cara mengunci whatsapp di iphone

Cara Mengunci Whatsapp di iPhone Agar Tidak Bisa Dibuka Oleh Orang Lain

Saat ini Aplikasi Whatsapp menjadi pilihan utama sebagai alat komunikasi diseluruh dunia, baik itu digunakan untuk video call, chatting, hingga bisa berbagi data/foto. Kabar baik untuk para pengguna iPhone, karena kali ini teknobgt.com akan berbagi informasi mengenai cara mengunci whatsapp di iPhone agar tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Kenapa harus dikunci? iya karena ada sebagaian orang menganggap bahwa semua data di Whatsapp adalah data penting ataupun sangat privasi. Karena anda tidak akan tau apa yang diakses ketika teman atau keluaga meminjam iPhone anda, itulah sebabnya anda harus benar-benar tau bagaimana cara mengunci whatsapp di iPhone tanpa aplikasi tambahan ataupun harus dijailbreak terlebih dahulu melainkan memanfaatkan fitur-fitur keamanan yang ada didalam iPhone itu sendiri seperti dengan sidik jari (touch ID) ataupun Face ID.

2 Cara Mudah Mengunci Whatsapp di iPhone Tanpa Jailbreak

Kebanyakan orang berfikir bahwa ketika ingin memanfaatkan fitur iPhone yang jarang digunakan itu harus dijailbreak terlebih dahulu. Apalagi ketika berfikir bahwa aplikasi di Apple store kebanyakan berbayar dan orang-orang akhirnya rela iPhone / iPadnya dijailbreak, padahal resikonya jadi lebih besar seperti keamanannya yang mudah terserang malware/virus dan juga sudak tidak bisa menggunakan layanan dari Apple sendiri.

Kita langsung saja ya membahas 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mengunci whatsapp di semua tipe iPhone (iPhone 4, 5, 6, 6s, 6s plus, 7, 7 plus, 8, 8 plus, X, XS, XR, iPhone SE, iPhone 11, 11 Pro dan juga 11 Pro Max) :

Kunci Whatsapp Dengan Face ID dan Touch ID

Kunci Whatsapp Dengan Face ID dan Touch ID

Seperti pada artikel sebelumnya tentang Fitur Baru Whatsapp : Kunci Sidik Jari dan Pengenalan Wajah yang dirilis pada tahun 2019. Kedua fitur ini hanya bisa digunakan/aktifkan pada smartphone yang memiliki fitur Face ID dan Touch ID yang tersedia pada perangkat iPhone saja.

Adapun langkah-langkah cara mengunci whatsapp di iPhone dengan memanfaatkan sidik jari ataupun wajah  (face ID dan Touch ID) adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama anda masuk ke menu Settings kemudian pilih Account dan pilih lagi Privacy
  2. Kemudian di halaman Privacy tadi pilih menu Screen Lock dan pilih opsi untuk aktifkan fitur Face ID atau Touch ID
  3. Aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID kemudian atur jangka waktu kunci whatsappnya

Setelah berhasil proses pengaturan kuncinya, maka ketika anda membuka aplikasi whatsapp, anda harus melakukan scan Face ID atau Touch ID.

Kunci Whatsapp dengan Fitur “Two-Step Verification”

two-step verification whatsapp on iphone

Cara yang kedua adalah menggunakan fitur bawaan dari Whatsapp itu sendiri, namanya adalah Two-Step Verification atau jika dalam bahasa indonesia nya itu verifikasi dua langkah. Nah fitur keamanan seperti ini sudah lebih dulu digunakan oleh google, facebook, paypal dan yang lainnya.

Fitur keamanan bisa digunakan oleh semua smartphone, baik itu iPhone atapun Android. Nah jadi untuk kalian yang menggunakan smartphone android bisa juga mengunci Whatsappnya agat tidak dibuka oleh orang lain. Cara mengaktifkan fitur Two-step Verification untuk mengunci Whatsapp adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama itu buka aplikasi Whatsapp kemudian masuk ke menu Settings yang ada di bagian bawah
  2. Kemudian pilih menu Account dan pilih lagi Two-Step Verification lalu pilih Enable untuk mengaktifkannya
  3. Proses selanjutnya setelah menekan “Enable” adalah membuat PIN / code yang terdiri dari 6 angka
  4. Klik next dan ulangi PIN code tadi (pastikan anda selalu ingat)
  5. Dan yang terakhir adalah anda diminta untuk menambahkan akun email sebagai alternatif keamanan jika nanti anda lupa dengan kode PIN ini.
  6. Atau jika anda masih kurang paham, bisa menonton tutorial cara menggunakan Two-Step Verification di Whatsapp dibawah ini

Itulah 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengunci aplikasi whatsapp agar privasi dan data anda tidak bisa dibuka oleh orang lain ketika dipinjam. Atau mungkin seperti hal buruk lainnya (tapi ini jangan sampai terjadi) jika iPhone anda terjatuh ataupun dimaling orang, maka dia tidak bisa mengakses Whatsapp anda.