Begini Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah KODE MMI Tidak Valid di Semua Tipe HP

Apakah kamu sering mengalami masalah sambungan Kode MMI tidak valid / berlaku ketika sedang ingin melakukan dial up mengecek pulsa ataupun cek kuota internet? Nah topik kali ini teknobgt akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Mengapa kode MMI sering mengalami masalah gangguan jaringan? apa saja penyebabnya? kita akan bahas tuntuas semuanya disini. Oiya, tips cara mengatasi kode MMI tidak valid ini bisa terjadi pada semua profiver lho, entah itu Telkomsel, XL, IM3, 3, Axix, Smartfren dan yang lainnya.

Tapi sebelum membahas cara-cara mengatasinya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Kode MMI.

Tentang Kode MMI

Perlu diketahui bahwa istilah kode MMI atau Man Machine Interface ini adalah suatu kode perintah singkat untuk menampilkan informasi tertentu dari provider jaringan teleponnya ataupun informasi/fitur khusus di Ponsel. MMI ini sangat identik dengan kombinasi simbol dan angka.

Baca Juga:  Ada 3 Cara Agar Akun Whatsapp Anda Tidak Mudah Di Hack!

Contohnya adalah ketika kamu sedang ingin cek pulsa ataupun ingin melakukan cek nomor IMEI di HP, maka kombinasi simbol dan angka yang digunakan itu adalah KODE MMI.

Apa Penyebab Kode MMI Tidak Valid?

kode MMI tidak berlaku

Sepintas pasti akan bertanya-tanya, kenapa kode MMI yang diketikkan tadi itu tidak valid? tidak berlaku dan tidak bisa menampilkan informasi yang kita butuhkan? Nah mungkin saja ada beberapa hal yang menyebabkan itu terjadi, sehingga ketika sedang mengetikkan kode dial MMInya tiba-tiba hilang dan harus mengulang dari awal. Apa saja penyebabnya kode MMI tidak berlaku?

  1. Sedang terjadi kesalahan jaringan pada HP yang digunakan
  2. Sinyal disekitarmu sedang tidak bagus (jelek)
  3. Gangguan jaringan dari pusat
  4. Masih Menggunakan Jaringan 4G LTE
  5. Eror karena kesalahan pada sistem operasi (OS)
  6. Penyimpanan / Memori pada HP sudah penuh bisa juga menjadi penyebab utamanya
  7. Kesalahan saat menggunakan kombinasi dial kode MMI-nya

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Nah untuk mengatasi masalah sambungan ketika kode MMI tidak valid, maka kamu bisa mencoba beberapa point berikut ini :

Baca Juga:  Group Whatsapp Obrolannya Tidak Jelas? Begini Begini Cara Keluar Dari Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Didalamnya!

Ubah Jaringan

cara yang pertama ada ubah mode jaringan providernya, jika masih menggunakan mode 4G LTE, maka kamu harus mengubahnya karena kode MMI ini direkomendasikan menggunakan jaringan 3G ataupun 2G.

Nonaktifkan Jaringan / SIM CARD

Selanjutnya bisa dengan cara menonaktifkan sementara jaringan atau kartu seluler (Sim Card) yang kamu gunakan agar jaringannya bisa terrestart.

Cek Kembali USSD

Solusi selanjutnya ketika kamu mendapatkan nofitikasi bahwa kode MMI tidak valid adalah dengan kembali mengecel kombinasi kode dial USSD yang digunakan. Hal ini adalah yang paling sering terjadi ketika salah mengetikkan di awalnya.

Selain 3 cara tersebut, sebenarnya masih ada cara-cara lain yang bisa kamu coba seperti :

  • Merestart HP terlebih dahulu
  • Hapus data aplikasi telepon
  • Mode Pesawat
  • Menambahkan tanda (+) ataupun (,)

Cara-cara diatas ini bisa kamu coba gunakan di semua merek HP, Jadi ketika terjadi masalah seperti ini bisa dengan cepat mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *