Cara daftar shopee food

Tips & Trik: Cara Daftar Shopee Food untuk Pemula

Untuk mengetahui cara daftar shopee food untuk pemula, kamu tidak perlu khawatir, karena caranya sangat mudah dipahami. Shopee dikenal luas sebagai salah satu market place terbesar di Indonesia yang aplikasinya sudah diunduh oleh hampir semua masyarakat Indonesia.

Market place ini mampu menawarkan gratis ongkir dan harga produk yang super murah, bisa dibeli satuan maupum grosir. Kini shopee hadir bersama layanan baru khusus untuk makanan, jadi bukan hanya memudahkan kamu tapi juga memberikan kamu diskon yang besar.

Pecinta kuliner saat ini bukan hanya memiliki gofood dan grabfood tapi juga mempunyai shopeefood, hal ini membuat banyak orang penasaran bagaimana cara daftar shopee food? Apakah mudah atau sulit.

Shopeefood merupakan suatu layanan pesan antar makanan yang dilakukan secara online, layanan tersebut dimiliki oleh shopee sebagai gebrakan baru agar memperluas jangkauan pengguna dan mempermudah masyarakat sekitar.

Cara daftar shopee food harus benar-benar dipahami, karena sayang sekali jika dilewatkan, mengingat banyak penggua serta promo didalamnya yang bisa membuat restaurant atau umkm kamu ikut terbantu dengan kehadirannya.

Cara Kerja dan Keuntungan Shopee Food

cara kerja shopeefood

Bisa dibilang cara kerjanya hampir sama dengan beberapa layanan makanan pesan antar omline yang sudah kita kenal terlebih dahulu dimana terdapat merchant atau restaurant, konsumen, serta driver yang bertugas untuk mengantar makanan kamu.

Baca Juga : Cara Order Shopee Food

Semuanya dihubungkan dalam satu jalur pemesanan berbasis online, sebelum kita mempelajari cara mendaftar shopee food, terlebih dahulu kita akan membahas cara kerja dan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Berikut merupakan cara kerjanya :

  1. Anda bisa langsung membuka aplikasi shopee dan memilih shopee food di menu beranda, lalu pilih merchant dan makanan yang ingin dipesan, jika sudah cocok, kamu bisa terlebih dahulu mengklaim voucher diskon dan gratis ongkirnya.
  2. Masukkan voucher diskon serta pilihlah metode pembayaran yang bisa menggunakan atm, shopeepay atau juga bisa cod atau bayar langsung ditempat.
  3. Sesudah orderan kamu masuk, merchant akan langsung mempersiapkan makanan yang dipesan.
  4. Setelah pesanan masuk di merchant, driver akan menuju ke lokasi tempat merchant tersebut berada untuk mengambil makanan kamu.
  5. Setelah mengambil makanan driver akan menelpon kamu untuk memastikan alamatnya, kemudian makanan akan segera diantar sesuai dengan alamat tujuan.
  6. Apabila memilih jenis pembayaran COD, segera lakukan pembayaran ketika makanan sudah sampai, pembayaran yang kamu lakukan akan dibagi oleh pihak shopee untuk driver dan merchant.

Berikut Keuntungan yang Akan Didapatkan

Perlu diketahui di dalam cara daftar shopee food, kamu harus memahami system pembagian hasilnya, agar kamu bisa menentukan harga jual saat menggunakan layanan tersebut, perlu diingat juga bahwa pembagian hasil adalah keputusan bersama antara merchant dan pihak shopee.

  1. Keuntungan Bagi Konsumen
  • Mendapat banyak voucher gratis ongkir dan diskon makanan hingga 50%
  • Tersedia banyak pilihan merchant dan pilihan makanan
  • Makanan akan langsung diantar oleh driver
  • Terdapat restaurant unggulan yang bisa menjadi pilihan kamu.
  1. Keuntungan Bagi Merchant
  • Restaurant jadi lebih luas jangkauan dan lebih banyak dikenal orang
  • Penghasilan akan meningkat
  • Pemasaran produk yang sangat mudah
  • Semua strategi marketing sudah diatur dari pihak shopee
  • Menggunakan system kerja online, jadi lebih fleksibel untuk kamu
  • Dapat juga digunakan sebagai medua promosi
  1. Keuntungan Bagi Driver
  • Mendapatkan gaji lebih besar karena menggunakan system bagi hasil
  • Cara kerja lebih mudah, cepat dan fleksibel, jadi bisa dikerjakan kapan saja
  • Meningkat penghasilan harian sampai bulanan
  • Mendapatkan bonus jika menyelesaikan beberapa pekerjaan sesuai target
  • Pembayaran mudah karena sudah didukung oleh fasilitas perbankan

Berikut Cara Daftar Shopee Food

Berikut Cara Daftar Merchant Shopee Food

Sebelum melakukan pendaftaran, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi seperti KTP dengan ketentuan berstatus aktif, dengan kewarganegaraan WNI, Foto halaman depan buku tabungan, foto menu yang akan dijual, mengisi formulis registrasi.

Mengisi surat perjanjian kerja sama, serta mentanda tangani lembar informasi merchant, adapun itu adalah syarat untuk jenis usaha perorangan, jika usaha kamu sudah berbadan hukum maka persyarat atau cara daftar shopee food berbeda.

Anda harus memiliki NPWP, SIUP, TDT/NIB, surat keterangan domisili, jika berlokasi diluar ibu kota Jakarta, Akta pendirian usaha, NPWPD, foto buku tabungan, serta photo daftar menu berukuran 720 x 720, dengan format jpg/jpeg/png dan harus memiliki resolusi tinggi.

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran

Jika sudah mendownload formulirnya, kamu bisa langsung mengisinya cara daftar shopee food dimulai dengan melengkapi data diri sesuai dengan ktp atau kitas. Kemudian pada bagian data usaha pilih non shopepay merchant jika usaha yang dijalani belum terdaftar menggunakan shopeepay.

Kemudian, lanjut dengan mengisi data merchant seperti nama perusahaan dan bentuk usahanya. Jika usaha kamu sudah berbadan hukum, isi semua persyaratan yang sudah disebutkan diatas, jika usaha kamu perorangan, isi saja bagian yang diperlukan.

Cara daftar shopee food selanjutnya adalah dengan menuliskan alamat usaha secara lengkap termasuk nomer bangunan dan titik jps serta koordinatnya, agar alamat yang dituju dapat memudahkan para driver untuk menjangkaunya.

Pilih tipe bisnis, sesuai dengan penjualan kamu, lalu lengkapi dokumen- dokumen lain yang diminta didalam formulir tersebut. Biaya pembagian oleh shopee sebesar 20% sesuai dengan ketentuannya, jadi kamu bisa menaikkan harga menu dengan menambah harga 20%.

Jika sudah mengisi semua data, tanda tangan lalu tuliskan tanggal pengisian formulir serta jabatan kamu pada perusahaan tersebut, tunggu proses pengerjaan 20 hari kerja, kamu akan mendapatkan konfirmasi melalui email atau wa ketika restaurant kamu sudah aktif. Setelah selesai mengisi formulir kamu bisa melanjutkan mengikuti cara daftar shopee food dibawah ini :

  1. Kirim formulir kamu, lalu team shopee akan menghubungi melalui telepon atau email dalam kurun waktu 3 x 24 jam terhitung sejak formulir dikirim
  2. Team shopee akan mengecek semua data, jika ada data yang kurang lengkap, kamu akan diminta untuk melengkapinya terlebih dahulu lalu kirim lagi melalui email shopee.
  3. Jika semua dokumen sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan, team market place tersebut akan langsung menindak lanjuti pendaftaran kamu.
  4. Proses pendaftaran akan diproses paling lama dalam 20 hari kerja, jadi kamu harus menunggu akun merchant aktif baru bisa menggunakan aplikasinya untuk jualan
  5. Pengaktifan akun akan langsung diinformasukan melalui email, kamu akan diminta untuk install aplikasi shopee partner untuk menggunakan merchant nya.

Berikut Tutorial Menggunakan Shopee Partner

Untuk cara daftar shopee food yang mudah dipahami, kamu juga harus memahami, bagaimana cara menggunakan aplikasinya karena jika tidak mengerti kamu tidak bisa menerima atau menjalankan pesanan. Jadi pastikan perhatikan tutorial dibawah ini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasinya, kamu bisa mendownload menggunakan play store atau app store. Jika sudah masuk ke halaman utama lalu masukkan nama pengguna atau kata sandi, kamu bisa langsung cek melalui email.
  2. Setelah berhasil masuk, kamu bisa menambahkan menu terlebih dahulu jika yang dikirim pada formulir pendaftaran menunya belum lengkap, bisa langsung menambahkan menu di dalamnya.
  3. Saat ini kamu sudah bisa menerima pesanan, urutkan pesanan sesuai dengan waktu yang diterima, layani terlebih dahulu yang masuk duluan.
  4. Ketika driver datang, pastikan mencocokan nomor pesanan yang ada pada aplikasi tersebut dan yang ada pada driver sembari mempersiapkan pesanan.
  5. Sebelum menyerahkan pesanan customer kepada driver pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan atau kekurangan apapun.
  6. Jika sudah memastikan, berikan pesanan kepada driver, kemudian driver akan langsung mmengantarnya pada customer, kamu akan menerima payment langsung melalui apk yang akan ditransfer melalui rekening.

Ketentuan Umum Cara Daftar Shopee Food

Terdapat beberapa ketentuan umum juga yang wajib kamu perhatikan untuk cara daftar shopee food. Berikut merupakan ketentuan-ketentuan umum tersebut :

  1. Memberikan nama makanan dan minuman yang jelas sesuai dengan aslinya atau bisa juga memberikan nama kreatif pada daftar menu tetapi tetap harus dijelaskan melalui deskripsi tentang makanan yang dijual.
  2. Menu yang dijual tidak boleh masuk ke dalam makanan yang berbaya, karena dapat merugikan custumer dan juga driver.
  3. Dalam penulisan nama menu tidak boleh mengandung karakter, emoji atau symbol tententu, karena ini sudah melanggar ketentuan.
  4. Perhatikan cara daftar shopee food agar kamu tahu bahwa penulisan menu tidak boleh melebihi 100 karakter agar pelanggan bisa mudah mengenali produk yang ada di dalam daftar menu restaurant kamu.
  5. Dilarang untuk menulis informasi pribadi seperti nomer telpon, atau link media sosial kamu di dalam menu makanan yang dijual.
  6. Untuk menu yang mengandung berat ketika dijual contohnya ikan bakar, berbagai macam seafood kamu wajib mencantumkan berat rata-rata nya dan harga penyesuaian, jangan sampai membuat custumer salah paham.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan untuk Daftar Shopee Food

Jika sudah memahami cara daftar shopee food, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk gabung sebagai merchant pada shopee.

  1. Mengikuti Promo yang Diadakan

Perlu dketahui bahwa shopee sering mengadakan promo-promo yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kinerja merchant, jika membanca informasi merchant pada cara daftar shopee food maka hal tersebut sudah dijelaskan disana.

Biasanya promo dibebankan oleh pihak merchant, sehingga kamu harus menaikkan harga jual agar keuntungan yang masuk bisa tetap sesuai dengan harga jual yang telah ditentukan.

  1. Pertahankan Kualitas Makanan

Orang-orang yang berbelanja makanan di merchant akan bisa menilai masakan serta kemasan kamu, maka dari itu penting sekali untuk dapat mempertahakan kualitas agar makanan menjadi favorit banyak orang.

Jika bisa mempertahankan kualitas maka kamu dengan mudah bisa menaikkan harga standar di pasaran, karena ketika orang membeli bukan hanya soal makanannya tapi juga rasa dan kemasan sangat mempengaruhi mereka.

  1. Perbaiki Halaman Jualan

Setelah selesai terdaftar melalui cara daftar shopee food, hal yang wajib dilakukan kamulah memperbaiki halaman jualan khususnya pada photo makanan, pastikan photo diambil langsung dari restaurant miliki sendiri bukan photo yang berasal dari google.

Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan deskripsi pada makanan yang dijual, agar mereka tahu makanan apa yang sebenarnya dijual, karena kebanyakan orang hanya memberikan photo tanpa deskripsi produk yang seringkali membuat orang bingung.

Cara-cara diatas wajib diperhatikan jika ingin restaurant menjadi rame pengunjung dan penghasilan meningkat, cara daftar shopee food yang mudah dan dilakuka via online dapat menghemat waktu dan dapat dilakukan kapan saja serta dimana saja.