7 Cara Yang Benar Memilih Laptop Sesuai Kebutuhanmu
cara memilih laptop

7 Cara Yang Benar Memilih Laptop Sesuai Kebutuhanmu

Kesalahan yang Anda lakukan saat memilih laptop tidak bisa dianggap remeh. Ini mungkin mengabaikan pekerjaan Anda. Kemungkinan lain adalah Anda mungkin harus membeli laptop lain untuk tetap bekerja.

Bagaimana memilih laptop sesuai dengan kebutuhan Anda?

Ada banyak hal yang membedakan kebutuhan setiap orang. Pertama, mungkin karena jenis pekerjaan yang dia lakukan. Kedua, bisa dari mobilitas mereka sehari-hari. Selain itu, masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kebutuhan seseorang akan laptop.

Namun, secara umum, beberapa metode yang layak untuk memilih laptop yang tepat, dan tergantung pada kebutuhan kita:

Pahami dulu kebutuhannya

Namun, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apakah Anda membutuhkannya untuk bekerja, sekolah, kuliah, atau apa pun? Bahkan untuk bekerja, tentunya perlu memperhatikan jenis dan beban kerja.

Misalnya untuk pekerja yang biasanya bekerja dengan file berupa tabel Microsoft Excel atau Google Sheets. Memilih laptop kecil dengan RAM yang cukup sepertinya sudah cukup.

Bahkan jika Anda biasanya menggunakan suite kantor Google, Anda masih dapat menggunakan Chromebook. Namun, ini tidak terjadi jika Anda bekerja dengan aplikasi berat.

Semakin berat pekerjaan, semakin tinggi spesifikasi laptop yang Anda pilih. Selain itu, mobilitas juga perlu diperhatikan. Jika pekerjaan Anda berat tetapi harus sering berpindah-pindah lokasi, tentunya Anda membutuhkan laptop yang ringan namun tetap fungsional bukan?

Tetapkan anggaran

Sebaiknya jangan melangkah lebih jauh sebelum menetapkan anggaran. Selain berperan sebagai filter, budget juga erat kaitannya dengan kelangsungan hidup.

Jika Anda sangat ingin membeli laptop mahal yang menghabiskan uang dari gaji atau tabungan Anda, kami merasa seperti kami tega untuk bersama diri kami sendiri. Apalagi kalau mau beli harus pinjam.

Karena itu, tetapkan anggaran terlebih dahulu dan pertahankan. Apa yang perlu Anda lakukan setelah itu adalah memilih opsi terbaik sesuai anggaran Anda.

Kenali jenis laptopnya

Untuk referensi, ada banyak jenis laptop juga. Yang kami sebut “laptop” adalah laptop mainstream atau yang biasa disebut dengan notebook. Notebook itu sendiri cocok untuk kebutuhan yang berbeda tergantung pada spesifikasinya.

Di bawah notebook adalah netbook. Sesuai dengan namanya terdapat “net”, laptop yang satu ini lebih cocok untuk berselancar di dunia maya saja. Ini juga dapat digunakan untuk tugas-tugas sederhana menggunakan peralatan kantor. Netbook umumnya berukuran kecil, sehingga mudah dibawa.

👉 TRENDING:  Begini Cara Mematikan Laptop Asus Windows 10

Kedua, jika pekerjaan Anda berat, Anda dapat memilih alternatif desktop. Ini umumnya berat, seperti laptop gaming, tetapi memiliki slot untuk upgrade dan sangat berfitur. Dan jika Anda membutuhkan laptop berperforma tinggi namun ringan, ultrabook adalah untuk Anda.

Pilih laptop yang dapat diupgrade

Secara umum, kebutuhan berkembang dari waktu ke waktu. Laptop yang kita pakai hari ini mungkin masih oke, tapi belum tentu besok. Saya merasakan ini untuk diri saya sendiri.

Sekitar pertengahan tahun 2020, saya membeli laptop salah satu varian dari HP14. Laptop saya awalnya memiliki RAM 4GB, tetapi masih cukup baik untuk kebutuhan awal. Tapi setiap hari, pekerjaan saya semakin rumit dan laptop saya sering lemot.

Akhirnya saya memikirkan cara mengatasi laptop lemot dan memutuskan untuk menambah atau mengupgrade RAM dengan produk bermerek RAM yang bagus. Alhamdulillah sekarang laptop saya bisa lebih dikompromi.

Singkatnya, membeli laptop yang dapat diupgrade akan membantu Anda menyesuaikan kemampuan laptop Anda dengan kebutuhan Anda yang terus berkembang di masa depan. Jadi Anda tidak perlu membeli laptop baru. Baik itu RAM atau SSD terbaik untuk laptop Anda, beli saja peralatan tambahan.

Perhatikan masa pakai baterai

Ada baiknya juga memperhatikan masa pakai baterai. Tidak seperti PC dan komputer, laptop memang ada untuk memudahkan orang bekerja di mana saja, bahkan saat listrik tidak dapat dijangkau. Bukankah optimal hanya jika kapasitas baterai laptop kecil?

Baterai laptop standar yang saya rekomendasikan adalah sekitar 40Wh, tetapi jika laptop yang Anda cari adalah laptop kelas atas, tidak ada salahnya untuk membeli yang kapasitas baterainya lebih besar.

Periksa garansi dan layanan purna jual

Garansi dan purna jual tidak dapat dipisahkan saat membahas cara memilih laptop sesuai kebutuhan. Nah, Anda memiliki laptop yang sesuai dengan selera Anda, namun bagaimana jika suatu saat rusak?

Sebagai produk elektronik, laptop selalu bisa rusak. Namun, jika rusak dalam masa garansi dan itu bukan tanggung jawab pengguna, Anda tidak perlu membayar biaya perbaikan selama masa garansi. Bahkan setelah masa garansi berakhir, layanan purna jual yang sangat baik memudahkan untuk menemukan pusat layanan.

Ketahui spesifikasi dan merek laptop Anda

Terakhir, jangan lupakan spesifikasinya. Mulailah dengan prosesor, RAM, baterai, dll dan perhatikan spesifikasi laptop Anda. Semakin Anda membutuhkannya, semakin Anda memilih laptop dengan spesifikasi lebih tinggi.

👉 TRENDING:  4 Cara Memperbaikin Mouse Wireless Tidak Terdeteksi

Misalnya, dalam hal prosesor, jika kebutuhan Anda ringan, jangan gunakan aplikasi yang menghabiskan memori dan prosesor. Anda bisa memilih laptop dengan prosesor Intel Celeron saja. Namun, jika tugas Anda lebih kompleks, pilihlah laptop dengan prosesor yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk RAM, standar saat ini adalah 4GB. Saya rasa saya tidak bisa menjelaskan spesifikasi lainnya secara rinci, tetapi jika Anda memerlukan saran, jangan ragu untuk menghubungi kami di bagian komentar. Kemudian beli atau pilih laptop lain dari merek laptop yang bagus. Hal ini karena produk umumnya lebih baik.

Penutup

Cukup banyak orang, sadar atau tidak, membeli laptop yang tidak kompatibel. Laptop dapat memperlambat dan mengurangi produktivitas karena tidak dapat menangani kebutuhan kerjanya.

Di sisi lain, beberapa orang membeli laptop mahal seperti Apple MacBook, tetapi hanya digunakan untuk mengetik, sehingga tidak dapat memaksimalkan potensinya.

Lagi pula, memilih laptop yang tepat itu penting karena tidak hanya menghemat uang, tetapi juga meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itu, Anda juga bisa mengunjungi portalbwi.com untuk mendapatkan informasi dan berita menarik lainnya agar bisa menerapkan cara memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan di atas.