Bagaimana Cara Menghilangkan Pemberitahuan Memori Internal Penuh?
cara menghilangkan notifikasi memori internal penuh

Bagaimana Cara Menghilangkan Pemberitahuan Memori Internal Penuh?

Bagaimana cara menghilangkan pemberitahuan memori internal penuh ataupun notifikasi ruang penyimpanan hampir habis? notif seperti ini akan sangat mengganggu ketika sedang menggunakan HP, nah dibawah ini ada panduan cara mengatasinya.

Cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir penuh ini pasti terjadi jika para pengguna HP Android semua merk Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi, Asus dan yang lainnya sering menginstal aplikasi yang tidak penting (aplikasi yang jarang digunakan) atau terlalu banyak menyimpan foto dan video dengan format file HD yang membuat ukuran filenya lebih besar dari biasanya.

Jika 1 foto kualitas HD memiliki ukuran file 11MB, bagaimana jika di memori internal hp kamu terdapat 200 foto dengan kualitas HD. Belum lagi rekaman-rekaman videonya yang pasti memiliki ukuran file hingga ratusan MB. Nah oleh karena itu, kamu harus sering-sering mengecek dan menghapus file-file yang dianggap tidak penting.

👉 TRENDING:  Begini Cara Untuk Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Belum lagi jika kamu suka download lagu mp3, pasti akan muncul notifikasi / pemberitahuan memori internal penuh jika dipaksakan menyimpan file terus menerus. Nah, agar kamu bisa menggunakan HP Androidnya lebih tenang tanpa gangguan notif ruang penyimpanannya hampir penuh, kamu bisa mengikuti cara berikut ini :

Cara Menghilangkan Notif Memori Penuh di HP Android

Sebelum membahas panduanya, kamu harus menegtahui terlebih dahulu masalah atau penyebab memori internal hp kamu cepat penuh. Apakah karena aplikasi yang diinstal terlalu banyak, Cache yang menumpuk ataupun karena file foto, video dan lagu?

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori internal atau ruang penyimpanan internal yang hampir penuh. Cara-cara ini kami kelompokkan berdasarkan penyebabnya :

👉 TRENDING:  Begini Cara Nonton Siaran TV Lokal Lewat Live Streaming Youtube

Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebab utama yang sering mengakibatkan ruang penyimpanan internal di HP Android cepat penuh adalah terlalu banyak menginstal aplikasi yang ukurannya besar. Contohnya aplikasi yang memakan banyak memori internal adalah game-game online seperti PUBG, Mobile Legend dan game-game besar lainnya.

Aplikasi Edit photo ataupun game-game kecil juga terlalu banyak diinstal juga tentu akan menggunakan memori yang besar juga. Oleh karena itu kamu bisa mulai menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting itu dengan cara uninstal banyak aplikasi sekaligus dari playstore.

Cache Yang Menumpuk

Semakin banyak aplikasi yang digunakan, tentu saja semakin banyak juga file cache yang tersimpan. Tumpukan file cache yang jika dibiarkan terlalu lama juga akan banyak menggunakan memori internal hp kamu. File cache juga sering membuat aplikasi crash dan tidak bisa digunakan.

👉 TRENDING:  Hati-Hati Jika HP Kamu Sering Muncul Iklan? Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Oleh karena itu, para pengguna hp android ini dianjurkan untuk sering menghapus file cache. Kamu bisa melakukannya beberapa hari sekali.

Backup File Foto dan Video

Cara selanjutnya untuk menghilangkan notifikasi atau pemberitahuan ruang penyimpanan internal hampir penuh adalah membackup foto dan video ke laptop. Atau bisa juga kamu membackupnya ke Google drive.