Ini Solusi Untuk Komputer Tidak Bisa PING ke Komputer Lain
Komputer tidak bisa ping ke komputer lain

Ini Solusi Untuk Komputer Tidak Bisa PING ke Komputer Lain

Komputer di kantor kamu tidak bisa ping ke komputer lain yang satu jaringan? Padahal komputernya masih bisa akses internet!

Di kantor biasanya semua komputernya terhubung ke internet dan sama-sama menggunakan 1 jaringan. Tapi ketika kamu menemukan masalah ada Komputer tidak bisa ping ke komputer lain yang hasilnya Request Time Out “RTO”, maka kamu bisa melakukan pengecekan seperti dibawah ini.

Mengatasi Komputer Tidak Bisa PING ke Komputer Lain

Sebelumnya, kamu harung mengetahui istilah apa itu PING. PING (dalam jaringan komputer) adalah sebuah perintah di terminal yang biasa digunakan untuk menguji konektivitas perangkat komputer tersebut ke jaringan yang terhubung.

PING menggunakan protokol ICMP yang mana bisa mengirimkan request dan balasan berupa pesan. Bagaimana jika pada saat menguji jaringan, hasil dari PING ini menampilkan Request Time Out (RTO) yang mana ini menandakan ada masalah tidak terhubung dengan yang direquest.

Dan biasanya jika bukan kerusakan di kabel jaringan dan konektor RJ45, faktor settingan firewall pada komputer masing-masing menyebabkan hasil PING tadi RTO. lalu, bagaimana cara mengatasi Komputer tidak bisa ping ke komputer lain ?

Cara Pertama

windows Firewall

Kamu bisa mematikan firewall yang ada di komputer dengan cara bukan Command Prompt (CMD) dan ketikkan “firewal.cpl” atau bisa juga mencari pengaturannya di menu control panel

Setelah itu ubah pengaturan firewallnya jadi “Turn off Windows Firewall (not recommended)” pada Private network settings dan Public network settings.

👉 TRENDING:  6 Tips Merawat Komputer Agar Awet Bertahun-tahun

Tapi, karena ini tidak direkomendasikan oleh windows untuk mematikan firewall, maka kamu bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan memberi ijin pada Rule Firewall nya.

Cara Kedua : Izin Akses Untuk firewall rule

Windows Firewall Advaced Security

  • Buka Command Prompt /CMD dan ketikkan “wf” dan enter
  • Akan muncul jendela baru berupa pengaturan Windows Firewall with Advanced Security
  • Pilih bagian inbound (maksud inbound adalah rule untuk paket yang masuk kedalam komputer)
  • Cari rule yang mengatur ICMP lalu berikan akses ALLOW

Cara kedua ini dianggap lebih aman untuk komputer, karena tidak mematikan firewallnya.