Games: Cara Memainkan PUBG Mobile Korea Tanpa Khawatir di Banned

PUBG Mobile Korea dianggap memiliki daya tarik dibandingkan versi global karena menyediakan banyak item menarik. Beberapa di antaranya bahkan masuk dalam kategori level premium seperti skin, senjata, dan lain sebagainya.

Hanya saja, pengguna di luar wilayah negara tersebut tidak bisa mengakses permainannya karena diblokir oleh pemerintah setempat. Jika kamu tertarik, langkah-langkah di bawah ini bisa menjadi panduan untuk membuka aksesnya.

Cara Memainkan PUBG Mobile Korea dengan Aman di Ponsel

PUBG Mobile Korea

Ada beberapa langkah-langkah yang wajib kamu perhatikan untuk memainkan game tersebut. Mulai dari mengunduh VPN untuk akses server, membersihkan data PlayStore, mengaktifkan VPN untuk mengunduh aplikasi, kemudian login untuk bermain.

  1. Unduh VPN untuk mengakses server Korea

VPN atau Virtual Private Network sangat penting untuk memainkan PUBG dalam versi Korea. Kemampuan utama yang dibutuhkan pemain adalah mengakses server negara tersebut sehingga bisa diidentifikasi sebagai pengguna dalam negeri.

Dengan mengakses server lokal, sistem akan mendeteksi alamat dari VPN tersebut sebagai kawasan regional. Dari sini, kesempatan untuk memainkan PUBG dalam versi Korea maupun Jepang tinggal selangkah lagi untuk berhasil.

  1. Bersihkan data-data PlayStore lama

Sebelum memainkan PUBG Mobile Korea, ada baiknya jika kamu menghapus data-data lama pada PlayStore. Tujuannya adalah membersihkan sistem dari bekas penggunaan lewat server Indonesia agar tidak dicurigai ketika menggunakan VPN.

Cara untuk membersihkan data-data lama tersebut sangat mudah. Tinggal buka ‘Pengaturan’, pilih opsi ‘Manajemen Aplikasi’, pilih ‘Google PlayStore’, kemudian ketuk ‘Hapus Data’, tunggu hingga semua riwayat penggunaan lama hilang sepenuhnya.

  1. Cara mengaktifkan VPN untuk mengunduh aplikasi

Kamu bisa menggunakan VPN apa saja karena fungsinya tetap sama, yakni mencari sambungan akses ke server Korea. Setelah diaktifkan, cari server negara tersebut dan kemudian pilih hingga jaringan ponsel tersambung.

Setelah itu, jalankan PlayStore dan pastikan aplikasinya telah berubah menjadi bahasa Korea. Jika belum, tutup terlebih dahulu kemudian ulangi lagi hingga aplikasi berbahasa Korea kembali muncul untuk mengunduh file PUBG.

  1. Login dan mainkan game seperti biasa

Setelah PUBG Mobile Korea bisa diunduh dengan baik, kamu bisa login dengan menggunakan akun yang telah ada sebelumnya. Namun jika belum memiliki, bisa membuat baru lewat sosial media seperti Facebook.

Saat bermain, pastikan VPN dalam kondisi aktif karena konektivitas game tersebut sangat bergantung pada server. Uniknya, kamu juga tetap bisa bermain dengan rekan-rekan yang menggunakan versi global tanpa adanya pembatasan.

Sekilas Tentang PUBG dan Penyebabnya Diblokir di Wilayah Korea

PUBG Mobile korea diblokir

Sejak peluncurannya pada tahun 2016 silam, PUBG berhasil meraih nama sebagai game mobile paling populer. Padahal, permainan bergenre Battle Royale ini dirilis untuk pertama kalinya dalam versi personal computer (PC).

Namun ketika dikembangkan agar berjalan di perangkat seluler, game tersebut melesat menjadi salah satu permainan yang paling banyak dimainkan. Diterbitkan oleh Tencent Games, opsinya tersedia bagi perangkat Android maupun iOS.

Termasuk PUBG Mobile Korea, pemain di kawasan tersebut pada awalnya bisa mengakses game dengan lancar. Hingga pada akhirnya, versi global dihentikan di sana dan hanya tersedia dalam versi lokal (Korea).

Hal ini kemudian menyulitkan pemain di luar kawasan Korea maupun Jepang untuk mengakses versi kedua negara tersebut. Terlebih, permainan tersebut banyak menyediakan berbagai item premium secara gratis dibanding versi global.

Pelarangan tersebut awalnya dilakukan secara bertahap, yakni memberlakukan pembatasan pada fitur-fitur tertentu untuk versi global. Hingga kemudian, aksesnya benar-benar ditutup sehingga pemain di luar Korea maupun Jepang tidak mendapatkan akses.

Penutupan akses yang terjadi pada PUBG Mobile Korea dipicu oleh kebijakan dalam negeri oleh pemerintah lokal. Di mana Mereka menyatakan bahwa pelarangan aplikasi tersebut karena adanya kekhawatiran soal keamanan negara.

Pelarangan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan 119 aplikasi buatan China lainnya selain PUBG. Meski demikian, para pemain tetap mencari cara agar bisa memainkan versi Korea karena memiliki beberapa kelebihan tertentu.

Keunggulan Versi Korea Dibandingkan PUBG Mobile Global

KeunggulanPUBG Mobile versi Korea
PUBG Mobile Korean version access for outside users extended (image:insidesport.in)

Versi Korea (KR) memiliki beberapa perbedaan dari versi global dan termasuk menjadi keuntungan tersendiri bagi pemain. Beberapa di antaranya adalah kemudahan soal akses, tersedianya skin premium, hingga lebih banyak event.

  1. Bisa diakses oleh regional di negara lain

PUBG Mobile Korea tetap bisa dimainkan oleh regional lain di luar negara tersebut dengan menggunakan bantuan VPN. Pemain harus mengarahkan pengaturan VPN-nya agar bisa masuk ke server Korea atau Jepang.

Sebagai informasi, penggunaan VPN tersebut sangat wajib karena PUBG Mobile dibatasi oleh pengguna di Korea Selatan. Jaringan yang disediakan secara pribadi pada VPN mampu menyembunyikan alamat asli agar menembus restriksi.

  1. Menyediakan lebih banyak skin yang menarik

Bukan rahasia umum jika PUBG versi Korea yang dimainkan lewat Android merupakan pilihan utama bagi kebanyakan gamer. Salah satu alasannya adalah ketersediaan skin hingga item lainnya yang masuk level premium.

Di luar PUBG Mobile Korea, item-item tersebut sangat sulit didapatkan oleh gamer yang memainkan versi global. Selain item, event yang disediakan juga cukup banyak sehingga kesempatan untuk bermain terbuka lebar.

  1. Banyaknya event premium dengan hadiah berlipat

Event premium yang tersedia di sini memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah atau reward bernilai tinggi. Salah satunya adalah mengikuti perayaan ulang tahun PUBG global atau Celebrate the global 1st anniversary.

Hadiahnya adalah medali donkatsu yang bisa digunakan untuk membuka peti reguler, premium, hingga klasik. Misi mingguan juga ditambahkan pada tab misi, sehingga pemain berkesempatan untuk menambah jumlah kepemilikan medali donkatsu.

  1. Mata uang AG diganti dengan medali Donkatsu

PUBG Mobile Korea menggunakan medali donkatsu yang menggantikan Ace Gold (AG) sebagai mata uang utamanya. Meski demikian, fungsinya tetap sama dengan versi global untuk mendapatkan item lewat beberapa peti tertentu.

Hanya saja, medali donkatsu lebih mudah didapatkan dibandingkan koin AG pada versi global. Sangat cocok bagi pemain pemula jika ingin mendapatkan medali donkatsu secara cepat, baik lewat event maupun permainan.

Cara Mendapatkan Medali Donkatsu Secara Cepat dalam Permainan

Donkatsu Medal PUBG

Seperti ulasan sebelumnya, AG (Ace Gold) sebagai mata uang telah digantikan oleh medali Donkatsu pada versi Korea. Fungsinya secara umum tetap sama, yakni untuk membuka beberapa peti klasik maupun premium.

Meski demikian, PUBG Mobile Korea memberikan kemudahan pada pemainnya untuk mendapatkan donkatsu. Cara untuk memperolehnya bahkan dianggap lebih mudah dibandingkan koin AG pada versi global, terutama pada saat-saat pertama bermain.

Pertama-tama, kamu harus memasang aplikasi tersebut dan memainkannya dengan menggunakan VPN untuk pengaturan regional. Arahkan VPN tersebut agar masuk ke dalam server Korea Selatan atau Jepang hingga koneksinya benar-benar tersambung.

Kemudian login dengan menggunakan akun yang dibuat lewat media sosial seperti Facebook misalnya. Selanjutnya atur nama samaran atau nickname, karena hal tersebut menjadi syarat utama selama kamu memainkan game tersebut.

Salah satu kelebihan dari PUBG Mobile Korea adalah, donkatsu medal bisa didapatkan dengan rajin melakukan login. Event seperti ‘Eight Days Login’ bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan donkatsu medal selama 8 hari.

Bisa juga dengan memanfaatkan momen penting seperti Celebrate the global 1st anniversary atau dari inbox. Cara ini cukup mudah dilakukan sehingga pemain pemula sekalipun, memiliki kesempatan untuk mengumpulkan donkatsu medal.

Jika dirasa telah cukup, donkatsu medal tersebu bisa digunakan untuk mendapatkan item dari peti premium atau klasik. Isinya sangat beragam dan rata-rata cukup unik hingga mahal seperti skin hingga senjata.

Tidak mengherankan jika PUBG Mobile Korea banyak diminati oleh pengguna meski harus menggunakan VPN untuk memainkannya. Salah satu pertimbangannya adalah kemudahan dalam mendapatkan donkatsu medal, untuk mendapatkan item-item kelas premium.

Tips Bagi Pemula Agar Mampu Memenangkan Permainan di PUBG

Strategi merupakan kunci utama untuk memenangkan permainan Battle Royale seperti PUBG. Sebagai pemain, kamu dituntut untuk tetap bergerak seefektif mungkin agar bisa mengincar lebih banyak musuh dan mengalahkannya secara senyap.

Teknik terbaik untuk strategi ini adalah bersembunyi di tepi lingkaran biru karena risikonya terbilang sangat minim. Bukan bermaksud curang, hal ini dianggap sebagai salah satu bentuk bertahan dari serangan musuh.

Gamer yang memainkan PUBG Mobile Korea mungkin menerapkan strategi serupa karena dianggap minim ancaman dari lawan. Dari sana, mereka bisa menyusun strategi sambil mengalahkan beberapa musuh yang tidak mencurigai keberadaannya.

Strategi lainnya yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan medan di sekitar sebagai lokasi perlindungan. Hal ini sama efektifnya dengan memanfaatkan bangunan seperti tembok atau dinding, serta semak-semak agar tidak mudah terlihat.

Jangan lupa untuk menggunakan rompi anti-peluru hingga helm baja level 3 sebagai proteksi diri. Keduanya sangat penting dan efektif digunakan ketika melawan musuh dengan keahlian tinggi agar tidak mudah dikalahkan.

Game Alternatif Lainnya yang Bisa Dipilih Selain PUBG

call of duty Mobile

Namun jika kamu tidak tertarik dengan PUBG Mobile Korea, tidak perlu khawatir karena bisa memainkan alternatif game lainnya. Beberapa judul di bawah ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

  1. Call of Duty Mobile

Call of Duty: Mobile besutan Activision mungkin menjadi kompetitor terbesar bagi PUBG Mobile. Salah satu kelebihannya adalah tingkat grafis maupun gerakannya lebih detail serta halus dari versi asli pada PC.

Gim ini menawarkan mode battle royale yang mampu menyajikan hingga 100 orang pemain. Pilihannya adalah solo player (bermain) sendiri, atau dalam tim berisi dua orang, hingga regu sebanyak empat orang.

  1. Apex Legends

Alternatif lainnya dari PUBG Mobile Korea yang bisa dicoba adalah Free Fire dengan genre Battle Royale. Sama seperti COD Mobile, game tersebut menawarkan mode solo player hingga tim ketika bermain.

Salah satu daya tariknya adalah Clash Squad, yang merupakan mode deathmatch 4V4 sebanyak tujuh ronde. Sebagai pemain, kamu harus tergabung dalam tim dan wajib memenangkan setidaknya empat ronde selama permainan.

  1. Fortnite Battle Royale

Bisa dibilang, popularitas Fortnite terbangun seiring dengan diluncurkannya PUBG sejak beberapa tahun lalu. Game ini dirilis oleh Epic Games pada 2017 dan sukses meraih beberapa penghargaan seperti The Game Awards.

Fortnite merupakan game alternatif PUBG Mobile Korea yang bisa menjadi pilihan. Hanya saja, tampilan grafisnya cenderung terlihat seperti animasi, alih-alih memperlihatkan karakter secara realistis sebagaimana genre Battle Royale pada umumnya.

Genre Battle Royale pada saat ini telah menjadi pilihan utama bagi game yang dimainkan di ponsel. Rata-rata para pengembangnya menawarkan keunggulan seperti tampilan grafis hingga mode peperangan sebagai daya tariknya.

Ke depannya, game dengan genre di atas tentu akan semakin banyak dan terus dikembangkan sedemikian rupa. Salah satunya adalah keberadaan game seperti PUBG Mobile Korea yang tetap menarik untuk dimainkan.