Cara Mengatasi
Cara Mengatasi Error Synchronizing Time Windows 7

Cara Mengatasi “Error Synchronizing Time Windows” Di Windows 7 dan 10

Laptop ataupun Komputer yang menggunakan sistem operasi windows itu biasanya untuk pengaturan “Date and Time” telah tersetting otomatis dengan Internet time yang tersinkron di server time.windows.com.

Tapi, jika kamu menemukan masalah jam dan tanggal di laptop sering tidak sesuai, maka kita harus mengaturnya kembali dan ketika kita melakukan sinkronisasi / update di bagian “Internet Time Settings” muncul notifikasi bahwa time synchronization failed atau error occurred while Windows was synchronizing with time.windows.com. Bagaimana cara mengatasinya dan apa penyebabnya tidak bisa sinkron padahal sudah terhubung ke internet?

Perlu kamu ketahui juga bahwa ketika Jam dan Tanggal di laptop tidak sesuai, biasanya itu muncul masalah lain ketika digunakan untuk browsing atau berselancar di internet. Browser akan tidak bisa mengakses internet dan muncul keterangan bahwa Time and Date kita out of the date yang tentunya harus diperbaiki terlebih dahulu.

Penyebab Jam Dan Tanggal Di Laptop Tidak Sesuai

Baterai CMOS Laptop

Pengguna Laptop dengan Windows 7 dan 10 yang sudah lebih dari 2 tahun biasanya akan muncul masalah Date and Time nya tidak sesuai. Penyebabnya adalah Baterai CMOS yang ada di dalam laptop (terpasang di motherboard) sudah soak atau tidak bisa menyimpan daya lagi sehingga menyebabkan Jam dan Tanggal menjadi eror atau tidak sesuai.

Solusinya tentu kamu harus mengganti Baterai CMOS yang ada didalam laptop itu dengan cara membongkar laptopnya dan membeli baterai di toko komputer (tapi ini khusus yang sudah terbiasa membongkar laptop), jika belum pernah, alangkah baiknya dibawa saja ke tempat service laptop ataupun toko komputer untuk meminta teknisi disana menggantikan baterai cmosnya.

Selain mengganti baterai CMOS-nya, ternyata ada cara lain yang menurut banyak orang lebih simpel untuk mengatasi Error Synchronizing Time Windows. Yaitu dengan cara melakukan update di bagian Internet Time Settings, tapi ternyata ada yang berhasil ada juga yang tetap muncul eror.

Cara Sinkronisasi Time Windows

cara mengatasi internet time windows 7 error

Nah, agar bisa sukses melakukan sinkronisasi dengan server jam internetnya, kamu bisa menambahkan server baru untuk syncronizing Time di Windows. Caranya adalah sebagai berikut :

Tambahkan Server “pool.ntp.org” dibagian kolom server. Selain itu ada server lainnya yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu.

time.windows.com
0.id.pool.ntp.org
1.id.pool.ntp.org
2.id.pool.ntp.org
3.id.pool.ntp.org

Jika hasilnya tetap muncul error, coba kembalikan servernya lagi ke “time.windows.com” dan coba update. biasanya cara ini akan sukses dan kamu sudah bisa menggunakan laptopnya untuk internetan/browsing. Tapi untuk pengguna Windows 10 agak berbeda cara mengatasinya, kamu bisa baca di artikel cara mengatasi Time synchronization failed Windows 10 yang sudah menjelaskan langkah-langkah memperbaiki jam eror secara detail.

Seperti itulah cara mengatasi masalah gagal sinkronisasi internet time server “Error Synchronizing Time Windows” Di Windows 7.