Cara Menghidupkan dan Mengatur Adaptive Brightness di Windows 10
Cara Menghidupkan dan Mengatur Adaptive Brightness di Windows 10

Cara Menghidupkan dan Mengatur Adaptive Brightness di Windows 10

Jika kamu banyak beraktifitas menggunakan laptop dari pagi hingga malam, tentu akan membuat mata jadi cepat lelah dan bisa saja mengganggu kesehata mata. Nah kamu bisa mengatur adaptive brightness di windows 10 mata kita tidak terkena radiasi.

Windows 10/8/7 sangat peduli dengan kesehatan penggunanya, dan fitur Adaptive Brightness adalah di antara banyak fitur yang dimilikinya. Kamu harus bisa menjaga kecerahan, kontras, dan tingkat warna layar komputer / laptop yang kamu gunakan jika setiap harinya kamu menghabiskan lebih dari 4 jam perhari.

Cara Mengatur Adaptive Brightness di Windows 10

Adaptive Brightness setting di windows 10

Adaptive Brightness adalah fitur di mana Windows bisa mendeteksi kondisi cahaya sekitar ruangan tempat kamu menggunakan laptop/komputer dan akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan serta kontrasnya.

Kecerahan Adaptif dibangun di bagian atas Platform Sensor Windows. Fitur ini akan mengatur kecerahan layar sesuai dengan tingkat cahaya sekitar. Jika tingkat cahaya sekitar menjadi lebih gelap, kecerahan layar akan berkurang jika meningkat, maka kecerahan akan meningkat.

Untuk menggunakan fitur adaptive brightness di windows 10, kamu harus memasang dan mengaktifkan sensor cahaya pada komputer yang kamu punya dan berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkanya :

  1. Klik Start dan masuk ke Control Panel
  2. Kemudian masuk ke menu Change plan settings dan pilih Change advanced power settings
  3. Dalam list, pilih Display lalu luaskan Enable adaptive brightness.
  4. Jika kamu tidak melihatnya, sensor cahaya mungkin tidak dipasang atau komputer yang kamu punya tidak mendukung fitur Adaptive Brightness.
ūüĎČ TRENDING:  Bagaimana Cara Mengatasi Encrypted File Yang Terkena Virus?

Jika cara ini tidak berhasil kamu lakukan, maka langkah selanjutnya  yang mungkin harus dilakukan adalah menonaktifkan Layanan Pemantauan Sensor (SensrSvc) dari Manajer Layanan atau services.msc.

Layanan Windows ini memonitor berbagai sensor dan membuat sistem beradaptasi dengan kondisi pengguna. Jika layanan ini dinonaktifkan, kecerahan layar tidak akan menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Ini juga dapat mempengaruhi fungsi lain dari sistem.

Perlu kamu ketahui juga bahwa fitur Adaptive Brightness ini hanya tersedia pada Windows edisi Ultimate, Professional, dan Enterprise dan pada model laptop atau desktop tertentu saja.