Bagaimana Cara Mencari File Yang Sudah Tersimpan di Komputer?
Bagaimana cara mencari file yg sudah tersimpan-

Bagaimana Cara Mencari File Yang Sudah Tersimpan di Komputer?

Kamu punya data (word, excel, pdf, foto atau video) penting yang tersimpan di komputer atau laptop Windows, tapi lupa menyimpannya di folder yang mana? tenang saja, kali ini Teknobgt akan membahas bagaimana cara mencari file yg sudah tersimpan dengan mudah.

Ketika sibuk dengan pekerjaan atau terburu-buru menyimpan file dokumen dikomputer, ini bisa menjadi masalah dikemudian hari karena akan kebingungan mencari dimana file yang kmaren baru saja disimpan.

Untuk pengguna komputer dan laptop windows, mungkin bisa menggunakan cara berikut ini untuk mencari file dokumen yang lupa tersimpan dimana. Karena sistem operasi windows ini memiliki fitur untuk memudahkan menggunanya melacak atau mencari file dokumen yang tersimpan didalam data harddisknya.

👉 TRENDING:  Ini Cara Cepat Mengatasi Lupa Password Windows 10 di Laptop Atau Komputer

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba :

Cara Mencari File Yang Lupa Lokasi Foldernya

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba tentang bagaimana cara mencari file yg sudah tersimpan di komputer/laptop :

Recently files / Documents

recent file ms word excel

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mencari file dokumen yang sudah tersimpan tetapi lupa dimana foldernya adalah dengan memanfaatkan fitur Recently Files dari Micosoft Word ataupun Excel. Ada menu “Recent” ketika kamu klik menu File di bagian atas.

Ketika kursor diarahkan ke “recent” maka disitu akan ditampilkan Recent Documents (jika di ms word) dan Recent workbooks jika di Ms excel. Disitu akan ditampilkan file dokumen yang pernah kamu buka sebelumnya dan jika sudah menemukan file yang kamu cari, segera “Save As” kembali ke tempat folder yang biasa kamu simpan agar mudah menemukannya lagi.

👉 TRENDING:  Bagaimana Cara Mengatasi Antimalware Service Executable High Memory

Search di Explorer

search file di explorer

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur “Search” yang ada di Explorer (tepatnya ada di pojok kanan atas).

Nah, sekarang kamu tinggal menentukan tempat mencari filenya, apakah di Search Libraries (untuk mencari file-file yang ada/tersimpan di my documents, Pictures dan videos. Atau jika ragu dimana filenya tersimpan bisa langsung saja klik Computer dan pada kolom “Search” ketikkan nama file yang akan dicari.

Tapi, ada trik khusus yang bisa kamu coba gunakan jika kamu lupa dengan nama filenya tetapi mengetahui ektensi file tersebut. Contohnya ketika kamu ingin mencari file dokumen Ms Word, maka kamu bisa ketikkan di kolom search nya seperti berikut “.doc / .docx” atau jika file yang dicari adalah Excel, kamu bisa ketikkan “.xls / .xlsx”.

👉 TRENDING:  Mobile Hotspot Windows 10 Kamu Eror? Begini Cara Mengatasinya