Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Kabel HDMI
fungsi dan pengertian kabel hdmi

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Kabel HDMI

HDMI merupakan sebuah teknologi canggih yang mana bisa menampilkan visual dan audio digital dengan kualitas baik. Tentunya jika dibandingkan dengan menggunakan kabel VGA, kualitas HDMI ini jauh diatasnya.

Jadi, Pengertian HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah sebuah antarmuka untuk video dan audion digital tanpa kompresi. Tentunya dengan tanpa kompresi ini membuat gambar/visual yang dihasilkan berdefinisi tinggi ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal.

Produk-produk digital juga sudah mulai beralih menggunakan Output HDMI agar menghasilkan kualitas yang bagus, contoh produk audio/video digital yang menggunakan HDMI adalah set-top box TV Digital, DVD Player dan banyak lagi.

Fungsi Kabel HDMI

fungsi port hdmi

Fungsi umum atau standardnya dari sebuah kabel HDMI adalah menghubungkan perangkat yang mendukung transfer sinyal high definition. Kabel HDMI ini biasanya dijadikan sebagai alat transfer dari output sebuah perangkat ke media lain agar bisa ditampilkan dengan kualitas bagus.

Ada beberapa fungsi lainnya yang mungkin kamu harus mengetahuinya dari sebuah kabel HDMI adalah sebagai berikut :

  • Transfer Sinyal dengan kecepatan tinggi – Jika dibandingkan dengan alat lainnya, kabel HDMI menjadi alat konektor transfer sinyal dengan kecepatan tinggi.
  • Mendukung Komunikasi 2 Arah
  • Kabel HDMI bisa mengkompres sinyal secara digital dan menghasilkan kualitas lebih tinggi.

Contoh penggunaan / pemanfaatan kabel HDMI adalah presentasi menggunakan proyektor, File presentasi yang ada dilaptop bisa kita sharing ke proyektor menggunakan kabel HDMI (tentunya dengan syarat laptop dan proyektor memiliki port hdmi).

Jadi, yang sering bertanya-tanya fungsi port HDMI di laptop adalah untuk sharing layar dengan proyektor, bisa untuk presentasi atau juga bisa untuk nonton film.

Selain itu DVD Player yang outputnya dulu menggunakan kabel RCA, kini mulai beralih ke HDMI agar menghasilkan gambar yang lebih bagus di TV. Contoh lainnya adalah Android TV Box yang mengubah TV kita menjadi SmartTV sudah menggunakan kabel HDMI untuk proses transfer sinyalnya.

Tipe konektol kabel HDMI juga terbagi menjadi beberapa macam yaitu Tipe A/ Standar, Tipe C atau Mini HDMI dan Tipe D atau micro HDMI.

  1. Kabel HDMI dengan jenis konektor Tipe A ini adalah yang sering banyak kita temukan di perangkat eletronik seperti Laptop, TV, Smartbox / Android TV Box, Audivisual, Proyektor dan konsol game dengan support untuk mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.
  2. Kabel HDMI dengan Tipe C ini sering disebut sebagai Mini HDMI karena ukurannya yang lebih kecil daripada Kabel HDMI Tipe A/standard. Kabel HDMI Tipe C ini sering digunakan untuk parangkat Kamera DSLR, Camcorder dan tablet.
  3. Kabel HDMI dengan jenis Tipe C ini sering disebut juga dengan Micro HDMI. Biasanya digunakan untuk perangkat Smartphone.

Jenis-Jenis Kabel HDMI

Berikut ini beberapa jenis kabel HDMI yang sering digunakan :

  • Kabel HDMI Standar: Yang sering digunakan banyak orang dan memiliki resolusi siaran HDTV, kabel, dan TV satelit umum (hingga 720p dan 1080i).
  • Kabel HDMI Otomotif Standar: Memiliki kemampuan yang sama dengan kabel HDMI standar, tetapi digunakan untuk menghubungkan pemutar DVD portabel atau in-car dan perangkat lain ke tampilan video in-car.
  • Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi: Dirancang untuk menangani resolusi video 1080p dan 4K (30Hz) serta memberikan dukungan untuk 3D, dan Deep Color.
  • Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi: Mendukung fitur yang sama seperti kabel HDMI Berkecepatan Tinggi, tetapi dioptimalkan untuk lingkungan otomotif.
  • Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium: Dirancang untuk transfer video resolusi 4K / UltraHD yang andal, termasuk 4K / 60 Hz, HDR, dan rentang warna yang diperluas.
  • Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi: Mencakup semua kemampuan yang lain dengan dukungan tambahan untuk video 8K dengan HDR.
  • Kabel HDMI dengan Ethernet Bawaan: Terdapat kabel HDMI Standar, Berkecepatan Tinggi, Berkecepatan Tinggi Premium, dan Berkecepatan Ultra Tinggi yang mendukung Saluran HDMI Ethernet tambahan (HEC).