Cara Memperbaiki Kabel Charger Yang Terkelupas
cara memperbaiki kabel charger yang terkupas

Cara Memperbaiki Kabel Charger Yang Terkelupas

Kabel charger tidak hanya berfungsi sebagai penghantar listrik pada saat mengisi daya, kabel charger juga berperan sebagai kabel data USB buat memindahkan file dari handphone ke komputer. Bagian ini kerap mengalami masalah serta dianggap tidak awet walaupun sudah dirawat dengan baik.

Salah satu permasalahan yang sangat kerap dialami yaitu kabel charger yang nyaris putus walaupun telah disimpan dengan baik. Bila kalian disaat ini mengalami permasalahan ini, janganlah dibuang dahulu kabelnya sebab masih dapat diperbaiki.

Permasalahan kabel charger yang hampir putus ini umumnya kerap terjadi pada kabel original ataupun bawaan pabrik. Faktornya juga beraneka ragam, mulai dari tidak sengaja tertarik, tergulung pada saat ditaruh, ataupun rusak sendiri bersamaan berjalannya waktu. Tetapi yang tentu permasalahan ini bisa membuat pemakai jadi waspada sebab khawatir putus serta tidak dapat digunakan lagi.

Buat menggantinya, mereka lebih memilah membeli yang baru walaupun bukan original. Sementara itu kabel yang bukan original membawa banyak dampak kurang baik untuk handphone itu sendiri.

5 Metode  Memperbaiki Kabel Yang Rusak

kabel charger rusak

Walaupun permasalahan kabel charger yang cacat telah biasa terjadi mengingat amat kerap digunakan apalagi tiap hari. Dipasaran sendiri harga kabel charger amat beraneka ragam mulai dari yang ekonomis dengan harga 10. 000 Rupiah sampai yang mahal dengan harga ratusan ribu Rupiah.

Terlebih bila kabel charger yang rusak itu bawaan pabrik ataupun original tentu jika mau mencari gantinya sedikit lumayan sulit. Maka dari itu, untuk kalian yang tidak ingin menghasilkan uang buat beli baru, ikuti beberapa metode dari portalekonomi.com buat menangani kabel charger yang nyaris putus berikut ini.

Melilit kabel menggunakan solatip

Cara kedua yang dapat kalian jalani buat menanggulangi kabel charger yang nyaris putus merupakan melilitnya dengan solatip. Terdapat banya tipe solatip yang kita tahu, tetapi buat menanggulangi permasalahan ini gunakanlah solatip khusus buat kabel. Umumnya solatip kabel ini banyak dipakai oleh tukang listrik. Solatip kabel memakai materi yang sedikit fleksibel serta kokoh jadi amat sesuai buat membenarkan kabel charger supaya tidak putus.

Metode menanggulangi kabel charger yang nyaris putus dengan solatip ini lumayan gampang. Awal silahkan sajikan solatip spesial kabel. Setelah itu bentangkan bagian kabel charger yang rusak hingga lurus. Lilitlah bagian yang hendak putus itu dengan cara memutar serta menyeluruh sampai tertutup seluruh.

Ingat Metode ini cuma dipakai buat menghindari kabel dari resiko putus saja sekalian membuatnya nyaman dan bisa dipakai kembali sementara waktu. Tetapi bila tertarik ataupun tergulung tidak menutup mungkin bakal rusak.

Menyambung kembali kabel charger

Cara pertama yang dapat kalian lakukan buat menanggulangi kabel kabel charger yang hampir putus yaitu dengan menyambung kembali. Buat melakukannya kalian perlu keterampilan khusus dalam memotong serta memakai solder. Kalian juga dapat cari tutorial cara membenarkan kabel charger rusak semacam di chanel Youtube. Bila telah menemukan, kalian tinggal mengikuti langkah-langkahnya dalam menyambung kabel charger supaya dapat dipakai kembali.

Melapisi kabel charger menggunakan Lem

Metode ketiga tidak hanya memakai solatip spesial buat kabel, kalian pula dapat mengatasi kabel charger yang nyaris putus dengan metode berikan perekat pada bagian yang rusak. Disini kalian dapat memakai sebagian tipe perekat semacam Glue Gun ataupun perekat silicon. Kedua perekat ini bersifat fleksibel serta dapat merekat pada permukaan datar semacam kabel. Kalian dapat membeli 2 tipe lem ini di gerai gedung terdekat dengan harga terjangkau.

Cara memakainya lumayan gampang. Awali dengan mempersiapkan lem terlebih dulu. Kemudian bentangkan bagian kabel charger yang cacat ataupun mengelupas dengan cara lurus. Sesudah itu lapisi bagian yang cacat dengan perekat sampai merata. Silahkan lapisi sampai sebagian kali sebab hendak jadi lebih kuat.

Buat lapisan yang awal hendaknya janganlah terlalu tebal. Kalian dapat membagikan perekat sampai tebal pada susunan yang ketiga ataupun keempat.

Mengikat menggunakan benang jahit

Cara berikutnya, kalian dapat mengikat kabel charger yang nyaris putus dengan benang jahit setelah itu melapisinya dengan lem super. Metode ini sedikit kira- kira kompleks tetapi lebih efisien buat menghindari kabel dari resiko putus dari solatip ataupun perekat. Buat mengikat kabel charger dengan benang jahit, kalian mesti teliti serta cermat supaya hasilnya maksimum. Caranya yaitu seperti berikut.

Pertama silahkan sediakan benang jahit. Setelah itu luruskan bagian kabel charger yang hampir putus. Setelah itu ikat bagian itu dengan cara melilit dengan cara rapat serta merata. Lakukan lilitan sebanyak sebagian lapis sampai terasa kokoh serta kencang. Bila sudah selesai, tahap terakhirnya tinggal kalian berikan perekat super cair dengan cara menyeluruh ke semua benang yang telah mengikat kabel mulanya. Jangan digunakan dahulu serta menunggu sampai betul- betul kering.

Membeli kabel charger baru

Bagaimanapun pula, tidak semua alat elektronik itu dapat diperbaiki. Apabila memang dengan perbaikan tidak berhasil solusi, hingga kalian dapat menggantinya dengan yang baru.

Cara terakhir ini dapat kalian jalani buat menanggulangi kabel charger yang hampir putus bila keadaannya telah benar- benar tidak dapat dipakai secara normal kembali. Tetapi bila beli kabel charger baru, hendaknya beli yang original. Bila kalian susah mendapatkan yang original hingga carilah yang kualitasnya serupa dengan kabel original.

Demikian beberapa cara yang dapat kalian lakukan buat memperbaiki serta mengatasi kabel charger yang hampir putus. Dengan membenarkan sendiri kabel charger yang rusak, semoga postingan ini berguna dan bermanfaat.

kenapa kabel charger terkelupas - memperbaiki ujung kabel charge yg terkelupas - penyebab kabel charger terkelupas -