Tips & Trik: Cara Edit Gambar Foto Anime Keren dari Foto Kita

Mungkin terdengar sangat kurang kerjaan bila foto kita diedit gambar foto anime. Tapi jika untuk seru-seruan saja juga tidak masalah. Memang kita juga ingin tahu bagaimana wajah kita jika dijadikan gambar anime.

Tidak perlu melukis atau membayar orang untuk menggambarmu seperti tokoh kartun. Sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubahnya. Caranya juga mudah dan gratis untuk digunakan.

Anime sendiri memang sudah menjadi trend di kalangan anak muda zaman sekarang. Bahkan ada yang mengidolakan tokoh anime hingga menjadikan gambar foto anime diedit dengan dirinya.

Jika memang kamu ingin mengedit foto sendiri untuk diubah ke foto anime, kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasinya. Bahkan dibuat video kini telah ada apknya. Informasinya ada di bawah ini.

Gunakan Picsay Agar Kita Bersanding dengan Tokoh Anime

Cara Edit Anime Style Dengan Picsay Pro
Cara Edit Anime Style Dengan Picsay Pro (image: youtube)

Untuk aplikasi yang pertama kami bahas ini bukan mengubah foto kita menjadi gambar foto anime. Tapi lebih mengarah pada foto kita disandingkan dengan tokoh anime favorit.

Penggemar anime di Indonesia memang sangat banyak. Terbukti, setiap tahunnya di mana ada festival Jepang, pasti ada banyak sekali pengunjungnya. Mereka bercosplay menyerupai tokoh anime favoritnya.

Tapi bagaimana mengedit diri kita di gambar dengan tokoh anime tersebut? Ternyata tidak perlu menjadi editor handal untuk bisa melakukannya. Karena sekarang ada Picsay yang bisa membantumu.

Memang, jika gambar foto anime dengan editan diri kita di media sosial, terlihat memalukan karena sangat percaya diri melakukan hal demikian. Tapi untuk kepuasan diri, tidak masalah.

Lagi juga mengedit hal seperti ini tidak dilarang. Hanya kesenangan melihat gambar kita dan tokoh anime favorit bisa bersanding dengan editan rapi.

Bagaimana menggunakan Picsay untuk merealisasikan hal tersebut? Cukup mudah sebenarnya, kami akan memberikan tutorial paling mudah :

  1. Download Dulu

Langkah pertama untuk bisa mengedit gambar foto anime yang berjejer dengan foto sendiri, memang harus mengunduh apk Picsay Pro terlebih dulu. Kamu bisa menemukannya di playstore. Tinggal cari saja dan nanti akan langsung bisa diunduh.

  1. Cari Gambar Anime Kesukaan dengan Pose Pas

Coba lihat dulu gambarmu yang akan diedit dengan chara favorit. Kemudian, cari gambar paling pas di Google atau pinterest. Pastikan tidak ada watermark di bagian badan karakternya karena hasilnya akan jelek.

  1. Buka Picsay dan Mulai Mengedit

Barulah setelah itu, kamu buka apk Picsay untuk mulai mengedit secara rapi. Kamu cukup lakukan cara berikut :

  • Buka dulu apk Picsay
  • Kemudian edit dengan baik untuk bisa mengubah foto anime menjadi mode PNG dengan fitur yang ada di dalamnya.
  • Simpan foto PNG tersebut untuk nanti.
  1. Sandingkan dengan Fotomu Sendiri

Jika sudah memiliki gambar PNG dari gambar anime tadi, silakan untuk sandingkan dengan foto sendiri, caranya :

  • Buka aplikasi Picsay
  • Buka gambarmu yang akan diedit.
  • Kemudian klik fitur effect yang ada di dalamnya.
  • Pilih opsi insert picture.
  • Silakan untuk sandingkan gambar chara tersebut dengan fotomu.
  • Atur pencahayaan agar terlihat nyata dan lebih mulus lagi.
  • Jika sudah, silakan simpan dan kamu dapat membagikannya ke beberapa media sosial lainnya.

Prisma Menjadi Rekomendasi Editor Gambar Foto Anime

Prisma Labs
Prisma Art Effect Photo Editor : Download On Playstore

Awal dirilis oleh Prisma Labs, aplikasi satu ini memang hanya bisa diakses oleh IOS. Seiring berkembangnya zaman, kini Prisma bisa kamu nikmati juga di android.

Kini, kamu bisa edit gambar foto anime mudah dengan aplikasi satu ini. mungkin ada dari kalian yang memang belum begitu memahami dunia edit gambat, belum paham bagaimana caranya untuk menggunakan Prisma.

Sebenarnya cukup mudah dan malah terbilang cukup sederhana dibandingkan apk editor lainnya. Mengubah foto sendiri menjadi gambar anime adalah hal umum dilakukan sekarang ini.

Sekadar untuk mengikuti trend atau hanya ingin tahu wajah kita sendiri dijadikan tokoh anime seperti apa. Tidak masalah, lagi juga memang setiap orang memiliki hak untuk hal itu.

Aplikasi Prisma menjadi rekomendasi terbaik untukmu jika ingin mengedit gambar menjadi anime. Sebenarnya, selain dari apk, edit gambar foto anime di Prisma juga bisa dari bot Telegram.

Kenapa harus menggunakan Prisma untuk edit? Pertama, karena memang user friendly. Orang yang belum pernah mengedit foto akan lebih cepat paham. Mudah ditemukan di Appstore atau Playstore. Serta bisa diunduh secara gratis untuk mengedit apa saja.

Ada beragam filter yang dimiliki termasuk filter kartun yang akan mengubah wajahmu seperti tokoh dalam anime. Kemudian dapat dishare secara langsung ke media sosialmu.

Ingin tahu bagaimana cara pengeditan dengan aplikasi satu ini? Pertama, unduh dulu aplikasinya secara resmi di Playstore atau Appstore. Kedua, impor foto yang ada di galeri untuk masuk ke dalam aplikasi Prisma.

Kalau bisa, foto yang wajahnya terlihat jelas agar mudah diedit. Langkah ketiga, waktunya mencari filter paling cocok untuk kamu terapkan pada fotomu sendiri. Pilih yang terbaik agar terlihat seperti gambar anime.

Langkah keempat, tinggal atur kecerahan, penambahan efek lagi, hingga kontrasnya. Lakukan hingga benar-benar bagus dan simpan pada galeri ponselmu.

Ubah Wajah Menjadi Gambar Foto Anime dari Tiktok

Tiktok Anime Efek
Cara Edit foto dengan efek anime dati TikTok (image; Youtube.com/Kapwing)

Mungkin kamu heran juga, kenapa aplikasi bernama Tiktok yang biasa menampung beragam editan video dari content creator, bisa mengedit gambar foto dari anime. Tapi pada kenyataannya seperti itu.

Kali ini, menggunakan versi video juga tidak masalah, malah lebih bagus. Seperti kamu hidup di dalam dunia anime dengan filter yang disediakan oleh aplikasi Tiktok. Aplikasi asal Tiongkok ini memang selalu berinovasi, tidak ingin ketinggalan dengan yang lain.

Wajar, jika setiap beberapa periode waktu tertentu, terus bermunculan filter dan fitur terbaru. Tidak hanya dari tiktoknya, bahkan para creator juga menciptakan filter sendiri dan bisa digunakan oleh pengguna Tiktok lainnya.

Lalu, jika ingin mengubah wajah sendiri dengan gambar foto anime itu bagaimana dengan aplikasi Tiktok? Bagi yang sudah sering memainkan apk satu ini, pasti akan mudah untuk melakukannya :

  1. Pertama, tinggal buka aplikasi Tiktok.
  2. Nanti akan langsung terbuka menu home. Kamu klik saja tanda plus yang ada di bagian tengah bawah.
  3. Sebelum memilih gambar, kamu geser dulu pilihannya ke opsi MV
  4. Pilih filter yang bernama comic face
  5. Masukkan satu fotomu sendiri yang akan dijadikan anime dan tunggu beberapa saat.
  6. Hasilnya memang masih berbentuk video, untuk bisa dijadikan gambar, kamu perlu screenshot video tersebut.
  7. Terakhir, atur screenshot agar lebih rapi dan simpan ke galeri.

Pakai Meitu, Aplikasi China Khusus Edit Anime

Meitu
Meitu – Edit foto & video Jadi Kartun Anime : Download di Play Store

Tiongkok memang gudangnya aplikasi edit foto dan video. Filternya sangat nyata dan bahkan bisa mengubah wajahmu 100% berbeda sekali dari aslinya. Salah satunya filter gambar foto anime.

Jangan gunakan sembarangan, manfaatkan filternya untuk seru-seruan saja. Dibagikan ke media sosial atau dijadikan foto profil WA juga tidak masalah.

Meitu adalah aplikasi dari China yang begitu terkenal hingga ke luar negeri. Hasilnya bagus, dan cara menggunakannya cukup mudah. Membuat banyak sekali penggunanya.

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba untuk bisa edit foto sendiri menjadi anime, kami akan memberitahu cara sederhananya. Pertama, kamu bisa instal dulu aplikasi Meitu di smartphonemu sendiri.

Jika kamu ingin yang pro, cari di salah satu website tertentu. Kedua, buka apk tersebut dan mulai mengedit. Untuk memulainya, kamu tinggal klik menu Artbot dan klik Coba Sekarang Juga.

Tampilan akan berubah semacam kamera. Kamu bisa selfie saja untuk mengubah fotomu jadi gambar foto anime. Jika tidak, dapat membuka foto yang ada di galeri.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, gambar akan berubah menjadi anime. Tinggal atur dengan penambahan kecerahan warna, kontras dan lain sebagainya. Barulah setelah itu bisa disimpan.

Aplikasi Edit Termudah untuk Anime Ada Toonme

Toonme
ToonMe – cartoons from photos : Download di Play Store

Ingin edit gratis tapi kualitas bagus, ada aplikasi edit gambar foto anime yang bernama Toonme. Kamu bisa mendapatkannya di Playstore atau IOS. Apknya gratis dan dijamin, kamu juga puas menggunakannya.

Pilihan jenis animasinya itu ada banyak. Jadi, bisa memilih mana yang cocok dengan pose atau selfie kamu sendiri. Hasil gambarnya juga nanti HD. Ketika ingin dicetak dengan tujuan hiasan, ada pilihan kesan bahwa gambarmu itu seperti lukisan.

Ingin dibuat anime semirip mungkin juga sangat bisa. Untuk proses pengeditan gambar foto anime dengan Toonme hanya perlu empat langkah saja, dan hasil gambar juga akan sangat bagus.

Pertama, buka aplikasi Toonme dulu. Tunggu hingga semuanya loading. Perlu diingat, apk ini menggunakan sistem online. Langkah kedua, pilih jenis gambar anime terbaik yang ada di halaman depan. Itu seperti template yang bisa digunakan secara gratis.

Jika sudah terpilih, tinggal memilih gambarmu yang akan dibuat menjadi anime. Klik saja, dan sambil menunggu, kamu bisa menonton iklan. Langkah terakhir, tinggal simpan saja gambarnya. Silakan bisa dicetak, dibagikan ke teman-teman melalui media sosial.

Gunakan Aplikasi Capcut untuk Kualitas Terbaik

fitur unggulan aplikasi capcut pro
Download CapCut Pro untuk bisa menikmati fitur premium

Bukankah Capcut biasanya digunakan untuk mengedit video? Ya, memang benar. Tapi jika membahas tentang mengubah fotomu menjadi gambar foto anime, capcut juga bisa dan caranya sangat mudah.

Kamu yang tidak ada dasar sebagai editor gambar juga dapat melakukannya hanya dalam beberapa menit saja, edit dan simpan ke galeri.

Bahkan, kamu bisa mengedit banyak gambar menjadi satu video dalam waktu sebentar. Capcut memang tidak ada tandingannya, untuk itulah banyak pengguna yang suka dengan aplikasi satu ini.

Terlebih lagi, memang semua fitur yang ada di dalamnya gratis tanpa ada biaya atau harus upgrade ke pro. Untuk bisa edit gambar foto anime dengan Capcut, berikut adalah cara termudahnya :

  1. Pertama, buka dulu aplikasi Capcut yang langsung mengarahkanmu ke galeri.
  2. Pilih satu atau beberapa gambar yang akan diedit.
  3. Klik bagian gambarnya, sampai keluar beberapa opsi editing.
  4. Pilih opsi style.
  5. Nanti ada beberapa pilihan pengeditan kartun. Diantaranya ada Angel Me, Devil Me, Game Cartoon, Arty, dan Classic Cartoon.
  6. Jika kamu memilih Ok, bentukannya video. Sebelum klik OK, lebih baik discreenshot saja dan atur ukurannya.
  7. Gambarmu akhirnya sudah teredit dengan baik.

Hampir semua aplikasi yang kami rekomendasikan untukmu itu bagus dan mudah digunakan. Silakan mau pilih opsi yang mana untuk edit foto sendiri ke gambar foto anime dengan kualitas terbaik.