Pengertian LAN (Local Area Network) Dan Fungsinya
pengertian LAN Local area network

Pengertian LAN (Local Area Network) Dan Fungsinya

Internet menjadi media komunikasi yang banyak digunakan di era modern ini, apalagi teknologi pendukungnya yang semakin canggih. Jika membahas jaringan internet, maka pasti ada hubungannya dengan yang namanya LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Kali ini kami akan membahas tentang LAN terlebih dahulu, yang mana ini adalah jaringan area lokal yang sering kita gunakan di sekolah ataupun dikantor tempat bekerja. Ini sangat berbeda dengan jenis jaringan MAN dan WAN, kamu bisa baca di Perbedaan Jaringan LAN, MAN dan WAN jika ingin mengetahui lebih dalam tentang perbedaan dari 3 jenis jaringan ini.

Apa Itu LAN

Contoh struktur setup jaringan LAN Local area network

Pengertian LAN atau Local Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya yang masih dalam 1 area/tempat atau lokal saja. Jenis jaringan ini biasanya digunakan di rumah ( yang memiliki beberapa komputer), sekolah, lab komputer, kampus dan juga gedung-gedung kantor.

Mereka biasanya memanfaatkan jaringan LAN ini agar bisa saling berbagi file, sharing printer ataupun agar bisa terhubung ke internet yang cukup dengan menambahkan perangkat modem ke jaringan LAN yang digunakan.

Jaringan LAN ini sangat sederhana, karena cukup dengan kabel UTP, HUB, Switch, maupun Router. Siapa saja yang biasanya menggunakan jaringan LAN ini? seperti tadi disebutkan bahwa ini adalah Jaringan Local Area Network yang tentunya harus bisa digunakan untuk area terbatas atau area lokal saja seperti komputer di lab sekolah, warnet, dan juga perusahaan-perusahaan kecil hingga besar.

Karakteristik Jaringan LAN :

  • Tidak menggunakan jaringan dari operator lain
  • Digunakan untuk kepentingan organisasi ataupun kepentingan sendiri
  • Biasanya menggunakan 1 server yang bertugas untuk mengatur sistem agar bisa berjalan dengan normal.

Jaringan LAN ini berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet perangkat switch dengan rata-rata kecepatan transfer datanya dari 10 hingga 1000 Mbit/second. Selain menggunakan ethernet, Teknologi Wifi juga dimanfaatkan untuk membuat jaringan LAN atau lebih dikenal dengan sebutan Hotspot.

Fungsi LAN

Berikut ini adalah beberapa fungsi jaringan LAN :

Digunakan untuk menghubungkan komputer 1 dengan komputer lainnya (dalam 1 jaringan LAN biasanya terdapat lebih dari 1 komputer). Kita membutuhkan perangkat tambahan seperti Switch atau HUB dan kabel UTP lebih banyak jika ingin menghubungkan lebih banyak komputer dalam 1 jaringan LAN.

Bisa sharing printer yang tentunya akan memudahkan pekerjaan. Jaringan LAN ini cocok sekali untuk disebuah perusahaan ataupun Warnet. Printer yang unitnya hanya satu, bisa kita gunakan secara bersamaan dan langsung proses print dari komputer masing-masing.

Memudahkan transfer file antar komputer, dengan terhubungknya komputer ke jaringan LAN. Maka kamu bisa dengan mudah mengirimkan atau transfer file dari komputer satu dengan komputer lainnya.

LAN juga bisa kita gunakan untuk membagikan jaringan internet. Cukup dengan menghubungkan modem internet ke witch/hub yang ada di jaringan LAN, maka semua komputer bisa mengakses internet (perlu ada pengaturan tambahan lagi di TCP/IP).

Kamu juga bisa melakukan Remote Komputer lain yang terhubung ke jaringan LAN tanpa harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan fitur bawaah windows “Remode Desktop Manager” kamu sudah bisa meremote komputer lainnya yang terhubung di 1 jaringan LAN yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan LAN

Kelebihan LAN :

Bisa transfer file lebih cepat
Sharing printer memudahkan pekerjaan
Biaya setup jaringan LAN murah karena areanya tidak luas (hanya 1 gedung saja).
Tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk membuat jaringan

Kekurangan LAN :

Tidak bisa akses internet (kecuali menambahkan perangkat modem internet)
Jaringan LAN akan tertanggu jika Switch / HUB Rusak

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertin LAN (Local Area Network) dan beberapa penjelasan tentang pemanfaatan fungsinya yang bisa membantu kegiatan kita sehari-hari. Kamu juga bisa mempelajari Macam-Macam Topolig Jaringan Komputer agar pemahaman materi tentang jaringan komputer kamu jadi lebih banyak.