi langkah tersebut. Pastikan untuk sabar dalam proses, karena pihak kementrian memang mengurusi jutaan orang. Kamu bisa tetap aktif mengajukan diri ke Desa atau Kelurahan. Petugas biasanya akan mempertimbangkan pengajuan lagi jika benar-benar layak

Jika nama sudah muncul, proses pencairan bisa langsung ke bank Himbara. Kamu juga bisa melakukan pencairan bantuan ini ke Kantor POS. Tunggu sampai surat pemberitahuan didapatkan, baru bisa mencairkan dana dari pemerintah ini.

Bansos Tunai, Bagaimana Mencairkannya?

Program BST Kemensos direncanakan akan terus diperpanjang. Tentu kamu penasaran bagaimana cara untuk mencairkannya. Sebelum masuk ke cara mencairkannya, kamu harus tahu seluk-beluknya terlebih dahulu.

Bantuan sosial ini ditargetkan pemerintah disalurkan kepada 10 juta keluarga. Data penerima ini sudah tercantum di Kementrian Sosial. Selain itu, perpanjangan juga dilakukan guna merealisasikan penyalurannya sesuai target.

Untuk target yang sudah disalurkan mencapai 98 persen. Nilai tersebut setara dengan Rp11 triliun. Angka yang cukup besar ini memang disalurkan ke warga yang berhak menerima. Ada beberapa syarat jika ingin terdaftar di data BST Kemensos.

  • Merupakan golongan masyarakat kurang mampu atau miskin, dan atau yang terdampak Covid-19
  • Selain itu, penerima juga harus sudah tercantum di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, termasuk beberapa kalangan. Misalnya penyandang disabilitas, serta lanjut usia
  • Penerima bantuan BST Kemensos ini tidak terdaftar di program lain, salah satunya PKH serta kartu sembako

Jika kamu memenuhi kriteria tersebut, berarti harus tahu bagaimana cara mencairkan bantuan ini. Pencairan bisa dilakukan di beberapa loket yang ditunjuk pemerintah. Salah satunya melalui PT POS Indonesia, dengan syarat:

  • Kamu harus sudah mendapatkan surat berisi pemberitahuan pencairan BST
  • Setelah itu, datangi kantor pos sesuai domisili, jangan lupa bawa surat tersebut
  • Untuk mencairkan BST Kemensos, jangan lupa membawa surat pemberitahuan, identitas berupa KTP, serta KK
  • Tidak boleh diwakilkan, kamu harus datang sendiri
  • Tunggu sampai giliranmu mendapatkan dana BST di kantor pos

Bagaimana jika penerima kondisinya tidak memungkinkan? Misalnya kalangan lanjut usia, orang sakit, atau penyandang disabilitas? Sebenarnya tetap tidak bisa diwakilkan. Petugas POS sendiri yang akan mendatangi penerima tersebut.

Program ini memang ditujukan bagi masyarakat khusus, terutama yang secara ekonomi masih di bawah garis kemiskinan. Jika memang kondisi layak dan memungkinkan, kamu bisa langsung melakukan pengajuan. Kamu juga bisa membantu tetangga yang belum mendapatkan bantuan BST Kemensos untuk langsung diajukan