Sound Of Text Wa, Begini Cara Membuat dan Keunggulannya
Cara Membuat Sound Of Text Wa

Sound Of Text Wa, Begini Cara Membuat dan Keunggulannya

Sound of text WA termasuk sebuah platform yang sering digunakan sebagai pengubah teks menjadi file suara tertentu. Konsep dari platform ini sebenarnya hampir sama dengan text to sound yang telah banyak ditemukan di internet.

Meskipun begitu, platform ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform lainnya. Di mana para penggunanya tidak harus mengandalkan aplikasi tambahan sama sekali, sehingga dinilai jauh lebih ringkas.

Review Tentang Sound of Text WA

whatsapp original

Saat ini trend sound of text semakin membaik, karena banyak aplikasi. Salah satunya Tiktok yang menggunakan platform ini untuk dijadikan sebagai tambahan konten.

Bahkan, platform ini sendiri secara langsung sudah menyediakan fitur yang membuat penggunanya bisa mengubah teks menjadi suara secara langsung. Hal ini berarti, kamu tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dengan menggunakan platform ini, video yang berada di dalam Tiktok bisa langsung diberi narasi unik dan font yang berbeda. Jadi sound of text WA yang keluar pada platform ini sangat mirip dengan suara yang dihadirkan dari Google.

Video yang ada pun menjadi lebih disukai, bahkan memiliki aksen komedi yang bagus di dalamnya. Melalui platform inilah, tren tambahan teks unik akan semakin meningkat sehingga banyak yang menggunakannya untuk mengubah suara tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengubah sound of text WA, maka bisa menggunakan beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan. Tenang aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.

Cara Membuat Teks Suara WhatsApp

Sebetulnya, tidak terlalu sulit untuk membuat teks suara WA yang satu ini. Namun, kamu tetap harus memperhatikan bagaimana pengucapan yang dilakukan, pada mesin pengubah text menjadi suara tersebut.

Dalam membuat teks suara, ada berbagai macam situs atau aplikasi yang dapat digunakan. Hanya saja, dalam menggunakannya harus sesuai dengan jenis suara yang ingin dihasilkan.

1. Teks Suara Korea

soundoftext

Pada zaman sekarang, ada banyak sekali yang sedang menggandrungi berbagai hal terkait korea. Tidak jarang, banyak orang ingin membuat notifikasi dengan sesuatu yang berkaitan dengan Korea.

Bahkan, ada yang memanfaatkan ketenaran tersebut dengan membuat sound of text WA khas Korea dijadikan sebagai notifikasi. Hal ini berarti yang keluar dari WhatsApp, dilengkapi dengan native speaker orang Korea asli.

Jadi tidak heran, jika teks suara WA sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk nada dering maupun Tik tok. Terlebih lagi, suara yang akan dihasilkan juga bisa dibuat mirip sama dengan oppa Korea. Bagi kamu yang tidak mengetahui cara membuatnya, silahkan ikutilah langkah – langkah di bawah ini:

  • Pertama, kamu harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu melalui soundoftext.com
  • Berikutnya, isilah kolom yang telah disediakan dengan text yang ingin diubah ke suara.
  • Misalnya saja “Ada pesan masuk diterima dan segera dibuka, kamsahamnida”. Selanjutnya, kamu dapat menggantikan sound of text WA dengan menggunakan “Korean”. Lalu pilihlah “Submit”.
  • Nantinya, situs secara otomatis akan memproses teks yang sudah dimasukkan. Berikutnya, install notif WhatsApp suara google yang sudah tersedia.

Sebenarnya, kamu juga dapat memilih menu play agar bisa langsung memutar hasilnya tersebut. Pada situs ini, terdapat berbagai jenis suara yang bisa digunakan.

Apabila teks yang digunakan berbahasa Indonesia, maka kamu bisa memilih voice dalam bahasa Indonesia. Hal ini bertujuan agar sound of text WA yang kamu miliki lebih jelas.

2. Teks Suara Jawa Timur

voice of text

Sedikit berbeda dengan situs yang sudah disebutkan sebelumnya, apabila kamu ingin menggunakan situs ini maka disarankan memasukkan teks Jawa. Hal ini dilakukan agar suara yang dihasilkan memiliki logat yang medok atau jelas.

Suara yang keluar dapat dipastikan sama dengan orang dari suku Jawa yang sedang berbicara. Bahkan, ada yang dapat memasukkan teks dengan nada ejekan khas dari Jawa Timur.

Hanya saja, situs yang nanti kamu gunakan hanya bisa untuk membuat suara dengan teks yang terbatas. Situs seperti ini hanya mempersiapkan 250 karakter sampai 3 kalimat pendek saja.

Cara pembuatan sound of text WA ke dalam bahasa Jawa sama dengan sebelumnya. Hal yang membedakannya hanya situs yang digunakan saja. Kamu hanya perlu memasukkan teks ke kolom yang sudah tersedia.

Selanjutnya, tekanlah tombol konversi yang sudah disediakan. Selanjutnya, tidak lupa preview agar tahu hasilnya sesuai dengan keinginan atau belum. Agar kamu semakin paham, berikut ini beberapa langkah – langkah yang bisa diikuti.

  • Pertama, kamu bisa mengunjungi situsnya terlebih dahulu di voice text.com. Selanjutnya, bisa menambahkan teks di kolom yang sudah disediakan.
  • Untuk suaranya bisa kamu ubah menjadi javanese (Indonesia) pada pilihan yang sudah disediakan. Selanjutnya, tinggal pilih “Convert to Voice”.
  • Terakhir, kamu harus menekan ikon install. Secara otomatis, audio yang ada sound of text WA ke bahasa Jawa atau Sunda akan langsung tersimpan di perangkat.
  • Setelah terinstall, maka kamu bisa menggunakan suara tersebut untuk notifikasi WhatsApp yang masuk. Jadi WhatsApp Kau jauh lebih berwarna dengan notifikasi tersebut.

Cara Mengubah Teks Suara Lucu

Selain, cara mengubah teks suara yang ada diatas. Berikut ini sudah ada beberapa cara untuk mengubah teks suara WhatsApp yang lucu.

1. Suara Teks Bayi

WA sound suara bayi

Apabila kamu ingin membuat suara bayi untuk notifikasi WhatsApp. Maka bisa menggunakan situs yang ada di bawah. Suara bayi ini memang terkenal sangat lucu dan unik dibandingkan dengan lainnya.

Sehingga banyak sekali orang yang memanfaatkannya suara unik tersebut untuk dijadikan sebagai nada dering dering WhatsApp. Kamu bisa langsung mengakses situs ini, melalui Google Chrome yang sudah didownload di ponsel.

👉 TRENDING:  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yg Sudah Dihapus Dengan Mudah dan Cepat

Selanjutnya, tinggal mengetik sound of text WA yang ingin diubah jadi suara. Tersedia berbagai macam pilihan suara tinggal yang kamu pilih. Agar lebih jelas, ikutlah beberapai tutorial yang ada di bawah ini :

  • Pertama, kamu bisa langsung mengakses situs yang bernama voicemaker.in melalui mesin pencari perangkat masing – masing. Selanjutnya, masukkanlah teks di kolom yang telah tersedia.
  • Berikutnya, pilihlah suara yang diinginkan dengan ceklis suara tersebut, misalnya saja “Ivy female Child”. Kemudian, kamu bisa langsung memilih “Convert to Speech”.
  • Terakhir, kamu tinggal Indra audio tersebut melalui perangkat smartphone masing – masing. Kelemahan dari situs ini, ada berbagai suara yang bersifat premium.

Kamu harus bisa berlangganan terlebih dahulu untuk mendapatkan suaranya. Berbeda halnya, dengan situs sebelumnya yang bisa digunakan gratis tanpa harus membayar.

Walaupun perlu membayar, situs sound of text WA ini namun tetap ada banyak keunggulan. Di mana para penggunanya dapat menikmati berbagai macam fitur yang tidak diberikan di situs lain.

Jika dilihat dari tampilannya, situs ini memiliki interface yang lebih mudah dipahami. Bahkan, bagi kamu yang baru mengaksesnya. Jadi, kamu tidak harus kecewa bila sudah berlangganan di situs ini.

2. Teks Suara Spongebob

suara spongbob untuk wa

Sama seperti namanya, bila kamu ingin menggunakan situs ini maka suara yang keluar akan sama dengan tokoh kartun populer SpongeBob. Tidak hanya tokoh utamanya saja, situs ini telah menyediakan akses ke berbagai suara tokoh lain melalui film kartun.

Hanya saja hal yang paling penting, menggunakan bahasa Inggris saat memasukkan teks ke dalam situsnya. Kamu bisa menggunakan text dalam bahasa Inggris, jadi suara yang dihasilkan terlihat lebih sempurna.

Hal ini berarti, suara yang didapatkan menjadi lebih mirip seperti tokoh di siaran televisi. Bahkan, lebih cocok bila dijadikan sebagai nada dering. Agar lebih mudah membuatnya, kamu bisa menggunakan tutorial berikut ini:

  • Pertama, kamu bisa membuka langsung browser dan mengunjungi situs https://fakeyou.com terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkanlah text di kolom yang telah tersedia.
  • Kemudian, kamu bisa mengganti suara dengan menggunakan pilihan Spongebob. Selanjutnya, pilihlah “Speak”.
  • Terakhir, kamu tinggal install saja audio yang sudah dihasilkan tersebut. Jadi kamu lebih mudah membuat sound of text WA yang sama dengan kartun Spongebob.
  • Bagi kamu yang suka dengan film kartun ini dapat menggunakannya untuk nada dering. Jadi suara notifikasi kamu lebih unik dan berbeda dari lainnya.

Cara Mengubah Teks Suara Cowok

Cara Mengubah Teks Suara Cowok

Agar text yang kamu masukan berubah menjadi suara cowok, maka bisa langsung menerapkan cara berikut ini. Hal ini dilakukan agar kamu memperoleh suara yang diinginkan.

Umumnya, suara cowok tidak lebih tinggi dengan aksen yang kuat. Suara cowok yang nantinya dihasilkan bisa langsung digunakan sebagai sound atau notifikasi WhatsApp. Berikut ini sudah ada beberapa tutorial cara menggunakan sound of text WA yang dapat diikuti.

  1. Pertama, kamu harus masuk langsung ke dalam situs freetts.com terlebih dahulu. Selanjutnya, cari kata yang ingin diubah menjadi audio dan tentukan voice.
  2. Kemudian, pilihlah “Cover” dan install hasil yang sudah muncul di situs. Sebetulnya, situs populer ini memiliki berbagai macam fitur yang tergolong sangat lengkap.

Jadi wajar saja, jika tidak hanya memberi suara cowok saja. Terdapat banyak suara lain yang dapat kamu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya masing – masing.

Cara Mengganti Notifikasi WhatsApp

cara mengganti notifikasi whatsapp

Apabila audio sudah tersimpan di folder, maka bisa menggunakan tutorial berikut. Kamu bisa mengganti notifikasi WhatsApp menjadi audio dari hasil sound of text WA yang dihasilkan. Bagi yang masih pemula, maka bisa langsung menggunakan tutorial berikut.

  1. Pertama, masuklah terlebih dahulu ke aplikasi WhatsApp yang digunakan. Selanjutnya, pilihlah opsi menu titik tiga di bagian kanan atas.
  2. Selanjutnya, kamu bisa pilih Setting dan pilih notifikasi. Kemudian, kamu bisa mengakses masuk ke opsi perpesanan atau Message.
  3. Selanjutnya, pilihlah audio yang sudah didownload sebelumnya. Pada saat, notifikasi WhatsApp yang kamu miliki sudah diubah bisa menggunakan audio yang sebelumnya.

Kamu juga bisa mengganti nada dering Whatsapp dengan mudah di semua jenis HP Android Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi dan lainnya.

1. Keunggulan Teks Suara Bahasa Indonesia

Selain memiliki banyak sekali pilihan bahasa yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Saat ini sudah ada keunggulan yang ditawarkan sound of text WA. Di bawah ini beberapa keunggulan yang biasa ditawarkan pada situs ini :

2. Situs Gratis

Saat ini, sudah banyak sekali situs teks yang bisa dipilih. Hal yang paling membedakan, seluruh situs tersebut bisa digunakan secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Jadi, siapapun yang ingin sekali menggunakan situs ini bisa melakukannya. Kamu tidak perlu repot – repot membayar situsnya.

3. Situs Mudah digunakan

Kehadiran tampilan yang ada di situs tergolong sangat sederhana. Jadi kamu akan lebih mudah mengaturnya, jika ingin memakainya. Bahkan, kamu bisa langsung mendapatkan nada dering keren untuk notifikasi WhatsApp. Kamu hanya perlu mendownload situsnya saja dengan mudah.

Cara Install File Audio Teks Suara

Bagi kamu yang Install file audio sound of text WA, tidak akan langsung kesulitan. Hal ini karena caranya cukup mudah, kamu perlu mengakses situs tertentu pada sound yang telah diberikan saja.

Berikutnya, kamu bisa mempersiapkan kalimat yang ingin dijadikan sebagai nada dering WhatsApp. Secara otomatis, akan langsung muncul file audio yang dijadikan nada dering selanjutnya. Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan suara teks Bahasa Indonesia, maka bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Pertama, yang harus kamu lakukan, dengan masuk ke aplikasi pesan di Handphone masing – masing saja. Kemudian, pilihlah menu titik tiga yang berada di pojok sebelah kanan atas WhatsApp.
  2. Selanjutnya, kamu tinggal masuk ke pilihan Pengaturan. Kemudian, pilih notifikasi dan SIM nada notifikasi yang ingin diatur. Kemudian, pilihlah opsi suara tersebut.

Cara mencari nada dering sound of text WA yang sudah dipindahkan ke folder ringtones sama seperti biasanya. Bagi kamu yang ingin sekali membuat suara teks ini, sebetulnya cara yang harus dilakukan sangat mudah.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memahami bagaimana cara untuk membuat teks suara tersebut. Apalagi untuk voice tertentu yang tidak bisa ditemukan satu situs sama.

👉 TRENDING:  Aplikasi WhatsApp Offline

Pada akhirnya, teks yang nantinya keluar menjadi tidak sempurna dengan apa yang diinginkan. Bahkan, suara yang nantinya akan dihasilkan menjadi lebih aneh dan tidak enak didengar.

Hanya dengan menggunakan cara yang ada di atas, kamu bisa langsung menggunakan sound of text WA unik dari berbagai jenis teks yang tersedia. Selanjutnya teks bentuk suara tersebut dapat disimpan ke dalam bentuk WAV atau juga mp3.

Bisa juga digunakan sebagai notifikasi tambahan yang keluar dari WhatsApp. Menurutmu bagaimana, apakah mau memakai situs ini untuk membuat sound of text yang kamu inginkan? Jika iya, gunakan tutorial di atas supaya lebih paham.

Hal ini karena kepopulerannya, tidak heran jika saat ini ada banyak situs sound of text WA yang bermunculan di internet. Tentunya dengan berbagai fitur dan keunggulan yang berbeda – beda. Gunakanlah salah satunya dan manfaatkan fitur tersebut dengan baik. Agar WhatsApp milikmu beda dari temanmu atau saudara.

Teks Suara iPhone Unik

Teks Suara iPhone WA

Bagi kamu yang masih penasaran ingin menjadikan pesan teks sebagai pesan suara yang menarik di nada notifikasi WhatsApp. Maka kami akan membahas beberapa daftar sound of text WhatsApp yang wajib diperhatikan langkah pengubahannya.

Teks Suara ini termasuk nada dering yang dimiliki oleh perangkat iOS atau iphone. Bagi kamu yang tidak mempunyai iOS dan tertarik dengan suara – suara yang dimilikinya.

Maka bisa langsung mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah. Teks Suara ini tidak hanya bisa digunakan untuk iPhone saja namun Android juga.

  1. Pertama, kamu harus bisa masuk ke dalam situs web soundoftext.com yang sudah tersedia. Selanjutnya, pilihlah opsi bahasa Inggris maupun Indonesia pada menu yang bertuliskan Voice.
  2. Kemudian, bisa langsung memasukan sound of text WA iphone pada kolomnya. Selanjutnya, bisa melakukan Tap pada menu Tombol Submit.
  3. Jika semuanya telah kamu lakukan maka tinggal Klik menu Submit. Kemudian, kamu bisa langsung Play yang sudah tersedia di menu bagian bawah.
  4. Terakhir, kamu tinggal klik tulisan Unduh agar bisa mendapatkan nada dering iOS. Selesai dan selamat menikmati semua suara menariknya.

Mengubah Teks Suara Korea

Sound of text WA yang satu ini, sebetulnya dikhususkan bagi orang suka berbagai hal tentang Korea. Hal ini tentunya sudah tidak akan asing lagi terdengar.

Jika kamu menggunakan situs yang satu ini tentunya akan lebih mudah mendapatkan suara menarik sesuai khas logat korea. Suara unik ini bisa kamu jadikan sebagai notifikasi di Hpmu. Misalnya untuk notifikasi panggilan masuk, pesan yang masuk atau dering alarm.

Agar kamu tidak penasaran cara mendapatkan sound of text WA ini untuk dijadikan sebuah notifikasi. Berikut ini sudah ada beberapa langkah terkait cara pengolahannya, yaitu:

  1. Langkah yang pertama, kamu harus segera membuka situs di browser masing – masing yang sudah dimiliki. Mulai dari Google, Mozilla, Firefox, dan lain sebagainya.
  2. Langkah kedua, kamu bisa menentukan bahasanya, yakni Korea pada bagian Voice. Setelah itu, kamu bisa memasukan text/tulisan yang ingin diubah menjadi suara korea dari bahasa Indonesia, Korea, atau Inggris.
  3. Kemudian, lanjutkan dengan menekan tulisan Submit. Kemudian, kamu bisa Klik Play tepat di bagian kolom tersedia agar bisa memutarnya, atau langsung mengunduhnya untuk segera dipasang dijadikan nada WhatsApp.

Mengubah Suara Teks Anak – anak

Selanjutnya, untuk membuat pesan sound of text WA yang menarik. Kamu dapat menggunakan sound yang satu ini, karena terbilang unik. Disini untuk penggunaannya, biasanya akan memanfaatkan robot yang mengeluarkan suara seperti anak – anak.

Hal ini tentunya akan menarik untuk kamu gunakan. Apalagi jika diperhatikan sebagian besar suara teks Google ini, umumnya hanya menyajikan suara dari para wanita saja. Bagi kamu yang ingin sekali mengetahuinya caranya ada di bawah in:

  1. Awalnya, kamu harus bisa membuka situs https://voicemaker.in/. Pada dalam kolom yang berbunyi Language And Regions kamu harus bisa memilihnya dengan berbahasa Indonesia.
  2. Caranya, kamu bisa menekan Henry atau Box David dengan seragam Male di dalam kolom Voices. Disana kamu bisa langsung mengetik tulisan yang diinginkan atau diubah menjadi suara.
  3. Kemudian, bisa langsung simpan suaranya bila ingin dijadikan nada pemberitahuan di WhatsApp.

Membuat Nada Menggunakan Teks Suara Wanita

Apabila kamu ingin membuat nada sound of text WA yang mengeluarkan suara robot Google. Bahkan, ada ciri khasnya tersendiri alami dan sama dengan orang asli Indonesia.

Disini akan kami membahas beberapa solusinya dan cara ini paling disarankan bagi pengguna WhatsApp. Sound ini dapat kamu gunakan dan sangat direkomendasikan untukmu. Apalagi saat ini sudah ada ada bantuan dari tools botika online. Jadi kamu lebih mudah untuk membuat suara teks WhatsApp perempuan.

Suara teks ini akan begitu alami dengan adanya dukungan teknologi canggih Neural Network yang tersematkan di dalam botika text to speech. Untuk informasinya kamu bisa langsung menyimak pembahasan berikut ini.

  1. Sama seperti dengan cara yang lainnya, kamu harus masuk terlebih dahulu pada salah satu situs diatas terlebih dahulu. Kemudian, silahkan kamu langsung masukan sound of text WA di dalam kolom Text To Speech.
  2. Disini kamu bisa menentukan berbagai gaya bicara dari suara perempuan yang diinginkan. Hal ini berguna sebagai nada perempuan dengan Tone yang cepat.
  3. Bahkan, kamu disini bisa memilih opsi Youngster Fast Female 2. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan melakukan Klik Kotak Captcha.
  4. Hal ini dilakukan untuk melakukan verifikasi bahwa kamu bukanlah robot secara otomatis.
  5. Terakhir, kamu bisa langsung Klik Play untuk segera kamu mengecek sound of text WA yang sudah dijadikan sebagai nada hasil konversi. Selanjutnya, kamu bisa langsung Klik Download untuk memperoleh mentahan dari file Mp3 nya.

Suara Teks Bahasa Sunda

Suara Teks Bahasa Sunda

Agar kamu bisa menghasilkan sebuah nada suara Google yang berbahasa Sunda. Maka kamu tidak bisa langsung menginstalnya langsung seperti cara yang lainnya.

Hal ini dikarenakan lantaran sound of text WA speech generator yang akan kamu gunakan adalah Google Translate. Jadi biasanya tidak akan tersedia opsi pengunduhan.

👉 TRENDING:  Cara Share Lokasi Lewat Whatsapp, Nggak Bakalan Lagi Nyasar!

Oleh karena itu, diperlukan adanya tambahan dari tools atau aplikasi pihak ketiga. Namun, hal ini dilakukan agar bisa merekam suara Google yang berbahasa Sunda.

  1. Pertama, kamu bisa langsung mengakses Google Translate yang berbahasa sunda. Kemudian, bisa langsung melanjutkannya untuk segera menuliskan sound of text WA bahasa sunda yang akan diubah ke dalam suara sesuai keinginan.
  2. Selanjutnya, kamu bisa membuat alat rekamannya seperti suara pada situs https//onlinevoicerecorder.com. Lalu Klik Tombol Record dengan cara Tap Icon Mic yang berwarna merah.
  3. Kemudian, kamu bisa menekan kembali tulisan Mic 2 pada kolom yang berbahasa Sunda melalui situs Google Translate. Selanjutnya, kamu bisa install File M3 dengan Tools Online dan Klik Save.
  4. Kemudian, kamu bisa langsung save file tersebut ke dalam perangkat Smartphone untuk dilakukan pemasangan segera menjadi ringtone WhatsApp.

Teks Suara Naruto

teks suara naruto

Agar kamu bisa mengetahui suara Google selanjutnya, sebaiknya memanfaatkan suara tokoh – tokoh anime. Meskipun banyak sekali dari pengguna yang saja menjadikan tulisannya sebagai bunyi anime dari Naruto.

Namun saat ini belum tersedia untuk penggunaannya sound of text WA. Sebagai alternatifnya, kamu bisa langsung melakukan percobaan dengan menggunakan suara dari jenis kartun maupun tokoh anime Jepang.

Misalnya saja, dari tokoh vegeta, goku, hingga yami yugi. Dibawah ini kamu bisa langsung memperhatikan dengan baik cara membuat teks menjadi suara tokoh anime, yaitu:

  1. Cara pertama, kamu bisa langsung membuka dan akses situs alamat berikut https://vo.codes/. Kemudian, kamu bisa memilih opsi Anime and Cartoon pada menu DropDown posisinya yang ada di atas.
  2. Selanjutnya, segera langsung menentukan suara tokoh anime yang ingin kamu jadikan sebagai nada. Kamu juga bisa memilih sound of text WA yang mirip dengan memilih Vegeta.
  3. Kemudian, kamu bisa langsung mengetik teks yang ingin dibuat menjadi suara Naruto pada paling bawah di kolom yang tersedia.
  4. Kemudian, lanjut rekam suara dengan menggunakan Tools online voice=>recorder.com, seperti cara yang telah dibahas. Kemudian, bisa langsung klik tulisan Speak untuk memperoleh suara Naruto dari text yang telah dimasukan.
  5. Kemudian, kamu bisa langsung menyimpan file Mp3, caranya dengan menginstal dari situs web online=>voice=>recorder.com.

Kamu dapat menggunakannya secara bebas pilihan sesuai kalimat yang diinginkan. Penggunaan sound of text WA yang akan dijadikan sebagai salah satu nada dering benar – benar tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.