Pengertian Komputer, Jenis dan Fungsinya Secara Umum
pengertian komputer adalah

Pengertian Komputer, Jenis dan Fungsinya Secara Umum

Menggunakan komputer untuk para pekerja kantoran dan anda yang sedang membaca artikel ini mungkin sudah hal biasa karena memang saat bekerja selalu menggunakannya. Tapi apakah kamu tahu pengertian komputer itu sendiri? Bagaimana cara kerjanya? Jenis dan fungsinya apa saja? simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Komputer adalah Perangkat elektronik yang bisa kita gunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang dari awal sudah dirumuskan dalam sistemnya, sehingga akan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Penggunaan nama Komputer ini berasal dari bahasa latin yaitu “computāre yang memiliki ari “menghitung”. Jadi Komputer bisa juga didefinisikan sebagai perangkat yang digunakan untuk melakukan perhitungan data seperti : Input data, mengolah data (proses) dan menghasilkan informasi sebagai hasil akhirnya.

Secara umum, komputer itu memiliki  3 elemen utama agar bisa dikatakan mampu mengolah dan menghasilkan data / informasi, diataranya adalah :

  1. Perangkat Keras (Hardware) : Ini adalah perangkat / alat-alat pendukung untuk bisa menjalankan software didalam sistem komputer, jadi semua yang berbentuk fisik masuk kedalam kelompok Hardware, diantaranya adalah Central processing unit (CPU), monitor, mouse, keyboard, computer data storage (Harddisk) , graphics card (VGA) , RAM, sound card, speakers dan motherboard.
  2. Perangkat Lunak (Software) : Serangkaian instruksi yang dapat disimpan ataupun dijalankan oleh perangkat keras. Sistem operasi (OS) termasuk dalam ketegori perangkat lunak.
  3. Pengguna Komputer (Brainware) : Pengguna / operator yang menggunakan komputer.

Penjelasan tentang pengertian komputer dan fungsinya ini sangat bermanfaat untuk para siswa siswi yang mulai mengenal dan memperdalam pelajaran ilmu komputer, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul seperti :

Komputer merupakan salah satu bentuk globalisasi dalam bidang teknologi apa? Jawabannya adalah Telekomunikasi, sesuai dengan informasi dari Encyclopedia Britannica.

👉 TRENDING:  Motherboard dan Fungsinya Pada Komputer Untuk Apa Saja?

Lima manfaat komputer bagi kehidupan manusia :

  1. Membantu dan mempermudah kita dalam bekerja. Pengolahan data digital tentu membutuhkan perangkat komputer, baik itu di kantor, sekolah, ataupun dirumah.
  2. Komputer bisa menjadi tempat berkomunikasi, dengan dihubungkan ke Internet, maka kamu bisa berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia, melalui chatting di sosmed ataupun via email.
  3. Dengan komputer kita bisa belajar berbagaimacam pengetahuan.
  4. Bisa menjadi tempat mencari hiburan seperti bermain game ataupun nonton video
  5. Komputer bisa menjadi tempat mencari berbagaimacam informasi

Perangkat penyimpanan yang tidak menggunakan teknologi magnetik adalah Blu-ray Disc karena didalam perangkat Blue-ray Disc sudah tidak menggunakan kabel dan unsur magnet didalamnya melainkan menggunakan cakram optik dan menggunakan teknologi laser gelombang biru untuk proses perekaman berkas atau data yang disimpan.

Perintah untuk mematikan komputer dengan benar itu adalah melalui menu Start Windows (biasanya ada dipojok kiri bawah) dan setelah klik Start baru pilih menu Shutdown dan klik OK. Tunggu benar-benar sudah mati total layar dan CPUnya kemudian kamu bisa lanjut mematikan Stabilizer dan UPS.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Untuk memperdalam pengetahuan tentang arti komputer baik secara umum ataupun ilmiah, anda bisa juga memahami beberapa pendapat para ahli tentang pengertian komputer berikut ini :

Donald H. Sanders

Menurut Donal H. Sanders, Komputer adalah serangkaian sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan juga tepat. Perangkat komputer ini juga dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis untuk bisa menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

👉 TRENDING:  Fungsi Sound Card Pada Sebuah Komputer

Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Definisi komputer adalah suatu alat elektronik yang bisa mengerjakan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Wiliam M. Fuori

Pengertian komputer menurut Wiliam M. Fuori adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan semua itu tidak ada campur tangan manusia.

Williams & Sawyer

Kemudian Menurut Williams & Sawyer, Komputer merupakan mesin serbaguna yang bisa diprogram, mampu menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

Robert H. Blissmer

Yang terakhir menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

Jenis – Jenis Komputer

type of computers

KOmputer memiliki jenis yang berbeda-beda, itu bisa kita lihat dari perbedaan bentuk dan ukurannya. Berikut ini jenis-jenis komputernya :

  1. Personal Computer
  2. Dekstop
  3. Laptop
  4. Netbook
  5. PDA
  6. Workstation
  7. Server
  8. Mainframe
  9. Supercomputer
  10. Wearable Computer
👉 TRENDING:  Ini Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer Yang Harus Diketahui

Fungsi Komputer

Secara umum komputer itu memiliki fungsi yang sangat beragam, tergantung pada orang yang menggunakannya. Jika kita lihat dari pembahasan diatas tentang pengertian komputer secara umum ataupun menurut para ahli,maka, bisa dikatakan bahwa komputer memiliki beberapa fungsi utama seperti dibawah ini :

Data Input

Komputer bisa menerima informasi atau data dari perangkat lain. Data atau informasi yang diterima itu melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah digunakan untuk pengolahan data yang bisa menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Biasanya, data yang diolah di dalam sistem komputer ini dalam bentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Data Output

Fungsi komputer berikutnya adalah untuk menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

Data Movement

Fungsi lainnya adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Seperti itulah penjelasan mengenai pengertian Komputer secara lengkap, mulai dari jeni dan juga penjelasan mengenai fungsi komputer itu sendiri. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas dan tentunya pengetahuan anda tentang komputer jadi lebih banyak.