Cara-Cek-Kuota-Indosat

Cara Cek Kuota Indosat Online dan Offline Paling Disarankan

Bagi pengguna kartu Indosat, pastikan mengetahui cara cek kuota Indosat baik secara online maupun offline. Ada banyak cara mudah untuk mengetahui sisa kuota meskipun tidak memiliki kuota ataupun pulsa sekalipun karena free alias gratis.

Indosat sendiri merupakan salah satu operator seluler yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Harganya layanannya yang ramah di kantong menjadi salah satu alasannya. Apalagi saat ini sudah menjangkau banyak daerah dengan kecepatan internet stabil.

Apakah Cek Kuota Indosat Sulit?

indosat

Jawabannya tidak, karena ada banyak cara untuk mengetahui berapa kuota yang masih tersisa pada kartu. Ada 2 metode yang diberlakukan saat ini yaitu secara online dan offline.

Seluruh cara-caranya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga tidak membuat kamu bisa update sisa kuota secara realtime saat itu juga.

Metode pengecekan kuota Indosat ada 5 yang bisa dipilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Apabila sedang minim kuota, dapat memanfaatkan pengecekan secara offline melalui SMS atau kode khusus.

Simak Begini Cara Cek Kuota Indosat

Mengecek sisa kuota secara berkala diperlukan untuk mencegah kamu kehabisan kuota. Sebab tidak jarang orang kehabisan kuota sehingga kegiatannya menjadi terhambat. Lalu bagaimana cara untuk mengecek kuota Indosat? Begini penjelasannya:

1. Melalui Website Resmi Indosat

cara-mengecek-kuota-indosat-via-website

Bagi yang memiliki memori penyimpanan sedikit, maka bisa memanfaatkan cara ini. Kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ketiga karena hanya perlu memanfaatkan web browser apapun yang telah terinstal di perangkat.

Sangat disarankan untuk menggunakan cara ini jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi tambahan. Ketahui bagaimana cara cek kuota Indosat tanpa ribet dengan menerapkan langkah-langkah berikut:

  • Akses web browser yang telah terinstal di perangkat.
  • Ketikkan My M3 tepat di bagian kolom pencarian, kemudian klik cari.
  • Tunggu hingga muncul rekomendasi website My M3.
  • Pilih salah satu, biasanya terdapat tepat di bagian atas pencarian.
  • Akan lebih mudah lagi dengan klik link ini https://myim3app.indosatooredoo.com/#/login
  • Lakukan login menggunakan nomor Im3 yang kamu gunakan.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul SMS kode OTP.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan oleh sistem.
  • Jika kode OTP yang dimasukkan benar, maka kamu akan dialihkan ke halaman utama website My M3.
  • Cari menu data yang ada di bagian bawah informasi nomor M3 milikmu.
  • Sistem akan menampilkan sisa kuota yang kamu miliki dikartu terkait.

2. Melalui SMS

cek-kuota-indosat-via-sms

Hal menarik dari cara cek kuota Indosat ini adalah tidak memerlukan kuota internet. Cukup kirimkan pesan pada nomor layanan khusus pelanggan. Sisa kuota kamu akan dimunculkan oleh sistem secara terperinci.

Meski tidak harus menggunakan kuota internet, namun cara cek kuota ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Syarat utamanya adalah memastikan sinyal yang digunakan kuat agar prosesnya berjalan cepat tanpa kendala.

  • Buka aplikasi kirim pesan yang ada di perangkat kamu.
  • Pada kolom ketik pesan, tulis USAGE untuk mengecek kuota internet yang tersedia.
  • Tuliskan nomor tujuan di kolom yang disediakan yaitu 363.
  • Langsung klik kirim, nantikan beberapa saat sampai muncul balasan.
  • Baca baik-baik informasi yang diberikan sistem melalui pesan singkat.

3. Menggunakan Kode UMB

Jika cara sebelumnya memerlukan pulsa, cara cek kuota Indosat menggunakan kode UMB bisa dilakukan secara gratis tanpa kuota ataupun pulsa. Namun kamu perlu memastikan sinyal stabil untuk membuat prosesnya berjalan lancar tanpa gangguan.

Sekedar informasi, mengecek kuota dengan kode UMB perlu kesabaran. Seringkali ada kendala baik karena adanya gangguan sistem atau sinyal di sekitar kurang stabil. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk mencobanya.

  • Menggunakan Kode Dial *123#

– Silakan mengakses aplikasi telepon di ponsel yang kamu gunakan.

– Pada kolom yang tersedia, ketikkan *123#, kemudian tekan call.

– Ketikkan menu 22 info, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up.

– Ketikkan angka 1, tunggu proses loading.

– Tap menu cek kuota untuk melanjutkan pengecekan.

– Tidak lama kamu akan mendapatkan informasi mengenai sisa kuota kartu yang digunakan.

  • Menggunakan Kode Dial *363#

– Akses menu dial, ketikkan kode dial *363#.

– Lanjutkan dengan menekan call untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

– Pilih menu 22 info, lalu klik menu 4 cek kuota.

– Tap pada opsi paket internet, beberapa waktu setelahnya kamu akan mendapatkan informasi sisa kuota.

4. Melalui IM3 Ooredoo Official WhatsApp

IM3-Ooredoo-Official-WhatsApp

Media sosial semakin banyak yang memiliki pengguna hampir seluruh dunia. Salah satunya adalah WhatsApp yaitu aplikasi berkirim pesan bersifat pribadi dengan tambahan fitur-fitur pendukung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern.

Hal yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan cara cek kuota Indosat ini memerlukan paket data. Pastikan menggunakan perangkat yang terhubung dengan koneksi internet baik paket data atau WiFi. Penjelasan mengenai langkah-langkahnya pada ulasan berikut:

  • Jalankan aplikasi WhatsApp yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  • Simpan terlebih dahulu nomor CS Indosat yaitu 08551000185.
  • Teknik lebih cepat dengan scan QR code melalui link website resmi my M3 di https://api.whatsapp.com/send/?phone=628551000185&text&type=phone_number&app_absent=0.
  • Sampaikan maksud dan tujuan mengakses WhatsApp resmi Indosat.
  • Nantikan balasan dari CS bertugas.
  • Sebaiknya hubungi pada jam kerja agar fast respon.

5. Melalui Aplikasi myM3

Aplikasi-myM3

>> Instal myIM3 <<

Sekarang ini telah dikembangkan aplikasi khusus yang menyajikan berbagai informasi mengenai kartu Indosat kamu termasuk sisa kuota. Tidak perlu ribet, ketika membuka aplikasi, pengguna sudah bisa mengetahui berapa sisa kuotanya tanpa harus mengetik kode lain.

Menggunakan aplikasi myM3 merupakan cara cek kuota Indosat paling praktis. Hanya saja sebelum itu perlu melakukan pengunduhan aplikasinya terlebih dahulu kemudian mendaftarkan nomor. Lebih jelasnya bisa kaku ketahui pada ulasan berikut:

  • Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi myM3 di AppStore ataupun Google Play Store.
  • Setelah pengunduhan selesai, operasikan aplikasi.
  • Saat awal membukanya, kamu akan diminta untuk melakukan login.
  • Masukkan nomor Indosat yang digunakan, tunggu beberapa saat sampai kode OTP masuk.
  • Apabila pendaftaran akun sudah terkonfirmasi, buka kembali aplikasi.
  • Cek bagian atas layar, nantinya akan muncul informasi mengenai jumlah kuota yang ada pada Kartu.
  • Bonus sekaligus promo-promo juga bisa ditemukan pada aplikasi myM3 ini.

Kegagalan Pengecekan Kuota Indosat pada Berbagai Cara

Sebagian pengguna Indosat mengeluhkan jika mereka kesulitan saat melakukan pengecekan sisa kuota pada kartunya, meskipun telah menetapkan cara cek kuota Indosat sesuai arahan. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi sehingga perlu diketahui.

Kegagalan pengecekan sisa kuota Indosat memang bisa saja terjadi. Bagi yang penasaran mengenai apa saja itu, langsung saja simak pembahasan pada poin berikut:

1. Sinyal Sedang Tidak Mendukung

Salah satu hal paling penting diperhatikan adalah sinyal karena pengaruhnya begitu kuat. Bagi yang mengalami kegagalan saat pengecekan kuota, cek terlebih dahulu bagaimana kekuatan sinyal Indosat di daerah tempat tinggal kamu.

Cara untuk bisa mengoptimalkan sinyal kartu kamu adalah dengan menyalakan mode penerbangan terlebih dahulu. Setelah beberapa waktu, silahkan nonaktifkan kembali mode penerbangan. Coba lakukan pengecekan kuota sesuai cara cek kuota Indosat yang telah diterangkan pada penjelasan sebelumnya.

2. Koneksi Internet Kurang Kuat

Jika mengecek kuota via online dan ternyata gagal, melihat apakah koneksi internet yang digunakan lambat. Cuaca ataupun mati lampu merupakan alasan paling menjadi kendala, oleh sebab itu cek dengan benar faktor-faktor tersebut.

Tips untuk menangani masalah seperti ini adalah dengan mematikan perangkat sebentar atau dengan mengaktifkan mode penerbangan. Tidak perlu terlalu lama, kamu bisa mengaktifkan kembali perangkat untuk mengetahui apakah sudah normal atau belum.

Meski umumnya selalu berhasil, namun cara cek kuota Indosat seperti ini bisa saja mengalami kegagalan karena koneksi internet melemah. Apabila mengalami demikian, cek lagi kuota setelah dirasa sinyal sudah kuat kembali.

3. Adanya Kesalahan Server

Error pada server juga merupakan kendala yang bisa menyebabkan pengecekan kuota tidak dapat berjalan dengan baik. Pastikan kamu tidak panik saat mengalaminya karena sistem akan normal kembali apabila proses pembenahan selesai dilakukan.

Banyak orang mengaku bingung saat server mengalami masalah, apalagi terjadinya secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Silakan tunggu 24 jam terlebih dahulu, biasanya perbaikan server bisa berlangsung lebih cepat. Setelah itu langsung coba praktekkan cara cek kuota Indosat menggunakan teknik paling disukai bisa secara online maupun offline.

Perlunya Mengetahui Berapa Sisa Kuota di Kartu

kuota-internet-indosat

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya sebenarnya mengapa perlu melakukan pengecekan sisa kuota pada kartu. Supaya tidak penasaran, sebaiknya simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini:

1. Menghindari Kehabisan Kuota di Waktu Genting

Tentu kamu tidak ingin terhambat melakukan sesuatu karena yang sangat genting akibat kehabisan kuota internet. Guna mencegahnya, sebaiknya lakukan pengecekan sisa kuota secara berkala dengan salah satu dari cara cek kuota Indosat yang telah diterangkan.

Jangan sampai di waktu genting kamu malah kehabisan kuota untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Saat kuota yang ada di kartu terpantau, kamu juga bisa memperkirakan konsentrasi penggunaan.

2. Bisa Mempersiapkan Dana Mencukupi

Harga kuota dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, untuk itu tidak sedikit orang merasa keberatan saat akan membeli paket yang diinginkan. Agar mendapatkan dana mencukupi saat dibutuhkan, pengecekan kuota secara berkala perlu dilakukan.

Gunakan cara cek kuota Indosat yang paling disukai, misalnya saja dengan menggunakan aplikasi myIm3. Kepraktisannya membuat kamu dapat menghemat waktu dalam pengecekan kuota.

Jika ternyata kuota internet tinggal sedikit, disarankan untuk mencari kuota harga diskon. Informasi ini bisa dengan mudah didapatkan melalui aplikasi atau website khusus.

3. Mengendalikan Penggunaan Kuota

Karena terlalu sering menonton video di YouTube terlalu sering, kuota internet biasanya akan mudah habis. Bahkan sering yang seharusnya bisa digunakan untuk 1 bulan malah hanya berlaku 2 atau 3 minggu saja.

Di masa-masa seperti ini memang perlu berhemat supaya tidak sampai terlalu boros kuota. Terapkan cara cek kuota Indosat sesuai arahan untuk dapat mengendalikan pengeluaran per bulannya.

Mengecek kuota akan membantu memperkirakan penggunaan per harinya, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menghitung jumlah kuota yang bisa dihabiskan per hari agar dapat bertahan sampai akhir bulan.

Tips Cek Kuota Indosat Agar Berhasil

Poin utama untuk membuat pengecekan kuota Indosat pasti berhasil adalah menerapkan cara cek kuota Indosat dengan benar.

Gunakan perangkat yang memiliki sinyal kuat untuk mempercepat proses loading. Sinyal kuat penting dalam memperlancar pengecekan kuota secara online dan juga offline.

Selain faktor tersebut, pengecekan kuota bisa berhasil adalah memastikan bahwa server sedang tidak bermasalah. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi atau website myM3.

Alasan Mengapa Kartu Indosat Berhenti Beroperasi

Penyebab utamanya kartu Indosat berhenti beroperasi yaitu karena masa aktifnya telah habis. Silakan untuk mengaktifkannya sesegera mungkin dengan mengunjungi GraPARI terdekat.

Ada faktor penyebab lain yang mempengaruhi pemblokiran kartu yaitu nomor yang kamu gunakan terdeteksi melakukan kegiatan berlebihan dan tidak sesuai kebijakan Indosat.

Kuota merupakan hal utama yang paling dibutuhkan oleh masyarakat modern karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Agar mudah saat mengecek kuota, perhatian cara cek kuota Indosat di atas.