FUP Indihome

Tips & Trik: Fup Indihome dan Segala Hal Mengenai Koneksi Internet Nirkabel

Jika kamu sudah lama berlangganan koneksi internet nirkabel atau wifi indihome misalnya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah fup indihome. Namun, pastinya banyak juga yang belum mengetahui istilah ini, untuk itu simak pembahasan dari kami di bawah ini.

Indihome merupakan salah satu penyedia layanan yang menawarkan layanan triple play dengan terdiri mulai dari internet rumah (fixed broadband internet), telepon rumah (fixed phone), dan tv interaktif (indihome tv).

Bukan hanya itu saja, perusahaan ini juga menyediakan layanan dual play dengan tentunya memiliki harga lebih terjangkau yaitu paket internet fiber dengan telepon rumah, atau bisa juga internet rumah dengan televisi interaktif.

Setiap paket tersebut pasti terdiri dari layanan internet yang memiliki fair usage policy (FUP). Fup digunakan ketika penggunaan internet sudah melebihi batas yang ditentukan pada awal pemasangan atau paket pilihan pelanggan.

Jika salah satu pelanggan sudah menggunakan layanan melebihi fup indihome, maka secara otomatis koneksi akan melambat karena dikurangi kecepatannya. Jadi, jika wifi di rumah kamu tiba – tiba lelet tidak karena gangguan. Bisa jadi pemakaian wifi di rumah kamu sudah melebihi batas yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan dilakukan secara daring atau online. Jika menggunakan kuota internet biasa, pengeluaran yang kamu lakukan bisa membengkak dan juga boros. Padahal masih banyak kebutuhan lain perlu kamu cukupi.

Jika sudah begitu, solusinya adalah menggunakan layananan internet rumah yang sudah banyak disediakan oleh berbagai macam provider. Salah satu yang paling besar dan terkenal karena kualitasnya adalah indihome.

Apa Itu Fup Indihome?

Apa Itu Fup Indihome

Fup merupakan singkatan dari fair usage policy dengan pengertiannya yaitu kebijakan batas pemakaian internet wajar seperti yang sudah diberlakukan dan disetujui baik oleh provider maupun dengan pelanggan.

Jadi walaupun sebuah provider menjanjikan internet unlimited, kecepatan transfer data akan berkurang secara bertahap jika pelanggan sudah melampaui batas pemakaian wajarnya. Setiap provider sudah pasti memiliki batas fup masing – masing, salah satunya adalah fup indihome.

Jika kamu merupakan pengguna provider indihome dan internet kamu tiba – tiba melambat dan lemot bukan berarti koneksi mengalami gangguan. Melainkan paket wifi kamu sudah melebihi batas.

Fup indihome tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena pemakaian dilakukan pelanggan sendiri. Kuota yang seharusnya bisa dipakai selama satu bulan bisa habis sebelum waktunya karena pemakaian berlebihan.

Hal – hal seperti mengunduh file berukuran besar, upload file dengan jumlah banyak, streaming video berlebihan, dan lain sebagainya menjadi faktor utama penyebab wifi di rumah kamu terkena batasnya.

Namun, pandemi berkepanjangan ini juga memaksa kita untuk melakukan semuanya dari rumah. Mulai dari bekerja sampai sekolah harus dilakukan dari rumah untuk meminimalisir penularan covid – 19 pada masyarakat.

Hal ini juga yang memicu penggunaan wifi di rumah meningkat, sehingga akan lebih sering mengalami fup indihome. Sebab mulai dari meeting dengan rekan kerja, sampai menerima pelajaran dilakukan secara online menggunakan aplikasi meeting online.

Jadi tidak heran kalau penggunaan internet rumah meningkat dan risiko mengalami fup menjadi lebih besar. Jika sudah begitu solusinya adalah dengan menaikkan paket internet menjadi lebih cepat dan juga otomatis akan meningkatkan batas fup.

Sebab, semakin besar paket yang kamu pilih berbanding lurus dengan besaran jumlah batasan fup. Namun, semakin besar paket juga semakin mahal harga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Rekomendasi Jumlah Perangkat Agar Koneksi Tetap Lancar

Kamu juga bisa mengecek berapa jumlah batasan fup pada setiap paket yang disediakan oleh indihome. Sebelum itu, provider ini memberikan rekomendasi jumlah perangkat terhubung ke internet pada setiap paket agar tetap stabil dan nyaman untuk digunakan.

Dengan begitu kamu bisa lebih bisa mengontrol penggunaan internet agar tidak terlalu cepat terkena fup indihome. Berikut beberapa rekomendasi paket dan jumlah maksimal perangkat terhubung agar internetan tetap bisa maksimal.

  1. Paket 10 mbps lebih baik untuk digunakan oleh 1 sampai 3 perangkat saja dan tidak dianjurkan untuk bermain game online berat maupun youtube secara bersamaan dengan kualitas lebih dari 1080p
  2. Paket 30 mbps bisa digunakan mulai dari 5 sampai 7 perangkat secara bersamaan. Lebih baik dari paket di bawahnya namun tetap tidak disarankan untuk bermain game online berat agar tidak terkena fup indihome.
  3. Paket 50 mbps merupakan paket tingkat menengah yang bisa kamu gunakan untuk bermain game online berat, misalnya saja call of duty warzone, pubg, fortnite, dan masih banyak lainnya.
  4. Paket 100 mbps disarankan untuk digunakan pada perusahaan kecil dengan karyawan dengan perangkatnya yang tidak boleh lebih dari 17 orang. Lebih dari itu koneksi internet akan melambat dan tidak maksimal.
  5. Paket 200 mbps bisa kamu gunakan pada perusahaan cukup besar. Terutama jika semua kegiatan perusahaan dilakukan atau terintegrasi secara online. Kegiatan seperti print dokumen, upload serta unduh berkas, dan lain sebagainya pasti membutuhkan koneksi internet besar.
  6. Kemudian ada paket 300 mbps yang disarankan untuk digunakan pada perusahaan dengan skala sudah sangat besar. Akses internet pada paket ini sangat mumpuni dengan kecepatan paling besar dikelasnya.

Berikut Cara Cek Fup Indihome

Cara Cek Fup Indihome

Setelah mengetahui jumlah paket yang disediakan, kamu pastinya sudah memiliki gambaran pakat mana yang mungkin cocok digunakan di rumah kamu agar tidak terlalu cepat terkena batasan indihome.

Namun, untuk lebih memastikannya kamu juga bisa melakukan cek fup indihome pada setiap paket yang mereka tawarkan. Ada 3 metode yaitu menggunakan aplikasi my indihome, website, dan juga via SMS.

  1. Cara cek menggunakan aplikasi my indihome:
    • Langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi my indihome pada layanan penyedia aplikasi seperti playstore maupun appstore.
    • Kemudian lakukan registrasi dengan mengisikan data diri berupa nomor handphone, email, dan lain sebagainya.
    • Atau jika kamu sudah memiliki akun, tinggal melakukan login saja.
    • Kemudian pilih ikon titik tiga pada bagian internet dan pilih lihat penggunaan.
    • Setelah itu akan muncul jumlah penggunaan fup paket indihome kamu.
  1. Cara cek fup indihome kedua menggunakan website:
    • Cara ini cocok untuk kamu yang malas menginstal aplikasi atau mungkin tidak memiliki memori penyimpanan yang cukup.
    • Kamu hanya perlu membuka browser, kemudian kunjungi website indihome
    • Lakukan registrasi atau login akun seperti pada cara sebelumnya.
    • Selanjutnya klik menu lihat rincian pada paket yang kamu gunakan.
  1. Cara cek fup indihome ketiga dengan menggunakan sms:
    • Pertama buka aplikasi pesan pada handphone kamu.
    • Kemudian buat pesan baru dengan format ISP<spasi>IH<spasi>Kode Area + Nomor Telepon IndiHome.
    • Kirim pesan tersebut ke nomor 98108.
    • Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan jawaban cek fup indihome mengenai paket internet yang kamu gunakan termasuk juga besar penggunaan.

Layanan yang Disediakan oleh Indihome

Internet fiber

Sebagai salah satu provider terbesar di indonesia, indihome pastinya memiliki layanan internet fiber dengan kualitas terbaik. Bukan hanya itu saja, mereka juga memiliki layanan lain yang sama – sama memiliki kualitas terbaik.

  1. Internet fiber

Layanan ini menjadi fitur nomor satu milik indihome. Dengan menggunakan internet fiber milik indihome, kamu bisa mendapatkan koneksi internet stabil dan dilengkapi dengan peralatan seperti router maupun kabel yang berkualitas.

Provider nomor satu di indonesia ini juga mampu menyediakan internet yang stabil sampai ke seluruh indonesia. Jadi tidak heran indihome dianggap sebagai salah satu penyedia layanan internet terbaik di indonesia.

  1. Telepon rumah

Walaupun sudah tidak digunakan dan ditinggalkan oleh banyak orang, layanan telepon rumah ternyata bisa memberikan keuntungan bagi kamu. Terutama jika kamu ingin mengajukan pinjaman pada bank.

Karena untuk dapat memiliki sebuah Telepon Rumah, kamu wajib memberikan data alamat dan juga biodata lengkap. Tentunya hal tersebut akan membuat pihak bank semakin yakin untuk menyetujui peminjaman uang yang kamu ajukan kepada mereka sebelumnya.

Selain itu, untuk kamu yang memiliki usaha, telepon rumah bisa menjadi solusi untuk memperlancar usaha. Sebab biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan telepon biasa.

  1. TV interaktif

Jika kamu sudah memiliki seorang anak, atau memiliki adik yang masih kecil sudah seharusnya memiliki layanan tv interaktif di rumah dengan berbagai tayangan berkualitas di dalamnya.

Sebab, bukan menjadi rahasia umum lagi kalau saluran tv konvensional tidak ada yang mendidik acaranya dan bisa mempengaruhi perkembangan anak. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fitur canggih seperti playback, pause, rewind, tv storage, tv on demand, dan juga karaoke.

Beberapa Manfaat Menggunakan Internet Rumah

Dengan memasang wifi di rumah kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik. Diantaranya adalah menghemat biaya, koneksi internet 24 jam tanpa berhenti, akses internet cepat dan masih banyak lainnya.

  1. Bisa lebih menghemat biaya

Dengan menggunakan layanan wifi rumah, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli kuota internet. Walaupun jumlahnya cukup besar, tapi selama sebulan tersebut kamu bisa mengakses internet sepuasnya selama tidak melebihi fup indihome.

Sedangkan jika membeli kuota internet biasa, kamu bisa membeli 3 sampai 4 kali paketan hanya dalam sebulan. Apalagi jika penggunaan internet yang kamu lakukan termasuk berat seperti misalnya melakukan video meeting, pastinya kuota akan cepat habis.

  1. Koneksi internet 24 jam

Jika membeli paket kuota konvensional, biasanya kuota tersebut akan dibagi ke dalam beberapa waktu mulai dari kuota malam dan kuota siang. Namun, dengan menggunakan wifi rumah kamu bisa mengakses internet selama 24 jam tanpa henti selama tidak lebih dari fup indihome.

  1. Akses internet cepat

Di awal berlangganan kamu akan diberikan pilihan mengenai beberapa paket dengan kecepatan berbeda – beda mulai dari 10 mbps sampai 300 mbps. Namun, untuk penggunaan di rumah paket 30 mbps saja sudah cukup cepat bahkan jika digunakan seluruh anggota keluarga secara bersamaan.

  1. Bisa digunakan oleh semua anggota keluarga

Dengan membayar sebesar yang sudah ditentukan sesuai paket. Kamu dan keluarga sudah bisa mengakses internet secara penuh selama satu bulan ke depan. Jadi pengeluaran bisa menjadi lebih irit dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

Tips Agar Tidak Terkena Fup Indihome

Ketika sudah memasang wifi indihome dirumah, kendala yang sering terjadi adalah terkena batas fup untuk indihome padahal belum mendekati akhir bulan. Jika sudah begitu solusi paling tepat adalah dengan menaikkan besaran paket, namun dengan konsekuensi harga yang juga akan naik.

Oleh karena itu jika tidak ingin naik paket yang juga menyebabkan harganya naik. Gunakan wifi seperlunya saja dan tidak terlelu berlebihan. Dengan begitu wifi tidak akan terkena fup indihome dan aman sampai akhir bulan.