Cara Mendaftar Akun Google Baru di Hp Android
Cara Mendaftar Akun Google

Cara Mendaftar Akun Google Baru di Hp Android

Memiliki akun Google adalah cara yang bagus untuk mempersonalisasi perangkat seluler Anda, sehingga Anda langsung terhubung ke semua hal yang penting bagi Anda. Ini adalah identitas Anda di ekosistem Google.

Membuat akun Google cepat dan sederhana, dan Anda dapat melakukannya langsung di ponsel Anda. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah tentang cara mendaftar akun Google baru di perangkat seluler Android.

Cara mengatur akun Google baru

Membuat akun Google memiliki kelebihan. Seperti yang kami rangkum dari lama uponsel.com, sistemnya akan secara otomatis menyinkronkan data termasuk pengaturan browser, pengaturan pengisian otomatis, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengakses Google Play Store. Mari kita lihat beberapa persyaratan dasar.

Persyaratan Pembuatan Akun Google

Untuk membuka Akun Google, Anda harus berusia 13 tahun ke atas, dan Anda harus memasukkan informasi spesifik untuk memverifikasi identitas Anda. Ini diperlukan dan digunakan untuk memastikan keamanan akun Anda.

Google memiliki beberapa ketentuan layanan yang mengharuskan pengguna berusia minimal 18 tahun, termasuk pada YouTube dan Google Pay. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Family Link untuk mendaftar Akun Google baru untuk anak Anda yang berusia di bawah 13 tahun. Untuk mengatur otentikasi dua faktor untuk akun Anda, Anda juga harus memberikan nomor telepon Anda untuk verifikasi melalui pesan teks atau panggilan suara.

Membuat Akun Google itu Sederhana. Berikut Cara Melakukannya:

  • Di perangkat Anda, buka Setelan play> Akun & Cadangan > Kelola Akun.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Tambah Akun. Pilih Google dari daftar. Jika pengenalan pola/biometrik diaktifkan, Anda harus membuka kunci ponsel terlebih dahulu.
  • Pada layar login, klik Buat akun, lalu pilih “Untuk Saya” dari daftar drop-down.
  • Anda harus memasukkan informasi pribadi Anda seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda. Klik Berikutnya.
  • Kemudian memilih alamat Gmail berdasarkan nama Anda. Anda dapat memilih salah satu saran atau membuat alamat unik. Pilih Berikutnya.
  • Untuk melindungi akun Anda, Anda harus menyiapkan kata sandi yang kuat dan menambahkan nomor telepon Anda ke akun Google Anda. Ini berguna untuk menyiapkan dan mengatur otentikasi dua faktor untuk akun Google Anda. Pilih Ya, saya berlangganan.
  • Anda juga dapat memilih apakah akan menambahkan nomor Anda hanya untuk tujuan keamanan, atau menggunakannya di seluruh layanan Google. Untuk melakukan ini, klik Opsi lainnya dan pilih opsi yang diinginkan.
  • Pada halaman berikutnya, baca syarat dan ketentuan layanan dan klik Saya setuju untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Langkah Apa yang harus di lakukan setelah membuat akun Google?

gmail di hp android

Anda memiliki akun Google, tetapi bagaimana sekarang? Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan akun Anda aman, efisien, dan pribadi. Berikut langkah-langkahnya

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Untuk menjaga keamanan informasi Anda, Anda dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) untuk akun Google Anda.

Saat Anda masuk ke akun Gmail dari perangkat baru, Google akan mengirimkan peringatan keamanan masuk jika mendeteksi aktivitas yang berpotensi berbahaya di akun Anda. Ini dirancang untuk menjaga Anda tetap aman dari akses tidak sah ke serangan malware dan aktivitas mencurigakan lainnya.

Dengan autentikasi dua faktor (2FA), Anda harus memasukkan kode tambahan setiap kali Anda masuk ke akun dari komputer atau perangkat baru, atau setelah beberapa saat tidak aktif. Untuk melakukannya, ikuti cara yang disebutkan di bawah ini:

  • Di perangkat Anda, buka Setelan > Akun & Cadangan > Kelola Akun.
  • Pilih akun Anda yang baru dibuat dari daftar dan klik Akun Google.
  • Pada tab Beranda, Anda akan diminta untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Klik untuk kembali.
  • Selanjutnya, buka akun Google Anda di browser hp Anda, kemudian Klik Mulai.
  • Untuk memastikan bahwa Anda menerima kode verifikasi dua langkah, Anda perlu menambahkan nomor telepon ke akun Google Anda. Klik Lanjutkan dan tambahkan nomor telepon. Putuskan apakah Anda ingin menerima kode 2FA melalui pesan teks atau panggilan.
  • Atau, Anda dapat mengklik opsi “Gunakan cadangan lain” untuk menerima satu set kode satu kali untuk mengakses akun Google Anda.
  • Masukkan OTP yang Anda kirim dan klik “Next” untuk mengaktifkan 2FA dan menyalakannya.

Anda juga dapat mengakses akun Anda melalui perintah Google di perangkat yang ditautkan. Anda bahkan dapat menggunakan opsi lain yang tersedia seperti Layanan Otentikasi dan Kunci Keamanan.

Tinjau pengaturan keamanan dan izin aplikasi Anda

Setelah membuat akun Google, Anda harus secara berkala memeriksa tab Keamanan untuk aktivitas mencurigakan dan memantau akses ke aplikasi. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update aplikasinya dari Google Play Store agar tidak gambar error, berikut adalah beberapa tips cepat.

  • Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang pengaturan keamanan perangkat Anda dengan masuk ke bagian Rekomendasi Keamanan dan mengklik “Lindungi akun Anda”. Tambahkan email pemulihan di sini.
  • Untuk meninjau aktivitas keamanan Anda, buka Keamanan > Aktivitas keamanan terkini > Tinjau aktivitas keamanan.
  • Untuk mengelola perangkat tertaut Anda, buka Keamanan > Perangkat Anda > Kelola Perangkat.
  • Anda mungkin juga ingin mengelola aplikasi yang telah dikaitkan dengan Akun Google Anda. Untuk melakukannya, buka beranda akun Google > Keamanan > Aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke akun. Ini akan membuka daftar aplikasi yang memiliki akses ke akun Anda. Jika Anda mengetuk salah satu aplikasi ini dan menggulir ke bawah, Anda akan melihat izin apa pun yang saat ini tersedia untuk aplikasi itu. Anda dapat mencabut izin ini dengan mengeklik aplikasi dan memilih Cabut Akses.

Sinkronkan data Anda dengan akun Google Anda

Salah satu hal terpenting yang ingin Anda lakukan adalah menyinkronkan data Anda dengan akun Google Anda. Dengan cara ini, jika Anda kehilangan perangkat atau kehilangan data penting, Anda akan selalu bisa mendapatkannya kembali dari perangkat lain.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Akun dan Cadangan > Kelola Akun. Klik pada akun Google yang Anda inginkan, dan pilih data yang ingin Anda sinkronkan, seperti kontak, kalender, dan email

Jika Anda belum melakukannya, Anda harus menyiapkan email pemulihan dan/atau nomor telepon. Ini digunakan jika Anda lupa kata sandi dan tidak dapat mengakses akun Anda, atau jika Anda mengunci diri dari akun tersebut. Anda dapat memasukkan informasi ini di dasbor Akun Google Anda di bawah Informasi Pribadi > Informasi Kontak.

Akses akun Google Anda di mana saja

Memiliki akun Google memudahkan untuk berpindah perangkat, cukup masuk dengan akun Anda yang ada dan ini dia – pengaturan aplikasi, preferensi, dan data lainnya akan langsung ada di ponsel Anda. Tentu saja, kebanyakan orang akan memiliki tangan penuh untuk menyiapkan perangkat Android baru. Kami berharap tips di sini akan membuat pengalaman Android Anda lebih mudah dan menyenangkan.