cara download game ppsspp

Games: Bagaimana Cara Download Game PPSSPP dan Cara Memainkannya

Bagi para pecinta game online, tentunya download game PPSSPP menjadi hiburan tersendiri. PPSSPP (Playstation Portable Simulator Suittable Portable) merupakan emulator untuk menjalankan permainan dari konsol – konsol sebelumnya, misal PS1 atau PS2.

PSSPP sendiri bisa dijadikan sebagai alternatif jika kamu sedang ingin bernostalgia dengan konsol genggam yang sempat trend pada masanya. Kini PSSPP juga sudah kompatibel dengan sistem operasi.

Maka dari itu, kamu sudah bisa memainkannya dengan menggunakan Android, iOS, Windows, Linux, dan sebagainya. Ditambah lagi permainannya tetap dapat berjalan walaupun PC ataupun laptop memiliki spesifikasi rendah.

Proyek PPSSPP merupakan buatan Henrik Redgard, salah satu co-founder emulator Dolphin. Untuk informasi lebih lengkap tentang PPSSPP, cara download, cara memainkan, dan sebagainya, simak penjelasan kami di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Game PPSSPP

ppsspp emulator for android

Sebelum masuk pada pembahasan cara download game PPSSPP, kamu perlu mengenal lebih jauh dahulu tentang permainan ini. PPSSPP merupakan emulator untuk memainkan permainan PSP di smartphone ataupun laptop.

Ada banyak pilihan game dengan berbagai ukuran yang bisa kamu unduh kemudian dimainkan melalui perangkat apapun. Untuk basis Android sendiri, sebenarnya sangat jarang ada permainan sejenis PSP ini.

Namun kini sudah banyak program khusus untuk menjalankan permainan PS2 atau PSP dengan menggunakan kontribusi emulator, PPSSPP adalah salah satunya. peranannya dalam Android sangat lancar layaknya piranti konsol.

Misalnya games smackdown, downhill, kamen pembalap, naruto, god of war, basara, atau games terkenal lainnya. Tidak heran jika para gamers menyukai PPSSPP ini karena piranti seperti Android kecil masih sanggup memainkannya.

Tetapi untuk beberapa perangkat versi lawas dan detail yang kecil masih memerlukan beberapa setting agar bisa download game PPSSPP. Sekarang kamu sudah bisa menikmati sambil bernostalgia permainan lawas dengan mengandalkan emulator PPSSPP.

Sejarah dan Perkembangan Game PPSSPP

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka PPSSPP merupakan program emulator paling fungsional serta gratis didownload. Kelebihan dari emulator ini ialah dapat digunakan pada berbagai perangkat.

PPSSPP pertama kali dikenalkan ke masyarakat luas ketika tanggal 1 November 2012. Karena sifatnya open source, maka emulator ini memiliki source code bagi kamu yang ingin mengembangkannya lebih luas lagi.

Memiliki resolusi monitor semakin tinggi, maka khusus pengguna Android terdapat fitur tambahan Immersive Model. Kamu dapat menikmati berbagai pengalaman bermain game dengan menampilan monitor secara full screen.

Selain itu, ada banyak situs yang bisa digunakan untuk download game PPSSPP lewat internet. Namun beberapa sudah hilang karena berbagai faktor, seperti dari pihak pembuatnya ataupun faktor ekstenal lainnya.

Tetapi kamu masih bisa mengunduhnya lewat laman CoolROM yang dapat diakses lewat aplikasi browser. Penjelasan mengenai cara mengunduh ini akan kami jelaskan pada pembahasan berikutnya.

Fitur dan Fungsi dalam Game PPSSPP

Download Aplikasi PPSSPP

Berbagai fitur turut dipasang dalam game PPSSPP, misalnya save states, dynamic reompilation, hingga ad hoc wireless networking. Pada bagian decode PSP multimedia data, menggunakan Ffmpeg software library yang dipertingkat.

Ffmpeg software library sendiri memiliki peluang untuk menjadi proprietary ATRAC3plus Audio pola dari Sony. Fitur tambahan berupa resolusi monitor yang semakin tinggi juga turut menambah nilai dari PPSSPP.

Kamu bisa menggunakan fitur Immersive Model di Android agar permainan dapat ditampilan dalam mode full screen. Salah satu hasil download game PPSSPP paling hits adalah Attack on Titan 2 Android.

Dengan adanya PPSSPP, maka para gamers dapat memainkan PSP di Android maupun perangkat lainnya seperti menggunakan konsol. Hampir seluruh perangkat Android kompatible untuk menjalankan PPSSPP tersebut.

Namun merujuk pada penjelasan sebelumnya, ada beberapa perangkat masih menggunakan spesifikasi lama dan kecil. Sehingga terkadang perangkat tersebut memerlukan setting khusus agar dapat memainkan beberapa game.

Bagaimana Cara Download Game PPSSPP?

download game ppsspp

Sebelum mengunduh game PPSSPP, pastikan dahulu bahwa spesifikasi minimum perangkatmu cukup digunakan. Setidaknya perlu memenuhi persyaratan emulator download game PPSSPP di Windows sebagai berikut:

Processor        : Dual Core or Single Core CPU processor 2.0GHz

RAM                : 2GB

Storage            : 5 GB untuk PPSSPP dan ROM

VGA                 : 256MB VRAM stand alone graphics card

OS                    : Windows XP/Vista/7/8/8.1/10

Sementara untuk spesifikasi minimum pada Android antara lain:

OS                    : Android 2.3 Gingerbread+

CPU                 : Dual Core Cortex processor 1.2GHz

GPU                 : Andreno/Mali/PowerVR 512MB

RAM                : 2GB

Storage            : 5GB untuk PPSSPP dan ROM.

Berikut adalah langkah – langkah mengunduh game PPSSPP menggunakan CoolROM.

  1. Pastikan sudah menginstall emulator PPSSPP yang dapat didownload lewat link Download aplikasi PPSSPP.
  2. Buka situs CoolROM, lalu kunjungi bagian PSP di lamannya.
  3. Pilih game yang ingin kamu mainkan, misalnya mengetik pada fitur “Pencarian ROM” di bagian atas, ketik Harvest Moon – Boy & Girl.
  4. Scroll layar ke bawah, lalu klik bagian “Tautan pengunduhan alternatif” agar game dapat diunduh secara langsung.
  5. Akan muncul pop up berisi hitungan mundur sebelum melakukan download game PPSSPP. Jika sudah selesai, tekan “Unduh Berkas Anda” lalu simpan ke ROM PSP ke perangkatmu.

Cara Mengoperasikannya Setelah Download Game PPSSPP

Setelah melakukan pengunduhan game PPSSPP, maka selanjutnya adalah penjelasan mengenai cara mengoperasikannya.

  1. Karena hasil unduhan berupa format .zip atau .rar, maka perlu mengekstraknya terlebih dahulu, jadikan format .ISO atau .CSO
  2. Masukkan game ke dalam PPSSPP dengan cara membuka aplikasi PPSSPP. Klik menu “Game” lalu tekan ikon + kemudian masukkan folder tempat game unduhan tadi, pilih file ISO untuk dimasukkan.
  3. Buka aplikasi emulator PPSSPP lalu cari tempat penyimpanan ROM Game tadi. Tinggal menunggu loading hingga selesai dan hasil download game PPSSPP sudah bisa dimainkan secara gratis menggunakan Android.

Apabila saat dimainkan terjadi buffering atau posisi tombol tidak sesuai, aturlah settingan di PPSSPP. Kamu dapat bereksperimen terhadap pengaturan tersebut hingga sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan.

10 Daftar Rekomendasi Download Game PPSSPP dengan Ukuran Penyimpanan Kecil

10 game rekomendasi untuk ppsspp

Konsol genggam memang memiliki beberapa game eksklusif untuk dimainkan, bahkan menjadi judul game terbaik sepanjang sejarah permainan. Kualitas grafis hingga gameplay yang tidak main – main menjadikannya banyak digandrungi.

Tetapi seiring perkembangan zaman, permainan konsol sudah bisa dimainkan lewat perangkat Android. Kami merangkum 10 daftar rekomendasi download game PPSSPP dengan ukuran penyimpanan kecil yang bisa kamu mainkan saat waktu luang.

  1. Assasins Creed: Bloodlines

Assasins Creed: Bloodlines adalah sequel dari Assasins Creed versi sebelumnya karena tugas permainannya masih sama. Seperti membunuh secara sembunyi, mengantarkan barang, dan sebagainya.

Alur cerita juga berpusat pada Altair yang berkeliling dari Holy Land ke Cyprus. Agar semakin paham, maka disarankan untuk memainkan versi sebelumnya. Game ini memiliki ukuran hanya 494,5MB.

  1. Del Jam: Fight For Ny

Del Jam merupakan permainan perkelahian satu lawan satu dengan menggunakan nama – nama musisi rapper terkenal. Jika tertarik, kamu bisa mengunduh permainan animasi serangan ini dengan menyediakan penyimpanan sebesar 456,7MB.

  1. Need for Speed: Most Wanted

Sesuai namanyam Need for Speed berfokus pada jenis game balapan mobil online di mana akan ada berbagai kemunculan side quest. Dengan menggunakan smartphone berspesifikasi standar, sudah bisa mengunduhnya pada ukuran 166,4MB.

  1. Tekken

Rekomendasi download game PPSSPP selanjutnya adalah Tekken yang menggunakan sistem fight lebih canggih juga menarik. Tekken 6 merupakan seri terakhir dengan alur cerita masih berpusat pada Jin, Kazuma, Yoshimitsu, dan lainnya.

Dengan menyediakan ruang penyimpanan sebesar 696,1MB, kamu sudah bisa menikmati pilihan multiplayer hingga mode bermain bersama orang lain di dalamnya.

  1. Final Fantasy: Crisis Core

Final Fantasy: Crisis Core merupakan game prequel PSP dan berkutat pada Zack, yaitu karakter yang sangat dikagumi Cloud. Sediakan ruang penyimpanan sebesar 0,9GB agar dapat memainkannya.

  1. Patapon

Rekomendasi berikutnya adalah Patapon dengan konsep permainan berupa strategi serta rythim yang dihancurkan oleh karakter Sony. Ada berbagai pilihan stage game, di mana setiap tingkatnya memiliki kesulitan berbeda – beda.

Semakin tinggi stagenya, maka akan semakin sulit pula cara menyelesaikan misinya. Tantangan tersebut dapat kamu taklukkan dengan cukup menyediakan ruang penyimpanan sebesar 188,1MB.

  1. Shaterred Memories

Rekomendasi download game PPSSPP berikutnya adalah Shaterred Memories dengan karakter utama yaitu Harry Mason. Permainan bernama lain Silent Hill ini bercerita tentang Harry Mason yang mencari anaknya yaitu Cheryl Mason.

Keduanya terpisah karena kecelakaan mobil saat menerjang badai salju. Tugas pemain adalah menyelesaikan misi untuk membantu Harry mencari anaknya. Di tengah permainan akan ada kuesioner yang jawabannya bisa memengaruhi alur ceritanya.

Permainan Shaterred Memories sendiri dikembangkan oleh publisher Konami. Kamu bisa memainkannya dengan menyisakan ukuran penyimpanan sebesar 707,8MB.

  1. Crash of The Titans

Crash of The Titans memiliki julukan lain yaitu Crash Bandicot di mana versi kali ini berbeda dari seri sebelumnya. Fitur combo, health bar, serta lainnya membuat game aksi ini semakin menarik dimainkan.

Agar lebih seru dimainkan, maka kami sarankan agar menggunakan headset bluetooth. Selain itu, sediakan juga ruang penyimpanan sebesar 766MB untuk menampung Crash of The Titans.

  1. GTS: Vice City Stories

Rekomendasi download game PPSSPP selanjutnya adalah GTS: Vice City Stories dengan genre aksi. Jika ingin mengisi waktu luang, game GTS ini sangat seru dimainkan hanya dengan menyediakan ruang sebesar 826,3MB.

  1. Little Big Planet

Rekomendasi terakhir adalah Little Big Planet, dikembangkan oleh publisher Sony. Selain gragisnya terlihat menawan, Little Big Planet juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk bermain game edukasi yang mendidik.

Little Big Planet mengandalkan karakter utama berupa boneka – boneka kecil juga imut. Kamu perlu menyediakan ruang sebesar 1,2GB agar dapat memainkan game PPSSPP menyenangkan ini.

PSP atau PlayStation Portable memang sempat menduduki peringkat tertinggi sebagai permainan yang sangat trend. PSP juga merupakan konsol genggam yang datang terlalu cepat saat zaman itu belum terlalu membutuhkan mobilitas.

Oleh karena itu, Sony hanya mempertahankan PSP sebagai konsol yang dapat digunakan untuk 2 generasi saja. Game – game eksklusif di dalamnya menawarkan berbagai grafis hingga gameplay berkualitas tinggi.

Jika masih ingin bernostalgia dengan segala permainan PSP tidak perlu khawatir. Sebab perkembangan teknologi memudahkanmu memainkan PSP menggunakan emulator pada perangkat Android, PC, ataupun laptop.

Ada berbagai pilihan permainan PPSSPP yang dapat diunduh untuk mengisi waktu luangmu. Kamu dapat mencoba memaikan 10 daftar rekomendasi download game PPSSPP di atas sebagai referensi nostalgia bersama PSP.

download game ppsspp - ppsspp games 2020 download file - ppsspp ゲームダウンロード -