Social Media, Tips & Trik: Cara Mudah Membuat WA Terlihat Offline Padahal Online

Ada banyak alasan mengapa WA terlihat offline padahal sang pemilik sebenarnya dalam kondisi online. Salah satunya mungkin karena pengguna tidak ingin diganggu dalam beberapa hari atau karena risih dengan satu atau beberapa pengguna lain.

Oleh karenanya, ada banyak cara dimana orang bisa menyiasati hal tersebut dengan mengubah pengaturan pada aplikasi. Secara umum, aplikasi untuk berkirim pesan ini cukup memudahkan pengguna.

Namun ada kalanya seseorang malas untuk meladeni orang yang memang mengganggu sehingga mencari cara agar WA terlihat offline meskipun sedang online.

Faktanya ada sejumlah cara efektif untuk melakukan hal ini tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu mengubah beberapa pengaturan. Untuk lebih jelas, mari simak ulasan selengkapnya seperti pada artikel di bawah ini.

Mengenal Sekilas Tentang WhatsApp

WhatsApp on phone

Sebelumnya, kamu perlu mencari tahu tentang aplikasi berkirim pesan yang sangat populer ini. Sebagian besar orang mungkin tahu mengenai aplikasi ini namun tidak begitu familiar dengan berbagai fitur lengkap yang ditawarkan.

Sekilas WhatsApp memang sebuah aplikasi unggulan yang sangat mudah untuk mengirimkan berbagai pesan teks, video, gambar bahkan melakukan video call. Namun tidak banyak yang tahu, jika aplikasi ini menyimpan fitur canggih lainnya seperti WA terlihat offline meskipun sedang online.

Aplikasi pesan lintas platform ini juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan berbagai file besar kepada orang lain. Sejak dirilis tahun 2009 silam hingga saat ini sudah ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi besutan Jan Koum dan Brian Acton ini.

Sistem aplikasi ini dapat diakses dalam berbagai jenis operasi mulai dari Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry OS, Symbian (ada aplikasi Windows, macOS, dan web yang telah tersambung ke aplikasi seluler.

Cara Mudah WA Terlihat Offline Tanpa Aplikasi

menonaktifkan centang biru whatsapp

Beruntungnya, kamu tidak akan membutuhkan aplikasi tambahan apapun untuk menggunakan fitur ini. Mengapa? Karena di dalam aplikasi sebenarnya sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung. Kamu juga bisa menggunakan WA Mod yang memiliki fitur lebih banyak.

Hanya saja tidak banyak orang tahu. Namun kini kamu tidak perlu khawatir. Adapun cara dan tahapannya bisa kamu lihat melalui ulasan di bawah ini:

1.      Menonaktifkan Centang Biru

Seseorang akan terlihat online jika pesan tersebut centang biru. Ini juga menjadi salah satu indikator yang biasa orang ketahui. Ketika seseorang mengirim pesan dan terlihat ada tanda ini, kemudian tidak segera dibalas. Maka orang tersebut akan mengira bahwa kamu malas untuk membalasnya.

Oleh karena itu, ada cara mudah untuk menyiasati hal itu. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan fitur centang biru. Hal ini bertujuan agar orang – orang mengira bahwa kamu tidak sedang online. Adapun caranya juga tidak sulit jika kamu mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

  • Pergi ke titik ”tiga” yang berada pada kanan atas tampilan WA.
  • Lanjutkan dengan klik “Setting” atau pengaturan.
  • Pada tampilan berikutnya klik “Akun” lalu pilih “Privasi”.
  • Pada halaman ini, cari opsi “Laporan Dibaca” kemudian klik kolom centang hingga centangnya hilang.
  • Kini akun WhatsApp kamu sudah menonaktifkan centang biru.

2.      Menonaktifkan Last Seen

Fitur last seen atau terakhir dilihat merupakan fitur bawaan WhatsApp. Pengguna WhatsApp dapat terdeteksi kapan aplikasi WhatsApp terakhir kali terbuka.

Tertulis secara detail beserta jamnya sekalipun. Bentuk penulisannya ‘terakhir dilihat hari ini pukul 17.03’. Informasi akan muncul ketika kamu membuka salah satu kontak dan akan tertera di bawah nama kontak.

Last seen yang menunjukkan jam artinya WhatsApp pengguna masih beroperasi. Tetapi ada juga WhatsApp yang bertuliskan ‘terakhir dilihat 7/09/19’ itu artinya WhatsApp sudah tidak aktif lagi. Tetapi ada juga WhatsApp yang dapat memanipulasi.

Terakhir dilihat pada WhatsApp dapat berubah agar WA terlihat offline tergantung dari kamu mengaturnya. Biasanya terakhir dilihat pada WhatsApp yang bertuliskan tanggal, bulan, dan tahun menandakan pengguna telah lama tidak menggunakan WhatsApp.

Entah aplikasi tidak pernah terbuka, terinstal atau nomor WhatsApp sudah tidak terpakai. Adapun tahapan untuk menonaktifkan fitur last seen adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, kamu hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp kamu.
  • Pilih ikon titik 3 yang ada di layar pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih Setelan atau Settings.
  • Langkah berikut, pergi dan pilih opsi “Akun”.
  • Lalu klik “Privasi” dengan simbol gembok
  • Kemudian pengguna akan dibawa pada sebuah tampilan yang terdapat beberapa pilihan. Lanjutkan dengan memilih “Terakhir Dilihat”.
  • Bebas memilih opsi kepada siapa kamu menunjukkan kapan WhatsApp terakhir dilihat.
  • Mulai dari semua orang, kontak saya, kontak saya kecuali, atau memilih opsi tidak ada.
  • Jika kamu ingin WA terlihat offline maka harus memilih opsi “Tidak ada”.

WhatsApp dengan versi tertentu mempunyai kemampuan mengatur last seen sesuka hati pengguna padahal WhatsApp tersebut masih aktif. Tentunya WhatsApp versi ini lebih memudahkan kamu yang menyatakan WA terlihat sedang tidak aktif.

3.      Membalas Pesan dengan Fitur Pop – Up

Kamu bisa memanfaatkan fitur Pop – Up agar WA terlihat offline. WhatsApp menyediakan fitur Pop – Up untuk memudahkan pengguna membalas pesan tanpa perlu masuk pada aplikasinya. Biasanya Pop – Up berbentuk kotak putih yang muncul pada wallpaper layar smartphone saat menerima pesan.

Membalas pesan pada Pop – Up sebagian besar sama saat kamu membalas pesan di dalam WhatsApp. Perbedaannya terletak pada fasilitasnya. Pop – Up tidak menyediakan fasilitas untuk mengirim GIF. Selain itu, mengirim file dan foto harus membuka aplikasi WhatsApp.

Membalas pesan melalui Pop – Up dapat dijadikan pilihan kamu yang menginginkan WA terlihat offline. Dengan fitur Pop – Up, pesan dapat terbaca hingga terbalas tetapi pada pesan – pesan tertentu tergantung pengguna. Berikut cara mengaktifkan fitur Pop – Up:

  • Langkah pertama buka ikon WhatsApp pada layar smartphone.
  • Kemudian pilih setelan atau settings.
  • Dilanjutkan dengan memilih notifikasi, ada gambar lonceng pada samping kiri tulisan notifikasi.
  • Pilih notifikasi pop – up.
  • Ada 4 opsi yang bisa dipilih, agar WA terlihat offline pilih opsi tidak ada pop – up.

Terkadang Pop – Up yang muncul pada perangkat Android beragam tergantung dari versi Androidnya. Android terbaru menampilkan Pop – Up pada notifikasi layar, sedangkan jenis lama Pop – Up tampil pada layar utama smartphone. Adapun lebarnya bisa memenuhi sepertiga layar.

4.      Menonaktifkan Background Data

Cara membuat WhatsApp terlihat offline adalah dengan menonaktifkan background data. Background data adalah penggunaan data yang ada pada belakang layar. Jadi, ketika smartphone kamu tidak aktif atau dalam posisi mati aplikasi yang menyerap data akan tetap aktif.

Menonaktifkan background data menjadi cara yang ampuh untuk aplikasi WA terlihat offline. Sering terjadi aplikasi – aplikasi pada smartphone hanya di minimize. Hal ini sebenarnya aplikasi masih aktif hanya saja kamu tidak terjun secara langsung memantau aplikasi tersebut.

Ketika kamu minimize WhatsApp, secara otomatis aplikasi tersebut akan tertutup namun masih terlihat online. Oleh sebab itu, kamu perlu mencoba untuk menonaktifkan background data agar WhatsApp sudah offline. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan background data:

  • Pertama buka ikon WhatsApp pada layar kamu.
  • Kemudian pilih titik tiga yang berada pada pojok kanan atas layar smartphone.
  • Selanjutnya klik menu “Setelan” atau “Setting”.
  • Lalu cari pilihan “Data Usage” atau penggunaan data.
  • Klik cellular data usage atau Wi – Fi.
  • Pilih WhatsApp.
  • Lalu pilih toggle background data untuk menonaktifkan.

5.      Mengubah Info Status Offline

Membuat status seperti menjadi kebiasaan rutin yang banyak dilakukan orang saat ini. Semua hal yang dilalui atau dilihat sepertinya menarik jika dibagikan menjadi status WhatsApp. Namun konsekuensinya, orang pasti akan mengira jika kamu selalu online.

Hal ini tentu saja tidak berlaku jika ingin membuat WA terlihat offline. Agar pengguna lain benar – benar percaya bahwa WhatsApp kamu offline, maka kamu juga perlu mengubah status info offline.

Dengan adanya informasi ini maka pengguna lain akan benar – benar mengira jika kamu memang sedang tidak online. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke ikon titik tiga yang ada di kanan tampilan aplikasi.
  • Lanjutan dengan memilih “Setting” atau pengaturan.
  • Pilih foto profil dan klik “Info”.
  • Berikutnya, kamu cukup menuliskan “Offline”.
  • Maka dengan begitu, status info aplikasi menjadi offline.

6.      Memilih Kontak yang Melihat Status

Agar WA terlihat offline berikutnya, kamu bisa menghindari beberapa orang yang ada di kontak dengan melakukan beberapa pengaturan. Namun di lain hal, kamu juga masih bisa membuat status dan hanya dilihat oleh orang tertentu saja.

Kamu pasti setuju jika kebanyakan orang kini menjadi sangat narsis dengan membagikan setiap moment ke media sosial. Tidak terkecuali pada penggunaan aplikasi WhatsApp ini. Namun dengan adanya fitur ini, pengguna akan sangat mudah untuk menghindari beberapa orang yang tidak ingin melihat status WhatsApp.

trik whatsapp

Para pengguna aplikasi untuk bisa memilah orang atau teman yang diinginkan. Adapun caranya juga tidak rumit. Kamu hanya perlu melakukan beberapa pengaturan mudah seperti pada ulasan WA terlihat offline di bawah ini:

  • Buka halaman WhatsApp status.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi titik tiga yang berapa pada pojok aplikasi.
  • Langkah berikutnya, tinggal masuk ke pilihan “Privasi Status”.
  • Dalam menu ini, pengguna akan mendapati beberapa pilihan privasi secara umum,
  • Yakni ke semua orang tanpa ada pengecualian sehingga memilih beberapa nama kontak. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.
  • Langkah agar WA terlihat offline terakhir, simpan dan kini kamu bisa bebas membuat status tanpa harus ketahuan online dari beberapa kontak.

Menjadi rahasia umum jika WhatsApp telah menjadi aplikasi paling populer untuk menerima dan mengirim pesan. Sehingga, tidak jarang para pengembang memberikan sentuhan baru serta inovasi yang akan membuat para pengguna untuk selalu setia menggunakannya.

Begitu banyak cara yang sebenarnya bisa membuat pengguna untuk melakukan berbagai hal menarik. Tidak terkecuali dengan fitur canggih yang ada di aplikasi WhatsApp. Bahkan kamu bisa membuat tulisan unik dan estetik dengan cara tertentu. Hanya saja, tidak semua orang tahu mengenai hal ini.

Ini perkembangan teknologi seperti tak terbendung lagi. Banyak kegiatan yang kini dimudahkan dengan hadirkan teknologi era digital. Seperti adanya fitur WA terlihat offline yang ditawarkan oleh aplikasi populer berkirim pesan ini.