fbpx
cek imei iphone

Cek IMEI iPhone? Begini 5 Cara Mengetahuinya

Produk dari Apple memang menjadi primadona walaupun harganya yang mahal, tetapi kalian tau nggak sih bagaimana cara cek imei iPhone dengan mudah? sehingga bisa ketahuan tuh produk itu asli apa palsu.

Salah satu alasan kenapa kalian harus tau nomer imei iPhone yang dibeli adalah untuk menghindari smartphone itu palsu atau replika, karena saat ini banyak sekali yang menjual iPhone dengan harga murah. Nah oleh karena itu teknobgt.com mau sharing bagaimana caranya cek imei iPhone sehingga tidak tertipu saat mau membeli.

5 Cara Mengetahui Nomor IMEI

IMEI adalah sebuah kode yang digunakan oleh produsen Apple untuk semua produk-produknya seperti iPhone, iPad atau iPod. International Mobile Equipment Identity atau disingkat Imei ini yang membedakan setiap produknya, sehingga tidak ada yang memiliki kode seri imei yang sama.

Baca Juga : Begini Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password

Fungsi imei yang sangat populer adalah memang untuk pengecekan perangkat smartphone itu asli atau palsu yang sudah dibahas tadi, untuk lebih lengkapnya ada di artikel fungsi nomor imei yang dibahas secara lengkap. Oke kita langsung saja ya membahas lagi bagaimana cara cek imei iPhone terbaru.

Dusbox dan Perangkat iPhone

imei iphone terbaru
sumber gambar : wikihow.com

Cara pertama adalah dengan menemukan kode nomor imei di belakang dusbox atau kotak iPhone saat kalian beli. Dibagian belakang kotak iPhone tadi terdapat beberapa nomor seri diantaranya SN, SKU dan IMEI. Nah buka terlebih dahulu dan cocokan dengan yang ada di iPhone, Nomor imei Wajib sama ya antara di perangkat iphone bagian belakang dan yang ada di kotak bagian belakngnya juga.

Sistem Pengaturan

serial number iphone

Cara ini merupakan cara termudah untuk mengecek nomor IMEI, cukung dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih General dan lanjutkan pada menu About, pada menu About ini carilah baris yang bertuliskan IMEI dan code nomornya. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan informasi mengenai serial number ataupun code ICCID.

Fisik iPhone

cara cek imei iphone

Selain pada menu setting, cara mengetahui nomor seri IMEI pada perangkat iPhone adalah terletak pada tempat kartu atau Simtray. Disitu akan tertulis sangat kecil jadi untuk kalian yang ada gangguan pada mata wajib untuk menggunakan kacamata. Adapun seri iPhone yang menuliskan kode IMEI pada simtray adalah iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max, iPhone XS, XS Max, iPhone XR, X, iPhone 8, 8 Plus, iPhone 7, 7 Plus, iPhone 6s, 6s Plus.

code imei iphone

Bukan hanya pada simtray saja kalian bisa menemukan IMEI, pada seri iPhone 6, 6 plus, iPhone SE, iPhone 5s, C dan iPhone 5 terdapat juga pada bagian belakang iPhone. Tepatnya ada pada dibelakang bagian bawah.

Pada iPhone versi 3G, 3GS, iPhone 4 (model GSM) dan iPhone 4s kode IMEi juga terdapat pada simtray yang masih menggunakan kartu sim yang besar.

Dial Kode Khusus

checking imei iphone call

Cara ketiga adalah dengan menggunakan kode dial yang menurut kami gampang-gampang susah, karena terkadang kita lupa akan kombinasi kode dial untuk mengecek sesuai. Yang diingat pasti cuman kode untuk cek pulsa ataupun cek nomor telepon.

Nah untuk dial kode khusus cek IMEI iPhone adalah dengan menekan kombinasi *#06#, setelah kalian menekan call maka akan tertera pada layar berupa nomor imei smartphonenya.

Finder dan iTunes

check imei at itunes

Cara terakhir adalah bisa kalian lakukan adalah menggunakan program resmi bawaan dari Apple yaitu iTunes. Fungsi iTunes ini banyak sekali dan dengan software/program ini kalian bisa dengan mudah untuk mengetahui kode IMEi yaitu dengan cara sambungkan saja iPhone ke komputer atau laptop yang sudah kalian instal iTunes terlebih dahulu dan sinkronkan saja.

Jika berhasil terubung maka di tampilan iTunes tersebut akan membaca memori iPhone kalian dan untuk mengecek nomor IMEInya masuk pada menu Liblary, maka dengan otomatis data akan ditampilkan. atau jika masih bingung bisa mengikuti langkah- langkah menemukan nomor imei menggunakan Finder dan iTunes :

  1. Sambungkan perangkat iPhone kalian ke Laptop atau komputer
  2. PC/Laptop buka dengan program iTunes sedangkan pada Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau lebih menggunakan OS terbaru, buka Finder. Di Mac dengan macOS Mojave 10.14 atau yang lebih lama
  3. . Pada program iTunes klik tab Summary untuk melihat informasinya, sedangkan pada Finder, Temukan perangkat Anda, pastikan kalian berada di bawah tab General.
  4. Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat Anda atau model perangkat untuk menemukan IMEI / MEID dan ICCID. Untuk iPad (model seluler), klik Nomor Seri untuk menemukan CDN, IMEI / MEID, dan ICCID.

Nah itulah 5 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui dan mengecek nomor seri IMEI iPhone, dan ini bisa dijadikan bahan rujukan dalah membeli produk iPhone yang asli dan tidak tertipu denga produk murah yang ternyata palsu.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara cek imei iphone 11promax