Aplikasi WhatsApp Offline
Aplikasi WhatsApp Offline

Aplikasi WhatsApp Offline

Ada kalanya kamu menginginkan tampilan aplikasi WhatsApp offline meskipun saat sedang online. Ini terkadang dibutuhkan untuk tidak membuat orang lain tahu bahwa kita sedang menjalankan aplikasi tersebut untuk chat dengan orang tertentu.

WhatsApp (WA) adalah aplikasi messenger terpopuler yang memberikan banyak fitur menarik. Meski demikian, ada fitur yang membuat status online kamu bisa terlihat oleh orang lain ketika sedang menjalankan aplikasi ini.

Bagi sebagian orang, hal tersebut cukup merugikan karena membuat privasi mereka terganggu. Jika ini juga kamu rasakan, maka artikel ini adalah jawaban tepat. Karena kami akan memberikan beberapa tutorial menjadikan WA terlihat offline.

WhatsApp Offline Tanpa Apk Tambahan

whatsapp terbaru

Untuk membuat tampilan WhatsApp terlihat offline atau luring (luar jaringan), kamu tetap bisa menyiasatinya dengan aplikasi WA resmi. Jadi, tidak perlu menginstall jenis apk modifikasi (mod).

Ada beberapa trik agar orang tidak mengetahui bahwa kamu sedang online. Ikuti beberapa tutorial berikut ini. Caranya tidak sulit, kok.

Menonaktifkan Fitur Last Seen

last seen wa
Cara mematikan status Last Seen di aplikasi WhatsApp(KOMPAS/ConneyStephanie)

Cara pertama membuat aplikasi WhatsApp offline yaitu dengan mematikan fitur Last Seen atau Terakhir Dilihat. Ini adalah fitur yang memungkinkan orang lain mengetahui kapan terakhir kamu mengakses WA.

Sebagian orang masih belum menyadari bahwa ternyata mematikan fitur ini bisa menyembunyikan status online atau daring (dalam jaringan). Fitur Last Seen sendiri adalah fitur bawaan yang sudah ada di aplikasi WA versi resmi.

Cara menyembunyikan status “Last seen” di WhatsApp

Jadi, kamu tidak harus memasang tools atau aplikasi tambahan untuk menggunakan cara ini. Adapun tutorial menonaktifkan Last Seen agar WA terlihat luring yaitu:

  • Silakan masuk ke aplikasi WA kamu
  • Ketuk tanda titik tiga pada sudut kanan atas layar
  • Kemudian pilih menu Settings atau Setelan
  • Klik opsi Account atau Akun kemudian pilih Privacy
  • Pada sub menu teratas terdapat opsi Last Seen
  • Klik kemudian aktifkan opsi Nobody atau Tidak Ada

Sekarang orang tidak akan mengetahui lagi bahwa kamu sedang online. Akan tetapi, cara membuat aplikasi WhatsApp offline dengan mematikan Last Seen memiliki kekurangan tersendiri.

Jika fitur Last Seen dinonaktifkan, kamu juga tidak bisa melihat status orang lain apakah sedang daring atau luring. Untuk menyiasatinya, kami akan memberikan tutorial pada bagian selanjutnya di artikel ini.

1. Ubah Info Akun

Ubah status jadi offline di whatsapp

Cara membuat aplikasi WhatsApp offline selanjutnya yaitu dengan mengubah info akun kamu. Ini sebenarnya trik sederhana untuk mengecoh pengguna lain yang melihat profil kita.

Trik ini bekerja dengan baik ketika pengguna WA lain melihat kontak kamu melalui daftar kontaknya secara langsung ataupun melihat kontak dari daftar anggota grup. Untuk mengecoh pengguna lain, ubah info akun kamu dengan cara:

  • Silakan masuk ke aplikasi WA di smartphone kamu
  • Ketuk tanda tiga titik pada sudut kanan atas layar
  • Pilih menu Settings atau Setelan
  • Tekan foto profil pada sudut kiri atas untuk mengganti info akun kamu
  • Pilih Info
  • Kemudian ganti status akun kamu menjadi offline

Cara ini akan membuat aplikasi WhatsApp offline saat teman kontak atau anggota grup yang sama dengan kamu melihat kontak kamu secara langsung. Cara ini juga bisa dilakukan secara langsung di WA versi resmi.

Kamu tidak harus menginstall tool maupun apk tambahan. Namun kekurangan dari trik ini adalah pengguna lain tetap bisa melihat status daring jika mereka membuka melalui chat room. Siasati hal tersebut dengan mematikan fitur Last Seen.

2. Menonaktifkan Tanda Centang Biru

Cara untuk mematikan tanda centang biru

Cara membuat aplikasi WhatsApp offline selanjutnya yaitu menonaktifkan tanda centang biru. WhatsApp menyediakan fitur centang biru yang menandakan pesan sudah dibaca oleh penerima.

Fitur ini adalah resmi bawaan dari aplikasi WA versi resmi namun pengaturannya dapat diubah. Mematikan fitur centang biru membuat pengirim pesan tidak mengetahui bahwa kamu sudah membuka pesan tersebut. Cara untuk mematikan tanda centang biru juga tidak sulit:

  • Silakan buka aplikasi WA di smartphone kamu
  • Setelah itu, ketuk tanda tiga titik pada sudut kanan atas layar
  • Pilih menu Settings
  • Lalu masuk ke opsi Account dan pilih Privacy
  • Perhatikan opsi Read receipts, kemudian nonaktifkan fitur tersebut
  • Setelah diaktifkan tanda centang biru tidak akan terlihat lagi

Trik membuat aplikasi WhatsApp offline ini menjadikan pengirim pesan tidak mengetahui bahwa kamu sudah membukanya sekaligus tidak mengetahui status sedang aktif mengakses aplikasi.

Tetapi perlu diketahui bahwa mematikan fitur Read Receipts atau tanda centang biru tidak berlaku untuk pesan voice note. Apabila pengguna lain mengirim pesan suara, mereka tetap mengetahui jika kamu sudah mendengarkan voice note tersebut.

Di samping itu, konsekuensi jika mematikan Read Receipts adalah kamu juga tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca oleh penerima atau belum.

3. Hindari Membuat Story

whatsapp stories

Selain mematikan Last Seen dan centang biru, cara agar aplikasi WhatsApp offline meskipun sebenarnya online adalah dengan tidak membuat story atau status WA.

Biasanya, seseorang akan mengetahui apakah kamu daring atau luring melalui status WA. Agar pengguna di daftar kontak kamu tidak mengira bahwa WA kamu sedang di luar jaringan, ada baiknya menghindari membuat story.

Pastikan juga mematikan centang biru agar tidak terdeteksi saat kamu melihat status dari daftar kontak. Karena tanpa mematikan centang biru atau fitur Read Receipts, mereka tetap mengetahui jika kamu sedang di dalam jaringan.

4. Sembunyikan Story

cara sembunyikan story wa

Ada kalanya kamu tetap ingin membuat story sehingga sangat sulit menerapkan cara sebelumnya. Tenang saja, cara alternatif membuat orang lain mengira aplikasi WhatsApp offline adalah dengan menyembunyikan story.

👉 TRENDING:  Download WA Web, Cara Login Whatsapp Lewat PC atau Laptop

Meski sudah mematikan Last Seen dan Read Receipts, pengguna lain tetap akan mengetahui kalau kamu online karena melihat story. Ini dapat disiasati dengan menyaring atau filter siapa saja yang dapat melihat unggahan story di WA. Cara filter untuk menyembunyikan story dari daftar kontak tertentu yaitu:

  • Masuk ke aplikasi WA
  • Tap menu Settings
  • Klik opsi Account lalu masuk ke pilihan Privacy
  • Kemudian tap pilihan Status
  • Aktifkan opsi My contacts except… untuk menyembunyikan dari daftar kontak tertentu jika jumlah yang ingin difilter sedikit. Kemudian pilih kontak yang ingin difilter.
  • Jika ingin aplikasi WhatsApp offline dan menyembunyikan story dari lebih banyak kontak, pilih opsi Only share with… Kemudian pilih beberapa kontak untuk membuat mereka tetap bisa melihat story kamu. Sedangkan sisanya tidak bisa melihat.

Cara lain memfilter story atau status yaitu:

  • Buka aplikasi WA
  • Tap menu Status
  • Ketuk tanda titik tiga pada sudut kanan atas
  • Klik menu Status privacy
  • Lalu pilih opsi berdasarkan keinginan sesuai penjelasan yang telah kami jabarkan sebelumnya

Meskipun sudah menyembunyikan story dari beberapa kontak, kamu tetap dapat melihat story WA mereka. Syaratnya mereka tidak memfilter kamu dari daftar kontak yang bisa melihat story WA-nya.

5. Gunakan Fitur Quick Reply

Fitur Quick Reply Aplikasi Whatsapp Offline

Ada satu fitur menarik yang disediakan WA versi resmi, yaitu quick reply. Fitur quick reply bisa menjadi trik membuat aplikasi WhatsApp offline dengan mudah.

Quick reply sendiri adalah fitur dimana pengguna bisa membalas pesan secara langsung tanpa membuka app. Dengan begitu, pengguna lainnya tidak mengetahui bahwa kamu sedang mengetik pesan dan aktif menggunakan hp.

Mekanisme kerja fitur quick reply tersebut yaitu pengguna membalas chat melalui jendela pop up maupun notifikasi bar yang muncul begitu ada pesan masuk. Karena membalasnya melalui pop up notifikasi, pengguna tidak terdeteksi online.

Cara membalas chat WA melalui pop up notifikasi agar aplikasi WhatsApp offline sangat simple:

  • Ketika ada pesan masuk, pastikan tidak menghapus notifikasinya
  • Pada notifikasi tersebut, klik menu Reply
  • Lalu ketik pesan balasan kemudian kirim
  • Setelah pesan balasan terkirim, secara otomatis pop up notifikasi akan langsung tertutup

Perlu dipahami bahwa cara membuat aplikasi WhatsApp offline menggunakan fitur quick reply juga ada kelemahannya. Fitur ini hanya bisa dipakai apabila notifikasi pesan belum terhapus. Jadi, pastikan jangan langsung membuang notifikasi jika ada chat masuk.

Di samping itu, chat pada jendela pop up tidak bisa terbaca penuh apabila pesannya panjang. Trik ini efektif apabila menerima pesan sebanyak 2 sampai 3 chat.

Karena quick reply tidak bekerja dengan baik untuk chat masuk berjumlah banyak. Ini adalah trik menarik kalau sedang chat dengan satu orang tanpa ingin diketahui pengguna lainnya.

6. Manfaatkan Airplane Mode

Airplane Mode android

Airplane mode alias mode pesawat rupanya dapat dimanfaatkan untuk menjadikan aplikasi WhatsApp offline. Mungkin kamu berpikir bahwa mengaktifkan airplane mode membuat koneksi internet terputus sehingga tidak bisa dipakai untuk mengakses internet.

Hal tersebut memang benar dan justru bisa dimanfaatkan untuk menghindarkan diri terlihat daring. Trik ini memungkinkan kamu mengirimkan pesan tanpa ketahuan sedang akses WA. Lalu, bagaimana caranya?

  • Langkah pertama, aktifkan airplane mode bawaan smartphone
  • Kemudian, buka WA. Karena tidak terdapat koneksi internet, otomatis kamu tidak terlihat online meskipun sedang membuka app tersebut
  • Buka chat room pengguna yang ingin dikirimi pesan baik berupa teks, voice note, gambar, atau media lainnya
  • Kirim pesan tersebut, kemudian keluar dari aplikasi WA
  • Nonaktifkan airplane mode

Setelah mematikan airplane mode, pesan yang sebelumnya tertunda karena tidak tersambung internet akan segera terkirim. Cara membuat aplikasi WhatsApp offline ini efektif karena akun kamu tidak terdeteksi meskipun digunakan mengirim pesan.

Membuat WhatsApp Terlihat Offline dengan Mod Apk

WhatsApp Terlihat Offline dengan Mod Apk

Menyiasati WhatsApp agar terlihat offline juga bisa dilakukan menggunakan WA yang telah dimodifikasi oleh para software developer. Jenis apk tersebut sering dikenal dengan istilah WhatsApp mod apk.

WA mod apk menyediakan fitur secara khusus untuk membuat aplikasi WhatsApp offline dengan trik lebih mudah. WA mod apk sendiri ada banyak macamnya dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendasi apk WA mod untuk menyembunyikan status online kamu agar tidak diketahui oleh pengguna lainnya.

1. Gunakan Apk GB WhatsApp

GB Whatsapp download whatsapp mod apk terbaru

GB WhatsApp adalah salah satu apk WA mod yang menawarkan beragam fitur menarik bagi penggunanya. Jika menginginkan fitur lebih yang tidak bisa ditemukan di apk resmi, tidak ada salahnya kamu menginstall WA mod ini.

Menggunakan apk modifikasi ini memungkinkan penggunanya menjadikan aplikasi WhatsApp offline meskipun sedang dibuka. Di samping itu, terdapat beberapa fitur unggul yang memberikan pengalaman lebih baik kepada pengguna.

Menariknya, apk mod GB WhatsApp terbilang paling stabil dibandingkan apk modifikasi sejenis. Gangguan bug sudah jarang terjadi sehingga semakin nyaman saat digunakan.

Fitur Menarik di GBWhatsApp

Fitur tambahan di apk modifikasi tersebut juga tanpa konsekuensi. Itulah mengapa banyak pengguna tertarik untuk memasangnya di smartphone mereka. Ada beberapa fitur unggulan yang ada di GB WhatsApp, antara lain:

  1. Show Online Status

Ini merupakan fitur untuk menjadikan aplikasi WhatsApp offline secara praktis. Caranya sangat mudah, pilih menu Privacy kemudian klik Show Online Status. Dengan segera, kamu bisa menyembunyikan status online dari pengguna lainnya.

  1. Blue Ticks

Fitur Blue Ticks memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tanda centang biru pada pesan yang telah dibaca. Dengan mengaktifkan fitur Blue Ticks, teman pada daftar kontak tidak akan mengetahui kalau kamu sudah membaca pesannya.

Cara mengaktifkan Blue Ticks tidak jauh berbeda. Pertama, klik menu Privacy kemudian klik opsi Blue Ticks.

  1. Second Ticks

Kalau fitur satu ini, gunanya adalah membuat pesan dari orang lain tetap terlihat centang satu meskipun kamu sudah membuka dan membacanya. Jadi, orang akan mengira bahwa aplikasi WhatsApp offline.

  1. Writing Status

Saat sedang chatting dengan teman, kamu pasti bisa melihat status “typing” atau “mengetik” ketika teman chat sedang menulis pesan balasan. Melalui fitur writing status, kamu bisa menyembunyikan status typing.

Dengan begitu, penerima pesan tidak akan tahu kalau kamu sedang mengetik pesan kepadanya. Caranya juga tidak sulit, yaitu masuk ke menu Privacy kemudian tap opsi Writing Status.

  1. Blue Microphone
👉 TRENDING:  Tips Cara Mengubah Tampilan Whatsapp Android Menjadi iPhone

Fitur Blue Microphone juga mendukung untuk membuat aplikasi WhatsApp offline. Karena dengan mengaktifkannya kamu bisa menyembunyikan tanda mikrofon biru meskipun pesan berupa voice note sudah dibuka dan didengarkan.

  1. Enable Anti Revoke

Enable Anti Revoke adalah fitur istimewa untuk membuat pesan yang telah dihapus tetap bisa terbaca. Terkadang saat menerima chat dan belum sempat membacanya, si pengirim menghapus chat tersebut dengan alasan tertentu.

Dengan mengaktifkan fitur Enable Anti Revoke pada GBWhatsApp, kita tidak perlu lagi penasaran dengan apa isi pesan terhapus tadi. Karena tetap bisa melihatnya. Selain itu, ada juga beberapa fitur tambahan yang tidak kalah menarik seperti:

  • Melihat status dari kontak yang mengecualikan kamu
  • Melihat status serta pesan dari orang lain yang telah dihapus
  • Menyaring panggilan masuk sehingga hanya bisa menerima panggilan dari beberapa kontak saja

2. Gunakan Apk FM WhatsApp

FMWhatsApp download whatsapp mod apk terbaru

Apk modifikasi lain yang bisa buat aplikasi WhatsApp offline adalah FM WhatsApp. Apk modifikasi ini memiliki desain lebih atraktif ketimbang GB. Ini adalah pilihan menarik kalau kamu menginginkan sisi estetika lebih baik.

Penggunanya dapat mengganti serta mengatur tema tampilan secara leluasa sehingga dapat disesuaikan berdasarkan selera masing-masing. Kelebihan tersebut tidak dapat kamu peroleh apabila menggunakan app versi resmi.

Fitur Menarik FMWhatsApp

Sebagai apk modifikasi, tentu FMWhatsApp memberikan beberapa keunggulan yang tidak ditemukan pada apk asli. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan FMWhatsApp antara lain sebagai berikut:

  1. Personalisasi Tampilan

Apk modifikasi ini memberi kebebasan kepada penggunanya untuk mengatur warna, tema, font, hingga ukuran huruf sesuai keinginan. Menariknya lagi, ikon app juga bisa disesuaikan,.

  1. Pengaturan Privasi

Pengguna bisa mendapatkan privasi lebih karena fitur pengaturan aplikasi WhatsApp offline, menyembunyikan status mengetik, story WA, centang biru, hingga centang dua.

  1. Super Group

Jika pada aplikasi WA asli pembuatan grup hanya bisa memuat 250 member, maka FMWhatsApp menyediakan ruang untuk anggota grup mencapai 500 member.

  1. Filter Panggilan

Dengan FMWhatsApp, kamu dapat membatasi pengguna yang bisa melakukan panggilan telepon ataupun video. Jadi, tidak perlu khawatir mendapat panggilan dari orang asing atau kontak yang tidak diinginkan.

  1. Story Berdurasi Panjang

Membuat story dengan durasi panjang tidak akan terkendala lagi. Karena FMWhatsApp menyediakan fitur yang mendukung unggahan story berdurasi lebih lama dibanding WA asli.

  1. Melihat Pesan Terhapus

Tenang saja, kamu tetap bisa melihat chat meskipun sudah dihapus oleh pengirimnya. Fitur ini tidak didukung oleh aplikasi WA asli. Selain membuat aplikasi WhatsApp offline dan beberapa fitur di atas, kelebihan lain yang bisa diperoleh jika menggunakan FMWhatsApp yaitu:

  • Background pada chat room lebih variatif
  • Tersedia emoji lebih banyak
  • Melihat status maupun pesan yang sudah dihapus oleh si pengirim
  • Tersedia hingga ribuan tema keren
  • Menyematkan chat (pin chat) hingga 1000 pesan
  • Merestore chat

3. Gunakan Apk OG WhatsApp

Apk OG WhatsApp

Aplikasi WhatsApp offline bisa direalisasikan dengan menggunakan apk OG WhatsApp. Dengan menginstall WA mod tersebut, pengguna tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa terlihat sedang dalam jaringan (daring).

Menariknya, jika menginstall WA mod tersebut pengguna tetap bisa memakai apk versi resminya. Dengan begitu, kamu tidak harus menghapus salah satunya melainkan dapat memasang keduanya pada satu perangkat yang sama.

Untuk membuat tampilan offline, silakan matikan status online. Agar orang lain mengira kamu sedang di luar jaringan (luring), jangan lupa mematikan fitur centang dua. Sehingga saat seseorang mengirim pesan, hanya akan muncul centang satu.

Hal tersebut akan membuat si pengirim beranggapan bahwa aplikasi WhatsApp offline. Hal terpenting adalah kamu bisa melakukan trik tersebut tanpa harus mendapatkan konsekuensi seperti layaknya saat menggunakan apk versi asli.

Fitur Menarik OGWhatsApp

Ada banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh pengembang aplikasi modifikasi ini. Pengguna apk mod tersebut bisa memakai beberapa fitur lain seperti:

  1. Menjadwalkan Pesan

Fitur menarik pertama yaitu user dapat menjadwalkan pesan sebelum mengirimkannya. Dengan dukungan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir melewatkan mengirim pesan pada waktu tertentu karena lupa.

  1. Mengatur Balas Otomatis

Balasan pesan otomatis tidak hanya terdapat pada WA business. Jika memasang OGWahtsApp, user dapat membuat balasan otomatis ketika ada yang mengirim pesan. Menarik sekali, bukan?

  1. Sembunyikan Status Online

Inilah fitur untuk membuat aplikasi WhatsApp offline. Dengan mengaktifkannya, teman di daftar kontak tidak akan mengetahui meskipun kamu sedang membuka aplikasi dan chatting dengan seseorang.

  1. Tersedia Banyak Tema Keren

Lupakan tampilan membosankan, karena di sini terdapat banyak sekali pilihan tema keren untuk mengatur tampilan chat room. Tidak seperti versi asli yang hanya menyediakan tema light dan dark.

  1. Kirim Video Resolusi Tinggi

Mengirim video berukuran besar kini tidak akan jadi masalah lagi. Kualitas video tetap terjaga karena OGWhatsApp mengakomodasi pengiriman video hingga kapasitas 50 MB lebih. Sedangkan apk asli terbatas hanya 15 MB saja.

  1. Melihat Pesan Terhapus

Seperti halnya apk WA mod lainnya, OGWhatsApp juga memungkinkan pengguna tetap bisa melihat pesan meskipun sudah dihapus pengirimnya. Selain pesan, bisa juga melihat story yang sudah dihapus.

  1. Mengirim Ratusan Gambar Sekaligus

Keunggulan OGWhatsApp selain membuat aplikasi WhatsApp offline yaitu memungkinkan penggunanya mengirim gambar hingga 100 file dalam satu waktu. Limit ini tentu lebih banyak dibanding apk asli yang hanya 30 file.

  1. Dua Apk dalam Satu Device

Tenang saja, kamu tetap bisa menggunakan WA asli dan OGWhatsApp mod sekaligus di satu device yang sama. Ini dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan dua nomor sekaligus tanpa menyediakan satu perangkat lagi.

4. Gunakan Apk Fouad WhatsApp

Apk Fouad WhatsApp

Alternatif cara membuat aplikasi WhatsApp offline yaitu dengan memasang apk modifikasi Fouad WhatsApp. Fouad WhatsApp menyajikan user interface (antarmuka) yang lebih sederhana dan simple sehingga mudah digunakan oleh penggunanya.

Dengan interface yang sederhana, apk mod tersebut menyediakan beragam fitur cukup lengkap dan memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Tidak mengherankan jika jumlah orang yang menginstall aplikasi modifikasi tersebut semakin banyak.

Selain interface simple dan mudah digunakan, salah satu keunggulan lain pada app modifikasi tersebut yaitu memungkinkan kamu membuat caption panjang saat memasang status. Beberapa fitur menarik lainnya yang tidak ada di WA asli yaitu:

  • Menyembunyikan keterangan online sehingga membuat aplikasi WhatsApp offline di mata pengguna lainnya
  • Memungkinkan pengguna membuat caption pada status atau story dengan jumlah karakter mencapai 266 karakter
  • Menyaring panggilan masuk dari beberapa kontak atau seluruh kontak
  • Menyediakan tema lebih beragam dan menarik dibanding aplikasi asli
  • Menyediakan lebih banyak emoji
  • Menyembunyikan chat-chat tertentu agar tidak terlihat
  • Memiliki performa software lebih baik karena ukurannya lebih ringan dibanding app versi asli
👉 TRENDING:  Begini Cara Kirim Uang Dengan Whatsapp Payments

Alasan Mengubah WhatsApp Terlihat Offline

alasan menggunakan WhatsApp Terlihat Offline
(usefeed)

Mungkin sebagian pengguna belum memahami mengapa ada orang menginginkan tampilan aplikasi WhatsApp offline. Lantas, apa alasan melakukannya dan mengapa hal tersebut menjadi penting? Berikut akan kami jabarkan jawabannya.

1. Privasi Lebih Terjaga

Perlu diketahui bahwa era digital yang penuh dengan keterbukaan di sisi lain justru menghadirkan kenyataan yang membuat kurang nyaman. Banyaknya fitur di aplikasi messenger WA malah membuat privasi pengguna berkurang.

Meskipun pengembang software memberikan beragam opsi untuk mengelola privasi, namun tetap saja ada hal-hal yang membuat privasi kurang terjaga. Salah satu langah agar memiliki privasi lebih yaitu menjadikan aplikasi WhatsApp offline.

2. Hidup Lebih Tenang

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada saja satu atau beberapa orang yang cukup mengganggu. Terutama pada saat kamu terlihat sedang dalam jaringan (daring) sehingga mengirimkan pesan-pesan yang mengganggu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menerapkan trik membuat WA terlihat sedang di luar jaringan supaya tidak merasa terganggu saat sedang chat dengan kontak tertentu. Dengan cara ini, hidup akan terasa lebih tenang.

3. Menikmati Masa Cuti

Alasan ketiga mengapa perlu menjadikan aplikasi WhatsApp offline adalah agar dapat menikmati masa-masa cuti dari pekerjaan dengan tenang. WhatsApp sebagai aplikasi messenger memang sangat diandalkan untuk menjalin komunikasi.

Tidak hanya komunikasi dengan orang-orang terdekat, akan tetapi juga komunikasi untuk kepentingan kerja. Namun ketika sedang mengambil cuti terkadang ada saja chat masuk yang masih membahas tentang pekerjaan.

Baik itu chat pribadi ataupun pembahasan tentang pekerjaan dalam grup. Hal tersebut tentu sangat mengganggu ketika kamu ingin menikmati masa cuti untuk liburan atau masa pemulihan saat jatuh sakit.

Jika tidak ingin menanggung risiko adanya bug atau permasalahan lainnya, ada baiknya memilih aplikasi WA resmi. Namun jika menginginkan aplikasi WhatsApp offline beserta beragam fitur lebih lainnya, tidak ada salahnya menginstall apk mod.