Apa Itu Motherboard dan Fungsinya Pada Komputer Untuk Apa Saja?

Kemajuan teknologi pada Komputer saat ini semakin canggih, baik dalam versi Dekstop ataupun Laptop. Teknologi terbaru hadir didalam komponen perangkat keras komputer seperti Motherboard, VGA, Harddisk dan lainnya yang sangat berperan penting.

Nah, kali ini teknobgt akan membahas tentang Motherboard, yang mana perangkat keras komputer ini digunakan pada sebuah perangkat Personal Computer (PC) Dekstop ataupun Laptop.Perannya sangatlah penting untuk menghubungkan hardware lainnya agar sistem komputer berjalan dengan baik.

Tapi, apakah kamu pernah melihat Motherboard sebuah komputer? seperti apa bentuknya dan fungsinya untuk apa?

Apa Itu Motherboard

Parts of Motherboard
Parts of Motherboard (foto:sites.google.com)

Pengertian Motherboard adalah perangkat keras terpenting dalam sebuah komputer yang berupa papan sirkuit utama untuk menghubungkan hardware atau perangkat keras seperti Processor, VGA, RAM, Harddrisk dan lainnya.

👉 TRENDING:  Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Untuk penasaran dengan gambar atau bentuk Motherboard, kamu bisa cari pengenalan CPU di youtube atau bisa langsung membongkarnya sendiri dirumah. Kamu akan menemukan Slot untuk RAM, slot PCI dan juga port USB. Selain itu ada juga Processor, ROM dan bagian lainnya untuk menghubungkan Hard drive, DVD Drive, Keyboard, Mouse dan Port VGA untuk menghubungkan ke monitor.

Adapun komponen-komponen pada Motherboard adalah sebagai berikut :

  1. Slot Processor
  2. Konektor power pada motherboard / ATX power
  3. Northbridge
  4. Slot Memory RAM
  5. Port SATA
  6. Slot PCI-E
  7. Southbridge
  8. Lampu LED
  9. Port PS/2
  10. Port Paralel
  11. Port Serial
  12. Port VGA
  13. Port DVI
  14. Port HDMI
  15. Port USB
  16. Battery CMOS
  17. Port RJ-45
  18. Port Audio
  19. Pin CPU Fan
  20. Pin Front Panel
👉 TRENDING:  Pengertian Hard Disk dan Fungsinya Di Komputer

Cara Kerja dan Fungsi Motherboard

Berikut ini adalah fungsi atau cara kerja Motherboard yang dirangkum dari laman digitalthinkerhelp :

  • Fungsi pertama motherboard adalah sebagai HUB Komponen karena semua komponen pemrosesan penting komputer (CPU, memori sistem (RAM), kartu grafis) terpasang ke dalam motherboard.
  • Motherboard papan sirkuit yang terdiri dari berbagai jalur yang fungsinya membantu mengirimkan data ke semua komponen komputer.
  • Motherboard sebagai pendistribusi daya listrik ke bagian-bagian komputer sesuai dengan kebutuhan
  • Motherboard bertindak sebagai pusat komunikasi untuk seluruh komponen komputer yang terhubung langsung atau tidak langsung dengannya.
  • Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data ke semua bagian komputer saat mereka membutuhkannya.
  • ROM (Read Only Memory) terhubung ke motherboard. ROM harus menyimpan program pra-program yang dikenal sebagai BIOS (Basic Input/Output System), dan BIOS menyediakan bantuan untuk proses booting saat komputer Anda menyala.
  • Motherboard memungkinkan komponen komputer yang berbeda untuk dihubungkan secara langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Ini terhubung langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.
👉 TRENDING:  7 Model Layer OSI Berserta Penjelasan dan Fungsinya

Nah, itulah penjelasan singkat tentang pengertian, fungsi dan cara kerja Motherboard pada sebuah komputer. Kamu juga bisa memperlajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada didalam motherboard itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *