Cara Daftar Discord Web Mudah, Cocok untuk Gamer!

Membuat akun melalui Discord web ternyata bukanlah perkara sulit buat dilakukan. Sebab kamu nantinya hanya perlu mengunjungi situs resminya, mengikuti panduan melakukan pendaftaran dan sudah bisa menggunakannya dengan leluasa.

Sebagai gamers, pastinya sering bukan diajak mabar dengan menggunakan link tautan dari Discord tersebut. Tetapi mungkin belum begitu memahami apa sebenarnya fungsinya lebih lanjut. Oleh karena itulah pengguna jangan khawatir sebab kami akan berikan penjelasan lengkapnya.

Seperti telah diketahui bermain game online tentu kurang lengkap kalau tidak berkomunikasi dengan pemain lainnya bukan? Sebenarnya sudah ada banyak aplikasi canggih yang mampu mendukung kegiatanmu berkomunikasi dengan gamers lainnya selama bermain.

Sebut saja seperti Discord web tersebut dimana sedang naik daun selama beberapa tahun terakhir ini. nantinya pengguna bakalan disuguhi oleh berbagai fitur canggih didalamnya termasuk in-game voice chat dengan kualitas bagus dan dijamin mengobrol akan semakin menyenangkan.

Tentang Discord Web

Tentang Discord Web

Buat seorang gamers tetapi masih cukup asing dengan discord web? Tenang saja karena kami akan memberikan penjelasan lengkapnya. Adapun ini merupakan sebuah platform dimana memungkinkan pengguna buat saling berkomunikasi.

Komunikasi tersebut bisa dalam bentuk mengirim chat, gambar, audio, video ataupun bahkan share screen sekaligus. Situs ini sebenarnya sudah ada versi aplikasinya tetapi untuk versi website ternyata juga tidak kalah menariknya.

Dirilis ke public pada bulan Mei 2015 lalu, platform inilah telah banyak digunakan oleh para content creator gaming yang akan melakukan siaran langsung seperti di Youtube atau Tiktok. Asal muasal dari situs ini ternyata berasal dari Amerika.

Dimana Discord Web hadir sebagai buah pikiran dari seorang Jason Citron. Dimana sebelumnya, Citron telah pernah menciptakan sebuah platform komunikasi buat seorang gamers dengan nama OpenFeint dan berhasil menjualnya sebesar US$ 104 Juta.

Kemudian ia membuat studio Hammer dan Chisel serta merilis game dengan konse MOBA yang menjadi permainan perdananya dengan nama Fates Forever pada tahun 2014 lalu. Sayangnya, permainan tersebut kurang laku di pasaran.

Kendati demikian, ketika proses pengembangannya, Citron ternyata juga mempunyai ide buat mengembangkan layanan voice over internet protocol. Dimana ramah buat para pengguna dan tidak mengganggu performa. Setelah memperoleh banyak investor itulah, akhirnya ia mulai menggarap gagasannya tersebut.

Siapa Saja Yang Menggunakan Situs Tersebut?

Pengguna Discord

Kamu pastinya juga bertanya-tanya bukan siapakah yang berhak dalam menggunakan Discord web tersebut? Sebenarnya fungsi utamanya adalah sama seperti dengan Skype. Namun bisa dibilang kalau keberadaannya adalah Skype buat komunitas gamers.

Sebab kehadirannya mempunyai desain buat memberikan kemudahan bagi seorang gamers dalam melakukan komunikasi sekaligus berkoordinasi menggunakan server pribadi dimana terpisah dari game bersangkutan.

Jelas dengan kehadiran discord web itulah kamu akan diberikan kesempatan agar tetap dapat mengirimkan pesan teks atau obrolan suara tanpa mengganggu performa selama bermain. Walaupun awalnya didesain untuk para gamers saja, tetapi nyatanya Discord telah banyak digunakan oleh komunitas.

Terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun kemarin, maka penggunanya juga mengalami peningkatan tajam. Bahkan telah digunakan buat kebutuhan proses kegiatan belajar ataupun kegiatan pekerjaan.

Sedangkan untuk target pasar dari situs tersebut adalah para remaja dimana berasal dari kalangan gamers juga. Hal tersebut tentu sejalan dengan tujuan platform yakni berikan kemudahan dalam berkomunikasi sekaligus dalam melakukan koordinasi.

Bahkan juga telah terintegrasi dengan platform untuk live streaming yang popular seperti Youtube dan Twitch. Dengan begitu maka  pengguna bisa lebih mudah dalam menyinkronkan Discord Web ke akun di platform tersebut.

Cara Daftar Discord Melalui Website

Cara Daftar Discord

Untuk melakukan pendaftaran akun discord web sebenarnya tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan aplikasinya. Hanya saja karena mungkin merupakan seorang pengguna baru, tentu masih sedikit kebingungan dalam menggunakannya bukan.

Discord memang menjadi fenomena tersendiri bagi kalangan para penggemar game online. Karena itulah menjadi penyebab banyak orang mungkin juga sangat tertarik untuk mendaftar ke dalamnya bukan? langsung saja simak beberapa langkah melakukan pendaftaran didalamnya.

1.      Kunjungi Situs Discord

Langkah pertama kamu dapat mengunjungi situs discord terlebih dahulu ke discord.com/login. Kemudian dapat mengklik register atau daftar yang tertera dibawah tulisan login tersebut.

2.      Silahkan Isi Formulir Pendaftaran

Kalau telah mengklik register di Discord Web maka langkah berikutnya adalah isikan formulir pendaftarannya dengan baik. Beberapa data yang perlu diisi tersebut diantaranya adalah alamat email, password, username dan tanggal lahir. Lanjut dengan mengklik next untuk proses berikutnya.

3.      Pilih Metode Verifikasi Yang Tepat

Sesudah pengguna melakukan pengisian formulir pendaftaran maka langkah berikutnya yakni memilih metode verifikasi. Terdapat dua pilihan yang bisa dipilih yakni melalui email dengan cara klik verify by email dan kedua verify by Phone.

4.      Lakukan Verifikasi

Kemudian kamu bisa langsung melanjutkan proses verifikasinya tersebut. Nantinya sistem akan mengirimkan pesan melalui email atau nomor hp dan klik pada link yang telah dikirimkan. Secara otomatis akan langsung dialihkan ke halaman baru untuk melanjutkan proses berikutnya.

Masuk Ke dalam Server atau Grup

Discord_Grup

Perlu diketahui ketika pertama kali bergabung dengan discord Web maka tidak ada hal yang dapat dilakukan didalamnya. Oleh karena itulah dibutuhkan namanya server atau grup. Kalau kamu kenal seseorang dimana menggunakan platform tersebut, silahkan minta invitation link dahulu.

Selain itu, pengguna juga dapat memastikan bahwa meminta teman yang mempunyai server buat memasukkan akunmu ke dalam komunitas. Tetapi kami sarankan agar membuat server sendiri dengan menuangkan kreativitas.

Dengan begitu maka server atau grup dapat diisi oleh orang-orang yang related dengan konten dimana dibagikan tersebut. Sebenarnya untuk membuat server sendiri melalui discord Web tidaklah sulit dilakukan.

Hanya saja, kamu mungkin masih bingung dalam melakukannya bukan? karena itulah kamu perlu memperhatikan tutorialnya berikut ini.

  •   Masuk  ke dalam situs resminya dan cari menu discord
  •   Tab pada ikon tambah (+) dengan tujuan memulai server baru dan pilih create a server
  •   Nantinya pengguna diminta buat mengisi nama server dengan foto profil dan tab pada tombol create server
  •   Ketuk pada pilihan share link untuk membagikan link tersebut kepada teman-teman melalui sosial media, SMS ataupun lainnya

Selain kamu dapat membuat server sendiri di Discord Web, kamu juga bakal diberikan kesempatan buat bergabung dengan grup milik orang lain. Bukan hanya teman biasa, tetapi juga milik Youtuber, gamers atau bahkan server official seperti  permainan PUBG.

Kamu tertarik buat join dengan server tersebut? berikut beberapa langkah yang perlu kamu lakukan tersebut

  •   Tab pada menu discord didalam situs
  •   Pilihlah ikon tambah dan join a server
  •   Silahkan input link server discord ke dalam kolom
  •   Tab pada  join server
  •   Nantinya layar akan langsung menampilkan nama server dimana ingin diikuti, kamu tinggal pilih accept invite tersebut.

Memanfaatkan Fitur Voice Didalamnya

Bukan hanya dapat digunakan buat berkomunikasi melalui chat saja tetapi discord web juga menawarkan adanya fitur voice. Tentu saja kehadiran dari fitur tersebut benar-benar mempunyai peran sangat penting.

Terlebih lagi kalau kamu tengah bermain game online seperti tema MOBA tentu sangat membutuhkan fitur voice atau komunikasi melalui suara bukan. Dengan fitur inilah, pengguna dapat mengatur strategi buat bermain sehingga bisa mengalahkan tim lawan nantinya.

Untuk menggunakan fitur inilah ternyata juga tidaklah sulit seperti di bayangan loh. Tetapi kalau pengguna baru pertama kali, silahkan simak beberapa langkah buat bergabung ke fitur Voice di Discord Web tersebut.

  •   Masuk ke dalam situs dan pilihlah server discord dimana ingin digunakan untuk melakukan chat voice tersebut
  •   Nantinya di bagian voice channels, pengguna dapat memilih general
  •   Kalau server atau grup ada pengguna lain yang terhubung ke dalam voice chat, maka akan langsung muncul di bagian bawah general tulisan nama penggunanya
  •   Kamu dapat memilih tombol connect to voice buat memulai voice chat dengan para tim tersebut.

Bukan hanya sekedar menyediakan fitur voice chat saja yang dapat digunakan tetapi juga pengguna dapat melakukan chatting didalamnya. Jadi fungsinya kurang lebih sama seperti menggunakan aplikasi WhatsApp.

Cara reply chat di dalam platform inilah ternyata juga tidak jauh berbeda ketika pengguna memanfaatkan fitur voice. Hanya saja pada langkah kedua, kamu perlu memilih pilihan general pada menu channel.

Selanjutnya pengguna dapat langsung memulai chatting dengan pengguna lainnya. Jangan khawatir karena tampilan chatting di dalam situs websitenya tidak jauh berbeda ketika berada didalam aplikasi.

Alasan Harus Menggunakan Discord

Alasan Harus Menggunakan_Discord

Menjadi salah satu platform yang terkenal di dunia, ternyata bukan tanpa alasan. Sebab discord  web ternyata menyediakan sejumlah keunggulan tersendiri buat para penggunanya loh. Oleh karena itulah kalau masih ragu dalam penggunaannya maka perlu mengetahui alasannya dahulu.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi, ketika pengguna menggunakan layanan di situsnya maka akan terdapat beberapa template seperti gaming, friend, study grup  dan masih banyak lagi. Selebihanya, keberadaan dari platform tersebut mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah

1.      Lintas Platform

Kalau kamu tetap ingin terhubung dengan teman saat tengah mabar di game di platform berbeda, maka Discord adalah pilihannya. Nantinya situs ini akan menyediakan kemudahan bagi pengguna dalam berkomunikasi  seperti yang telah dijelaskan dalam penjelasan sebelumnya.

2.      Tingkat Keamanan Terjamin

Kalau kamu meresahkan soal keamanan dari discord web maka sebaiknya mengurungkan niat tersebut. Karena ternyata server didalamnya sudah terenkripsi sehingga setiap pesan masuk dari alamat IP berbeda-beda dijamin terjamin keamanannya dan tidak akan bocor.

3.      Bisa Menambah Relasi Lebih Luas

Sama seperti dengan skype, Discord ini ternyata juga mempunyai fitur berbeda. Salah satunya adalah dapat menambah relasi agar lebih luas. Misalnya saja bukan hanya relasi dalam kegiatan main game tetapi juga hobi. Bahkan bukan tidak mungkin dapat menambah cuan.

4.      Voice Chat Tanpa Menurunkan Performa Permainan

Kalau kamu adalah seorang gamers dimana tidak ingin performa gaming terganggu karena melakukan panggilan, jangan khawatir! Platform inilah adalah solusi paling recommended.

5.      Terdapat Banyak Komunitas

Jangan bingung ketika baru pertama kali menggunakan layanan satu ini. Sebab ternyata keberadaannya juga menawarkan banyak komunitas dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Platform satu ini bukan hanya dapat digunakan oleh gamers saja tetapi semua orang ternyata juga sudah bisa menggunakannya loh. Oleh karena itulah Discord Web dapat menjadi solusi terbaik buat memulai pengalaman berbeda.