Mengenal WhatsApp Clone, Berbahaya atau Tidak?

WhatsApp Clone saat ini sedang marak digunakan oleh banyak orang. Terutama oleh pasangan yang saling tidak percaya dan ingin mengetahui aktivitas pasangannya di WhatsApp.

Sebab, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkloning akun WhatsApp orang lain ke ponsel kamu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sering digunakan untuk menjalankan bisnis agar lebih mudah.

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan WhatsApp. Aplikasi berkirim pesan ini sangat populer di Indonesia. Bahkan, sebagian besar masyarakat menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi.

Banyak fitur menarik dan fungsional yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Mulai dari fitur untuk komunikasi personal maupun komunikasi grup. Karena populernya aplikasi ini, banyak pihak yang membuat berbagai modifikasi.

Salah satu WA MOD yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp Clone. Perlu diingat bahwa versi modifikasi ini dipublikasikan oleh pihak ketiga, bukan dari pihak WhatsApp.

Jadi, banyak sekali pro dan kontra pemakaian aplikasi ini. Sebab, pemakaian aplikasi dari pihak ketiga ini bisa menyebabkan berbagai risiko yang jarang diketahui penggunanya.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara menyeluruh mengenai apa saja kelebihan dan bahaya dari versi modifikasi WhatsApp tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Fitur di WhatsApp Clone?

WA Clone

Umumnya modifikasi aplikasi WhatsApp ini memiliki fitur yang sama persis seperti versi original. Tapi, ada beberapa tambahan fitur yang membuatnya jauh lebih menarik dan lengkap.

Pengembang versi modifikasi ini tentu ingin aplikasinya memilihi fitur yang tidak dimiliki oleh versi asli. Sehingga, pengguna lebih nyaman dan bisa mengeksplor lebih jauh. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di WhatsApp versi modifikasi:

  1. Proses Kloning Tanpa Pendaftaran

Seperti yang diketahui bahwa fitur utama aplikasi ini adalah untuk mengkloning akun WhatsApp orang lain. Sebab, pada versi asli hanya 1 akun hanya bisa digunakan pada 1 aplikasi.

Maka, dengan aplikasi WhatsApp Clone, kamu bisa mengoperasikan 1 akun menggunakan banyak aplikasi. Dengan demikian kamu bisa tahu chat, panggilan, atau bahkan story dari kontak akun tersebut.

Tidak heran jika aplikasi ini sering digunakan untuk memata-matai orang lain. Menariknya untuk bisa mengkloning akun, kamu tidak perlu melakukan berbagai proses pendaftaran yang rumit.

Kamu hanya perlu scan kode QR akun WhatsApp yang akan di kloning. Setelah itu, secara otomatis akun tersambung ke aplikasi berkirim pesan tersebut.

  1. Pengunduhan File Lebih Cepat

Pengunduhan file di WhatsApp terbilang masih lambat dan membutuhkan waktu lama meski koneksi internet bagus. Hal ini dapat diatasi oleh versi modifikasinya, di mana proses pengunduhan jauh lebih cepat.

Bahkan, untuk mengunduh file berukuran besar juga waktu yang dibutuhkan relatif cepat. Oleh sebab itu, WhatsApp Clone lebih disukai.

  1. Direct Chat

Direct chat merupakan fitur yang hanya bisa ditemukan pada aplikasi versi modifikasi ini. Sebab, kamu bisa mengirim pesan secara langsung kepada seseorang tanpa perlu menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Seperti yang diketahui bahwa jika ingin mengirim pesan kepada seseorang di aplikasi resmi, kamu harus menyimpan nomornya. Atau, setidaknya kamu harus berada di dalam satu grup yang sama dengan orang tersebut.

  1. Story Saver

Dengan WhatsApp modifikasi, kamu tidak perlu lagi aplikasi lain untuk mendownload story dari teman. Sebab, ada fitur story saver yang bisa mengunduh langsung story tersebut.

  1. Membuka Pesan yang Dihapus

Kamu pasti sering merasa jengkel saat teman menghapus chatnya yang belum sempat dibaca. Jadi, dengan menggunakan aplikasi modifikasi, kamu bisa membuka pesan yang sudah dihapus tersebut.

Apa Saja Bahaya Menggunakan WhatsApp Clone?

Apa Saja Bahaya Menggunakan WhatsApp Clone

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa aplikasi WhatsApp kloning bersumber dari pihak ketiga dan tidak resmi. Bisa dibilang aplikasi ini ilegal dan menimbulkan berbagai jenis risiko.

Bahkan, Pihak WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi modifikasi yang saat ini bermunculan sudah melanggar term of service. Sehingga, keamanannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa risiko yang mengancam misalnya adalah pemblokiran akun. Hal ini biasanya dilakukan oleh pihak WhatsApp karena adanya aktivitas yang dianggap mengancam keamanan.

Jika akun sudah diblokir, maka nomor tersebut tidak bisa didaftarkan ke WhatsApp. Hal ini akan merugikan pengguna aslinya. Selain itu, penggunaan aplikasi modifikasi juga bisa berisiko pencurian data.

Pencurian data ini terjadi karena sistem keamanan WhatsApp Clone tidak sekuat versi asli. Sehingga, pihak lain bisa dengan mudah membobol data-data penting. Mulai dari akses kontak, hingga rekening.

Bahaya menggunakan aplikasi hasil modifikasi pihak lain adalah berisiko merusak sistem dalam ponsel. Sebab, ada banyak oknum yang sengaja menyisipkan malware di aplikasi buatannya untuk merusak sistem pengguna.

Malware atau lebih sering dikenal sebagai virus merupakan software yang dirancang khusus untuk menyebabkan berbagai kerugian. Malware ini sangat beragam jenis dan fungsinya.  Beberapa yang sangat berbahaya untuk ponsel adalah:

  1. Trojan merupakan malware yang dapat menyerang sistem keamanan dan data pribadi korbannya.
  2. Spyware memiliki fungsi untuk memata-matai aktivitas pada aplikasi tertentu. Sehingga, data di dalamnya dapat bocor ke pihak ketiga.
  3. Worm adalah malware yang bisa memakan banyak memori ponsel secara tidak wajar.

Bagaimana Cara Download dan Install WhatsApp Clone?

Untuk memiliki aplikasi modifikasi ini, kamu tidak bisa mendapatkannya di paltform-platform resmi seperti Play Store atau App Store. Tapi, kamu harus mengunduhnya melalui situs website khusus.

Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan bagaimana cara download aplikasi untuk mengkloning akun WhatsApp orang lain tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka web browser pada aplikasi ponsel kamu.
  2. Ketik ‘WhatsApp Apk Mod Clone’ pada kolom pencarian.
  3. Akan muncul berbagai hasil pencarian.
  4. Pilih website yang memiliki kredibilitas tinggi.
  5. Buka website tersebut dan cari ikon ‘download aplikasi’. Biasanya kamu akan dialihkan ke situs asli penyedia aplikasi.
  6. Langkah selanjutnya kamu hanya perlu untuk melakukan berbagai instruksi yang diminta oleh pihak pengembang WhatsApp Clone. Tunggu hingga proses doenload selesai.
  7. Agar dapat menginstalldi aplikasi ini ponsel, pastikan kamu sudah mengizinkan penginstalan aplikasi dari sumber pihak lain.
  8. Jika sudah, maka langsung install aplikasi tersebut dengan cara membuka file yang sudah diunduh.
  9. Kemudian ikuti instruksi yang diminta oleh aplikasi.
  10. Scan kode QR akun WhatsApp yang akan dikloning.

Saat ini di Play Store mulai banyak bermunculan WhatsApp Clone yang memiliki fungsi seperti versi WhatsApp modifikasi. Sayangnya, tidak semua bisa berfungsi baik. Bahkan beberapa hanya scam dan tidak berguna.

Jadi jika memang ingin menggunakan versi modifikasi, pastikan memilih aplikasi yang tepat dan berfungsi. Gunakan juga secara aman dan bijak, jangan sampai merugikan orang lain.

Jika kamu mengkloning akun orang lain, maka pastikan sudah mendapatkan izin dari orang tersebut. Sebab, tindakan kamu sudah termasuk ke penyadapan yang bisa terjerat tindak pidana.

Apakah Ada WhatsApp Clone yang Resmi?

Aplikasi kloning untuk WhatsApp yang resmi dan aman memang ada. Selain itu, kamu bisa mendapatkannya secara default dari menu setting di ponsel android. Tapi, aplikasi ini berbeda dengan versi modifikasi.

Secara umum, kloning aplikasi WhatsApp yang resmi ini hanya berguna menjalankan lebih dari 1 akun dalan sebuah ponsel. Tapi, tidak digunakan untuk menyadap akun orang lain.

Jadi, nantinya di ponsel kamu akan ada dua aplikasi WhatsApp dengan nomor berbeda. Hal ini akan sangat membantu bagi kamu yang memang membedakan nomor pribadi dengan nomor untuk umum.

Atau bahkan antara nomor pribadi dengan nomor bisnis. Intinya, aplikasi WhatsApp Clone resmi cenderung akan membantu kehidupan pribadi kamu ke hal yang lebih personal.

Cara mendapatkan aplikasi ini sangat mudah, khususnya di Android. Kamu tidak perlu lagi mendownload secara khusus atau melalui Play Store, cukup dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka menu ‘Setting’ pada ponsel android.
  2. Buka menu ‘App Management’.
  3. Buka Menu ‘App Cloner’.
  4. Akan muncul beberapa aplikasi yang bisa dikloning atau digandakan.
  5. Pilih WhatsApp, kemudia aktifkan button ‘create app clone’.
  6. Secara otomatis aplikasi berkirim pesan tersebut sudah bisa digunakan.
  7. Kamu bisa mendaftarkan nomor baru menggunakan aplikasi tersebut.

Apa Perbedaan WhatsApp Clone Resmi dan Modifikasi?

Jika ditanya mengenai perbedaan tentu banyak sekali perbedaannya. Pertama, perbedaan dari segi pengembang dan publishernya. WhatsApp kloning yang resmi jelas masih bersumber dan dibawah pantauan pihak legal.

Sedangkan versi modifikasi berada di bawah pihak ketiga yang bisa dikatakan ilegal. Perbedaan kedua ada pada fitur yang dimiliki keduanya. Kloninga aplikasi resmi memiliki fitur yang sama persis dengan aplikasi asli.

Sedangkan versi modifikasi sudang mengalami pengembangan fitur dan fungsi. Perbedaan ketiga dan paling mencolok adalah aplikasi kloning resmi tidak dapat menyadap akun lain.

Sedangkan versi modifikasi bisa menyadap akun lain tanpa diketahui oleh pemilik aslinya. Jadi, kamu bisa memilih mau menggunakan versi yang mana sesuai kebutuhan.

Jika ingin mengetahui aktivitas berkomunikasi orang lain, maka pilih aplikasi clone versi modifikasi. Tapi, jika hanya ingin menambah akun baru, kamu bisa menggunakan versi resmi atau WhatsApp Business.

Bagaimana Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap?

Dengan adanya aplikasi WhatsApp Clone yang bisa menyadap akun, hal ini tentu menimbulkan sedikit kekhawatiran. Sebab, orang lain bisa dengan mudah menyadap akun kamu tanpa diketahui.

Meski yang menyadap adalah pasangan sendiri atau bahkan keluarga, hal tersebut sangat mengganggu privasi. Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa cara agar kamu terhindar dari penyadapan WhatsApp:

  1. Logout dari WhatsApp Web

Pastikan kamu selalu logout setelah menggunakan WhatsApp Web. Apa lagi jika PC yang digunakan adalah PC umum. Selain Logout dari PC, kamu juga harus logout dari ponsel dengan cara:

  • Buka ikon titik 3 di halaman utama WhatsApp.
  • Pilih linked device.
  • Tap perangkat yang tersambung untuk logout.
  1. Mengaktifkan Verifikasi Dua Arah

Dengan mengaktifkan sistem keamanan ini, setiap kali ada perangkat WhatsApp Clone yang Login akan diminta untuk memasukkan 6 digit kode rahasia yang hanya diketahui oleh kamu. Cara mengaktifkan sistem verifikasi ini adalah:

  • Buka ikon titik 3 di halaman utama WhatsApp.
  • Buka pengaturan.
  • Pilih account.
  • Pilih two step verification, lalu klik ‘enable’.
  • Masukkan alamat email untuk memasukkan kode jika kamu lupa.
  1. Aktifkan Scan Sidik Jari

Cara paling mudah berikutnya untuk mengaktifkan WhatsApp adalah dengan mengaktifkan scan sidik jadi. Dengan cara ini, tidak akan ada orang lain yang bisa mengakses aplikasi kamu dan melakukan scan QR. Cara mengaktifkannya cukup mudah, yaitu:

  • Bukan opsi titik tiga.
  • Pilih menu Privari.
  • Pilih kunci sidik jari, lalu aktifkan.
  • Kamu akan diminta untuk merekan sidik jari.

Mengetahui apa yang dilakukan oleh orang lain di aplikasi tertentu mungkin akan sangat bermanfaat, tapi juga bisa berbahaya jika tanpa persetujuan. Hal ini yang terjadi saat menggunakan WhatsApp Clone.