Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Webcam Yang Harus Kamu Ketahui
Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Webcam Yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Webcam Yang Harus Kamu Ketahui

Dijaman serba digital seperti saat ini, para pembuat digital konten disuguhkan dengan berbagaimacam alat canggih seperti kamera serba guna, kamera beresolusi tinggi dan juga ada Webcam yang saat ini sedang populer karena banyak digunakan oleh para konten kreator.

Webcam ini kebanyak digunakan oleh para Streamer gaming untuk melakukan livestreaming, tapi fungsinya bukan hanya itu saja. Teknobgt sudah merangkum beberapa fungsi utama dari Webcam, tapi sebelum itu kita akan mempelajari apa itu Webcam, pengertian dan jenis-jenisnya.

Pengertian Webcam

jenis jenis webcam
Webcam memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda (foto:istockphoto.com)

Jika kamu mempunyai laptop dan melihat ada lingkaran kecil dibagain atas layar laptopnya, itu sebenarnya adalah webcam bawaan laptop. Jadi, laptop itu biasanya sudah dilengkapi dengan web camera atau webcam dan ada juga webcam portable yang bisa dipasang langsung melalui USB. Tipe dan jenisnnya juga sangat berbeda-beda.

👉 TRENDING:  Pengertian Motherboard dan Fungsi-Fungsi Disetiap Bagiannya

Jadi, pengertian webcam adalah web camera yang mana ini merupakan kamera digital berukuran kecil untuk dihubungkan ke komputer ataupun laptop. Fungsinya juga banyak sekali, bisa untuk zoom meeting ataupun live streaming di channel youtube ataupun platform lain yang pastinya bisa ditonton oleh siapapun diseluruh dunia.

Webcam itu ukurannya sangat ringkas sekali dan hanya memiliki beberapa fitur saja seperti microfon, camera, pendeteksi atau sensor gerakan lampu indikator dan flesibel bisa diarahkan kemana saja.

Meskipun ukurannya kecil, tapi teknologi didalamnya sudah sangat canggih. Ada beberapa jenis atau tipe Webcam yang memiliki spesifikasi tinggi seperti bisa menghasilkan video 4K HD dan juga kualitas suara yang sangat jernih.

Fungsi Webcam

Berikut ini beberapa fungsi webcam yang terpasang pada komputer atau laptop :

  1. Digunakan untuk meeting online yang bisa menampilkan wajah/muka kita secara live.
  2. Belajar Daring/online disekolah atau kampus. Para guru yang biasanya mengajar anak didik secara online via zoom harus melihat siswa/siswinya secara langsung melalui platform tersebut. Oleh karena itu webcam sangat berguna dan bisa membantu.
  3. Webcam bisa digunakan untuk Rekam video, foto ataupun membuat video training.
👉 TRENDING:  Daftar Alat Input dan Output Komputer Beserta Fungsinya

Oiya, perlu kamu ketahui juga bahwa kamu bisa menggunakan HP Android jadi Webcam ketika kamu ingin melakukan live streaming tapi komputer kamu tidak mendukung.

Jenis-Jenis Webcam

Dirangkum dari media online lainnya, ada 4 jenis webcam yang saat ini beredar dipasaran, yaitu :

USB Webcam

Jenis Webcam ini sangatlah portable dan mudah digunakan, karena cara menghubungkannya ke komputer atau laptop hanya dengan menggunakan kabel USB saja.

Webcam seperti ini juga biasanya ada yang langsung terdeteksi oleh sistem operasi (windows) dan ada juga yang harus menginstal driver atau aplikasi bawaannya terlebih dahulu.

Firewire and Card Based Webcam

Webcam jenis ini bisa menghasilkan gambar dan video yang lebih bagus dibandingkan dengan yang versi USB, hal tersebut karena didalamnya sudah mendukung teknologi video capture device yaitu Firewire Webcame.

👉 TRENDING:  Daftar Nama Alat-alat Komputer dan Fungsinya

Teknologinya bisa menghasilkan fram rate yang lebih tinggi antara 24 sampai 30 fps (frame per seconds). Jadi, dengan frame ratenya yang bisa sampai 30fps ini akan menghasilkan gambar yang sangat bagus.

Serial And Parallel Port Webcam

Ini merupakan webcam generasi pertama dan saat ini sudah jarang ditemukan (tidak diproduksi dan juga mungkun sudah tidak support dengan komputer saat ini). tipe webcam serial dan parallel ini memiliki spesifikasi yang rendah.

Network and Wireless Camera

Jenis webcam network and wireless camera ini adalah perangkat yang tidak dihubungkan ke komputer atau laptop, melainkan melalui modem sebagai transfer visual dan audionya secara langsung.