Recovery-Data-SSD-MacBook

Cara Recovery Data SSD MacBook Dengan Mudah

Solid-State Drive, yang juga dikenal sebagai SSD, adalah media penyimpanan yang banyak digunakan sekarang dan diklaim jauh lebih unggul daripada hard drive tradisional dalam hal kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat, konsumsi daya yang lebih rendah, umur lebih panjang dan lainnya. Selama bertahun-tahun, SSD telah digunakan dalam MacBook Air dan MacBook Pro untuk meningkatkan kinerja. Pada model terbaru, SSD bahkan tertanam dalam motherboard, membentuk satu kesatuan.

Meskipun demikian, SSD MacBook kadang-kadang juga dapat mengalami masalah seperti SSD MacBook Pro tidak terbaca di Utilitas Disk, SSD MacBook mengalami keausan berlebihan, dll. SSD yang rusak bisa menyebabkan risiko kehilangan data di Mac Anda. Dan yang lebih buruk, pemulihan data dari SSD lebih sulit dibandingkan dengan HDD. Lebih banyak tentang hal itu nanti.

Ketika Anda menyadari bahwa ada file yang hilang di SSD MacBook, atau jika Anda menghapus file secara tidak sengaja, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikannya. Artikel ini akan menjelaskan apakah Anda dapat mengembalikan data yang hilang dan bagaimana caranya untuk :

  1. Memulihkan data dari SSD MacBook
  2. Apakah mungkin memulihkan data dari SSD MacBook
  3. Kapan Anda perlu memulihkan data dari SSD MacBook

Solusi untuk memulihkan data dari SSD MacBook

Pada saat Anda menyadari bahwa Anda kehilangan beberapa file, atau saat Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di SSD MacBook Anda, Anda harus menghentikan semua operasi pada perangkat tersebut untuk mencegah data tertimpa, meningkatkan peluang pemulihan data yang lengkap. Jadi segera pulihkan file-file tersebut. Berikut beberapa metode paling efektif yang dapat Anda terapkan.

Cara 1. iBoysoft Data Recovery for Mac (Mudah dan Aman)

iboysoft-data-recovery-for-mac

Mengembalikan data dari SSD adalah prosedur yang sangat dibutuhkan, itulah mengapa ada perangkat lunak pemulihan data Mac di pasaran. Di antara mereka, iBoysoft Data Recovery for Mac telah terbukti handal dan memiliki kinerja yang kompeten.

Program pemulihan data Mac yang andal dan aman ini mendukung berbagai jenis pemulihan data, termasuk pemulihan data drive APFS, pemulihan data drive yang diformat, pemulihan kartu SD, pemulihan hard drive eksternal yang rusak, menyajikan proses pemulihan data yang cepat, hasil pemulihan yang lebih baik, dan tingkat pemulihan yang lebih tinggi.

Langkah-langkah untuk memulihkan file yang hilang atau terhapus dari SSD MacBook dengan iBoysoft Data Recovery:

1. Restart Mac ke mode Pemulihan macOS untuk menghindari penimpaan data pada SSD MacBook.

2. Pilih jaringan untuk Mac, dan pastikan koneksi Internet tetap terhubung sepanjang waktu.

3. Buka Terminal dari menu drop-down Utilitas.

Panduan-recovery-ssd-mac

4. Jalankan perintah berikut untuk meluncurkan iBoysoft Data Recovery for Mac dalam mode Pemulihan macOS. sh <(curl http://boot.iboysoft.com/boot.sh)

5. Setelah program diluncurkan, Anda dapat mulai menyelamatkan file. Di antarmuka utama, Anda dapat memilih SSD MacBook dalam daftar.

6. Klik tombol Pindai. Perangkat lunak pemulihan data ini akan mulai memindai file yang hilang pada drive.

Panduan-recovery-ssd-mac-2

7. Pratinjau hasil pemindaian dan pilih file yang ingin Anda pulihkan.

8. Klik tombol Pulihkan. Pilih lokasi yang berbeda untuk menyimpan data yang dipulihkan. Cara terbaik adalah menggunakan perangkat eksternal untuk menyimpan data yang dipulihkan.

Cara 2. Cadangkan dan Pulihkan dengan Time Machine

Solusi Time Machine akan berhasil bagi Anda jika sudah diperbarui dan diaktifkan sebelum kehilangan data terjadi. Karena itu merupakan utilitas cadangan bawaan Mac yang akan mencadangkan semua data di Mac Anda dengan membuat salinan atau snapshot. Dengan Time Machine diaktifkan, Anda dapat mengembalikan file tertentu atau seluruh sistem darinya.

Periksa apakah Anda telah mengaktifkan Time Machine di MacBook Anda. Lanjutkan ke menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik Time Machine. Jika kotak di sebelah Otomatis Backup sudah dicentang, kemungkinan Anda telah mencadangkan file yang ingin Anda pulihkan dengan Time Machine. Lalu Anda dapat menggunakan cadangan Time Machine untuk menemukan file yang hilang dan dihapus secara tidak sengaja dan mengembalikannya ke Mac Anda.

Langkah-langkah untuk mengembalikan data dari SSD MacBook dengan Time Machine:

  1. Hubungkan Mac Anda dengan drive cadangan Time Machine. Masukkan kata sandi jika diminta.
  2. Buka jendela folder tempat file Anda disimpan. (opsional)
  3. Klik ikon Time Machine di bilah menu > Masuk ke Time Machine.

Jika Anda tidak dapat menemukan ikon Time Machine di Bilah Menu, Anda perlu menambahkannya dari Preferensi Sistem. Klik ikon Apple > Preferensi Sistem > Time Machine, kemudian centang kotak di sebelah Tampilkan Time Machine di bilah menu di bagian bawah panel.

  1. Temukan file yang spesifik dari garis waktu dan file cadangan dari Time Machine dengan menggulir atau menggunakan panah Atas/Bawah.
  2. Pilih file yang diinginkan dan tekan tombol Spasi untuk melihat pratinjau.
  3. Klik Pulihkan. Anda dapat memeriksa file di lokasi aslinya di MacBook.

Selalu penting untuk mencadangkan Mac Anda, terutama jika Anda memiliki file penting yang disimpan di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat menghindari bencana potensial kehilangan data ketika Mac terkena serangan virus, mengalami kerusakan fisik, dan sebagainya. Jika tidak ada cadangan, kembali ke cara 1.

Cara 3. Bawa Ke Service Center

Mungkin, kerusakan pada MacBook SSD terlalu parah atau bersifat fisik sehingga merusak file Anda atau membuatnya hilang, entah karena drive terlalu panas, terjatuh keras, terlalu aus, dll. Rencana terakhir Anda mungkin adalah mengirimnya ke toko perbaikan lokal yang menyediakan layanan pemulihan data atau perusahaan pemulihan data yang khusus. Ini akan lebih mahal, tetapi seorang teknisi mungkin dapat membantu Anda mendapatkan kembali file-file tersebut.

Apakah mungkin memulihkan data dari SSD MacBook

Anda dapat dengan mudah memulihkan file yang dihapus di Mac sebelum Anda mengosongkan Tempat Sampah. Setelah Anda mengosongkan folder Sampah atau memilih untuk melewatkan Tempat Sampah dan menghapus file dari SSD Mac secara permanen, pemulihan data menjadi rumit.

Apa yang terjadi saat Anda menghapus file

Ada perbedaan besar dalam cara SSD dan HDD (hard disk drive atau drive mekanis) bekerja ketika file dihapus dari mereka. Jika penghapusan terjadi di HDD, sektor-sektor tempat file tersebut sebelumnya disimpan akan ditandai sebagai tersedia. Pada kenyataannya, hampir selalu, file yang dihapus akan tetap ada di media tersebut sampai file baru mengambil sektor yang dulunya milik file yang dihapus. Ini berarti data sebelumnya dapat dipulihkan.

Namun, jika penghapusan permanen terjadi pada SSD dan TRIM SSD diaktifkan, maka akan menghapus data ketika komputer mencapai kondisi idle untuk mempersiapkan sektor-sektor yang akan digunakan. TRIM adalah perintah Advanced Technology Attachment (ATA). Jika fitur ini diaktifkan, akan jauh lebih sulit untuk memulihkan file yang dihapus dari SSD MacBook.

Cara memeriksa apakah TRIM diaktifkan

RECOVERY-SSD-MACBOOK

Secara umum, MacBook biasanya sudah memiliki TRIM SSD diaktifkan secara default. Anda dapat dengan mudah memeriksa konfigurasi ini dengan melakukan langkah-langkah berikut.

Klik ikon Apple > Tentang Mac. Kemudian klik Informasi Sistem. Atau tekan dan tahan tombol Option dan kemudian pilih Informasi Sistem.

Pada panel kiri jendela Informasi Sistem, di bawah Hardware, temukan NVM Express atau SATA/SATA Express. Ini tergantung pada antarmuka SSD internal Mac Anda.

Di panel kanan, gulir ke bawah sampai Anda menemukan Dukungan TRIM. Jika muncul Ya, maka perintah TRIM berjalan, dan sebaliknya.

Apakah saya bisa memulihkan data dari SSD jika TRIM diaktifkan

Skenario akan lebih baik jika Anda menemukan bahwa TRIM dinonaktifkan, meskipun kemungkinannya sangat kecil. Dengan cara ini, SSD Anda akan tetap menyimpan informasi yang dihapus di sektor-sektornya karena belum menerima perintah dari TRIM untuk membersihkan sektor-sektor yang berisi informasi yang tidak berguna. Dengan demikian, drive tersebut tidak akan menghapus informasi yang ada sampai informasi baru ditulis ke sektor, seperti yang terjadi pada HDD. Maka pemulihan data dari SSD sangat mungkin.

Bahkan jika TRIM diaktifkan di MacBook Anda, masih ada peluang untuk memulihkan data dari SSD. Seperti yang telah disebut sebelumnya, perintah TRIM adalah untuk menghapus data yang tidak berguna ketika komputer sedang tidak digunakan oleh program apa pun. Jadi, jika SSD belum melalui TRIM, inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan file-file tersebut. Kemudian Anda harus segera memulihkan file dari SSD, semakin cepat, semakin baik.

Kapan Anda perlu memulihkan data dari SSD MacBook

Skenario bervariasi bagi pengguna MacBook yang berbeda ketika perlu melakukan pemulihan data SSD pada MacBook Air/Pro. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menyadari risiko kehilangan data pada SSD MacBook Anda, tetapi sebagian tidak. Namun, beberapa tanda masih menunjukkan potensi kegagalan SSD MacBook, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan data.

Dengan demikian, kita akan membahas beberapa skenario dan tanda yang paling umum bahwa MacBook Air/Pro Anda menunjukkan kapan pemulihan data SSD diperlukan, dan Anda harus memulihkan file dari SSD MacBook secepat mungkin jika salah satu situasi berikut menimpa Anda.

Menghapus file secara permanen dari SSD Ini bisa terjadi dengan melakukan salah satu dari 4 jenis operasi berikut: Menggunakan kombinasi tombol Option + Command + Delete; memilih Hapus Seketika di Finder; mengosongkan Tempat Sampah Mac secara manual; dan ketika item yang sudah dipindahkan ke Tempat Sampah selama lebih dari 30 hari dihapus dari sana.

Kesalahan operasi pada SSD MacBook Ini berkaitan dengan penghapusan yang tidak disengaja dari partisi/container APFS, pemformatan ulang drive, volume partisi yang rusak, dan setiap prosedur yang dapat merusak struktur sistem file. Semua ini dapat menyebabkan kehilangan data pada hard drive Anda, dengan semua data yang disimpan di dalamnya terhapus.

Serangan virus dan malware Program komputer berbahaya seperti virus dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Mac Anda, mencuri data Anda, menghapus file, dan sebagainya. Oleh karena itu, serangan virus atau malware adalah kasus yang paling umum membuat Anda gagal membuka file yang rusak. Segera pulihkan data dan hilangkan virus dari Mac Anda.

Kerusakan fisik pada SSD MacBook Jika MacBook mengalami jatuh keras, overheat, atau terkena cairan, beberapa sektor atau bahkan seluruh SSD internal dapat rusak. SSD yang korup akan membahayakan data yang disimpan di dalamnya.

Selain dari skenario di atas, juga disarankan untuk melakukan pemulihan data SSD pada awalnya saat menghadapi layar berkedip di MacBook Pro, MacBook tidak mau menyala, MacBook crash/matot, layar hitam kematian MacBook, Mac Terjebak di Layar Loading, dll. untuk menghindari kehilangan data.

Kesimpulan

MacBook Air/Pro yang dilengkapi dengan SSD memang mengoptimalkan kinerja Mac dalam hal kecepatan baca dan tulis. Namun, hal ini juga berkontribusi pada kesulitan dalam pemulihan data. Untungnya, masih ada metode untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan perangkat lunak pemulihan data Mac, memulihkan dari cadangan Time Machine, atau mencari bantuan dari seorang teknisi. Cobalah ketika Anda perlu memulihkan file dari SSD MacBook.