daftar bantuan pip 2021

Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali Untuk Anak Sekolah SD, SMP dan SMA, Begini Cara Daftarnya!

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu bantuan tunai pendidikan untuk tingkat SD, SMP dan SMA sederajat atau anak sekolah di usia 6 sampai 21 tahun.

Kemendikbud yang sudah membuat anggaran bantuannya telah sepakat dengan pemerintah untuk menjalankan kembali bantuan tunai pendidikan senila 1 juta rupiah melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Adapun Cara daftar program indonesia pintar (PIP) 2021 ini akan dijelaskan berikut ini.

Perlu para orangtua ketahui bahwa melalui program ini pemerintah ingin para penerima bantuan PIP 2021 lebih tertarget yaitu anak sekolah usia 6 sampai 21 tahun atau tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA Sederajat yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas dan juga keluarga korban bencana alam/musibah.

Selain itu, Anak dari keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan juga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan untuk mendaftarkan anaknya sebagai penerima bantuan tunai pendidikan senila 1 juta rupiah melalui program indonesia pintar (PIP).

Setiap jenjang pendidikan akan mendapatkan dana bantuan pendidikan / bantuan PIP 2021 ini berbeda-beda nilainya sesuai dengan petuntuk pelaksanaan PIP Kemendikbud tahun 2016. Untuk detail pembagiannya adalah sebagai berikut :

  1. Anak sekolah tingkat SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000/tahun.
  2. Anak sekolah tingkat SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000/tahun.
  3. Anak sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000/tahun.

Cara Daftar Bantuan PIP 2021

Kartu Indonesia Pintar

Dibawah ini adalah cara daftar bantuan tunai pendidikan dari pemerintah melalui program indonesia pintarย  PIP 2021 syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar program bantuan ini :

  1. Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah atau lembaga pendidikan terdekat.
  2. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.
  3. Jika sudah memiliki KKS atau SKTM, segera hubungi pihak sekolah atau lembaga pendidikan terdekat untuk melakukan pendaftaran.
  4. Nantinya, sekolah atau lembaga pendidikan terdekat akan mengusulkan nama peserta didik untuk menjadi calon penerima KIP ke direktorat terkait.
  5. Peserta didik juga bisa didampingi orangtuanya untuk mengurus membuat KIP, adapun tata caranya bisa dibaca pada artikel Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Baca Juga  Kemendikbud Umumkan Bantuan Kuota Internet Tahun 2021 Ini Lebih Kecil, Kenapa?

Para orangtua juga bisa memastikan status anaknya apakah sudah terdaftar di bantuan tunai pendidikan Program indonesai pintar PIP 2021 dengan cara mengakses website pip.kemdikbud.go.id dan dihalaman utama itu ada kolom Cari Penerima PIP. disitu ada 3 kolom yang harus diisi yaitu NISN, tanggal, dan Nama Ibu Kandung. klik cari untuk memastikan status data anak anda.

Syarat Daftar Bantuan PIP 2021

  • Pihak keluarga/orangtua harus memastikan bahwa anaknya yang sekolah sudah terdaftar sebagai Peserta Program Indonesia Pintar harus sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Penerima KIP harus terdaftar sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) ataupun non formal (PKBM/SKB/LKP).
  • KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Baca Juga : Syarat Untuk Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Dari Pemerintah

Perlu diketahui kembali bahwa program bantun PIP 2021 ini adalah bagian dari penyempurnaan program bantuan pemerintah Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang sebelumnya sudah dijalankan. Melalui program ini pemerintah ingin semua anak bisa terus bersekolah dan juga diharapkan bisa menarik sswa putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan di tingkatan yang sesuai.

Para penerima bantuan PIP 2021 ini diharapkan bisa menggunakan dana bantuan ini untuk keperluan sekolah seperti membeli perlengkapan belajar, uang saku, biaya transportasi dan yang lainnya.

49 comments

  1. Aku punya tapi aku belum di cek

    • Tolong bantuannya saya dari keluarga tidak mampu

    • Ellin setia manullang

      Sere pak…mohon bantuannya untuk meringankan sekolah anak2 saya,sdh lebih satu tahun ini uang sekolah anaknya saya belum bisa silunasin…saya punya ansk tiga pak,bersekolah diswasta,kita mau pindahkan ke sekolah negeri tp pihak sekolah yg lama tdk memberi ijin krn masih ada tunggakan ,tolonglah pak yg ada dipemerintahan bantu kita,suami sy sdh tdk krj lg sejak pandemi,dan kami bisa makan hanya mengharapkan bantuan keluarga..trimakasih

  2. Saya ingin bansos untuk membeli keperluan sekolah saya karna orangtua saya sudah tua dan saya ingin sekali sekolah tinggi namun selalu tertunggak biaya dari SD sampe sekarang saya gak pernah dapat bansos apa apa

    • Nama saya Sunarti An
      Anak saya Rivaldo Pangalayo tapi sejak dari
      SD tidak pernah mendapat bantuan sedang kan kmi sebagai orang tua ,tidak mempunyai penghasilan tetap, kmi ingin bantuan dari pemerintah untuk biaya sekolah anak kmi.Mohon kira Bapak memberikan bantuan untuk anak kami Rivaldo p.

      • Saya mellani dari desa Sukoharjo Jawa tengah, saya dari dulu belum pernah mendapat kan bantuan, ayah saya kuli bangunan, ibu saya penjual krupuk keliling,saya dari dulu belum pernah mendapatkan bantuan selama pandemi ini.

      • Pak…mohon bantuannya ,kita tdk punya kartu apapun yg diminta..tp pak mohon kita mng butuh biaya untuk anak2 kita srkolah.kita mau buat kartu pintarpun tdk pernah lolos.

    • Saya butuh untuk biaya sekolah

  3. Saya butu uang untuk pondok

  4. Richard Frandi Boymau

    Mohon bantu anak saya untuk mendapat PIP atau pun KIP KULIAH anak saya sementara kuliah…saya seorg guru honor komite gaji cuman 400 per bln saya juga jualan kue didekat rmh..saya ingin anak saya bisa mendapat beasiswa..mhon bantuan dari pemerintah…agar anak saya bisa mendapat bantuan u kebutuhan kuliahnya..

    • Perkenalkan Nama saya Wasianang mandak,tolong bantu saya untuk mendapatkan PIP atau KIP kuliah saya

    • Saya Sriwidarsih dari Tambak negara ,Rawalo ,Banyumas
      Anak saya 2 SD dan SMP
      Suami saya buruh dngan penghasilan tdk tetap ,saya Dari dulu semenjak lahir anak 1 sekolah SD sampai sudah SMP tdk pernah dpt bantuan apapun itu ..
      Dan saya minta tolong anak saya biarpun ga dpt dua” nya pling tdk 1..
      Anak saya SMP galih agung Pambudi
      Yang SD Rafael abyasa wibowo
      Mohon pak jokowi ,orang kaya bnyak yg dpt , masa seperti saya orang yang serba kurang tdk dapat apapun ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ terima kasih

  5. Saya membutuhkan ny

    • Perkenalkan nama saya OKTORIANTO ROY TITA KALI
      Saya minta tolong, Membantu saya untuk mendapatkan kartu PIP Atau KIP kulah sya

      Trimaksi ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    • Mohon perhatiannya pak…kita blm prnah terima bantuan apapun dari pemerintah selama ini,padahal kita mmg sangat2 membutuhkannya,suami sy tdnya hanya kerja ojol,tp skrg tdk lg krn ngk ssnggup bayar cicilannya lagi..saya mohon pak…untuk bantuan anak saya sekolah,krn buat bayar spp sekolah sdh lebih satu tahun tdk bisa bayar..trimakasih atas perhatiannya pak

  6. Mau bantuan untuk anak saya yang mau melanjutkan ke SMA

  7. Saya ada udah ad kartu Kip sama KKS
    Tpi kenapa gak ad kabarnya yaa

  8. SayA butuh uang buat beljar oniline

  9. Nama saya nabila,saya ingin mendapat kan dana ini buat biaya sma saya semoga dapat

  10. Saya juga ingin sekali untuk membantua orang tua sya dgn mendapatkan pip

  11. Saya butuh uang untuk belajar

    • Saya khoiril anwar , saya butuh dana bantuan ini untuk biaya anak saya sekolah SD dan SMP . Mohon bantuannya . Terima kasih

  12. Sy ingin mendapatkan pip

  13. Saya butuh uang untuk belajar

  14. Saya butuh uang untuk biaya sekolah

  15. Angela marici tada darang

    Saya Angela marici tanda Darang
    Saya mau bansos buat keperluan sekolah

  16. Angela marici tada Darang

    Saya butuh bansos untuk biaya sekolah saya

  17. Nama sy Davina..sy lg butuh biyaya buat sekolh

  18. Nama sy Davina..sy lg butuh biyaya buat sekolh

  19. ๐ƒ๐ž๐ฏ๐ซ๐ข๐š๐ง๐ข ๐‹๐š๐ญ๐ข๐Ÿ

    ๐๐€๐Š ๐๐š๐ง๐ญ๐ฎ ๐’๐š๐ฒ๐š ๐”๐ง๐ญ

  20. ๐ƒ๐ž๐ฏ๐ซ๐ข๐š๐ง๐ข ๐‹๐š๐ญ๐ข๐Ÿ

    ๐’๐š๐ฒ๐š ๐๐ฎ๐ญ๐ฎ๐ก๐ก ๐๐š๐ง๐ญ๐ฎ๐š๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฌ๐ž๐ค๐จ๐ฅ๐š๐ก ๐ฌ๐š๐ฒ๐š.๐ค๐š๐ซ๐ž๐ง๐š ๐€๐ฒ๐š๐ก ๐’๐š๐ฒ๐š ๐’๐ฎ๐๐š๐ก ๐Œ๐ž๐ง๐ข๐ง๐ ๐ ๐š๐ฅ ๐ƒ๐š๐ง ๐’๐ž๐ฃ๐š๐ค ๐‚๐จ๐ซ๐จ๐ง๐š ๐ˆ๐ง๐ข ๐ˆ๐›๐ฎ ๐’๐š๐ฒ๐š ๐“๐ข๐๐š๐ค ๐๐ข๐ฌ๐š ๐๐ž๐ค๐ž๐ซ๐ฃ๐š ๐‹๐š๐ ๐ข๐Ÿ˜ช

  21. ๐ƒ๐ž๐ฏ๐ž๐ข๐š๐ง๐ข ๐ฅ๐š๐ญ๐ข๐Ÿ

    ๐๐š๐ง๐ญ๐ฎ ๐Š๐š๐ฆ๐ข ๐’๐ž๐ฆ๐ฎ๐š ๐๐š๐ค.

  22. Nama saya lidya, alamat saya di sibolga saya sangat butuh bantuan bansos nya karna ayah saya sdh meninggal dan kerja ibu saya tukang cuci tapi mau juga tdk kerja dan saya tdk pernah dapat bantuan dari sekolah mulai dari SD sampai SMA. Mohon Bpk/ibu memberikan bantuan nya. Terimakasih

    • Gimama mau tersalur bantuan dengan benar orang sensusnya aja ngga dijalanin.makanya yg dapat itu itu aja.biarin ajalah cuma menonton dan mendengar aja.

  23. Yohana Jenefer Kdise

    Memohon bantuan Kip Kuliah

  24. Yohana Jenefer Kdise

    Memohon bantuan Kip Kuliah, saya sedang kulia dan membutuhkan bantuan dana demi membiayai kuliah saya

  25. Saya blm tidak bisa mencari nama sy

  26. Mohon bantuan spp saya,saya hanya pelajar dan mem butuh kan dana demi membiayai sekolah saya

  27. anak saya kelas 1 dapat pip tapi kelas 2 dicek g ada namanya padahal temennya jg dapat…saya punya kks juga knp anak saya tdk mendapat pip di kelas 2

  28. 2021 at 12:56 PM
    Nama saya M.Arya pratama, alamat saya di Lampung Selatan saya sangat butuh bantuan bansos karna ibu saya sdh meninggal dan saya tinggal bersama Datuk nenek saya dan saya sekolah di Al-Muhajirin panjg bandar lampung dan saya tdk pernah dapat bantuan dari sekolah mulai dari SD sampai SMA. Mohon Bpk/ibu memberikan bantuan nya. Terimakasi

  29. Anak saya dari SD sampai SMA tidak pernah dapat. Padahal semua persyaratan nya udah di penuhi, kami tidak ada bantuan apa pun PKH, BLT, apapun tdk pernah ada. Padahal setiap tahun kami di data. Di sekolah pun di data, setiap di data kami selalu minta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Tapi sampai sekarang kami tidak pernah dapat apa pun jenis bantuan nya.

  30. malam pa sy butuh bantuan kip atau pip buat anak sy yang kuliah ,soaly lagi butuh dana buat bayar semester kuliah anak saya, tolong bantu pa….terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *