Cara Backup Data Penting di iPhone
Cara Backup Data Penting di iPhone

Cara Backup Data Penting di iPhone

Berikut ini adalah cara backup data iphone yang bisa dengan mudah dilakukan. Manfaat dari membackup data / mencadangkan iPhone adalah kalian bisa memiliki salinan informasi data yang ada di smartphone (iPhone pada artikel ini), yang mana data tersebut bisa digunakan kembali jika perangkat hilang, rusak atau ganti iphone baru.

Ada 2 metode yang bisa dipilih untuk melakukan proses backup datanya, yaitu dengan menggunakan iCloud dan Komputer/Laptop Windows ataupun Mac. teknobgt.com akan coba jelaskan keduanya disini, tetapi sebelum memulai pelajari dulu perbedaan backup iCloud dan Komputer. Nah setelah paham dan mana yang cocok dan tepat untuk anda. Tapi bisa juga digunakan keduanya karena untuk jaga-jaga atau sebagai alternatif jika disalah satunya tidak bisa diakses dikemudian hari.

Cara Backup dengan iCloud

backup iphone dengan icloud

  1. Langkah pertama untuk cara backup data iphone adalah sambungkan perangkat iPhone ke jaringan Wi-Fi, karena jika menggunakan paket data seluler tidak begitu stabil dan membutuhkan kuota internet yang besar saat proses backupnya.
  2. Kemudian Buka Pengaturan > [nama Anda], lalu tekan iCloud dan lanjut tekan Cadangan iCloud.
  3. Selanjutnya adalah ketuk Cadangkan Sekarang. Tetap tersambung ke jaringan Wi-Fi hingga proses selesai.
👉 TRENDING:  Ini 2 Cara Membuat Akun iCloud Untuk Pengguna iPhone dan iPad

Anda bisa mengecek prosesnya dan memastikan bahwa backup/cadangan selesai dengan sempurna. Caranya adalah Buka Pengaturan > [nama Anda] > iCloud > Cadangan iCloud. Di bawah Cadangkan Sekarang, Anda akan melihat tanggal dan waktu pencadangan terakhir.

Setting iCloud membackup data iPhone setiap hari

Untuk memungkinkan iCloud secara otomatis membackup/mencadangkan perangkat setiap hari, berikut hal-hal yang harus dilakukan :

  1. Pastikan Backup/Cadangan iCloud diaktifkan di Pengaturan > [nama Anda] > iCloud > Cadangan iCloud.
  2. Sambungkan perangkat ke sumber daya.
  3. Sambungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi.
  4. Pastikan layar perangkat Anda terkunci.
  5. Pastikan Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup di iCloud untuk cadangan tersebut. Jika Anda masuk ke iCloud, Anda akan mendapatkan penyimpanan iCloud sebanyak 5 GB gratis. Jika Anda memerlukan lebih banyak penyimpanan iCloud, Anda dapat membeli lebih banyak penyimpanan dari iPhone, iPad, iPod touch, atau Mac. Paket dimulai dari 50 GB sebesar USD 0,99 per bulan. Untuk informasi daftar harganya bisa kunjungi di official website resmi apple tentang paket dan harga penyimpanan icloud.
👉 TRENDING:  Beberapa Fungsi iCloud Pada iPhone, Ini Sangat Penting

Cara Backup Dengan iTunes

cara backup iphone dengan itunes

  1. Langkah pertama adalah sambungkan dengan kabel data USB original perangkat iPhone ke komputer/laptop windowsdan buka aplikasi iTunes. Di Mac dengan macOS Catalina 10.15, buka Finder. Di Mac dengan macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama.
  2. Jika diminta untuk memasukkan password/kata sandi perangkat atau konfirmasi Percayai Komputer Ini, ikuti langkah-langkah di layar dan temukan perangkat iphone anda di komputer
  3. Jika ingin menyimpan data Kesehatan dan Aktivitas dari perangkat atau Apple Watch, Anda perlu mengenkripsi cadangan: Centang kotak Enkripsi cadangan [perangkat], lalu buat kata sandi yang mudah diingat. Jika tidak perlu menyimpan data Kesehatan dan Aktivitas, Anda dapat membuat cadangan yang tidak dienkripsi. Cukup klik Cadangkan Sekarang.
  4. Saat proses berakhir, Anda dapat melihat apakah pencadangan berhasil diselesaikan.
👉 TRENDING:  Cara Memindahkan File Dari iPhone ke Laptop Windows