Hati-Hati Jika HP Kamu Sering Muncul Iklan? Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya
Hati-Hati Jika HP Kamu Sering Muncul Iklan? Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Hati-Hati Jika HP Kamu Sering Muncul Iklan? Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Pernah melihat tiba-tiba ada iklan muncul di layar HP Android? jika masalah seperti itu sering terjadi dan berulang-ulang, bisa jadi perangkat Hp Androidmu itu terkena Adware yang berbahaya.

Perlu kamu ketahui bahwa Adware merupakan sebuah software/perangkat lunak yang disebar oleh pembuatnya dengan sengaja agar bisa menampikan iklan untuk keuntungan dia sendiri. Adware ini sering sekali terpasang di HP secara tidak sengaja ketika sedang browsing.

Bukan hanya menyerang HP saja lho, Laptop juga bisa saja terserang Adware berbahaya ketika kamu mengakses website-website tertentu. Contohnya saja dari website download game, lagu, wallpaper ataupun download film dari website yang tidak terpercaya. Mangkanya para pengguna Hp Android ataupun Laptop sering tidak sengaja mendownload file tertentu yang ternya itu adalah Adware berbahaya.

👉 TRENDING:  Begini Cara Nonton Siaran TV Lokal Lewat Live Streaming Youtube

Adware yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab ini akan menampilkan tampilan yang memancing korbannya untuk di klik, sehingga ketika link mereka diklik maka bisa jadi itu adalah cara mereka agar bisa mendapatkan akses ke data pengguna (pembajakan data) Hp Android ataupun Laptop.

Cara Agar Terhindar Dari Serangan Adware

Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) juga telah menginformasikan tentang bahaya Adware ini, melalui akun instagram resminya @kemenkominfo (16/06/2021) membagikan tips bagaimana cara agar terhindar dari serangan Adware berbahaya melalui 3 cara, yaitu:

  1. Tidak mengklik iklan atau link yang ada pada sebuah website, khususnya website atau situs-situs ilegal seperti website streaming film ilegal, download ilegal ataupun situs judi ilegal.
  2. Wajib menggunakan antivirus diperangkat HP Android ataupun Laptop agar bisa mengecek dan mendeteksi jika website yang dikunjungi itu ada bahaya adware.
  3. Mengecek kembali aplikasi yang akan di install ke perangkat HP ataupun Laptop, baca kembali secara detail dibagian descripsinya.
👉 TRENDING:  Buruan Hapus 11 Aplikasi Karena Ada Malware JAHAT! (Khusus Hp Android)

Lalu bagaimana jika HP Android sudah terkena Adware yang ditandai dengan seringnya muncul iklan di layar hp? kamu bisa lakukan adalah mengikuti langkah-langkahnya bagaimana Cara Hilangkan Iklan di HP Android, atau bisa seperti 3 cara dibawah ini :

  • Hapus aplikasi yang mencurigakan dan menyebabkan munculnya adware di HP
  • Jika menghapus aplikasi tidak bisa menghapus adware, maka kamu bisa melakukan Factory Reset pada HP Android yang sudah terkena Adware. Dengan cara ini kamu bisa mengembalikan sistem HP ke kondisi awal.

Jadi, bijaklah ketika kamu ingin menginstal aplikasi baru yang developernya kurang begitu meyakinkan dan harus berhati-hati ketika mengakses website/situs-situs streaming ilegal dan yang lainnya.

👉 TRENDING:  Cara Aktifkan USB Debugging Dan Tampilkan Developer Options HP Android