Pengertian RAM (Random Acces Memory) Dan Fungsinya Pada Komputer
pengertian dan fungsi RAM komputer

Pengertian RAM (Random Acces Memory) Dan Fungsinya Pada Komputer

RAM (Random Acces Memory) merupakan salah satu perangkat keras di komputer yang memiliki peran penting untuk proses kinerja sebuah komputer. Nah, untuk yang sedang mendalami ilmu komputer, kamu harus tau pelajari tentang pengertian dan fungsi RAM itu sendiri.

Untuk yang sudah pernah membongkar PC Dekstop, pasti sudah mengetahui apa itu RAM, dimana posisinya dan bagaimana bentuknya. Tapi, agar kamu bisa memahami secara mendalam tentang fungsi dari RAM, bisa menyimak ulasan berikut ini.

Apa Itu RAM

Pengertian RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory yang artinya sebuah perangkat keras pada komputer yang bekerja sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) saat komputer bekerja menjalankan suatu perintah agar bisa berjalan dengan cepat. Jadi, semakin besar RAM pada komputer, maka semakin cepat juga kinerja komputer tersebut dalam menjalankan perintah.

👉 TRENDING:  Jelaskan Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer...

Contohnya saja, kamu memiliki Komputer Dekstop dengan RAM 2GB dan sedang ingin membuka software/program Photoshop. PC tadi membutuhkan waktu hingga 5-10 detik untuk masuk ke program Photoshopnya tadi. Tapi, ketika kamu menambakan RAM menjadi 4GB, maka proses masuk kedalam program tadi bisa hanya dalam waktu 2-3 detik saja.

Hal lainnya juga akan sangat berpengaruh ketikakamu menjalankan program lainnya atau bermain game. Loadingnya akan semakin lama ketika kamu menggunakan RAM yang kecil.

RAM memiliki beberapa struktur didalamnya yaitu :

  1. Input storage yang fungsinya untuk menyimpan / menampung input data dan perintah
  2. Program Storage yang fungsinya sebagai penyimpan intruksi program yang akan dijalankan
  3. Working Storage yang fungsinya menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan
  4. Output Storage yang fungsinya untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.
👉 TRENDING:  Jelaskan Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer...

Fungsi  dan Jenis RAM di Komputer

RAM terpasang di Motherboard

Sebenarnya dari pengertiannya saja kita sudah tau bahwa Fungsi dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara saat program didalam komputer sedang dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat proses program itu bekerja.

  • Membaca Data – Agar proses membuka data yang tersimpan di Harddisk bisa cepat
  • Penyimpanan Sementara – RAM sebagai tempat penyimpanan sementara saat suatu program sedang dijalankan
  • Meningkatkan Performa Grafis

Fungsi RAM pada komputer dan HP sama saja, sama-sama sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program sedang dijalankan.  Ada 3 jenis RAM yang harus kamu tahu, diantaranya adalah Dynamic RAM, Sychronous Dynamic RAM, Double Rate RAM, Rambus Dynamic RAM dan EDO RAM.

👉 TRENDING:  Jelaskan Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer...

Nah itulah ulasan tentang pengertian RAM Komputer yang dilengkapi dengan penjelasan tentang fungsi dari RAM. Semoga bermanfaat.