Pengertian Dan Fungsi Kabel RCA
Pengertian Dan Fungsi Kabel RCA

Pengertian Dan Fungsi Kabel RCA

Kabel RCA yang identik dengan 3 warnanya ini pasti sering kamu lihat di perangkat DVD yang terpasang ke TV. 3 warnanya merah, kuning dan putih ini masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda.

Perbedaan 3 warna di kabel RCA ini bukan hanya sekedar variasi biasa, warna-warna yang dipilih juga sudah sesuai standar barang elektronik lainnya. Jadi, jangan sampai kamu memasangnya sembarang (tidak sesuai warna ketika dihubungkan ke perangkat tv ataupun dvd.

Apa Itu Kabel RCA

Fungsi kabel rca

Pengertian kabel RCA adalah Konektor RCA atau AV (Audio Video) merupakan jenis konektor yang umum digunakan di pasar audio. Penggunaan nama kabel RCA juga diambil dari singkatan nama Radio (Radio Corporation of America) yang mana pertama kali mendesain dan memperkenalkan pada awal tahun 1940an.

Kabel RCA ini miliki fungsi sebagai alat transfer sinyal audio dan video dari sumber ke media display untuk di keluarkan dalam bentuk visual / gambar dan audio/suara. banyak alat elektronik yang masih menggunakan kabel RCA ini yaitu VCD/DVD, TV, CCTV dan lainnya.

Adapun fungsi dari warna masing-masing dari kabel RCA adalah sebagai berikut :

  • Kabel Warna Merah : merupakan RCA Connector untuk Audio speaker kanan (R/Right)
  • Kabel Warna Putih : merupakan RCA Connector untuk audio speaker kiri (L/Left)
  • Kabel Warna Kuning : merupakan RCA Connector untuk Video

Fungsi atau kegunaan kabel RCA adalah :

  • Kabel RCA yang biasanya digunakan sebagai alat output audio video, ternyata bisa digunakan untuk pengiriman video di komputer dengan alat bantuan video capture card.
  • Audio Mobil juga banyak yang menggunakan kabel RCA sebagai jalur utama analog dari dari head unit ke amplifier.
  • Speaker Eksternal juga menggunakan kabel RCA sebagai medai transfernya. banyak yang menganggap bahwa kabel RCA ini sangat bagus untuk audio.

Tapi, seiring perkembangan teknologi, banyak alat-alat elektronik yang mulai mengubah fungsi RCA ini hanyak sebagai slot cadangan saja dan menggantinya dengan HDMI yang diklaim memiliki kualitas lebih bagus.