Social Media: Cara Install WhatsApp Transparan Mod dan Tips Pemakaiannya

 Sudah marak bermunculan aplikasi hasil modifikasi, salah satunya WhatsApp Transparan Mod. Tidak sedikit pengguna akhirnya memutuskan beralih menggunakan aplikasi modifikasi satu ini karena banyak fitur menarik bisa didapatkan.

Berbeda dengan versi asli atau originalnya yang memiliki keterbatasan fitur dan dianggap kurang lengkap. Mengenai cara pemasangan dan tips pemakaian supaya aman akan diterangkan pada ulasan berikut.

Sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai WA Mod karena banyak yang mengira sama dengan WA Transparan Mod. Padahal keduanya memiliki perbedaan pada segi tertentu tapi juga mempunyai persamaan.

Sekilas Pembahasan Tentang Aplikasi WhatsApp Mod

Tentang Aplikasi WhatsApp Mod

Supaya mengetahui perbedaannya dengan WhatsApp Transparan Mod, pembahasan akan lebih dulu ke WA Mod. Aplikasi ini merupakan modifikasi WA yang dilakukan oleh pihak ketiga dan memberikan berbagai fitur menarik.

Tentunya fitur yang mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Fitur tersedia dibuat untuk mengatasi permasalahan yang tidak disediakan oleh pemilik WA original. Jadi, bukan membuat aplikasi WA dari awal, tapi merombak dan menambahkan fitur baru.

Fitur utama atau inti masih tersedia, seperti panggilan video, panggilan suara, mengirimkan pesan, membuat story dan lain-lain yang terdapat pada versi asli. Ada risiko tertentu penting dijadikan pertimbangkan sebelum menggunakan WA Mod karena dikembangkan pihak ketiga.

Sekilas, dengan WhatsApp Mod sama. Keduanya sama-sama merupakan hasil modifikasi WA original. Supaya lebih memahami perbedaannya, kamu perlu mengenal uraian lebih lengkapnya mengenai WhatsApp Transparan.

Mengenal Lebih Lengkap Apa Itu WhatsApp Transparan Mod

WA Transparan Mod

Sama seperti WA Mod, WhatsApp Transparan juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik hasil modifikasi versi asli supaya penggunaannya lebih efektif. Apakah kamu pernah mendengar atau mencoba menggunakan GB WA atau Fouad WA?

Jadi, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kedua perangkat tersebut. Fouad melakukan pengembangan terhadap kedua aplikasi modifikasi tersebut. Dari pernyataan ini bisa disimpulkan bahwa segi kualitas WhatsApp Transparan tidak jauh berbeda.

Pada versi ori, tema tersedia hanya terang dan gelap. Sedangkan pada WhatsApp Transparan Mod tersedia berbagai tampilan tema, bukan hanya gelap dan terang saja. Tampilan menarik inilah yang dijadikan salah satu alasan versi modifikasi lebih dipilih.

Aplikasi modifikasi ini menambahkan tema menarik dengan cara memberikan efek atau sentuhan transparan. Jadi, aplikasi semakin tampak menarik dan jauh dari kata membosankan. Bisa disimpulkan WA Transparan ini adalah WA Mod yang mengutamakan pengembangan tema.

Walaupun demikian, fitur lain yang ada pada aplikasi WhatsApp modifikasi secara umum tetap tersedia. WA Mod memiliki berbagai jenis produk, salah satunya versi transparan ini. Sedangkan yang lainnya ada GBWhatsApp, YOWhatsApp, WhatsApp Go dan masih banyak lagi.

Berbagai Fitur yang Dimiliki WA Transparan Mod

Whatsapp Transparan
Whatsapp Transparan (image: acehportal.com)

Setiap aplikasi modifikasi memiliki fitur yang diunggulkannya masing-masing, termasuk WA Transparan. Ada berbagai fitur menarik WhatsApp Transparan Mod, sehingga membuatnya memiliki banyak peminat, antara lain:

  1. Fitur Privasinya Lebih Unggul

Pertama, dari segi fitur privasi lebih unggul bila dibandingkan dengan versi original. Sebagian pengguna mengeluhkan terkait fitur privasi ini saat menggunakan versi asli karena dianggap kurang efektif.

Fitur privasi yang dimaksud seperti menyembunyikan last seen, centang biru dan lainnya. Saat pengguna memanfaatkan fitur ini, pengguna lain akan memperoleh konsekuensi serupa.

Tampaknya memang adil, tapi sebagian orang menganggap bahwa fitur seperti ini tampak kurang menarik. Situasi inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh WhatsApp Transparan Mod, sehingga membuatnya lebih unggul dibandingkan versi asli.

Pengguna masih bisa memanfaatkan fitur privasi, seperti menyembunyikan last seen, status online, centang biru dan centang dua. Tapi, masih bisa melihat informasi yang disembunyikan oleh pengguna lain walaupun mereka sudah mengaktifkan fitur serupa.

Para pengguna aplikasi ini juga bisa mengatur bagian tanda centang biru supaya muncul saat membalas pesan saja. Tampaknya tidak adil, tapi pada kenyataannya banyak pengguna menginginkan fitur seperti ini.

  1. Emoji dan Tema Tersedia Lebih Beragam

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa WhatsApp Transparan Mod mempunyai beragam tema. Bukan hanya tema saja yang lebih beragam, tapi juga emoji. Sesuai dengan nama dari aplikasi ini, tema paling menarik dan diunggulkan adalah transparan.

Pengguna bisa memilih tampilan apa saja sesuai selera atau keinginan. Sedangkan pada bagian emoji, berbagai pilihan tersedia. Bahkan bisa menambahkannya melalui pengunduhan mesin pencarian internet.

  1. Anti Banned

Anti banned merupakan fitur yang bermanfaat bagi pengguna aplikasi ini. Sebab, aplikasi ini dianggap ilegal yang membuatnya rentan terkena banned. Bila pemakaian terdeteksi versi asli, WhatsApp bisa melakukan pemblokiran.

Sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan ini, WhatsApp Transparan Mod sudah dilengkapi dengan anti banned. Jadi, penggunanya lebih merasa aman saat mengoperasikan aplikasi.

Penting dipahami bahwa walaupun klaim anti banned, tidak menjamin seratus persen aman, tapi minimal sulit untuk dideteksi. Supaya tidak terkena banned, kamu perlu rutin melakukan update dari versi lama ke baru.

  1. Dapat Melihat Pesan yang Telah Dihapus

Fitur lainnya, kamu bisa melihat pesan yang telah dihapus. Bagi pengguna yang mudah merasa penasaran akibat pesan dari pengirim sudah dihapus padahal belum dibaca, biasanya tertarik menggunakan aplikasi modifikasi seperti ini.

Sebab, untuk versi asli, fitur membaca pesan yang telah dihapus tidak ada. Selain itu, tidak ada batasan waktu untuk bisa melihat pesan sudah dihapus oleh pengirim tersebut. Bisa dikatakan bahwa tidak ada pesan tersembunyi karena semuanya bisa dilihat.

  1. Dapat Melihat Story yang Sudah Dihapus

WhatsApp Transparan Mod juga memiliki fitur bisa melihat story yang sudah dihapus, bukan hanya pesan. Maksimal waktu story akan tampil adalah 24 jam, selama pembuat tidak menghapusnya.

Terkadang pengguna membuat story tidak sampai 24 jam sudah dihapus, sehingga tidak bisa dilihat pengguna lain. Berbeda dengan aplikasi modifikasi ini, kamu bisa tetap melihat story pengguna lain walaupun sudah dihapus selama belum sampai 24 jam.

  1. Pengiriman File Tidak Mengurangi Kualitas

Pada versi asli, fitur pengiriman berbagai file memang sudah tersedia, tapi kualitas ukurannya berkurang. Hasilnya file yang terkirim memiliki kualitas kurang bagus bahkan jauh dari asli.

Hal ini tidak akan terjadi bila kamu memakai WhatsApp Transparan Mod. Berbagai file, baik itu foto maupun video bisa dikirimkan tanpa mengurangi kualitasnya. Jadi, file yang dikirim mempunyai kualitas sama dengan asli.

  1. Mampu Mengirimkan File Ukuran Besar

Fitur lainnya, dengan menggunakan aplikasi modifikasi kamu bisa mengirimkan file berukuran besar sesuai kebutuhan. Tapi, tentu saja membutuhkan waktu lama untuk proses upload file hingga pengiriman.

  1. Bisa Langsung Mengunduh Story

Terakhir, kamu bisa langsung mengunduh story pengguna WhatsApp lainnya. Pada beberapa ponsel, pengunduhan story ini memang bisa dilakukan secara otomatis saat memakai versi asli. Tapi ingat, hanya beberapa jenis ponsel saja, tidak semuanya.

Bila menginginkan pengunduhan, diperlukan aplikasi khusus buatan pihak ketiga. Sedangkan WA Transparan Mod sudah menyediakan fitur download story yang bisa kamu gunakan dengan mudah tanpa harus memakai aplikasi pihak ketiga.

Tata Cara Pemasangan atau Install WA Transparan Mod

Wa transparant Mod Apk

WhatsApp Transparan Mod sama seperti aplikasi modifikasi lainnya tidak bisa kamu temukan di App Store maupun Play Store, tapi perlu melakukan pengunduhan file khusus. Setelah berhasil diunduh, pasang atau install dengan tata cara berikut:

  1. Pertama, langkah yang perlu dilakukan sesudah mengunduh file adalah menyimpannya.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan masuk ke bagian menu pengaturan ponsel yang kamu pakai.
  3. Kemudian pilih pengaturan privasi dan keamanan, tekan opsi keamanan.
  4. Bila sudah, kamu bisa melanjutkan langkah dengan melakukan centang pada bagian izinkan sumber tidak dikenal.
  5. Lanjutkan langkah dengan masuk ke menu file manager dan cari file WhatsApp Transparan Mod yang sudah berhasil diunduh sebelumnya.
  6. Bila file sudah berhasil ditemukan, klik untuk mulai proses pemasangan.
  7. Kamu hanya tinggal menunggu proses pemasangan selesai dan aplikasi siap dipakai.

Langkah pengaturan keamanan yang dilakukan tersebut perlu supaya perangkat bisa menerima pemasangan dari sumber luar atau eksternal. Sebab, file yang jenisnya eksternal cenderung rentan membawa virus membahayakan.

Sesudah pemasangan selesai, kamu bisa melakukan penguncian keamanan kembali perangkat. Hal ini untuk menghindari potensi perangkat terkena virus membahayakan saat secara tidak sadar kamu melakukan pengunduhan dari sumber luar.

Berbagai Tips Aman Memakai WA Transparan Mod Bisa Dilakukan

Masih berhubungan dengan pernyataan sebelumnya, bahwa aplikasi yang diunduh dari sumber rentan tidak aman. Ketika kamu menggunakan WhatsApp Transparan Mod, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya pemakaian aman, beberapa diantaranya:

  1. Untuk Aplikasi, Tidak Memakai Nomor Utama

Disarankan saat memakai aplikasi modifikasi ini kamu tidak memakai nomor utama. Jadi, pakai nomor cadang yang tidak terlalu penting sebagai antisipasi bila di kemudian hari mengalami banned, sehingga data penting tetap aman.

  1. Melakukan Aktivitas Sewajarnya

Tips selanjutnya, lakukan aktivitas dengan wajar supaya tidak terkena banned. Penting dipahami bahwa sistem yang dimiliki oleh versi asli dapat mendeteksi kegiatan tidak wajar pada aplikasi mod.

Terkait caranya, pakai fitur WhatsApp Transparan Mod secara normal. Salah satu contohnya tidak mengirimkan file ukuran besar berlebihan. Sebab, aktivitas tidak wajar rentan terdeteksi sistem versi asli.

  1. Rajin Mengupdate Aplikasi

Tips terakhir rajin melakukan update atau pembaharuan terhadap aplikasi. Potensi aplikasi terkena banned akan semakin kecil bila kamu rajin mengupdatenya. Bukan hanya fitur paling baru yang diperoleh, tapi juga mendapatkan perbaikan bugs.

Tata Cara Update Versi Terbaru WA Transparan Mod

Bagi sebagian pengguna WhatsApp yang tidak puas dengan versi asli dan lebih memilih aplikasi modifikasi, perlu rutin melakukan update. Tujuannya tidak lain supaya pemakaian tetap aman dan terhindar dari banned, tata caranya meliputi:

  1. Langkah pertama diawali dengan membuka aplikasi WhatsApp Transparan Mod yang sudah terpasang pada perangkat ponsel kamu.
  2. Setelah itu, masuk bagian menu pengaturan atau setting.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi GB Settings, kemudian tekan update.
  4. Bila sudah, untuk mengetahui ada tidaknya update aplikasi paling baru, kamu bisa langsung menekan bagian check for updates.
  5. Bila ternyata ada, kamu bisa langsung melakukan download dan secara otomatis aplikasi akan terpasang.

Memang merupakan pilihan menarik bila menginginkan fitur baru menggunakan aplikasi ini. Tapi, penting dipahami bahwa saat menggunakan aplikasi modifikasi ini kamu perlu lebih waspada dan berhati-hati.

Jadi, perlu mempertimbangkan ulang bila memang tertarik memakai aplikasi ini. Bila tertarik memasang, pastikan link yang menyediakan file tersebut aman dan terpercaya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada akun WhatsApp Transparan Mod kamu.