laptop tidak bisa nyala

[AMPUH] Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Apakah kalian pernah mengalami masalah pada laptop seperti tiba-tiba mati sendiri, bluescreen ataupun laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup ? pasti membuat kesan dan emosi, apalagi saat itu memang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas yang penting.

Tapi jangan terus-terusan emosi sampai merusak laptopnya, karena bisa jadi masalah yang ada di laptopmu itu adalah kelalaian dari anda sendiri, seperti : penggunaannya yang overtime, terus-terusan digunakan untuk nonton drama korea, tidak menggunakan kipas pendingin dibawahnya malahan menggunakan bantal sehingga sirkulasi udara tidak jalan.

Anda harus tetap tenang, karena masalah seperti laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup itu belum tentu adanya kerusakan parah, mungkin dengan tips-tips dibawah ini yang akan teknobgt.com jelaskan bisa membantu mengatasi masalahnya tanpa harus dibawa ke service center.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala

laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup

Pada umumnya sih laptop yang tidak bisa nyala itu masalahnya ada pada Daya (listrik/adaptor/baterai). Entah itu aliran listrik stop kontaknya yang bermasalah, atau adaptopnya yang sudah rusak.Atau bisa jadi pada layarnya saja yang rusak. Tapi kali ini teknobgt.com akan membahas masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup.

👉 TRENDING:  Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ini bisa juga dibilang P3K (pertolongan pertama pada kerusakan laptop) dan khusus untuk anda yang memang bukan ahli IT. Jadi apa yang harus dilakukan untuk menghadapi hal seperti ini? simak tips dan cara mengatasinya berikut ini :

Masalah RAM

Ketika memulai untuk menggunakan laptop dan menyambungkan adaptor/charger sebagai dayanya, maka otomatis lampu indikator charger nyala. Berarti daya yang masuk sudah normal ya, tetapi ketika menekan tombol powernya, laptop tidak ada respon sama sekali dan layar tetap blank / hitam.

Apa kira-kira masalah yang harus dicek pertama kali? Kemungkinannya ada masalah pada RAM laptopnya, apakah itu rusak, ataupun kotor. Ciri-ciri laptop yang RAM nya bermasalah sehingga menyebabkan laptop tidak mau nyala adalah ditandai dengan lampu indikator menyala dan mesin terasa bejalan dengan baik (saat mulai dihidupkan).

Yang bisa dilakukan untuk langkah awal ini adalah dengan cara melapas RAM laptopnya dan membersikan pin dari RAM tersebut dengan penghapus pensil setelah itu coba pasang kembali dengan sempurna dan coba hidupkan lagi laptopnya dengan menekan tombol powernya.

👉 TRENDING:  Begini Cara Mematikan Laptop Asus Windows 10

Bagaimana hasilnya? jika laptop tadi tetap tidak menyala atau tidak menunjukkan apa-apa di layar maka kemungkinan besar RAM laptopnya rusak. Tapi jangn langsung di vonis rusak ya, karena bisa saja dari perangkat lainnya yang bermasalah seperti prosesornya ataupun motherboardnya.

Prosesor

Prosesor ini adalah perangkat yang paling utama dalam sebuah sistem komputer atau bisa dibilang sebagai otaknya.Jika prosesor rusak maka sudah dipastikan sistem yang ada didalamnya tidak bisa bekerja dan otomatis laptop anda tidak akan menyala.

Cara pengecekan ini lebih rumit dari pengecekan RAM, karena anda harus super hati-hati jika anda ingin membersihkan prosesor. Kaki-kaki pinnya yang sangat kecil itu sangatlah mudah bengkok atau bisa jadi patah jika anda memaksa untuk mencabutnya. Coba mulai bersihkan debu-debu yang hinggap pada prosesor serta heatsink-nya, dan jangan lupa untuk cek pada pembuangan angin di laptop, biasanya sangat banyak debu yang mengendap disitu.

Cara selanjutnya adalah membersihkan pasta / iso thermal-nya pada prosesor jika terlihat sudah kering atau rusak, setelah dibersihkan ganti dengan pasta baru agar performanya jadi lebih baik. Dan jika dari 2 cara tersebut masih belum bisa menyala, maka kami sarankan untuk dibawa ke tempat service laptop atau service center agar lebih resmi. Karena ada kemungkinan lagi kerusakannya pada motherboardnya.

👉 TRENDING:  Tips Memilih Printer Untuk Pelajar, Mahasiswa dan UMKM

Lalu, kenapa laptop tidak menyala saat ditekan tombol power ?

Cara Mengatapi Laptop Tidak Menyala Saat ditekan Tombol Power

Nah, jika laptop kamu mengalami masalah seperti laptop tidak menyala saat ditekan tombol power, jangan beranggapan bahwa Windowsnya crash karena hal seperti itu biasanya bermasalah pada hardwarenya.

Penyebab pertama yang bisa dianalisis adalah pada tombol powernya yang sudah rusak atau bisa juga terjadi masalah pada hardware yang ada didalam seperti Motherboard, Harddisk, RAM, Processor, power supply ataupun hardware lainnya.

Tentunya ketika mengalami masalah seperti ini dan kamu tidak memiliki keahlian untuk mengecek/mengganti hardware yang baru, lebih baik bawa saja ke tempat service laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *