Cara Menambahkan Fitur Chat Whatsapp Di Instagram Bisnis

Ternyata Chat Whatsapp Bisa dihubungkan Dengan Instagram, Begini Caranya!

Ada fitur baru dari Instagram yang mana ini sangat cocok sekali untuk pelaku bisnis yang ingin memudahkan komunikasi dengan pelanggannya, yaitu bisa menambahkan menambahkan whatsapp di akun instagramnya.

Nah kali ini teknobgt ingin berbagi cara bagaimana cara menghubungkan chat Whatsapp dengan Instagram sehingga para pengunjung instagramnya yang ingin mengirimkan pesan bisa langsung tekan tombolnya saja tanpa harus mengetik ulang.

Seperti yang dikatakan Pieter Lydian selaku Country Director Facebook di Indonesia pada keterangan tertulisnya Jum’at (18/12/2020) Mengatakan bahwa Instagram memiliki komitmen untuk terus membantu para pelaku UMKM dan juga pelaku usaha bisnis dalam memasarkan produk mereka sehingga mendorong penjualan lebih banyak terutama dimasa pandemi seperti ini.

Fitur ini sangat memanjakan para pelaku usaha/bisnis yang mempromosikan dagangannya melalui platform Instagram. Jika sebelum-sebelumnya yang dilakukan adalah menambahkan keterangan Nomor Whatsapp disetiap postingannya, sehingga itu mempersulit komunikasi antara calon pembeli dengan para pelaku usaha.

Fitur Chat Whatsapp di Instagram Bisnis
Instagram luncurkan fitur baru untuk permudah pengguna memulai percakapan WhatsApp dengan penjual di Instagram. (HO/Instagram)

Konon katanya Indonesia adalah negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur chat Whatsapp di Instagram. Ini sangat membantu para pelaku usaha yang dimasa pandemi covid-19 ini lebih banyak mempromosikan dagangannya melalui akun sosial media termasuk Instagram. Para pelaku bisnis di Indonesia sekarang bisa menghubungkan nomer Whatsapp dengan Instagram bisnisnya dan akan tampil di halaman profile.

Cara Menambahkan Fitur Chat Whatsapp Di Instagram Bisnis

Jika sebelumnya kebanyakan orang membuat link WA dan memanfaatkan kolom website diprofile instagram untuk menyimpan link tersebut. Fungsinya cukup membantu para calon pembeli karena mereka tidak harus menyimpan kontak terlebih dahulu, tetapi klik link Whatsapp maka otomatis langsungmasuk ke chat Whatsapp.

Baca Juga  Screen Sharing, Fitur Baru di Facebook Messenger Versi Mobile Resmi di Rilis

Cara yang ini berbeda karena anda tetap bisa menambahkan link website dan akan ada tombol chat Whatsapp di profile Instagram bisnis anda. Bagaimana cara membuatnya? simak selengkapnya berikut ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengubah akun instagram standard anda menjadi akun Instagram bisnis
  2. Jika sudah, maka masuk ke aplikasi Instagram dan pilih menu “Edit Profile”
  3. Setelah itu pilih “Opsi kontak” dan anda tinggal menambahkan nomor Whatsapp yang akan ditampilkan pada profile instagram bisnis anda.
  4. Tekan Simpan, maka anda akan mendapatkan kode Autentikasi, inputkan kodenya maka akun Instagram bisnis anda akan secara otomatis terhubung dengan Whatsapp anda.
  5. Selesai, Chats whatsapp anda sudah tampil di profile instagram bisnis.

Lalu bagaimana jika kita ingin menonaktifkan fitur tersebut? atau dalam istilah lainnya adalah membatalkan tautan akun Instagram dengan Whatsapp anda. Caranya cukup mudah, yaitu :

  1. Buka aplikasi Whatsapp di smartphone anda
  2. Kemudian buka fitur Bisnis dan selanjutnya pilih Pengaturan
  3. Setelah itu pilih akun tertaut dan akan muncul Instagram disitu
  4. Pilih Instagram dan pilih batalkan tautan, Selesai

Itulah beberapa langkah bagaimana cara menghubungkan chat Whatsapp dengan akun Instagram Bisnis agar mempermudah calon pembeli menghubungi untuk melakukan pemesanan. Semoga bermanfaat dan usaha anda semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *