Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dan Fungsinya
pengertian MAN metropolitan area network

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dan Fungsinya

Jika jaringan untuk lokal area disebut LAN, maka Jaringan MAN adalah Metropolitan Area Network yang mana ini merupakan tipe jaringan suatu kota yang identik dengan kecepatan transfer datanya yang tinggi.

Tipe jaringan ini mencakup area yang jauh lebih besar daripada LAN (Lokal Area Network), tapi lebih kecil jika dibandingkan dengan jaringan WAN. Pembahasan perbedaan ketiga tipe jaringan ini dibahas pada artikel Perbedaan Jaringan LAN, MAN dan WAN.

Apasih yang dimaksud dengan jaringan MAN? dan fungsinya bagaimana? semuanya akan dibahas secara lengkap mulai dari Pengertian, sejarah, fungsi, contoh dan kelebihan dari jaringan MAN.

Apa Itu MAN

metropolitan area network
Wimax Metropolitan Area Network

Pengertian Metropolitan Area Network (MAN) adalah sebauh jaringan komputer yang bisa mengcover suatu kota dan juga memiliki kecepatan tinggi untuk proses transfer datanya.

Jaringan MAN ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa lokasi dalam satu kota, contohnya antar gedung pemerintahan, kampus ataupun yang lainnya. Nah, jaringan LAN disuatu tempat/gedung digabung dengan jaringan LAN (Local Area Network) lainnya itu disebut juga sebagai jaringan MAN dan bisa mengcakup wilayah hingga 50km.

Jaringan MAN ini biasanya memiliki satu atau 2 kabel saja yang mana fungsinya sebagai mengatur paket data yang masuk. Metropolitan Area Network (MAN) ini bisa dikategorikan khusus, karena jaringan MAN ini memiliki standar sendiri (berbeda dengan LAN). Yang dimaksud dengan memiliki standar sendiri adalah DQDB atau 802.6 menurut IEEE. DQDB mempunyai dua buah kabel utama, unidirectional yang menghubungkan semua kabel didalamnya.

Jaringan MAN ini biasanya menggunakan 2 jenis koneksi, yaitu Wireless dan kabel fiber optik yang keduanya sangat populer. Contohnya saja Indihome yang memastikan bahwa jaringan internet mereka menggunakan fiber optik agar koneksinya bisa cepat dan stabil.

Fungsi Jaringan MAN

MAN (Metropolitan Area Network) memiliki fungsi utama yang sama dengan jaringan jenis lainnya yaitu menghubungkan komputer dan perangkat lainnya agar bisa berkomunikasi. Tapi, yang membedakan di jaringan MAN ini adalah cakupan wilayahnya yang lebih luas dibandingkan dengan tipe jaringan LAN dan disebut juga sebagai gabungan dari beberapa jaringan LAN.

Kelebihan dan Kekurangan MAN

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan jaringan MAN :

Kelebihan MAN

  • Server yang berada di kantor pusat berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang.
  • Transaksi yang dilakukan real-time (data pada server di update saat itu juga).
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan chatting, e-mail, atau Video Conference.
  • Data atau informasi dapat disebarkan lebih luas, cepat dan efisien.

Kekurangan MAN

  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastruktur tidak mudah.
  • Jika terjadi masalah pada jaringan akan rumit untuk mengatasinya.

Contoh Jaringan MAN

Jaringan Bank merupakan contoh paling simpel dari Metropolitan Area Network ini. Mereka memiliki beberapa kantor cabang yang lokasinya 1 kota tetapi tetap menggunakan 1 jaringan. Atau bisa juga kantor cabang antar kota.