Douyin APK Versus TikTok

Social Media: Douyin APK Versus TikTok, Serupa Tapi Tak Sama

Douyin APK adalah aplikasi sejenis TikTok yang khusus ada di AppStore Cina. TikTok dikenal di media sosial di seluruh dunia sebagai aplikasi berbagi video berdurasi pendek. Dan meskipun ByteDance, raksasa teknologi Cina, memiliki TikTok, itu tidak dapat diakses di Cina.

ByteDance, perusahaan teknologi yang berbasis di China mengembangkan TikTok. Sebuah platform media sosial berbasis video yang merupakan platform media sosial buatan China pertama yang mencapai popularitas global. TikTok melampaui 2 miliar akumulasi unduhan pada April 2020.

Aplikasi ini dimulai di China dengan nama Douyin, dan dirilis sebagai TikTok yang dirancang untuk pasar internasional. Kedua versi terus dipertahankan untuk pasar yang terpisah ini. TikTok dan Douyin APK keduanya untuk berbagi video pendek dan memiliki antarmuka yang serupa.

Namun, keduanya merupakan aplikasi yang sepenuhnya terpisah yang memiliki akses ke dua platform terpisah. Pengguna di kedua platform ini tidak dapat berinteraksi satu sama lain. Platform ini juga memiliki proses pendaftaran, kebijakan, dan konten yang berbeda.

Perbedaan Douyin APK dan TikTok

Perbedaan Douyin APK vs tiktok

Sebagai gantinya, pencarian di toko aplikasi Cina menampilkan “Douyin” (抖音) ByteDance. Douyin adalah aplikasi serupa yang hampir tidak dikenal di Barat. Meskipun, Douyin terlihat hampir identik dengan TikTok.

Kedua aplikasi tersebut berhasil karena algoritma mereka yang merekomendasikan konten kepada penggunanya di halaman “Untuk Anda” (FYP). Video yang direkomendasikan ini muncul tanpa pengguna menyukai atau membagikan kontennya.

Baik Douyin APK maupun TikTok termasuk aplikasi yang sangat sukses di pasar. Bahkan, platform berbagi video berdurasi panjang, seperti Netflix, menganggapnya sebagai pesaing utama. Namun, ada perbedaan yang melekat antara Douyin vs Tiktok yang perlu kamu ketahui.

  1. Konten Pengguna

Postingan paling populer antara kedua platform (Douyin vs Tiktok) cukup berbeda. Postingan teratas Douyin APK didasarkan pada komedi atau hewan peliharaan. Sementara itu, postingan teratas TikTok lebih berbasis seni, menampilkan sinkronisasi bibir dan tarian yang sedang tren.

Untuk tipikal postingan yang memiliki konteks, teks singkat biasanya berhasil di TikTok. Tentu kamu kerap menjumpai postingan serupa, yang bahkan kerap diposting ulang di platform lainnya. Atau bisa jadi, kamu juga suka bikin konten semacam itu.

Video di Douyin APK lebih didorong oleh konten daripada TikTok. Dan sebagian besar video memiliki suara terkomputerisasi yang menceritakan pesan tertentu. Suara otomatis ini tidak menawarkan sentuhan pribadi.

Sebaliknya, postingan TikTok mengandalkan poster yang menceritakan video mereka sendiri. Tren ini telah melahirkan banyak selebritas TikTok, seperti Charli D’amelio dan Addison Rae. Bahkan, banyak penyanyi, rapper, penari, dan artis amatir menjadi terkenal melalui TikTok.

Di sisi lain, akun paling populer di Douyin memiliki basis penggemar yang besar sebelum bergabung dengan aplikasi. Misalnya, Micheal Chen memiliki 72 juta pengikut di Douyin APK. Tapi, dia memiliki karir akting yang sukses sebelum bergabung.

  1. Pemasaran Merek

Perusahaan di Cina melihat betapa pentingnya Douyin untuk menjangkau audiens Cina mereka. Lebih penting lagi, mereka tahu bahwa mereka harus menyusun dan melokalkan konten mereka secara khusus untuk pasar Cina mereka.

Misalnya, akun resmi Starbucks tidak memposting video asli di TikTok. Sebaliknya, mereka menggunakan platform untuk memposting ulang video pelanggan yang berbicara tentang pengalaman mereka dengan merek Starbucks.

Namun di Douyin, postingan Starbucks meliputi konten asli, video edukasi tentang kopi, rilis produk baru. Sephora juga menggunakan strategi konten yang berbeda antara kedua aplikasi. Seperti di atas, akun TikTok Sephora memposting ulang pengalaman pelanggan.

Douyin APK memposting lebih banyak konten komedi untuk berhubungan dengan audiens mereka. Baru-baru ini, Sephora memposting klip mengenai perbedaan antara wanita dan pria yang membeli lipstik merah. Konten semacam ini telah mengoleksi lebih dari 100.000 suka.

Dari dua contoh ini, kamu dapat melihat perbedaan antara preferensi pengguna Barat dan Cina. Poin ini juga memperjelas garis perbedaan antara kedua aplikasi tersebut. Yang mana juga mewakili representasi kesukaan jenis konten.

  1. Pembelian dalam Aplikasi

Salah satu fitur paling menonjol yang ditawarkan Douyin APK adalah toko dalam aplikasinya. Toko Douyin memanfaatkan pembelian impulsif, dengan pembelian barang hanya dengan satu ketukan.

Pembelian dapat berupa produk yang lebih kecil seperti kosmetik hingga produk yang lebih besar seperti peralatan rumah tangga. Oleh karena itu, banyak perusahaan menggunakan iklan buatan pengguna dan menautkan produk secara langsung.

Pengenalan fitur ini karena semakin populernya pemasaran online di Douyin APK. Pemasaran Key Opinion Leader (KOL) telah mengambil alih platform. Pengguna lebih cenderung memercayai merek dari produk tertentu saat direkomendasikan oleh seseorang yang aktif dengan mereka.

TikTok, di sisi lain, hanya memiliki fungsi pembelian dalam aplikasi koin digital. Tujuan utama koin ini adalah untuk membeli hadiah digital untuk teman atau pembuat konten di platform. Ini relatif tidak memfasilitasi pertukaran uang untuk produk nyata seperti Douyin.

Ada desas-desus bahwa TikTok bermitra dengan pengecer besar, seperti Walmart, untuk menyediakan toko dalam aplikasi. Namun, Douyin memimpin untuk pembelian dalam aplikasi sesuai permintaan.

KOL paling populer di Douyin cenderung bermitra dengan merek, dengan cara memposting beberapa video sponsor dalam sebulan. Video ini biasanya terdiri dari fitur produk yang disertakan dalam setiap konten kreatif KOL.

KOLs menampilkan produk di halaman “produk yang disarankan” mereka. Mereka juga memiliki tautan ke Toko Taobao yang berafiliasi atau toko Douyin dalam aplikasi di profil mereka.

Douyin APK adalah platform yang sangat baik untuk merek yang ingin meningkatkan kesadaran merek mereka. Juga, untuk merek yang ingin memanfaatkan pemasaran media sosial untuk menghasilkan penjualan dengan fitur pembelian dalam aplikasi.

Sebaliknya, TikTok KOL tidak dapat mengakses fitur “produk yang disarankan”. TikTok hanya dapat menyebutkan produk yang disponsori atau melampirkan tautan di bio mereka.

  1. Streaming Langsung

Video streaming langsung telah menjadi populer di industri e-niaga Tiongkok, dan Douyin telah mengikuti tren tersebut. Ikon tv kecil di sudut kiri atas layar mengarahkan pengguna ke fitur siaran langsungnya.

Halaman tersebut terutama menampilkan usaha kecil yang ingin mempromosikan konten, membangun kesadaran merek, dan menjual produk mereka secara langsung. Tentu, manuver-manuver semacam ini akan sangat intensif terhadap kemajuan penjualan suatu produk.

Selanjutnya, pengguna membayar di toko Douyin APK yang disematkan. Mereka tidak dibawa ke situs lain. Dengan demikian, streaming langsung, pemasaran KOL, dan pembelian dalam aplikasi sering kali berjalan beriringan dan saling melengkapi.

Streaming langsung juga tersedia di TikTok, meskipun kurang populer dan lebih tersembunyi. Namun, tidak seperti APK ini, TikTokers lebih banyak menggunakan fitur tersebut untuk berinteraksi dengan pengikut mereka daripada mempromosikan produk mereka.

Fitur ini adalah cara terbaik untuk membantu bisnis dengan produk atau layanan. Suatu langkah progresif dalam memasarkan suatu produk dan jasa. Mengingat tingginya pengguna aktif, bukan suatu kesalahan jika menjajal cara promosi baru satu ini.

Mendapatkan File Paket Aplikasi (APK)

cara download douyin apk

Rekayasa balik aplikasi Android dimulai dengan mendapatkan file Paket Android (APK) untuk aplikasi tersebut. Biasanya, peneliti akan mengunduh file ini dari situs hosting APK pihak ketiga seperti APKMirror dan Apkpure.

Situs-situs tersebut melayani pengguna yang tidak memiliki akses ke Google Play Store, atau ingin melewati batasan pengunduhannya. File di situs ini diperoleh pertama kali oleh situs itu sendiri (Apkpure) atau dikirimkan oleh pengguna sukarela (APKMirror). Atau bisa juga langsung dari link dibawah ini :

Link Download Douyin Apk for Android

Nama Aplikasi Douyin 抖音 APK
Ukuran File 155MB
Versi v22.4.0
Support Android 5+
Harga Gratis
Developer douyin
Link Download Douyin_v22.4.0.apk

Hal ini terjadi karena file telah melalui tangan pihak ketiga. Ada kemungkinan lebih tinggi untuk dirusak. Jadi, tingkat orisinalitasnya mungkin bisa sedikit diragukan jika tidak mengunduh langsung di Play Store.

Atau, kamu dapat menginstal aplikasi secara normal menggunakan Google Play Store kemudian mengekspor file Douyin APK menggunakan alat seperti `adb`. Pendekatan ini menjamin integritas file, tetapi tidak mengizinkan peneliti untuk mengunduh aplikasi yang tidak tersedia.

Menawarkan “akun anonim” yang dapat diakses semua pengguna, sehingga pengguna tidak perlu menggunakan akun Google mereka sendiri. Di sinilah letak data privasi menjadi sangat penting.

Beralih ke Play Store negara yang berbeda, hanya dengan menggunakan VPN untuk mengubah alamat IP. Setelah beralih, pengguna dapat melakukan pencarian, melihat daftar teratas, dan mengunduh aplikasi, seolah-olah mereka berada di negara tersebut.

Tentukan versi APK yang lebih lama untuk diunduh. Namun, tidak semua versi historis tersedia. Ketersediaan tergantung pada versi mana yang masih dihosting oleh Play Store.

Kemampuan untuk memalsukan profil perangkat adalah fitur unggulan yang dimiliki aplikasi jenis APK. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunduh varian APK (arsitektur CPU, resolusi layar, lokal, dll.) yang tidak dimaksudkan untuk perangkat operasi mereka.

Nomor Versi Aplikasi dalam Analisis

Bahkan dalam satu aplikasi, perilaku pengguna mungkin berbeda di berbagai versi. Oleh karena itu, kami mendokumentasikan nomor versi aplikasi yang tepat dari aplikasi yang kami analisis.

Kami memperoleh versi ini pada November 2019. Nomor versi yang tepat ditentukan dalam file “AndroidManifest.xml” yang terdapat dalam setiap paket aplikasi Android (APK).

Secara musikal: android:versionCode=”2021407050″ android:versionName=”14.7.5″

Getaran: android:versionCode=”963″ android:versionName=”9.6.3”

Douyin: android:versionCode=”960″ android:versionName=”9.6.0″

Nilai “versionName” ditampilkan di Google Play Store. Ini menghadap pengguna akhir tetapi barangkali kurang tepat. Hal ini karena Google Play Store memungkinkan pengembang mengunggah versi baru aplikasi tanpa mengubah nama versi.

Oleh karena itu, kami juga menetapkan “versionCode”, yang digunakan secara internal dalam sistem operasi Android dan Google Play Store. Tujuannya untuk membedakan antar versi, dan harus berupa bilangan bulat yang meningkat secara ketat di seluruh pembaruan aplikasi.

Pangsa Pasar dari Aplikasi Douyin

Douyin APK vs tiktok

Meskipun Douyin APK dan TikTok sama-sama merupakan platform video berdurasi pendek, keduanya sangat berbeda dari sudut pandang pemasaran media sosial. Sebagian besar perbedaan antara keduanya didorong oleh pangsa pasar.

Baik itu dari konten pengguna, fungsionalitas dalam aplikasi, atau pemasaran merek. Kamu bisa melihat sendiri bagaimana preferensi konsumen telah memengaruhi platform. Mau tidak mau, platform harus mengikuti kemauan konsumen yang adalah tuan mereka.

Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang ingin memasuki pasar Cina, kamu perlu melakukan riset pasar yang mendalam. Kemudian, setelah kamu memahami audiens Cina kamu, kamu dapat menguraikan strategi pemasaran efektif menggunakan media sosial seperti Douyin APK.