fungsi dan cara kerja firewall jaringan komputer

Mengenal Cara Kerja Firewall dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Perkembangan teknologi khususnya di dunia internet semakin canggih, tapi ada sisi lain yang muncul yaitu keamanan data di perangkat komputer. Nah, Firewall inilah yang menjadi solusi untuk mengatasi keamanan datanya.

Pengguna laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, pasti pernah ngetahui istilah Firewall ini. Namun, banyak yang belum mengetahui pengertian dan juga fungsinya disebuah komputer. Oleh karena itu Teknobgt ingin merangkumnya agar kalian bisa mengenal lebih dalam apa itu Firewall.

Apa Itu Firewall?

Pengertian atau definisi firewall adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya sebagai sistem keamanan di jaringan komputer agar bisa memproteksi / melindungi perangkat dari serangan spam, virus ataupun Malware.

Jadi selain memonitoring dan mengontrol semua akses masuk dan keluar, Firewall akan secara otomatis mencegah akses masuk yang dianggap ilegal di jaringan pribadi (private network).

👉 TRENDING:  Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Webcam Yang Harus Kamu Ketahui

Tapi, kebanyakan kita para pengguna OS Windows, mematikan Firewall agar bisa menginstal aplikasi ataupun games kedalam Laptop/komputer. Apakah hal seperti ini berbahaya? pentingkah kita untuk tetap mengaktifkan firewall?

Jika ditanya penting atau tidaknya, maka Firewall ini sangatlah penting karena bisa memblokir virus ataupun malware yang masuk dari jaringan komputer ketika kamu sedang mengakses internet. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak 3 fungsi firewall pada jaringan komputer.

Cara Kerja Firewall

Sekomputer dan laptop) memiliki ribuan port yang digunakan untuk mengakses seluruh informasi yang kamu butuhkan melalui jaringan internet. Ketika kamu mulai tersambung dengan jaringan internet, firewall akan menutup port tersebut dan menyaring data apa saja yang dapat diakses oleh komputer. Dengan demikian, perangkat yang kamu gunakan akan terjaga dan terhindar dari serangan hacker.

👉 TRENDING:  5 Fakta Manarik Tentang Sejarah Internet di Indonesia

Fungsi Firewall

Mencatat Aktivitas Pengguna

Firewall akan mencatat semua kegiatan komputer ketika sedang mengakses data dalam bentuk dokumentasi (log files). Dengan data tersebut firewall akan melakukan otentifikasi terhadap akses ke jaringan.

Mencegak Kebocoran Data / Informasi

Bukan hanya sekedar mencatat aktivitas pengguna komputer saja, Firewall juga bisa mencegah kebocoran data atau informasi berharga yang ada didalam komputer. Jadi Firewall ini bisa secara otomatis mencegah pengguna mengirim file yang sifatnya konfidensial atau rahasia ke pihak lain tanpa disadari.

Sebagai Pos Keamanan Jaringan

Fungsi firewall selanjutnya adalah sebagai pengontrol lalu lintas data di jaringan komputer, jadi firewall akan melakukan pemeriksaan data yang masuk dan keluar dengan cara menyaring, membatasi bahkan bisa menolak.

👉 TRENDING:  Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui!

Firewal bekerja sesuai kriteris seperti alamat IP dari komputer sumber, Port TCP/UDP sumber, alamat IP dari komputer tujuan, Port TCP/UDP tujuan, serta informasi yang berasal dari header.

Itulah penjelasan singkat tentang fungsi firewall pada jaringan komputer yang tentunya sangat bermanfaat ketika kamu tetap mengaktifkan fitur ini. Firewall akan melindung komputer dari akses ilegar jarak jauh, malware jahat ketika kamu mengakses sebuah website juga akan otomatis diblokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *