Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Diblokir Sementara
Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Diblokir Sementara

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Diblokir Sementara

Akun instagram kamu tiba-tiba diblokir sementara? biasanya itu terjadi karena kamu melakukan hal yang dianggap telah melanggar TOS (terms of service) yang ditetapkan oleh Meta selaku induk perusahaan dari Instagram dan juga Facebook.

Nah, kebetulan sekali Teknobgt akan membahas bagaimana cara mengatasi atau mengembalikkan akun instagram diblokir sementara. Tapi sebelum itu kamu harus mengetahui penyebab akun instagram di blokir itu, apakah karena memposting konten yang melanggar atau berkomentar yang tidak pantas. Bahkan ada yang akun Instagramnya sampai di Disable atau dibanned selamanya.

Penyebab Akun Instagram diblokir

akun instagram diblokir sementara

Di Sosial media khususnya Instagram memang kita bisa bebas berbagi konten dan juga mengomentari konten orang lain. Tapi ketika kita menggunannya over control atau melewati batasan dari TOS Instagram, maka akan ada konsekuensi yang didapatkan seperti akun dikunci, diblokir sementara bahkan bisa sampai banned permanen yang tentu kita dirugikan tidak bisa akses lagi akunnya.

👉 TRENDING:  Ternyata Chat Whatsapp Bisa dihubungkan Dengan Instagram, Begini Caranya!

Oleh karena itu kamu harus mengetahui penyebab akun instagram diblokir sementara / dikunci bahkan di banned permanen :

Spamming

Jangan pernah melakukan tindakan spam atau dikenal dengan sebutan spamming, yang mana kamu mengirimkan pesan secara bertubi-tubi kebanyak akun instagram tanpa dikehendaki akun penerimanya.

Contoh yang sering sekali dilakukan oleh para pelaku onlineshop yang baru terjun ke media instagram untuk promosinya, Ada juga para Affiliate produk digital yang terkadang memaksakan untuk meningkatkan penjualnnya dengan cara spamming.

Hal spamming bukan hanya masalah mengirimkan pesan saja, yang dianggap spamming juga adalah follow dan unfollow akun secara berlebihan  juga bisa dianggap spamming dan bisa bikin akun kita diblokir.

Hal ini sebenarnya merugikan pemilik akun instagram yang melakukan spamming ini, karena tentu developer Instagram memiliki sistem yang bisa mendeteksi hal semacam itu dan secara otomatis akun instagram kita diblokir  atau di banned.

👉 TRENDING:  Dua Pendiri Instagram Mengundurkan Diri

Membagikan Konten Tidak Pantas

Ada Beberapa konten yang memang dianggap melanggar kebijakan Instagram, seperti konten yang memiliki unsur kekerasan, pornografi atau konten dewasa dan ada juga konten yang melanggar hak cipta.

Untuk itu jangan sembarangan membagikan konten di Instagram, jika kamu tidak mau akunnya diblokir bahkan bisa langsung di banned.

Berkomentar

Meskipun kita bisa bebas berkomentar apa saja di kolom komenta postingan, tapi Instagram juga memiliki batasan dan kebijakan untuk memberikan sanksi.

Ketika kamu berkomentar yang tidak pantas, seperti vulgar, berkata kasar yang memancing keributan, orang lain bisa melaporkan akunmu dan akan langsung diberikan sanksi berupa pemblokiran akun hingga di tutup permanen.

Cara Mengatasi Akun IG diblokir Sementar

Dirangkum dari beberapa sumber media online lainnya, ada beberapa tips untuk mengatasi akun Instagram yang tiba-tiba terblokir karena dianggap melanggar kebijakan. Yaitu :

Lapor

Ketika kamu merasa akun diblokir tanpa sebab yang jelas, kamu bisa membuat laporan untuk permohonan membuka kembali akun instagram kamu yang terblokir.

👉 TRENDING:  Instagram Kembali Kenalkan Fitur Baru "Live Rooms", Live IG Bisa 4 Orang!

Prosesnya memang agak lama, bisa sampai 1-2 hari kerja. Tapi paling tidak kamu bisa mengusahakan untuk mengembalikan akunmu, jika memang tidak merasa melakukan hal yang dianggap melanggar kebijakan.

Masuk Mode Pesawat

Jika akun IG diblokir sementara dan ketika kamu coba login di perangkat lain seperti HP lain atau komputer/laptop dan ternyata bisa login (tidak ada notifikasi diblokir), kemungkinan itu diblokir karera IP addres yang ada di HP kamu masuk dalam blacklist instragrma.

Cara mengatasinya bisa dengan memiliki mode pesawat dulu untuk beberapa saat (5-10 menit) kemudian aktifkan kembali Hpnya untuk mendapatkan IP baru saat terkoneksi internet.

Itulah cara untuk mengatasi akun instagram diblokir sementara atau dibanned oleh Instagram, intinya sih kita saat menggunakan Instagram tidak melanggar TOS dan kebijakan yang telah dibuat dan tetap menggunakan media Instagram dengan bijak.