6 Tips Merawat Komputer Agar Awet Bertahun-tahun
tips merawat komputer

6 Tips Merawat Komputer Agar Awet Bertahun-tahun

Untuk menggunakan komputer Anda sehari-hari, Anda perlu menyadari bahwa Anda perlu merawatnya agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Mungkin Anda selalu tahu cara merawat komputer Anda dengan baik, tetapi itu tidak optimal.

Perawatan komputer harus memperhatikan tidak hanya perawatan perangkat keras seperti perawatan mesin, motherboard, LCD, dan perawatan keyboard, tetapi juga metode perawatan perangkat lunak. Komputer itu sendiri.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengelola komputer Anda dengan benar dan akurat dari perspektif perangkat lunak dan perangkat keras, berikut adalah beberapa tip sederhana tentang cara mengelola komputer Anda.

6 Tips Merawat Komputer

Salah satu hal mudah yang dapat Anda lakukan dengan perawatan perangkat keras adalah mudah dilihat. Cara merawat komputer yang satu ini hanya membutuhkan kemauan Anda untuk menjaga kebersihan komputer dan perangkatnya.

Anda harus membersihkan komputer Anda dari debu dan kotoran setidaknya sekali setiap tiga bulan. Jika tidak segera dibersihkan, debu yang lengket akan mengeras dan semakin sulit dibersihkan. Debu mudah dilihat dan dibersihkan di bagian luar komputer Anda, tetapi bagaimana dengan debu di dalam PC Anda? Anda dapat membersihkan bagian dalam hanya dengan kuas cat kecil atau kuas lembut.

Tidak diperlukan larutan pembersih. Cukup gunakan kuas dan kuas untuk membersihkan debu dengan mudah dan menjaga PC Anda tetap bersih. Satu hal yang perlu diingat saat membersihkan bagian komputer adalah membersihkan keyboard.

👉 TRENDING:  Microsoft Stop Dukung Windows 7, Buruan Upgrade Atau...

Ingatlah bahwa keyboard memiliki banyak bakteri di dalamnya, karena selalu bersentuhan dengan jari Anda dan bisa kotor.

Selain itu, jangan sembarangan meletakkan benda berat di komputer Anda. Jangan letakkan makanan dengan sup atau air minum manis di sebelah komputer Anda untuk menghindari kerusakan akibat tumpahan air.

Menjaga aliran listrik

Anda juga perlu mengetahui cara merawat komputer dengan memperhatikan daya listrik. Saat menggunakan komputer, sebaiknya gunakan stavolt atau UPS (catu daya tak terputus).

Stabolt banyak digunakan karena memiliki kemampuan menstabilkan kekuatan sebuah komputer.

UPS adalah perangkat yang dapat memberikan daya cadangan saat listrik dimatikan. Keduanya sangat penting untuk menstabilkan aliran listrik di komputer Anda. Hal ini untuk mencegah kerusakan jika daya dimatikan saat komputer sedang berjalan.

Jangan lupa untuk menggunakan kipas di dekat CPU dan juga monitor. Hal ini untuk mencegah komputer menjadi cepat panas. Jika Anda ingin komputer Anda bertahan lebih lama, Anda juga perlu memperhatikan suhu komputer Anda.

Menjaga agar listrik ini tetap menyala adalah salah satu cara untuk mengelola komputer Anda secara eksternal atau dari perangkat keras.

Pindai antivirus

Langkah selanjutnya dalam merawat komputer Anda adalah dengan menggunakan ativirus untuk melakukan scan dan membersihkan cache yang terkumpul untuk memperlambat komputer Anda.

Sistem komputer kita rentan terhadap virus. Jika menurut Anda cukup dengan menginstal satu antivirus, pikirkan lagi.

Bahkan antivirus yang kadaluarsa pun bisa berubah menjadi virus di sistem komputer Anda.

Selalu perbarui perlindungan antivirus komputer Anda agar berfungsi lebih baik dalam melindungi komputer Anda dari serangan virus, malware, spyware, atau program jahat lainnya

👉 TRENDING:  Cara Gampang Untuk Mengatasi Starup Repair Gagal Pada Windows!

Defragmentasi hard disk

Anda perlu menghapus file sampah secara manual untuk merawat komputer Anda dan juga mendefrag hard disk Anda.

Fitur defragmentasi ini untuk akses cepat ke file dengan menangani penulisan ulang data dan membagi file menjadi satu bagian.

Pengoptimalan ini dapat dilakukan secara teratur pada Windows 10 dan Windows yang lebih baru.

Namun, Anda juga dapat mengoptimalkan secara manual. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah aplikasi bernama Disk Defragmenter.

Metodenya adalah sebagai berikut.

  • Buka menu mulai
  • Klik semua program
  • Pilih aksesoris
  • Pilih alat sistem
  • Klik Disk Defragmenter

Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak harus mem-fragment setiap file, jadi Anda harus menganalisis terlebih dahulu file yang ingin Anda defrag sebelum menjalankan proses defragmentasi.

Untuk melihat tingkat fragmentasi, klik tombol Analisis untuk file yang ingin Anda periksa.

Jika tingkat fragmentasi melebihi 10%, itu dapat dioptimalkan. Jika kurang dari 10%, Anda bisa melakukannya di lain kesempatan.

Bersihkan file yang tidak perlu

Cara merawat dan mengelola komputer selanjutnya adalah dengan membersihkan file-file yang sudah tidak Anda perlukan lagi, atau file-file sampah.

File yang menumpuk dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda, menjadi sangat lambat, dan tidak optimal untuk pekerjaan Anda.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan untuk waktu yang lama, file-file ini akan menempati ruang penyimpanan komputer Anda.

Akibatnya, komputer Anda akan berjalan sangat lambat. Karena file-file ini akan dikirim ke bBin Recycle nanti, penghapusan data tidak akan berhenti pada langkah pertama penghapusan.

Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan Recycle Bin untuk file yang tidak lagi Anda perlukan.

👉 TRENDING:  Kapan Rilis Windows 10X di Fordable PC

Copot pemasangan aplikasi atau program yang tidak digunakan

Langkah selanjutnya adalah mencopot pemasangan aplikasi atau program yang tidak lagi Anda gunakan di komputer Anda, yang merupakan salah satu cara paling sukses untuk merawat komputer Anda.

Anda perlu mencopot atau mencopot pemasangan dan membersihkan aplikasi dan program lama serta file yang tidak lagi Anda gunakan.

Menyimpan aplikasi atau program yang tidak lagi Anda gunakan akan mencegah hard disk bekerja saat Anda membaca program yang sedang berjalan.

Akibatnya beban kerja harddisk menjadi berat dan harddisk bisa cepat rusak.

Menghapus semua program dan aplikasi yang tidak digunakan sangat mudah. Artinya, terlihat seperti ini:

  • Buka panel kontrol
  • Pilih program
  • Klik Copot pemasangan program
  • Pilih program atau aplikasi yang menurut Anda tidak diperlukan lagi
  • Klik tombol [Copot pemasangan]
  • Mudah.

Aktifkan pemulihan sistem komputer

Cara terakhir untuk merawat komputer yang kita pelajari adalah dengan mengaktifkan restore system pada komputer kita. Ini sangat penting untuk menjaga komputer Anda bekerja dengan baik dan stabil.

Caranya klik kanan icon komputer desktop dan klik bagian Properties. Anda akan segera melihat tab System Restore.

Teks “Matikan Pemulihan Sistem pada semua drive” ditampilkan. Anda dapat menghapus tanda centang di sebelah kiri hanya dengan satu klik.

Setelah itu, sistem Rstore menjadi aktif dan bekerja paling baik di komputer Anda.

Kami telah mempelajari 6 cara agar komputer Anda mudah diterapkan dan tidak memerlukan banyak usaha untuk melakukannya.

Semoga ilmu ini dapat membantu anda.