cara membuat link whatsapp untuk onlineshop

Cara Membuat Link Whatsapp Agar Langsung Masuk Ke Chat! Cocok Untuk Onlineshop

Banyaknya fitur didalamnya membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis online maupun offline. Oleh karena itu teknobgt akan membagikan tips cara membuat link Whatsapp agar bisa langsung masuk ke chat pribadi tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Aplikasi Whatsapp saat ini menjadi primadona / pilihan utama hampir diseluruh dunia sebagai alat komunikasi baik itu pesan teks ataupun video call. Bahkan di negara India, Whatsapp disana sudah memiliki fitur sebagai alat pembayaran online. Tapi kita tidak membahas itu, tetapi mengulik sedikit tips cara membuat link Whatsapp yang mana ini sangat cocok sekali untuk para onlineshop.

Bisa anda bayangkan ketika mempromosikan produk melalui media sosial Facebook ataupun Instagram, dan untuk proses ordernya menggunakan Whatsapp dengan mencantumkan Nomor WA. Ini akan membuat calon pembeli bisa menunda orderannya karena merasa “ribet” ketika harus menyimpan nomor Wanya terlebih dahulu.

Bayangkan jika di keterangan produk tersebut ada link WA yang bisa diklik dan otomatis masuk ke posisi chat untuk pemesanan? ini sangat mempermudah calon pembeli. Nah artikel ini akan menjelaskan langkah-langkahnya dalam cara membuat link WA dengan mudah dan cepat.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Begini Cara Cek Resi GOSEND Dari Layanan Gojek Untuk Melacak Kiriman Paket Belanja Online

3 Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Onlineshop

Sekarang para pelaku usaha dengan sistem online mulai dimanjakan dengan fitur-fitur sosial media yang mendukung UMKM, contohnya saja Instagram yang baru saja merilis fitur yang bisa chat langsung ke Whatsapp dari profile Instagram (BACA: Cara Menambahkan Fitur Chat Whatsapp Di Instagram).

Berbeda dengan cara buat link WA yang akan teknobgt jelaskan kali ini, karena dengan cara ini anda bisa menggunakannya di berbagai platform ketika anda melakukan blasting promotion. Dengan menambahkan Link Whatsapp di setiap akhir keterangan produknya, para calon pembeli bisa dengan cepat dan mudah menghubungi anda untuk melakukan order/pemesanan.

Link Whatsapp Original / Standard

Yang pertama akan kita bahas adalah membuat link dari “wa.me” dan juga dari api.whatsapp.com. caranya cukup mudah karena kedua link tersebut adalah shortlink resmi milik Whatsapp sendiri. Untuk detailnnya adalah sebagai berikut :

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Cara Mudah Menyadap WA Lewat Google Chrome Atau Mozilla, Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan!

Berikut ini adalah contoh menambahkan Nomor WA di shortlink resmi, Jika nomor Whatsapp anda adalah “0813 1111 111” maka penulisan di linknya adalah sebagai berikutย  :

https://api.whatsapp.com/send?phone=628131111111

https://wa.me/628131111111

Yang harus diingat adalah tidak menggunakan angka“0” lagi karena sudah diganti dengan kode negara Indonesia yaitu “62” dan tidak menggunakan “spasi” dalam penulisannya.

Link Whatsapp Dengan Tambahan Pesan Singkat

contoh link whatsapp dengan pesan singkat

Cara yang kedua adalah dengan menambahkan pesan singkat, dengan cara ini ketika ada yang mengklik link Whatsapp, maka otomatis di kolom pengetikan pesannya langsung muncul pesan singkat yang sudah kita setting.

Contoh link Whatsapp dengan pesan singkat :

https://api.whatsapp.com/send?phone=628131111111&text=Saya%20Mau%20Order.

Cara ini biasanya sering digunakan oleh para onlineshop untuk membedakan pesan masuk sesuai kategori produknya.

Membuat Link Whatsapp Dengan Bit.ly

membuat shortlink link wa bitly

Cara terakhir ini sebenarnya adalah memodifikasi dari cara 1 dan 2. dimana cara yang terakhir ini adalah memanfaatkan shortlink dari pihak ketiga yaitu bit.ly.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  2 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Via Online dan SMS

Fungsi dari menggunakan bit.ly ini adalah memperpendek link whatsapp dan mempercantik tampilannya karena kita bisa mencostum link yang akan dibuat. Berikut ini contoh-contoh yang bisa dibuat :

http://bit.ly/whatsapp-teknobgt

http://bit.ly/(sesuaikan selera anda)

Nah dengan cara tersebut, link WA yang anda tambahkan di keterangan produk yang dipromosikan akan jadi lebih terlihat elegan, dan juga profesional. Cara membuatnya adalah anda harus daftar dulu di website app.bitly.com setelah itu baru bisa memaksimalkan fitur gratisnya dalam membuat shortlink untuk WA.

Demikianlah tutorial dan langkah-langkah dalam membuat link Whatsapp dengan mudah dan bisa menghasilkan shortlink yang sesuai dengan keinginan anda. Tentunya dengan adanya Link WA ini, promosi produk yang dijual bisa semakin mudah mendapatkan customer baru.

Kata Kunci
shortlink api -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *