Apa itu Baterai CMOS dan Fungsinya Untuk Apa?
Apa itu Baterai CMOS dan Fungsinya Untuk Apa?

Apa itu Baterai CMOS dan Fungsinya Untuk Apa?

Baterai CMOS selalu ada disetiap komputer (tepatnya ada di motherboard) yang mana fungsinya sebagai pemberi  chip motherboard untuk memperbarui jam waktu nyata dan mempertahankan pengaturan dan konfigurasi BIOS lainnya.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap tentang apa itu Baterai CMOS, fungsinya, proses penggantiannya, dan beberapa pertimbangan penting lainnya yang terkait dengan teknologi ini.

Apa Itu Baterai CMOS

Baterai CMOS Laptop

Baterai CMOS adalah bagian dari motherboard yang dipasang untuk pengaturan perangkat keras dasar seperti BIOS, tanggal, waktu, dan konfigurasi lainnya. Sistem kehilangan semua informasi ini dalam mode mati.

Jadi untuk menjaga pengaturan yang tersimpan, baterai CMOS memasok daya ke chip-nya. Orang umumnya berpikir bahwa baterai ini memberikan daya ke sistem komputer. Tetapi fungsi sebenarnya adalah hanya memasok chip yang sama.

Secara khusus, baterai CMOS ini umumnya digunakan oleh:

Digital Logic Circuits
Microcontrollers.
Microprocessors.
SRAM- Static RAM.

Apa Fungsi Baterai CMOS?

Fungsi utama baterai CMOS adalah untuk menyimpan jam waktu nyata, dan apa yang terjadi jika baterai CMOS di komputer/laptop kamu sudah expire/soak? Waktu dan Tanggal akan tidak sesuai. Baterai ini bekerja dengan chip CMOS bahkan ketika sistem komputer dimatikan. Parameter dasar baterai ini adalah untuk menyimpan nilai parameter.

Fungsi utama kedua dari CMOS di komputer adalah menjalankan firmware BIOS baik di laptop atau komputer. Sirkuit chip memperbarui waktu berdasarkan peningkatan daya baterainya. Oleh karena itu, dalam fungsi backup baterai CMOS, parameternya akan sama pada saat komputer boot.

Untuk memahami pentingnya baterai CMOS, Kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu BIOS komputer Kamu.

Setiap komputer memiliki BIOS yang telah diprogram ke dalam perangkat kerasnya. Berbeda dengan sistem operasi. Sistem operasi dapat diinstal, dihapus, dan diperbarui lama setelah Kamu membeli komputer. BIOS adalah sesuatu yang terintegrasi ke dalam komputer saat sedang diproduksi.

BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System. Apa sebenarnya yang dia lakukan? Pada dasarnya, ia mengelola fungsi dasar komputer Kamu.

Semua komputer bekerja melalui proses input-output. Misalkan, misalnya, Kamu membuka sebuah program:

  • CPU Kamu mengirimkan instruksi ke hard disk Kamu untuk mengambil program dari penyimpanan; Ini adalah pintu masuknya.
  • Hard disk mengambil data program dan mengirimkannya kembali ke CPU Kamu; Ini adalah produk.
  • CPU Kamu menjalankan program. Ini mengirimkan instruksi ke prosesor grafis Kamu yang memberi tahu gambar mana yang harus dibuat; memasukkan.
  • Kemudian prosesor grafis Kamu mengirimkan instruksi ke monitor Kamu untuk memberi tahu cara mengatur piksel pada layar untuk membuat gambar; keluaran.

Semua yang dilakukan komputer dapat diubah menjadi input atau output. BIOS bertugas mengelola pertukaran input dan output ke komputer Anda, sebagian besar saat Anda mem-boot komputer Anda. BIOS menginstruksikan komputer Anda tentang cara menjalankan sistem operasi, dan juga memberi daya pada periferal.