fitur baru di facebook dan instagram
fitur baru di facebook dan instagram untuk saingin tiktok, foto: idntimes.com

Kompak! Facebook dan Instagram Kenalkan 6 Fitur Baru, Bisa Rekam Hingga Arsipkan Pesan

Facebook dan Instagram baru saja memperkenalkan 6 fitur barunya yang diantaranya adalah perekam pesan, pengarsipan obrolan sampai pada penambahan stiker kamera baru.

Langkah menambahkan fitur baru ini diklaim sebagai upaya menyaingi aplikasi TikTok yang sudah diunduh hingga 58 juta, sementara itu Facebook berada dibawahnya yaitu sekitar 56 juta kali unduhan

Oleh karena itulah Facebook melakukan terobosan dengan merilis fitur baru untuk bisa bersaing dengan TikTok. Adapun fitur-fitur baru yang dirilis pada awal bulan Mei 2021 ini adalah sebagai berikut :

6 Fitur Baru di Facebook dan Instagram

  1. Perekam pesan dengan sekali ketuk. Awalnya para pengguna FB harus menekan tombol mikrofon terus menerus ketika ingin merekam pesan.  Nah di fitur baru ini ada peningkatan 20% perpesanan secara audio dikutip dari Gizchina (9/5/2021)
  2. Fitur arsipkan obrolan, sehingga pengguna dapat membersihkan kotak masuk tanpa menghapus obrolan dan kehilangan riwayat pesan. Fitur ini tersedia di layar kotak masuk pesan.
  3. Facebook menambah tema baru seperti Star Wars hingga serial Netflix, Selena.
  4. Memperbanyak stiker kamera. Namun, ini baru tersedia di Kepulauan Asia dan Pasifik.
  5. Kotak masuk terlihat. Pengguna dapat mengetahui pesan telah dibaca atau belum, dengan memeriksa kotak masuk tanpa membuka direct message (DM).
  6. Terakhir adalah Visual replies yang mirip dengan fitur balas di aplikasi perpesanan Snapchat. Melalui fitur ini, pengguna bisa menanggapi atau membalas foto atau video.
Baca Juga:  Kebijakan Privasi Apa Yang Dibuat Whatsapp Sehingga Banyak Yang Beralih Ke Telegram dan Signal!

Keenam fitur ini tentunya diharapkan bisa menyaiki TikTok yang memang semakin banyak penggunanya. Persaingan kedua perusahaan ini memang sudah tidak bisa disembunyikan lagi, Seperti dari laman Sensor Tower yang mencatat bahwa aplikasi TikTok saat ini memang menjadi nomor 1 sebagai aplikasi non-gaming yang paling banyak didownload per Maret 2021, yakni 58 juta kali nah Facebook hanya 56 juta kali. Yang artinya saat ini Facebook masih kalah tenar dengan TikTok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *